√9+ Tips Menjaga Privasi Device Windows dari Potensi Peretas

Tips Menjaga Privasi Device Windows dari Potensi Peretas

Tips Menjaga Privasi Device Windows dari Potensi Peretas
Tips Menjaga Privasi Device Windows dari Potensi Peretas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa privasi device windows sangat rentan terhadap serangan para peretas. Melihat jumlah pengguna sistem operasi ini di Indonesia tentu sangat riskan ketika dibiarkan begitu saja.

Oleh karena itu kami akan memberikan beberapa tips paling sederhana sehingga keamanan Anda dapat terjaga. Apalagi sekarang penggunaan internet semakin masif sehingga potensi serangan menjadi meningkat.

Tentu Anda tidak ingin menjadi korban para peretas karena membiarkan privasi diri terbuka lebar. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan agar potensi serangan peretas dapat diminimalisir.

Para pengguna windows di dalam negeri memang masih sering melupakan aspek keamanan pribadinya ketika berinteraksi di internet. Padahal ini adalah sebuah loop hole yang sering dimanfaatkan peretas untuk menyerang.

Jika kita tidak waspada terhadap potensi serangan tersebut tentu akan sangat merugikan. Ada banyak kemungkinan serangan yang bisa dibuat oleh para peretas sehingga korban tidak sadar sudah berada dalam genggamannya.

Kami akan memberikan privasi device Windows beberapa langkah paling mudah menjaga hal tersebut agar Anda bisa melakukan sendiri. Memang langkah sederhana adalah sebuah awal penting sehingga user dapat mengoptimalkan potensi keamanan.

Jika kita tidak mengawali dengan hal sederhana tentu akan cukup sulit masuk ke dalam tahap lebih kompleks. Sehingga memulai dari sekarang adalah hal yang perlu dilakukan jika ingin aman dari peretas.

Menjaga Privasi Device Windows dengan Secure Mail

Secure mail adalah sebuah layanan email dengan keamanan yang lebih dibandingkan biasanya. Di Indonesia rata-rata para pengguna memakai layanan gmail keamanannya sebenarnya biasa saja.

Oleh karena itu kami sudah mempersiapkan beberapa rekomendasi lainnya agar tidak menjadi korban peretasan. Email biasanya digunakan untuk menyebarkan phising dan iklan palsu pada korbannya.

  1. Proton

Protonmail adalah salah satu provider email paling aman yang dapat digunakan oleh pengguna secara gratis. Jadi disini kita tidak perlu mengalokasikan anggaran tambahan untuk memperoleh keamanan.

RECOMMEND :  √9+ Rekomendasi Tablet untuk Menggambar, dalam Mengasah Kreativitas Anda

Sistem open source dari privasi device Windows proton juga memungkinkan pengguna untuk mengecek trafik dari surel tersebut. Sehingga minim kemungkinan ada peretas memasang backdoor pada sistem tersebut.

  1. Librem

Ini juga salah satu provider surel yang dapat diandalkan oleh para pengguna. Memang privasi menjadi salah satu prioritas paling tinggi bagi librem sehingga banyak pengguna menyukainya.

Ketika menggunakan librem metode enkripsi yang digunakan sudah masuk peer to peer. Kemudian enkripsi sampah juga bagus sehingga provider sendiri tidak bisa membaca surel yang sudah kita hapus.

  1. Tutanota

Ini termasuk salah satu provider surel yang cukup aman namun sayangnya beroperasi di jerman. Meskipun begitu enkripsi AES128 ditawarkan terbukti cukup aman dari tindakan peretasan dan eksploitasi.

Kita bisa menggunakannya secara gratis sehingga banyak pengguna memakai layanan. Layanan privasi device Windows surel tutanota juga sering dipakai oleh para jurnalis dan aktivis HAM di dunia.

Dengan menggunakan secure mail tentu potensi diri kita terekspos pada peretas juga semakin berkurang. Sehingga komunikasi online yang kita lakukan juga semakin terjaga kerahasiaannya.

Menggunakan Ekstensi Browser Pendukung Privasi Pengguna

Aplikasi browser di laptop ternyata adalah gerbang paling vital ketika tidak dijaga semaksimal mungkin. Potensi peretasan banyak terjadi karena pengguna mengunjungi situs dengan potensi bahaya tinggi.

Namun ada beberapa ekstensi yang dapat dimanfaatkan sehingga pengguna akan semakin aman berselancar di dunia maya. Berikut ini adalah beberapa referensi dapat Anda coba sendiri.

  1. Adblock

Ada berbagai macam privasi device Windows ekstensi adblock yang bisa digunakan oleh para pengguna. Kami tidak menyarankan secara spesifik karena sekali lagi tergantung pada selera pengguna masing-masing.

Mengapa adblock sangat penting karena bisa digunakan untuk menjaga paparan iklan pada pengguna. Algoritma dari penampil iklan tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi perilaku pengguna.

  1. Duckduckgo privacy essential

DPE sebenarnya adalah sebuah ekstensi rating yang bisa memberitahu kita bagaimana kondisi keamanan situs terkait. Ketika kita mengunjungi sebuah situs maka rating keamanan akan muncul.

RECOMMEND :  √9+ Tips Menyimpan Story Instagram Tanpa Aplikasi Tambahan

Semakin rendah privasi device Windows rating dari situs tersebut maka kita disarankan untuk tidak mengunjunginya. Ini adalah sebuah alat yang cukup fleksibel digunakan terutama jika Anda tidak ingin melakukan soft block.

  1. Disconnect

Ini adalah salah satu perangkat lunak yang memungkinkan kita menghindar dari tracking berbagai situs terutama google. Sehingga para pengguna akan mudah menyamarkan aktivitas ketika berselancar.

Dengan menggunakan perangkat lunak sederhana seperti itu sebenarnya kita sudah satu langkah lebih aman dari biasanya. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba karena bisa dilakukan secara gratis.

Menggunakan Virtual Machine dalam Interaksi Digital

Penggunaan virtual machine dalam melakukan interaksi digital adalah langkah yang bagi kebanyakan orang cukup ekstrim. Bagi Anda belum familiar dengan virtual machine jangan khawatir karena akan kami jelaskan.

Sebenarnya virtual machine atau VM adalah salah satu perangkat lunak yang bisa mensimulasikan operating system dalam operating system. Sehingga dalam satu perangkat komputer akan berjalan dua secara bersamaan.

Mengapa kita harus privasi device Windows menjalankan mesin lain dalam sebuah mesin tujuannya untuk menyamarkan identitas. Hal seperti ini ternyata terbukti optimal agar para peretas tidak mengetahui identitas kita.

Berbagai situs yang melakukan tracking juga akan kesulitan menganalisis kepribadian dan privasi kita ketika menerapkan hal seperti ini. Oleh karena itu VM adalah salah satu aspek paling penting menjaga privasi.

Misalnya ketika kita berselancar di dunia maya resolusi layar yang kita gunakan saja mampu digunakan untuk melakukan tracking. Dengan menggunakan mesin di dalam mesin artinya informasi seperti itu akan sulit diperoleh peretas.

Bahkan device yang kita privasi device Windows gunakan juga akan berbeda dengan kenyataannya sehingga mempersulit proses peretasan. Ini adalah cara agar tetap bisa aman meskipun berselancar di situs tidak jelas.

Meskipun efisiensinya sangat tinggi namun orang Indonesia sangat jarang menggunakannya. Salah satu alasan adalah VM cukup berat dioperasikan terutama jika device memiliki spesifikasi kentang seperti di Indonesia.

RECOMMEND :  √9+ Tips Modifikasi Laptop Kentang agar Bisa Lebih Ngebut

Sehingga sekarang masih belum banyak orang menerapkan penggunaan VM dalam kehidupan sehari-hari. Namun jika Anda memiliki device dengan kapabilitas tinggi tidak ada salahnya menggunakan VM.

Memakai Browser yang Aman Bagi Pengguna

Para pengguna awam sampai sekarang masih menganggap bahwa semua browser itu sama saja fungsinya. Memang benar dari privasi device Windows segi fungsional mereka semua hampir sama namun ada perbedaan sisi privasinya.

Jika kita menggunakan misalnya google chrome maka statistik penjelajahan yang setiap hari dilakukan itu tercatat oleh korporasi. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah analisis algoritma konsumen.

Sehingga iklan yang kita lihat ketika menjelajahi internet pasti selalu relevan dengan keinginan pribadi. Misalnya kita baru saja berbelanja topi di sebuah marketplace online menggunakan chrome.

Maka ketika kita membuka youtube misalnya maka iklan muncul pasti tidak jauh dari pembelian tadi yaitu topi. Ini privasi device Windows adalah fungsi dari tracking algorithm user yang dilakukan oleh google pada penggunanya.

Oleh karena itu akan lebih baik ketika kita berselancar di dunia maya menggunakan browser lainnya. Masih banyak aplikasi serupa memberikan opsi privasi lebih tinggi seperti seamonkey, duckduckgo, thor, dan edge.

Dari segi fungsional mereka semua hampir sama seperti chrome sehingga pengguna awam tidak kesulitan membiasakan diri. Ini adalah salah satu langkah yang paling mudah dilakukan pengguna untuk menjaga privasi.

Jika kita lalai dalam menjaga privasi tentu saja peretas dan korporasi nakal akan mudah memanfaatkannya. Kita memang tidak akan pernah bisa lepas dari tracking namun setidaknya kurangi potensinya.

Ini adalah langkah bijak untuk dilakukan sehingga privasi diri sendiri tidak menjadi properti orang lain. Menjaga privasi device Windows dapat dilakukan secara sederhana sehingga mulai sekarang juga.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *