√9+ Rekomendasi Laptop, Cara Kerja, dan Kegunaan

√9+ Rekomendasi Aplikasi VPN Laptop, Cara Kerja, dan Kegunaan

Rekomendasi Aplikasi VPN Laptop, Cara Kerja, dan Kegunaan
Rekomendasi Aplikasi VPN Laptop, Cara Kerja, dan Kegunaan

Aplikasi VPN laptop semakin banyak digunakan oleh pengguna internet karena kelebihan yang ditawarkan, termasuk keamanan ketika membuka browser. VPN atau virtual private network, memungkinkan jaringan koneksi internet publik dapat dilakukan secara privat. Oleh karena itu, penggunaannya memungkinkan Anda dalam mengakses data secara aman dan rahasia sebab terenkripsi meskipun dengan jaringan publik. Anda juga dapat membuka situs terblokir sehingga mendapatkan informasi lebih luas.

Bukan hanya itu saja, aplikasi VPN laptop juga memiliki berbagai fitur menarik sekaligus lengkap sehingga berselancar di dunia internet menjadi jauh lebih nyaman. Salah satu kelebihannya adalah proses download lebih cepat. Mungkin beberapa orang masih merasa ragu untuk menggunakan virtual private network ini, oleh karena itu berikut adalah ulasan lengkapnya. Anda juga dapat memilih rekomendasi aplikasi sesuai dengan keinginan maupun kebutuhan.

Pengertian Aplikasi VPN Laptop

Aplikasi VPN Laptop
Aplikasi VPN Laptop

Seperti dijelaskan sebelumnya, aplikasi VPN laptop dapat membantu penggunanya melakukan akses privat dengan jaringan publik sehingga informasi browser lebih luas. Adanya teknologi komunikasi ini sendiri juga memiliki beberapa fungsi utama bagi pengguna. Fungsi pertama adalah kerahasiaan atau confidentially, sebab penggunaan jaringan publik sangat rawan terjadi pencurian data. Dengan virtual private network, maka dara lebih lerjaga sebab memiliki sistem enskripsi.

Pengertian lain dari aplikasi VPN laptop memungkinkan koneksi jaringan publik dan menggunakan untuk terkoneksi jaringan lokal. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hal serta pengaturan sama seperti dalam LAN sendiri meski menggunakan jaringan publik. Jika berbicara mengenai jaringan, IP publik tidak memiliki dukungan keamanan. Sementara dari cara pandang perusahaan, IP menjadi kebutuhan dasar dalam melakukan pertukaran data dengan kantor cabang maupun rekan perusahaan.

Memang tetap ada kemungkinan beberapa pihak mencoba menyadap data yang melalui virtual private network. Meski demikian, kemungkinan besar penyadap tidak dapat membaca keseluruhan data sebab telah teracak. Fungsi selanjutnya dari aplikasi VPN laptop adalah data intergrity, artinya dapat mencegah jika terjadi gangguan terhadap isi sehingga hilang, rusak, serta dimanipulasi. Teknologi ini dapat menjaga data tetap utuh meski telah melewati hingga berbagai negara.

RECOMMEND :  #27 Tips Aman Membeli Laptop Bekas Oleh Pakar IT

Selanjutnya adalah autentikasi sumber untuk memeriksa data masuk, mengambil informasi sumber, kemudian selanjutnya akan disetujui jika prises autentikasi berhasil. Artinya tidak akan ada pihak dapat memalsukan sumber dari informasi yang Anda dapatkan.

Cara Kerja Aplikasi VPN Laptop

Cara Kerja Aplikasi VPN Laptop
Cara Kerja Aplikasi VPN Laptop

Setelah memahami mengenai pengertian dan fungsi dari aplikasi VPN laptop, Anda mungkin masih bingung tentang konsep serta cara kerjanya. Jika dijelaskan secara sederhana, VPN bekerja seolah membuat jaringan dalam jaringan, biasanya disebut dengan tunnel. Tunnel ini berfungsi untuk membuat jalur secara privat menggunakan pihak ketiga. Terdapat tiga tunneling yang digunakan yaitu PPTP, L2TP, dan terakhir adalah internet protocol security atau IPSsec.

Dapat dikatakan aplikasi VPN laptop menjadi perpaduan teknologi tunnel dan enkripsi agar koneksi internet jauh lebih aman. Menghubungkan sebuah PC dengan lainnya, aplikasi ini akan membutuhkan server berupa router. Selanjutnya, aplikasi yang telah menggunakan VPN client ini akan mengirimkan kontak server untuk diverifikasi. Jika username maupun password berhasil mendapat verifikasi, Anda akan mendapat address baru sehingga koneksi atau tunnel dapat terbentuk.

Kegunaan Aplikasi VPN Laptop

Kegunaan Aplikasi VPN Laptop
Kegunaan Aplikasi VPN Laptop

Jika telah memahami lebih jauh tentang, maka ada baiknya untuk mengerti beberapa kelebihan yang bisa didapatkan oleh pengguna. Berikut adalah beberapa keunggulan jika menggunakan teknologi virtual private network.

  1. Transaksi Lebih Aman

Saat ini sudah banyak transaksi yang menggunakan internet untuk transaksi, misalnya penggunaan e-banking hingga situs saham maupun forex. Meski demikian, penggunaan internet tanpa pengaman akan berkemungkinan adanya hal tidak diinginkan. Di sinilah kelebihan dari VPN yang akan mengamankan dari serangan hacker yang cukup rentan terjadi. Dengan demikian, Anda sudah tidak perlu lagi merasa khawatir jika melakukan transaksi dalam jumlah besar.

  1. Jejak History tidak Terlacak

Kelebihan dari aplikasi VPN laptop selanjutnya adalah membuat histori penelusuran sebelumnya tidak lagi terlacak sehingga berguna terkait hak cipta. Dengan demikian, konten yang memiliki sifat privat atau rahasia dapat terlindung.

  1. Proses Download Lebih Cepat

Anda mungkin perlu mendownload data dengan kapasitas besar sehingga membutuhkan waktu lebih lama apalagi jika menggunakan browser biasa. Dengan menggunakan VPN, maka kecepatan lebih meningkat karena hanya sedikit pengguna jaringan.

  1. Remote Access Jarak Jauh

Penggunaan virtual private network sehingga Anda dapat melakukan akses komputer maupun jaringan kantor selama terhubung internet. Sehingga dengan menggunakannya, Anda bisa mendapat data, membuka e-mail maupun database, dan masih lainnya.

  1. Membuka Situs Diblokir

Kelebihan terakhir adalah Anda dapat mengakses situ-situ yang telah diblokir maupun disensor oleh host maupun ISP. Pemblokiran sendiri umunya terkait dengan adanya pemblokiran regulasi dari negara maupun kantor. Misalnya saja, sebuah kantor memblokir situs-situs sosial yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Hal ini dilakukan agar menambah kinerja dari karyawan dan tidak terdistraksi karena lainnya.

RECOMMEND :  √5 Cara Mengembalikan Layar Laptop yang Terbalik

Rekomendasi Aplikasi VPN Laptop

Ada cukup banyak yang bisa diunduh secara gratis, namun Anda harus memilih agar mendapatkan fitur sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa rekomendasi yang dapat Anda gunakan untuk keamanan berselancar internet.

  1. NordVPN

NordVPN
NordVPN

Perangkat lunak ini menjadi salah satu yang banyak digunakan karena dapat mengakses berbagai perangkat. Selain itu, keunggulan lainnya adalah sangat mudah untuk menjalankannya dengan cukup klik tanda negara agar pengguna dapat terhubung. Bukan hanya kemudahannya saja, nordVPN juga memiliki perlindungan canggih sehingga tidak perlu mengkhawatirkan soal keamanan. Kelebihan lain adalah 5400 server dan 60 negara, terdapat juga P2P, saklar on/off, kill switch, kecepatan akses, dan banyak lainnya. Aplikasi VPN laptop ini menggunakan AES 256-bit pada keamanannya. Oleh sebab itu, harga yang perlu dikeluarkan oleh pengguna cukup banyak.

  1. TunnelBear

TunnelBear
TunnelBear

Rekomendasi selanjutnya adalah TunnelBear dengan dara per bulan hingga 500 MB dan bisa Anda dapatkan dengan akun gratis yang telah disediakan pada aplikasi. Kapasitas tersebut termasuk banyak sehingga pengguna bahkan dapat menonton film. Kelebihan TunnelBear adalah desain lucu dengan performa terbaik, selain itu juga mudah untuk dioperasikan. Selain itu, kelebihan lainnya adalah maksimal perangkat dapat dijangkau lebih dari 20 lokasi server, sekaligus dapat digunakan untuk dekstop maupun mobile

  1. PrivateVPN

PrivateVPN
PrivateVPN

Rekomendasi selanjutnya yang tidak dapat dilewatkan adalah Private VPN dengan penerapan enkripsi Open VPN serta dibekali dengan kill switch. Selain itu terdapat juga unlimited banwidth serta dapat melindungi kebocoran dari DNS. Bukan hanya itu saja, terdapat 54 server negara sehingga Anda dapat membuka berbagai situs diblokir. ini sendiri banyak digunakan oleh para pemula karena kemudahan dalam penggunaan dan berbagai keunggulannya.

  1. Windscribe

Terakhir adalah windscribe yang memiliki versi gratis dan premium dengan membayar $9 saja setiap bulannya. Meski demikian, versi gratis saja juga sudah memberikan perlindungan terhadap data privasi Anda. Perangkat lunak ini juga memiliki cukup banyak keunggulan. Keamanan saat berselancar di internet menjadi hal yang sangat penting agar tidak ada hacker yang melakukan pencurian data. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan aplikasi VPN laptop baik berbayar maupun gratis.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *