√75+ Kesenian dari Kebumen yang Wajib Anda Tonton

Kesenian dari Kebumen yang Wajib Anda Tonton

Kesenian dari Kebumen yang Wajib Anda Tonton
Kesenian dari Kebumen yang Wajib Anda Tonton

Ada banyak sekali kesenian dari Kebumen yang sepertinya sayang untuk dilewatkan Ketika Anda mengunjungi kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini.

Kebumen tidak hanya kaya akan berbagai macam tempat wisata yang sangat indah, akan tetapi memiliki adat dan budaya yang sangat unik.  Oleh karena itu, sepertinya Anda ada wajib untuk menonton beberapa kesenian jika berkesempatan mengunjungi Kabupaten Kebumen.

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini beberapa kesenian tradisional sudah mulai ditinggalkan oleh anak-anak muda. Padahal kesenian tradisional ini harus dilestarikan, agar nantinya juga bisa dinikmati oleh anak cucu kita.

Beruntungnya adalah di daerah Kebumen masih ada orang-orang yang mau melestarikan kesenian tradisional. Beberapa kesenian dari Kebumen merupakan adaptasi dari kebudayaan daerah lain.

Anda bisa menikmati kesenian khas asal Kebumen dalam berbagai macam acara-acara penting. Biasanya warga Kebumen menyelenggarakan  atau membuat acara kesenian tradisional pada event-event penting seperti hajatan,  hari kemerdekaan, dan masih banyak lagi lainnya.

Alasan Mengapa Harus Menonton Kesenian dari Kebumen

Kesenian tradisional selalu memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini karena kesenian tradisional berasal dari para leluhur yang terus-menerus dikembangkan hingga saat ini.

Wilayah Indonesia bisa dikatakan sangat kaya akan adat budaya. Dimana, setiap daerah memiliki adat dan budayanya masing-masing sehingga memiliki negara Indonesia memiliki banyak sekali kesenian dari berbagai macam daerah.

Salah satu daerah yang memiliki kebudayaan unik yaitu adalah Kebumen. Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus menonton kesenian dari Kebumen.

1. Seru dan unik

Anda mungkin tidak akan pernah menemukan berbagai macam kesenian yang ada di Kebumen pada daerah lain. Karena beberapa kesenian hanya terdapat pada daerah Kebumen.

Ini akan sangat menjadi pengalaman yang berharga ketika bisa menikmati berbagai macam kesenian yang ada di Kebumen. Menonton kesenian tradisional bisa menjadi pilihan yang tepat ketika berlibur bersama dengan keluarga.

RECOMMEND :  √49+ Mengenal Alat Musik Tradisional Angklung Dan Serba-Serbinya

2. Cara mengeluarkan uang banyak

Untuk menikmati kesenian dari Kebumen ke Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Karena biasanya ada bisa menonton kesenian-kesenian secara gratis pada event-event tertentu.

Apalagi biaya yang dibutuhkan untuk berlibur di Kebumen bisa dikatakan sangat murah. Anda bisa mendapatkan berbagai macam makanan atau hotel dengan harga yang sangat terjangkau.

3. Hiburan yang sangat menarik

Menikmati Kesenian tradisional adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan hiburan yang berkesan. Karena kesempatan untuk menikmati kesenian tradisional di era modern bisa dikatakan sangat terbatas.

Daftar Kesenian dari Kebumen

Kabupaten yang memiliki lambang burung lawet ini memiliki banyak sekali kesenian yang unik dan menarik. Berikut beberapa kesenian yang akan sangat sayang ketika dilewatkan jika Anda mengunjungi Kabupaten Kebumen.

1. Kuda lumping

Kuda lumping adalah salah satu kesenian tradisional yang sangat populer di Kabupaten Kebumen. Ini merupakan salah satu kesenian yang sudah ada sejak zaman dahulu dan terus berkembang hingga saat ini.

Di Kebumen ada banyak sekali grup kuda lumping yang tersebar hampir diseluruh wilayah Kebumen. Kuda lumping merupakan kesenian dari Kebumen yang sering menjadi andalan orang-orang ketika mengadakan hajatan.

Salah satu alasan utamanya yaitu adalah ada banyak orang yang sangat tertarik dengan kesenian satu ini. Kuda lumping sangat disukai oleh masyarakat Kebumen dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.

2. Tari lawet

Tari lawet diciptakan pada tahun 1945 oleh salah satu seniman di Kebumen. Ini merupakan salah satu kesenian asli Kebumen yang sampai saat ini masih terus bertahan dan dilestarikan.

Tari ini bercerita tentang kegiatan burung lawet ketika memulai mencari makanan hingga kembali ke sarang. Tarian ini, minimal dilakukan oleh dua orang dengan durasi sekitar 10 menit.

RECOMMEND :  √27+ Macam Macam Warna Putih | Kode, Gambar dan Arti Psikologi

3. Wayang kulit

Kesenian dari Kebumen selanjutnya yaitu adalah wayang kulit. Wayang kulit biasanya diadakan pada acara-acara besar di Kebumen. Sampai saat ini pertunjukan wayang kulit masih sering dilakukan di daerah Kebumen.

Sehingga, sangat tidak mengherankan jika Kebumen memiliki banyak sekali dalang yang terkenal. Beberapa dalang dari Kebumen juga sangat populer di luar Kabupaten Kebumen.

4. Janengan

Kesenian dari Kebumen yang masih banyak diadakan berikutnya yaitu adalah janengan. Janengan merupakan salah satu kesenian yang disebarkan oleh salah satu wali di Jawa Tengah yaitu adalah Sunan Kalijaga.

Janengan merupakan kesenian yang digunakan oleh Sunan Kalijaga untuk menyebarkan ajaran Islam di Jawa Tengah. Sampai akhirnya terus dilestarikan hingga saat ini dan diadakan dalam berbagai macam acara-acara di Kebumen.

5. Tarian keselong

Ini merupakan salah satu tarian yang memiliki pesan menarik untuk anak-anak yang bermain sampai lupa waktu.

Tarian ini bercerita tentang sekelompok anak-anak yang bermain di pinggir sebuah lereng. Karena terlalu asyik bermain hingga lupa waktu, tanpa disadari ternyata ada salah satu anak yang hilang.

Setelah, ada yang menyadari jika temannya hilang, anak-anak itupun mencarinya. Sampai akhirnya anak yang hilang tersebut ditemukan di tengah-tengah kuburan. Tarian ini memiliki cerita yang cukup kental dengan aroma mistis.

Kapan Kesenian dari Kebumen Tindakan atau Diselenggarakan

Untuk menikmati kesenian yang ada di daerah Kebumen memang tidak bisa setiap waktu. Oleh karena itu Anda harus berkunjung di waktu yang tepat sehingga bisa menikmati berbagai macam kesenian yang ada.

Salah satu cara terbaik untuk bisa menikmatinya,  yaitu adalah dengan menghubungi pihak atau warga Kebumen asli untuk mengetahui apakah ada acara kesenian yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

RECOMMEND :  17+ Kerajinan Tangan di Indonesia | Teknik, Bahan & Daerah Penghasil

Karena memang, sebagian besar kesenian tidak diadakan secara rutin sehingga tidak diketahui jadwal penyelenggaraannya secara pasti.  Jika Tidak memiliki kerabat atau saudara di Kebumen maka bisa mencarinya melalui internet.

Karena biasanya ketika pemerintah provinsi Jawa Tengah akan melakukan acara kesenian, maka disebarkan melalui internet seperti menggunakan media sosial atau website.

Apa Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menikmati Kesenian Dari Kebumen

Untuk Menikmati berbagai macam kesenian dari Kabupaten Kebumen Anda tidak perlu mempersiapkan apapun. Walaupun beberapa kesenian seperti misalnya kuda lumping memiliki adegan-adegan berbahaya akan tetapi ini sangat aman untuk di tonton.

Karena Adegan-adegan berbahaya yang terdapat pada kesenian tradisional Kebumen dilakukan oleh para profesional di bidangnya masing-masing. Untuk itu Anda tidak perlu takut atau ragu ketika akan kesenian tradisional dari Kabupaten Kebumen.

Ini bisa menjadi salah satu hiburan yang sangat menarik untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Jika Anda berlibur dengan anak-anak ini juga bisa menjadi pembelajaran bagi anak-anak mengenai berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat kaya akan budaya dan harus terus dilestarikan. Salah satunya yaitu adalah dengan mendukung berbagai macam group ataupun paguyuban tradisional yang masih bertahan hingga saat ini.

Salah satu bentuk dukungan yang paling mudah untuk diberikan yaitu keadaan menonton setiap mereka melakukan pertunjukan. Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap karya dan usaha mereka melestarikan kesenian tradisional.

Di tengah-tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat, warga Kebumen tetap berusaha untuk melestarikan kesenian tradisional. Kesenian dari Kebumen, akan terus bertahan jika seluruh pihak terkait saling bahu-membahu untuk melestarikannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *