√75+ Daftar Tari Mistis di Indonesia Paling Seram

√75+ Daftar Tari Mistis di Indonesia Paling Seram

Daftar Tari Mistis di Indonesia Paling Seram
Daftar Tari Mistis di Indonesia Paling Seram

Tari mistis di Indonesia termasuk sebagai kebudayaan yang sangat disukai. Hal ini disebabkan sering terdapat gerakan cukup aneh serta mengejutkan. Tentunya berisi pesan sampai cerita yang dianggap sangat menyeramkan. Kelebihan lainnya dari seni tersebut yakni dari segi tampilan dari para penarik. Mereka selalu menggunakan kostum serta makeup cukup kental. Pastinya mampu menampilkan berbagai gerakan serta konsep terbaik. Khusus suku Indonesia telah banyak memiliki cara dalam proses ekspresi diri. Termasuk memberikan gambaran mengenai hal mistis atau klenik. Apalagi seringkali setiap budaya dilengkapi dengan cerita berbau horor.

Semua tarian mistis nusantara sebenarnya bukan hanya menyajikan cerita unik. Melainkan berbagai nilai luhur akan diberikan sehingga pantas kita lihat. Terlebih jika terdapat dalam penyelenggaraan suatu acara penting. Nenek moyang telah membuat gambaran menarik terhadap situasi dan keadaan zamannya. Patut kita ketahui apa saja jenis beserta makna di dalamnya. Begitu juga dengan maksud bisa melestarikan setiap warisan tarian.

Tari Mistis di Indonesia Terseram Dari Jawa

Suku di pulau Jawa terbilang memiliki beragam kebudayaan luar biasa jika berhubungan dengan mistis. Termasuk dalam tarian yang terkadang banyak menyajikan pesan magis. Pastinya visual dan ceritanya patut dipahami.

  1. Seblang

Seblang mungkin menjadi tari mistis di Indonesia yang termasuk populer. Apalagi setelah merebaknya cerita mengenai KKN di Desa Penari dalam medsos. Menurut ceritanya, pada cerita tersebut menyajikan penari Seblang. Seni Seblang ini sendiri berasal dari kota Banyuwangi, Jawa Timur. Ternyata dapat dilakukan seorang penari yang sedang tidak sadarkan diri. Tidak heran secara tidak sadar dapat menarik melebihi waktu berhari-hari.

  1. Bedhaya Ketawang

Bedhaya Ketawang termasuk sebagai kebudayaan yang dilakukan setiap tahun. Tidak lain di Yogyakarta dan menjadi peringatan kenaikan takhta Keraton. Tujuan tersebutlah yang membuat Bedhaya Ketawang cukup krusial. Disini para penari tidak bisa asal menjadi bagian melainkan harus melengkapi persyaratan. Misalnya masih perawan, tidak haid dan melakukan puasa. Menurut cerita, Ratu Pantai Selatan akan ikut bagian pada tarian.

  1. Kuda Lumping

Bila membahas tari mistis di Indonesia, Kuda Lumping selalu masuk dalam daftarnya. Bagi sebagian masyarakat Jawa, seringkali menyajikan pertunjukan menyambut acara besar. Begitu juga jika hanya ingin sebagai tontonan biasa. Dalam Kuda Lumping, semua penarik dengan mudahnya akan dirasuki oleh para roh halus. Tidak heran mampu melakukan beragam aktivitas cenderung keras. Misalnya makan beling, meminta sesajen sampai mengkonsumsi daging mentah. Sebenarnya Jawa masih memiliki jenis taruhan lain seperti Sintren. Untuk asalnya dari Jawa Barat dan cukup seram karena menarik memakai kacamata hitam. Menurut ceritanya, penari tersebut kerasukan Dewi Lanjarsari.

RECOMMEND :  √49+ Budaya Minum Jamu di Indonesia Bermanfaat Bagi Kesehatan

Tarian Magis Dari Provinsi Sumatera

Sumatera terkenal memiliki banyak kebudayaan yang terbilang keras dan kelam. Begitu juga penggunaan ilmu mistis atau sakral yang masih cukup kental. Tidak heran ditemukan beragam seni pertunjukan yang menyeramkan. Salah satu tari mistis di Indonesia dari Sumatera yakni Rentak Bulian. Bagi sebagian besar penonton, merasakan sendiri ada nuansa magis. Untuk asalnya sendiri dari Riau tepatnya Kabupaten Indragiri Hulu. Bila ingin menarikan Rentak Bulian, hanya dapat dilakukan orang tertentu. Misalnya gadis perawan serta pemuda perjaka berjumlah 7 orang. Pastinya kebanyakan penarik pada Rentak Bulian seringkali masih berusia muda.

Nantinya pemuda yang menarikan Rentak Bulian bisa kerasukan roh halus. Tidak heran melakukan gerakan dan aktivitas setengah sadar. Sebenarnya Rentak Bulian punya tujuan bagus sebagai tradisi pengobatan gaib. Jenis tari mistis di Indonesia dari Sumatera lainnya yakni Sigale-Gale. Asalnya dari Samosir yang sudah dikenal banyak cerita menyedihkan. Misalnya yang menggambarkan Sigale-Gale karena kehilangan orang tercintanya. Nantinya Sigale-Gale memang menggambarkan tentang seorang ibu yang kehilangan anak laki-lakinya. Ditambah lagi putra tunggal sehingga sangat menyedihkan. Tarian tersebut akan dilakukan berdekatan dengan boneka.

Boneka pada tari mistis di Indonesia Sigale-Gale bentuknya mirip dengan anak laki-laki. Tergolong mistis karena menurut ceritanya bisa dimasuki roh. Tidak heran terdapat banyak tanpa ada nuansa cukup menyeramkan. Bila Anda sedang menonton Sigale-Gale, disarankan untuk tetap diam dan menghormati. Apalagi jika ingin melihat beragam adat lain yang ikut diselenggarakan. Termasuk mengikuti ketentuan adat pada Sigale-Gale.

Tari Sakral Kebudayaan Pulau Bali

Bali terkenal sebagai pulau yang Indah dan cocok dipakai sebagai destinasi berlibur. Nyatanya banyak kebudayaan berdaya magis di dalamnya sudah terkenal. Termasuk pada beragam tarian yang berisi sejarah menyeramkan.

RECOMMEND :  √45+ Macam Macam Warna Hitam (Gambar, Kode dan Artinya)

1. Sanghyang Jaran

Sanghyang Jaran sebenarnya tari mistis di Indonesia, yang berhubungan dengan kecak. Tapi akan dibedakan karena menjadi pertunjukan berlainan. Tidak lain semua penari nantinya selalu melakukan atraksi ekstrem. Salah satu jenis atraksi tersebut yakni berjalan melewati hamparan arang masih terbakar. Ditambah lagi sampai makan beling sampai kekebalan dari senjata tajam. Tidak heran jika Sanghyang Jaran mirip Kuda Lumping.

2. Calon Arang

Calon Arang termasuk suatu tari yang tidak dapat dilakukan oleh orang biasa. Melainkan harus memiliki kemampuan serta melengkapi syarat adat. Selain itu pengalaman penarik Calon Arang juga sudah harus bagus. Tidak ketinggalan hal berbau magis atau mistis perlu dilakukan sehingga cukup berbahaya. Apalagi pertunjukan paling mengerikan adalah menusuk diri sendiri. Tentu saja berbahaya jika dilakukan oleh orang biasa.

3. Kecak

Salah satu tari mistis di Indonesia populer dari Bali lainnya adalah Kecak. Tentu sudah banyak diketahui wisatawan domestik dan luar negeri. Apalagi sudah sering dijadikan ikon utama Pulau Dewata. Ternyata Kecak dilengkapi dengan banyak rahasia berbau mistis atau magis. Nantinya harus terdapat 50 orang penari baik pria maupun wanita. Tentu cukup menakutkan karena banyak penari akan kesurupan saat pertunjukan. Selain itu umumnya setiap penari kebal jika terkena kembang api. Sebelum melakukan Kecak, umumnya akan dilaksanakan prosedur ritual terlebih dulu. Lalu bisa menarikan Kecak di tempat terbuka yang cukup luas.

Tarian Magis Pulau Maluku Paling Menakutkan

Kalau berbicara mengenai beragam tari mistis di Indonesia khususnya Maluku mungkin belum terlalu diketahui. Terlebih karena seringkali terkenal atas makanan dan karakteristik masyarakatnya. Padahal terdapat seni pertunjukan cukup bagus. Saat ini Salai Jin menjadi seni pertunjukan magis yang terdapat di Maluku. Tepatnya dari Wilayah Ternate dan sering dilihat pada acara penting. Orang yang berkunjung ke Ternate kemungkinan besar melihatnya.

RECOMMEND :  √10+ Teknologi yang Menghemat Listrik Rumah

Sebagai tari mistis di Indonesia, Salai Jin harus dilakukan dengan jumlah penarik khusus. Tidak lain harus berjumlah ganjil supaya mengikuti ketentuan. Terutama supaya momen magis selanjutnya terjadi pada Salai Jin. Beberapa momen mistis disini adalah terjadinya kerasukan pada setiap penarik. Pastinya mereka bisa tetap menarik maupun melakukan hal lainnya. Tidak heran cukup menakutkan apabila melihat raut muka dan gerakannya. Selain itu setiap Salai Jin juga dapat meminta hal menarik pada orang sekitarnya. Tidak lain berkaitan dengan permintaan berjumlah ganjil. Umumnya sudah disiapkan sehingga bisa langsung diberikan pada penari.

Meski berbagai tarian tersebut terlihat cukup menyeramkan saat dilihat, tapi menakjubkan saat mengetahui maknanya. Termasuk sejarah yang terjadi dalam penciptaannya. Tentu semakin membanggakan serta senang menontonnya. Terlebih meskipun menakutkan tapi memberikan kesan khusus pada suku atau kebudayaan terkait. Pastinya dapat menambah nilai dari suatu daerah. Apalagi tari mistis di Indonesia harus dilihat dari sisi positifnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *