√15 Potensi Terumbu Karang Indonesia dan Larangan Mengambilnya

Potensi Terumbu Karang Indonesia dan Larangan Mengambilnya

Potensi Terumbu Karang Indonesia dan Larangan Mengambilnya
Potensi Terumbu Karang Indonesia dan Larangan Mengambilnya

Terumbu karang Indonesia merupakan rumah bagi keanekaragaman hayati laut tertinggi di planet ini. Letak geografis Indonesia hampir sempurna di tengah-tengah segitiga alam yang menyebabkan wilayahnya menjadi hotspot utama penelitian laut.

Sering dijuluki sebagai wilayah segitiga, Indonesia merupakan salah satu pusat keanekaragaman biota laut. Meski begitu, terumbu-terumbu karang Indonesia menjadi salah satu yang paling terancam di dunia.

Hal ini dikarenakan adanya ancaman dari aktivitas antropogenik maupun fenomena alam. Proporsi penurunan terumbu-terumbu karang di Indonesia meningkat dari 10% menjadi 50% dalam 50 tahun terakhir.

Meskipun ada upaya penyelamatan terumbu karang Indonesia yang diprakarsai oleh program rehabilitas dan pengolahan coral dunia. Tapi, targetnya masih di bawah 5% dari target utamanya.

Kegagalan peningkatan tutupan disebabkan oleh berbagai kendala alam yang terjadi. Misalnya saja seperti tsunami, gempa bumi, letusan gunung berapi, pencemaran laut, pariwisata, hingga pemanasan global.

Degradasi karang akibat perubahan iklim memang tidak mungkin untuk dihindari dan perkiraannya akan mencapai 450 bagian per juta. Meski begitu, masyarakat masih bisa melindungi dan memulihkan ekosistem.

Melihat Potensi Terumbu Karang Indonesia

Seperti diketahui jika Indonesia kaya akan sumber daya laut. Hal ini dikarenakan negara Indonesia memiliki jumlah laut sebesar 2/3 dari keseluruhannya. Di mana memiliki luas keseluruhannya sekitar 5.8 juta km2.

Terumbu atau gosong merupakan batu sedimen dari kapur laut yang sebagian besarnya dihasilkan oleh koral. Koral merupakan hewan laut yang memiliki kerangka tubuh dan menghasilkan kapur.

Sudah semestinya, sebagai negara kepulauan ini memiliki gosong yang berlimpah. Ribuan koral berkumpul menjadi satu di suatu wilayah nantinya akan membentuk karang yang cantik dan menarik.

Terumbu karang Indonesia menjadi salah satu wilayah terluas dan tercantik di dunia. Luasnya mencapai 284 ribu kilometer persegi. Ini setara dengan jumlah seluruh terumbu yang ada di seluruh dunia.

RECOMMEND :  √13 Bencana Alam di Indonesia Paling Sering Terjadi dalam 20 Tahun Terakhir

Keanekaragaman karangnya juga menjadi potensi bagus untuk dijadikan tempat wisata. Dengan begitu, perekonomian wilayahnya akan meningkat dan taraf hidup masyarakatnya menjadi lebih makmur dari sebelumnya.

Hewan laut ini hidup di lautan dengan suhu antara 21-29 derajat celcius. Suhu tersebut ideal untuk tempat hidup dan tumbuh karangnya. Jika suhu lebih rendah atau tinggi pertumbuhannya kurang baik.

Suhu yang hangat di daerah tropis ini sangat mendukung pertumbuhan karang. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak penemuan terumbu karang Indonesia pada perairan lautnya tersebut.

Perusakan Biota Terumbu Karang Indonesia

Karang bukan hanya sebagai pelengkap kehidupan bawah laut yang indah, tapi juga membuat berwarna. Semarak terumbu-terumbu bagian integral dari kelangsungan hidup banyak spesies di kehidupan lautnya.

Dikenal luas sebagai hutan hujan laut, hal ini dikarenakan terumbu-terumbu tersebut menjadi rumah bagi biota bawah lautnya. Ada sekitar 25 persen ikan laut dan organisme lainnya yang hidup di sekitarnya.

Seiring dengan peningkatan konstruksi pesisir, suhu global, dan kerusakan lingkungan lainnya, hampir 33 persen terumbu karang Indonesia terancam kepunahan. Dalam beberapa dekade terakhir, perubahan iklim dan aktivitas manusia juga mengancamnya.

Kedua faktor ancamannya ini tidak memiliki tanda-tanda akan berhenti dalam waktu dekat. Artinya, kerusakan perairan laut akan bertambah parah dan kepunahan sudah berada di depan mata.

Perusakan terumbu karang Indonesia sebagai degradasi dan potensi kematian massal biota lautnya. Biasanya hal ini disebabkan oleh teknik penangkapan ikan secara ilegal, polusi, wisatawan ceroboh, dan fenomena alam lainnya.

Karang adalah organisme hidup—bisa sakit dan mati, sama seperti tumbuhan atau hewan lainnya. Karena berbagai faktor lokal dan global, yang dapat berdiri atau berinteraksi, semakin banyak terumbu dunia mati.

RECOMMEND :  √15 Penyebab Polusi di Laut, Apa Dampak, dan Cara Mencegahnya

Meskipun manusia tidak terlihat seperti bergantung serta membutuhkan terumbu karang Indonesia. Padahal, manusia sangatlah bergantung dalam beberapa bidangnya seperti sumber makanan dan juga hal lainnya.

Kepunahannya dapat menghancurkan bagian wilayah tertentu di dunia, apalagi bagi masyarakat yang bergantung padanya sebagai mata pencahariannya. Atau mungkin tidak berdampak langsung pada Anda.

Perusakan serta penghancurannya bukan lagi sesuatu yang harus didiamkan, para perusak harus segera ditangkap. Ini merupakan langkah terbaik yang bisa diambil untuk menekan kerusakan dan kepunahannya.

Tujuan Pemerintah Indonesia Melarang Pengambilan Terumbu-Karang

Pengambilan terumbu karang Indonesia seringkali terjadi hingga akhirnya ekosistem laut menjadi rusak. Terumbu atau batu karang banyak diambil untuk dijadikan bahan bangunan ataupun infrastruktur lainnya.

Pengambilan ini terus meningkat setiap tahunnya, maka dari itu pemerintah tidak tinggal diam dan mulai mengambil langkah tegas. Pemerintah mengeluarkan ancaman hukuman penjara hingga 10 tahun dan denda 2 Milyar.

Ancaman-ancaman ini dilakukan untuk memberikan efek jera kepada para pengambil dan perusak batu karang. Ancamannya tertulis pada pasal 35 di BAB XVII 73 tentang penambangan ilegal.

Tujuan dari Pemerintah terkait dilarangnya pengambilan terumbu karang Indonesia adalah menjaga kelestarian taman laut. Taman laut yang sehat, bersih, serta terawat tentu akan mendatangkan banyak wisatawan laut.

Kehidupan bawah laut memang sudah seharusnya dijaga kelestariannya, hal ini dikarenakan memiliki fungsi ekologis yang sangat besar. Misalnya saja sebagai tempat tinggal, berlindung, serta berkembangbiakan ikan atau biota lainnya.

Budidaya batu karang juga perlu dilakukan untuk mencegah pemanasan global. Keberadaannya menjadi sangat penting, dengan begitu pemerintah harus bertindak lebih tegas lagi dalam memerangi perusak terumbu.

Manfaat dari Batu Karang di Laut

Karena keragaman terumbu karang Indonesia di kehidupan dunia laut yang tercipta menyimpan banyak manfaat. Bermanfaat sebagai monumen laut, berikut adalah manfaat yang akan didapat dari batu karang laut.

RECOMMEND :  √15 Sistem Pengolahan Limbah Rumahan yang Perlu Dipelajari

1.     Menjadi Pelindung Daerah Pesisir Pantai

Kehadirannya memiliki pengaruh besar terhadap energi serta kekuatan ombak. Adanya terumbu membuat kekuatan ombak menjadi tidak terlalu besar sehingga akan mengurangi kerusakan pantai dan pesisir.

2.     Sebagai Ekosistem Kehidupan Kelautan

Seperti sudah diketahui bahwa pada lingkungan sekitar karang terdapat banyak biota laut. Terumbu menjadi tempat hidup bagi berbagai organisme, tidak hanya itu tapi juga benteng untuk bertahan hidup dari predator.

3.     Sarana Wisata Rekreasi Lautan

Keanekaragaman jenis biota baik dari bentuk serta warnanya yang cantik tentu akan menarik banyak orang. Terlebih bagi banyak orang yang melakukan diving atau juga snorkeling.

4.     Meminimalisir Terjadinya Pemanasan Global

Mungkin Anda belum mengetahui bahwa laut mampu menyerap gas-gas beracun seperti karbon dioksida. Manfaatnya ini hampir mirip seperti hutan yang mampu menyerap reaksi kimia berlebih di udara.

5.     Bahan Baku Perhiasan dan Perindustrian

Batuan yang keras menjadi salah satu bahan baku untuk produk perhiasan. Tidak hanya itu, jika menggunakan bahan baku ini, nilai jualnya juga akan tinggi daripada penggunaan material lain.

6.     Sarana Pendidikan serta Penelitian

Kawasan ini juga kerap kali dijadikan sarana pendidikan maupun penelitian para ilmuwan. Khususnya bagi orang-orang dengan minat dunia kelautan. Dengan begitu, orang-orang akan mengetahui ekosistem laut lepas.

Berbicara tentang kehidupan bawah air memang tidak akan ada habisnya, pasalnya ini merupakan dunia yang indah dan menarik untuk dipelajari. Terlebih karena adanya terumbu karang Indonesia dengan bentuk dan jenisnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *