√15 Ciri-Ciri Lingkungan yang Sehat Berkat Keseimbangan Alam

Ciri-Ciri Lingkungan yang Sehat Berkat Keseimbangan Alam

Ciri-Ciri Lingkungan yang Sehat Berkat Keseimbangan Alam
Ciri-Ciri Lingkungan yang Sehat Berkat Keseimbangan Alam

Bagaimana ciri-ciri lingkungan yang sehat dan aman bagi semua makhluk hidup? Lingkungan tersebut dapat tercipta lantaran terjaganya keseimbangan alam dan makhluk hidup yang ada di bumi.

Keseimbangan alam menjadi salah satu faktor penting bagi kehidupan manusia. Apabila terjadi keseimbangan antara alam dan makhluk hidup maka lingkungan yang sehat akan terbentuk dengan sendirinya.

Sayangnya lingkungan bisa tercemar berbagai virus dan zat kimia berbahaya. Tidak adanya keseimbangan alam juga menyebabkan lingkungan menjadi kurang sehat bagi makhluk hidup di dalamnya.

Bayangkan jika Anda berada di suatu lingkungan yang penuh dengan debu dan asap. Tentunya setiap orang yang tinggal di kawasan tersebut akan terserang penyakit napas hingga batuk.

Inilah pentingnya menciptakan suasana dan kondisi alam yang sehat. Lingkungan yang segar dan bersih membuat orang-orang terhindar dari penyakit sehingga keberlangsungan makhluk hidup tetap terjaga.

Artikel berikut ini membahas berbagai macam ciri lingkungan sehat yang menguntungkan makhluk hidup. Sehingga tercipta keberlangsungan hidup manusia, tumbuhan dan hewan yang selaras dalam jangka panjang.

Ciri-Ciri Lingkungan yang Sehat di Daratan

Daratan merupakan tempat bagi makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan tumbuh dan berkembang biak. Namun hal tersebut tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dari lingkungan yang sehat.

Seperti apa karakteristik lingkungan di daratan yang sehat? Berikut adalah macam-macam karakteristik yang menandakan lingkungan tempat tinggal Anda dalam keadaan bersih dan terhindar dari penyakit.

1. Tersedianya Tempat Sampah yang Bersih

Ciri-ciri lingkungan yang sehat adalah adanya tempat sampah yang bersih. Umumnya tempat tersebut dirancang sebagai wadah sampah organik maupun anorganik seperti botol plastik dan kertas.

Namun jika tempat sampah dalam kondisi bersih menandakan orang-orang di sekitarnya berupaya menjaga keseimbangan alam. Sampah-sampah tersebut telah dipilah dan diolah menjadi barang-barang yang bisa dijual kembali.

RECOMMEND :  √15 Pencemaran Udara Adalah Permasalahan Global Masa Kini

2. Terdapat Pohon dan Tumbuhan yang Rindang

Pohon dan tumbuhan hijau yang ditemukan di daratan memiliki peran penting terhadap kehidupan manusia. Pohon yang segar dapat mendukung tersedianya udara yang segar dan bersih.

Sementara itu tumbuhan yang rindang seperti rumput merupakan makanan bagi binatang. Inilah maksud dari keseimbangan antara manusia, binatang dan tumbuhan yang kemudian menciptakan lingkungan sehat.

3. Tersedia Saluran Air atau Irigasi yang Lancar

Ciri-ciri lingkungan yang sehat di darat selanjutnya yaitu adanya saluran air irigasi yang lancar. Saluran irigasi yang tercemar dengan limbah pabrik tentu mempengaruhi kualitas air di lingkungan tempat tinggal.

Selain itu saluran irigasi yang mampet karena sampah yang menumpuk menandakan lingkungan tersebut tidak terjaga dengan baik. Sehingga hal tersebut dapat memunculkan penurunan kualitas kesehatan.

Ciri-Ciri Lingkungan yang Sehat di Perairan

Perairan merupakan tempat bagi biota air untuk tumbuh dan berkembang biak membentuk ekosistem tertentu. Kawasan perairan juga menjadi tempat para nelayan menangkap ikan untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun bagaimana jadinya jika kondisi perairan tersebut dalam kondisi yang tidak sehat? Hal ini dapat menyebabkan punahnya ekosistem di dalam laut seperti terumbu karang, ikan dan biota lainnya.

Kondisi perairan yang kurang sehat bahkan cenderung rusak juga berdampak bagi manusia. Hal ini dikarenakan nelayan mengandalkan mata pencahariannya di laut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Lantas bagaimana ciri-ciri lingkungan yang sehat di kawasan perairan? Ekosistem biota laut dan perairan lainnya yang masih terjaga dengan baik tentu menandakan terciptanya lingkungan sehat.

Selain itu keseimbangan rantai makanan di kawasan perairan menjadi salah ciri dari adanya lingkungan yang sehat. Kawasan perairan yang dimaksud termasuk danau, telaga hingga sungai tempat ikan-ikan kecil bermukim.

RECOMMEND :  √15 Sampah Plastik Di Indonesia Kian Menggunung dan Rusak Alam

Ciri sungai yang sehat ditandai dengan kondisi air jernih dan adanya ikan-ikan kecil di dalamnya. Sementara itu perairan dangkal seperti sungai yang keruh dan berbusa menandakan kondisinya sudah mulai tercemar.

Limbah buangan pabrik berupa cairan yang belum diolah ulang menjadi faktor tercemarnya kawasan sungai dan laut. Sehingga kondisi tersebut membuat ekosistem di dalamnya punah perlahan-lahan.

Ciri-ciri lingkungan yang sehat di kawasan sungai adalah tidak adanya penggunaan bahan peledak. Pemanfaatan bahan peledak saat menangkap ikan di sungai dan laut sudah pasti menghancurkan kehidupan biota air.

Sehingga untuk menjaga kelestarian biota air laut dan sungai sebaiknya tidak menggunakan bahan peledak. Terlebih bahan peledak tersebut dapat mencemari kualitas air laut dan sungai di sekitar pemukiman.

Ciri-Ciri Udara Segar untuk Lingkungan Sehat

Lingkungan yang sehat juga ditandai dengan tersedianya udara segar. Namun tahukah Anda ada beragam karakteristik udara yang menyehatkan dan segar bagi makhluk hidup di bumi.

Pertama udara bersih yang dihirup semua makhluk hidup saat pagi dan sore hari. Ciri-ciri lingkungan yang sehat ini bisa didapat asalkan adanya keseimbangan peran alam dan manusia.

Udara pagi hari yang segar biasanya terbentuk karena cuaca dan pepohonan hijau. Bayangkan jika Anda kehilangan momen menikmati udara segar di pagi atau sore hari.

Kondisi tersebut menandakan Anda berada di sebuah lingkungan yang kurang sehat. Terlebih jika pagi hari udara justru dipenuhi kabut akibat kebakaran lahan atau hutan dalam kurun waktu lama.

Kedua tersedianya udara segar tanpa partikel berbahaya yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Udara yang sudah terkontaminasi dengan limbah industri berupa partikel ringan seperti debu tidak baik untuk kesehatan.

RECOMMEND :  √15 Jenis Limbah Berdasarkan Bentuknya yang Mencemari Alam

Ciri-ciri lingkungan yang sehat tanpa partikel berbahaya didapat dari adanya pengontrolan limbah industri. Industri yang menghasilkan limbah berupa gas partikel berdebu sebaiknya menggunakan alat khusus.

Fungsinya tentu untuk menyaring limbah buangan pabrik berupa gas partikel. Sehingga zat dan partikel berbahaya dapat terikat dan tidak mencemari udara di sekitar kawasan industri tersebut.

Ciri udara bersih penyusun lingkungan sehat selanjutnya adalah oksigen yang cukup. Gas penyusun udara bersih ini dibutuhkan manusia untuk bernapas setiap hari sehingga tidak boleh bercampur dengan penyusun gas lainnya.

Menciptakan Lingkungan yang Sehat dan Bebas Kontaminasi

Setiap makhluk hidup membutuhkan lingkungan yang bebas dari kontaminasi zat berbahaya. Ciri-ciri lingkungan yang sehat ini terwujud berkat adanya kesadaran manusia dalam berperilaku dan menjalankan pekerjaan.

Kontaminasi dapat terjadi di area perairan, udara hingga daratan. Ada berbagai macam penyebab terjadinya kontaminasi mulai dari ulah manusia yang tidak bertanggung jawab hingga pembuangan limbah industri.

Menciptakan lingkungan sehat dan bebas kontaminasi juga memerlukan peran manusia. Hal ini dikarenakan manusia menjadi pembentuk keseimbangan alam maupun kerusakan yang terjadi di lingkungan sekitar.

Membuang sampah sesuai dengan anjuran dapat meningkatkan kualitas lingkungan yang kurang sehat. Terlebih jika hal tersebut dilakukan bersamaan dengan menanam bibit pohon agar tercipta udara bersih dan segar.

Kualitas lingkungan yang awalnya kurang sehat perlahan-lahan menjadi lebih baik. Apabila kualitas lingkungan membaik tentunya Anda bisa mewujudkan keseimbangan alam dan makhluk di sekitarnya dalam jangka panjang

Pada akhirnya keseimbangan alam memiliki peran penting untuk terciptanya lingkungan yang bersih dan menyehatkan. Ciri-ciri lingkungan yang sehat tersebut selanjutnya bisa menjadi tolak ukur ada atau tidaknya pencemaran.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *