√9+ Tips Meningkatkan Speed Laptop Spek Kentang

Tips Meningkatkan Speed Laptop Spek Kentang

Tips Meningkatkan Speed Laptop Spek Kentang
Tips Meningkatkan Speed Laptop Spek Kentang

Tidak mudah memang meningkatkan speed laptop dengan spesifikasi cukup jelek. Misalnya dengan ram kurang dari 2 GB harddisk masih sistem RPM dan menggunakan CPU generasi kedua.

Aspek seperti itu tentu saja akan sangat menghambat pekerjaan dan kurang optimal. Memang mengganti perangkat adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan pengguna untuk meningkatkan performa.

Namun mengganti perangkat tentu butuh uang dan tidak semua orang memiliki privilege seperti itu. Oleh karena itu disini kami akan memberikan beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan tanpa perlu menggunakan biaya.

Jadi semua orang sekarang bisa menggunakan laptop bertenaga cukup optimal tanpa harus mengganti hardware. Akan cukup sulit pekerjaan selesai apabila device sangat terbatas kapabilitasnya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan meningkatkan speed laptop namun disini kami fokus pada software tweaking. Sehingga tidak ada modifikasi pada perangkat keras karena ini membutuhkan cukup banyak biaya operasional.

Sedangkan ketika kita menggunakan software tweaking tentu akan murah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Karena melakukan tweaking perangkat lunak kita bisa memperolehnya secara gratis.

Namun tetap ada keterbatasan seperti pada OS karena tidak semuanya bisa diperoleh secara gratis. Oleh karena itu kami juga sudah mempersiapkan beberapa materi relevan untuk kasus tersebut.

Meningkatkan Speed Laptop dengan Perubahan OS

Salah satu alasan mengapa laptop kentang Anda semakin pelan adalah menggunakan OS windows. Sudah menjadi rahasia umum bahwa operating system tersebut memiliki banyak bloatware.

Bagi device dengan spesifikasi dewa mungkin hal tersebut tidak terlalu menjadi halangan. Namun untuk meningkatkan speed laptop spesifikasi kentang tentu bloatware tersebut akan menghabiskan segala macam sumber daya.

Apalagi jika Anda menggunakan windows versi terbaru yang notabene membutuhkan kemampuan perangkat cukup tinggi. Jadi ada salah satu solusi paling tepat yaitu menggunakan sistem operasi lebih ringan.

Di dunia ini sebenarnya ada berbagai operating system yang dapat Anda gunakan selain windows. Disini kami merekomendasikan untuk menggunakan linux karena gratis dan tidak bloatware tidak seperti windows.

RECOMMEND :  √7 Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Sebagai Webcam

Bagi para pengguna awam mungkin masih kurang familiar terhadap sistem operasi tersebut. Apalagi di Indonesia memang pengguna linux masih sangat jarang dan hanya kalangan tertentu saja.

Namun sebenarnya linux meningkatkan speed laptop tidak berbeda jauh apabila Anda menggunakan distro yang tampilannya familiar. Bagi para pengguna windows awam kami rekomendasikan untuk memakai ubuntu atau arch based distro.

Alasan memilih ubuntu adalah tampilan yang tidak terlalu berbeda jauh dengan windows sehingga adaptasi mudah dilakukan. Sedangkan arch based linux seperti mint dan manjaro lebih ringan sehingga cocok digunakan.

Bagi Anda dengan spesifikasi laptop sangat rendah atau yang dibeli di tahun 2007 an ini adalah opsi terbaik. Konsumsi ram dan prosesor sangat rendah sehingga mampu meningkatkan kecepatan device.

Penyesuaian Perangkat Lunak bagi Pengguna Windows

Bagi Anda yang tidak ingin ganti sistem operasi maka bisa melakukan penyesuaian perangkat lunak. Berikut ini adalah beberapa opsi substitusi yang dapat dilakukan sehingga komputer atau laptop semakin ringan.

  1. Software kantor

Biasanya kita menggunakan software kantor seperti microsoft office untuk bekerja. Namun ada beberapa solusi lebih bagus bagi komputer dengan spesifikasi hardware rendah.

Kita bisa menggunakan meningkatkan speed laptop libre office atau free office yang memiliki system requirement jauh lebih rendah. Sehingga perangkat tidak akan terlalu berat ketika menjalankan software tersebut.

  1. Browser

Biasanya kita menggunakan browser umum seperti chrome, atau firefox. Padahal dua browser tersebut terkenal memakan banyak ram dan membuat device kurang optimal digunakan multitasking.

Oleh karena itu kita bisa menggunakan opsi lain yang lebih ringan seperti seamonkey. Ini adalah salah satu browser dengan konsumsi ram paling rendah sehingga cocok untuk PC kentang.

Selain menggunakan seamonkey sebenarnya bisa juga memakai microsoft edge. Meskipun perlengkapan kantornya tidak kita pakai namun browser microsoft ini cukup aman dan ringan.

  1. Maintenance rutin

Ini adalah kunci paling meningkatkan speed laptop penting ketika kita memiliki perangkat dengan spesifikasi rendah. Maintenance rutin yang perlu dilakukan misalnya defrag harddisk dan menghapus cache.

RECOMMEND :  √17 Komponen CPU Lengkap, Materi Wajib Anak TKJ!

Jika device memang sering digunakan untuk menjelajah internet maka kita perlu sering membersihkan cache dan histori. Jika hal tersebut dilakukan maka perangkat juga bisa lebih cepat.

Dengan menggunakan tiga konsep sederhana tersebut maka komputer kentang akan memiliki performa lebih baik. Selain melakukan maintenance dan penyesuaian software kita juga perlu menghilangkan bloatware.

Menghilangkan Bloatware pada Perangkat Komputer

Bagi yang belum mengetahui bloatware adalah perangkat lunak bawaan dari sebuah sistem operasi. Biasanya perangkat lunak tersebut memang tidak terlalu penting sehingga bisa kita musnahkan.

Jika Anda melihat sekarang pada layar komputer pasti akan banyak terdapat perangkat lunak yang jarang digunakan. Misalnya permainan bawaan dari microsoft seperti solitaire atau minesweeper.

Seberapa sering Anda menggunakan dua software tersebut ketika mengoperasikan komputer. Software seperti itu yang akan kita musnahkan sehingga tidak membuat device bekerja terlalu berat.

Apalagi ketika komputer memang meningkatkan speed laptop memiliki spesifikasi rendah seperti ram dibawah 4 GB. Maka menghilangkan bloatware seperti itu adalah sebuah tindakan yang perlu dilakukan oleh pengguna.

Cara untuk menghilangkannya juga relatif mudah dilakukan cukup dengan menekan uninstal. Namun beberapa juga tidak bisa kita lakukan dengan cara primitif seperti itu sehingga perlu adanya perangkat lunak pihak ketiga.

Apabila ingin mencari software seperti itu kita bisa menggunakan internet dan masukkan keyword debloat windows. Maka akan cukup banyak software ditemukan pada bilah pencarian terkait.

Dengan menggunakan debloater buatan pihak ketiga tersebut kita tidak perlu masuk powershell. Memang bagi meningkatkan speed laptop mereka yang memahami powershell akan lebih mudah digunakan oleh pengguna.

Namun pertanyaannya adalah seberapa sering orang Indonesia menggunakan powershell dalam operasional komputer. Tentu hanya kalangan terbatas sehingga penggunaan debloater dari pihak ketiga lebih disarankan.

RECOMMEND :  √9+ Mengenal Sistem Operasi Linux untuk Pengguna Laptop Kentang

Downgrade Operating System untuk Meningkatkan Kecepatan

Melakukan downgrade terhadap operating system ternyata mampu menjadi salah satu solusi terbaik bagi pengguna komputer kentang. Jadi kita tidak harus menggunakan operating system terbaru untuk menjalankan device.

Ini biasanya dialami oleh para meningkatkan speed laptop pengguna windows karena setiap ada versi baru merasa harus menggunakannya. Beberapa OS juga sudah tidak memiliki support namun kita masih tetap bisa menggunakannya.

Jika Anda sekarang menggunakan laptop atau komputer ram kurang dari 4 GB namun menjalankan OS windows 10 tentu performa akan sangat buruk. Sehingga lebih baik kita turunkan menjadi OS windows 7.

Cara melakukan downgrade sendiri sebenarnya relatif mudah karena sudah ada rufus untuk membuat boot USB. Jadi kita meningkatkan speed laptop tidak perlu membuat kaset windows 7 lagi namun memakai flashdisk untuk menginstal.

Kita hanya perlu masuk ke menu bios dan mengatur boot priority menjadi USB agar dapat berjalan. Setelah masuk boot menggunakan USB maka kita bisa melakukan instalasi seperti biasanya.

Memang ketika menggunakan windows 7 jumlah bloatware masih banyak dan perlu dibersihkan sendiri. Namun ini akan jauh lebih baik dibandingkan ketika kita menggunakan windows 10.

Dari segi fungsionalitas sebenarnya versi lama juga relatif aman dan masih optimal digunakan sampai sekarang. Jadi mindset untuk selalu update software itu bukan sebuah kewajiban.

Kita tetap bisa memakai OS lama agar performa komputer atau laptop tetap mampu dioptimalkan. Akan sangat percuma menggunakan perangkat lunak terbaru namun hardware kesulitan mendukungnya.

Oleh karena itu para pengguna perangkat komputer spesifikasi kentang tidak perlu merasa minder. Meningkatkan speed laptop dengan spesifikasi sangat rendah masih bisa dan memungkinkan dilakukan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *