√75+ Daftar Budaya Asal Jawa Barat Terunik yang Wajib Diketahui

Daftar Budaya Asal Jawa Barat Terunik yang Wajib Diketahui

"Daftar

Budaya asal Jawa Barat tidak seperti wilayah Jawa Tengah yang lebih dikenal luas masyarakat. Namun provinsi Jawa Barat menjadi daerah kedua yang dikenal memiliki banyak kebudayaan unik.

Indonesia menjadi negara yang memiliki banyak kebudayaan dan adat istiadat dari berbagai daerah. Kita sebagai penduduk yang tinggal di tanah air harus bersyukur karena kebudayaan berlimpah menunjukkan warisan nenek moyang.

Perlu diketahui dalam mewariskan budaya sampai turun temurun ke generasi saat ini ternyata tidak gampang lho. Mengingat hal tersebut diperlukan kekompakan di lingkungan masyarakat untuk menjaga setiap budaya.

Seperti halnya budaya asal Jawa Barat, pasti Anda belum mengenal secara lengkap. Padahal wilayah Jawa Barat sebenarnya mempunyai beragam jenis budaya menarik untuk dipelajari mulai sejak dini oleh masyarakat luas.

Apalagi letaknya di Pulau Jawa yang menjadi tempat paling bersejarah dan memiliki jumlah penduduk tertinggi. Dalam mengenali sebuah kebudayaan asli dari Jawa Barat, Anda cukup mengikuti penjelasan kami secara lengkap.

Jawa Barat menempati provinsi kedua di Indonesia yang memiliki penduduk paling banyak dibandingkan wilayah lain. Tidak heran apabila banyak kebudayaan muncul berasal dari warisan nenek moyang terdahulu sebelum kita lahir.

Ingin tahu lebih lanjut apa saja budaya terunik di Jawa Barat? Pastikan mengikuti penjelasan ini sampai selesai. Kami akan memberikan daftar budaya asli dari Jawa Barat yang wajib diketahui.

Budaya Asal Jawa Barat Erat dengan Idul Fitri, Sungkeman

Sungkeman menjadi salah satu aktivitas yang tidak pernah dilewatkan oleh masyarakat muslim di Indonesia. Perlu diketahui bahwa sungkeman atau tindakan saling memaafkan disaat Idul Fitri sebenarnya berasal dari Jawa Barat.

Erat bagi umat Muslim di Indonesia, sungkeman merupakan hal wajib untuk dilakukan setiap orang muda terhadap orang tua. Sungkeman dilakukan dengan tujuan saling memaafkan kesalahan yang sudah dilakukan selama setahun.

RECOMMEND :  17 Inspirasi Rumah Bambu Inovatif untuk Seluruh Ruangan

Budaya asal Jawa Barat menyebarluas ke berbagai wilayah termasuk pulau selain Jawa. Dari kebiasaan budaya ini bisa membuat dampak positif diterima masyarakat Indonesia supaya hubungan silaturahmi tetap terjaga.

Di urutan kedua, terdapat kesenian yang dikenal dengan istilah Jipeng, asalnya dari Jawa Barat. Diciptakan pertama kali dengan menggabungkan tiga seni yaitu topeng, tanji, dan kliningan untuk menciptakan satu kebudayaan.

Biasanya Jipeng dilakukan saat kegiatan di sawah kasepuhan sedang berlangsung agar tetap lancar dan tidak ada masalah apapun. Keberadaan kesenian ini belum banyak orang yang tahu, sekarang Anda memahaminya.

Selanjutnya, budaya asal Jawa Barat terdapat jenis Angklung Bungko yaitu sebuah tarian unik khas kota Cirebon. Awal tarian ini diciptakan tepatnya di wilayah Desa Bungo, Kecamatan Kapetakan oleh warga lokal.

Seiring berjalannya waktu, tarian Angklung Bungko justru dikenal sebagai kesenian mendunia. Bahkan diakui langsung oleh dunia bahwa tari Angklung Bungko menjadi kebudayaan unik dan tidak ada kembaran lainnya.

Budaya Asal Jawa Barat, Nyuguh

Nyuguh mempunyai arti yang sama dengan memberikan berbagai jenis makanan terhadap seseorang. Dalam kebudayaan Nyuguh juga berarti membagikan makanan khas asal Jawa Barat kepada masyarakat sekitar rumah masing-masing.

Kegiatan Nyuguh dilakukan memiliki arti sebagai rasa syukur atas diberikannya hasil bumi melimpah dari Tuhan kepada manusia. Alhasil tradisi ini sudah menjadi kebiasaan turun temurun dari nenek moyang daerah Jabar.

Budaya asal Jawa Barat Nyuguh kerap ditemui setiap tahun, tepatnya pada bulan Safar tanggal 25. Karena dilakukan setahun sekali, makanan yang disajikan akan disusun di wadah berupa tandu.

Makan bersama akan dilakukan masyarakat dalam memperingati Nyuguh sebagai bentuk rasa syukur. Adat yang telah menjadi hal positif di wilayah Jawa Barat diturunkan ke generasi penerus sampai sekarang.

RECOMMEND :  Kaktus Kelinci: Tanaman Gurun Minim Perawatan

Daftar budaya asli provinsi Jawa Barat selanjutnya terdapat Payung Geulis yang memiliki nilai estetik tinggi. Payung Geulis dibuat oleh masyarakat Jawa Barat tepatnya di daerah Tasikmalaya karena menyimpan nilai historis.

Budaya asal Jawa Barat berupa Payung Geulis mempunyai banyak arti di dalamnya, sehingga bisa dikatakan cantik dan estetik. Bahkan yang digunakan berupa kain berkualitas, tudungnya pakai kertas semen.

Sedangkan untuk pegangan payung tetap memanfaatkan bahan berupa kayu kuat. Para pembuat Payung Geulis di Tasikmalaya selalu memamerkan beragam motif unik dan kecantikan kepada para pengunjung selama acara berlangsung.

Kesenian Jabar Angklung Dogdog Lojor

Wilayah Jawa Barat sangat dikenal dengan angklung yang menjadi alat musik tradisional dan masih digunakan sampai sekarang. Kesenian unik dari Jawa Barat lainnya terdapat Angklung Dogdog Lojor.

Nama seni ini dibuat dari gabungan 2 jenis alat musik mulai dari angklung dan juga dogdog. Kalau angklung, semua orang Indonesia pasti sudah tahu cara membunyikannya dengan digetarkan.

Dogdog merupakan alat musik adat istiadat asal Jawa Barat ketika dibunyikan mengeluarkan suara “Dog Dog”. Pada istilah lojor biasa diartikan sebagai panjang, atau bunyi yang dihasilkan dalam durasi lama.

Angklung Dogdog Lojor selalu dipakai sebagai alat pengiring musik dalam upacara adat di wilayah Sunda. Seperti acara penyambutan, tebar benih, tandur, prah-prahan, dll selalu diiringi kesenian unik tersebut.

Budaya asal Jawa Barat tepatnya dari daerah Ciamis, masyarakat bisa melihat kesenian bernama Merlawu. Daftar budaya ini masuk dalam jenis kesenian terunik yang belum populer karena tidak dikenal luas masyarakat.

Merlawu adalah budaya berupa upacara adat yang dilakukan dengan berziarah ke makam para leluhur terdahulu. Karena di daerah Ciamis memiliki leluhur, tujuan Merlawu untuk mengenang jasa para nenek moyang pendahulu.

RECOMMEND :  √ 9+ Jenis Kain Tote Bag Keren, Wajib Cek Sebelum Cetak

Kesenian Merlawu kerap diadakan di Gunung Sasuru sekitar Desa Kertabumi. Masyarakat yang tertarik bisa mengikuti prosesi pelaksanaan budaya Merlawu sambil mengingat jasa dari para leluhur yang berasal dari Ciamis.

Budaya Asal Jawa Barat, Gantangan

Menelisir kawasan kota Subang Jawa Barat terdapat budaya yang harus diketahui disebut sebagai Gantangan. Budaya Gantangan memiliki arti berupa pola sosial dan ekonomi penduduk dengan mencerminkan ekspresi senang.

Gantangan menjadi budaya asal Jawa Barat yang dilakukan dengan saling memberi sumbangan. Oleh karena itu sumbangan selalu dilakukan oleh masyarakat di Jawa Barat ketika mendatangi hajatan nikah, lahiran, atau khitanan.

Sebenarnya tidak dilakukan disaat hajatan, Gantangan juga dilakukan dengan membangun rumah, merenovasi, atau memberikan modal tertentu. Tradisi nyumbang uang tanpa memaksa ini disebut sebagai Gantangan dan berasal dari Subang, Jabar.

Terakhir terdapat kesenian berupa Rengkong yang masuk sebagai alat tradisional dengan material utama bambu. Dalam alat tradisional ini, masyarakat bisa memikul padi hasil jemur ke lumbung terdekat secara mudah.

Budaya asal Jawa Barat Rengkong bukan menjadi hal baru bagi masyarakat di Jawa Barat. Bahkan di wilayah pedesaan Jawa Barat masih banyak masyarakat menggunakan Rengkong sebagai alat pemikul padi.

Dalam penggambaran sebenarnya, Rengkong merupakan alat pikul dan kesenian tersebut dikenal setelah banyak orang memikul hasil panen padi secara tradisional. Kesenian ini sudah ada sejak zaman dulu.

Daftar budaya dari provinsi Jawa Barat kini sudah Anda ketahui untuk menambah wawasan terhadap kesenian. Pastikan seluruh budaya asal Jawa Barat di atas selalu dilestarikan supaya tidak dilupakan oleh masyarakat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *