√9+ Tips Modifikasi Laptop Kentang agar Bisa Lebih Ngebut

Tips Modifikasi Laptop Kentang agar Bisa Lebih Ngebut

Tips Modifikasi Laptop Kentang agar Bisa Lebih Ngebut
Tips Modifikasi Laptop Kentang agar Bisa Lebih Ngebut

Ternyata kita bisa melakukan modifikasi laptop kentang menggunakan cara sederhana dan biaya seminimal mungkin. Ini adalah sebuah konsep yang jarang dipahami oleh para pengguna terutama awam.

Biasanya jika para pengguna sudah merasakan bahwa device yang digunakan melambat maka ganti baru adalah solusi utama. Namun tidak semua orang memiliki privilege seperti itu sehingga modifikasi menjadi opsi.

Ada beberapa konsep yang bisa kita gunakan sehingga nantinya perangkat seperti laptop tetap akan optimal digunakan. Bahkan dengan melakukan sedikit modifikasi kita bisa membuat laptop berusia 10 tahun menjadi fungsional.

Sehingga tidak perlu ada tendensi untuk selalu membeli device setiap dua tahun sekali kecuali mati total. Para pengguna tentu bisa menghemat banyak biaya dengan mengetahui trik tersebut.

Ini adalah salah satu konsep yang penting dimanfaatkan oleh pengguna sehingga nantinya biaya tidak membengkak. Memang kami sangat menyarankan untuk melakukan modifikasi dibandingkan membeli baru.

Karena jumlah electronic waste yang ada di dunia akan terus bertambah jika mindset seperti ini tidak diimplementasikan. Sehingga modifikasi laptop kentang kita bisa tetap menggunakan device berumur dan masih fungsional digunakan.

Kita akan bedah bersama bagaimana caranya sehingga para pengguna awam juga mengetahui dan bisa mengimplementasikan. Memang jarang orang mengetahui dan cenderung malas untuk mengetahuinya.

Modifikasi Laptop Kentang Cukup Ganti RAM Saja

Sebenarnya hal paling mudah untuk mempercepat laptop lama menjadi lebih cepat adalah mengganti ram. Ketika kita membuka casing device maka akan terlihat beberapa slot ram yang ada pada mainboard.

Karena kita berbicara dengan perangkat jenis lama biasanya akan ada satu slot kosong untuk modifikasi. Jika ram bawaan dari modifikasi laptop kentang device 2 GB misalnya maka kita bisa menambahkan satu slot lagi agar lebih besar.

Lalu bagaimana cara untuk memilih RAM agar cocok digunakan pada laptop kita nanti. Sangat sederhana karena kita hanya perlu mengetahui berapa seri DDR pada RAM tersebut sebelum menggantinya.

RECOMMEND :  √15 Cara Mengatasi Kamera Gagal pada Samsung

Kita perlu menggunakan perangkat lunak seperti CPU Z apabila ingin mengetahui seri DDR dari RAM. Namun jika Anda menggunakan operating system windows 10 maka bisa dilihat langsung di task manager.

Lihat pada tap proces maka akan terlihat berapa gigabytes nominal ram dan seri DDR. Setelah mengetahui berapa seri DDR maka kita bisa membeli dengan spesifikasi mirip dan memasangnya sendiri pada laptop.

Misalnya kita menggunakan device modifikasi laptop kentang yang awalnya hanya memiliki RAM 2 GB saja secara default. Dengan melakukan modifikasi seperti ini maka kita bisa menggantinya menjadi 2 kali 8 GB sehingga hasilnya 16 GB.

Tips seperti ini tentu sangat sederhana dilakukan sehingga tidak perlu ganti device. Harga dari ram sendiri juga cukup murah terutama jika seri DDR tidak terlalu tinggi sehingga masih terjangkau.

Ada sebuah konsep yang perlu dipahami yaitu semakin banyak ram belum tentu laptop akan menjadi cepat. Namun jika RAM sedikit maka jelas laptop tersebut akan semakin lambat dalam bekerja.

Meskipun Kentang Namun Perlu Pakai SSD

Apabila permasalahan utama kita dari sebuah device adalah kecepatan load maka SSD dapat menjadi solusi terbaik. Memang harga SSD masih relatif mahal dibandingkan harddisk berbasis RPM.

Kecepatan load ketika menggunakan SSD akan jauh lebih tinggi dibandingkan harddisk. Hal tersebut karena rata-rata device lama menggunakan harddisk berkualitas biasa saja yang notabene kecepatannya rendah.

Sehingga ketika kita bisa mengganti modifikasi laptop kentang dengan SSD maka performa dari device akan jauh meningkat. Tentu hal seperti ini dapat memberikan kemudahan ketika laptop dipakai untuk bekerja.

Meskipun masih menggunakan perangkat berumur sepuluh tahun lebih maka kita bisa mendapatkan performa bersaing. Ini adalah salah satu keunggulan ketika menggunakan modifikasi sendiri.

Memang modifikasi yang kami berikan masih sangat dasar terkait bagaimana mengganti perangkat hardware saja. Namun ini adalah langkah paling sederhana untuk memaksimalkan performa dari laptop.

RECOMMEND :  √9+ Mengenal Sistem Operasi Linux untuk Pengguna Laptop Kentang

Kita tidak perlu harus melakukan overclock pada device karena justru dapat membuatnya memiliki usia pendek. Sehingga bagi modifikasi laptop kentang orang yang memang melakukan ini karena kekurangan dana akan menemukannya sebagai langkah relatable.

Ini memang langkah sederhana yang sudah terbukti mampu meningkatkan kapabilitas dari device. Memang CPU masih dibiarkan default sehingga untuk menjalankan program tertentu mungkin hasilnya tidak jauh berbeda.

Mengapa kami tidak menyarankan mengganti CPU karena untuk laptop mainboard sangat sulit mencari part. Sehingga akan lebih baik kita membeli device baru dibandingkan harus mengganti CPU baru.

Rutin Lakukan Pembersihan dan Pengecekan Internal

Ini adalah hal penting yang entah mengapa jarang dilakukan oleh para pemilik device. Padahal ketika kita rutin melakukan pengecekan pasta atau membersihkan bagian internal perangkat maka bisa menjaga kondisinya.

Misalnya sebuah laptop dengan usia modifikasi laptop kentang lebih dari sepuluh tahun tetap saja masih mampu beroperasi optimal ketika rajin dirawat. Oleh karena itu Anda tidak boleh malas dalam membersihkan device ini.

  1. Mengganti pasta thermal

Ini adalah langkah yang biasanya hanya perlu dilakukan setiap satu atau dua tahun sekali. Untuk laptop keperluan kantor penggantian thermal pasta kami sarankan dua tahun sekali saja.

Ketika kondisi thermal pasta sudah memburuk tentu kemampuan induksi panas pada CPU juga kurang. Jika hal tersebut terjadi maka perangkat akan cepat mengalami overheat dan membuat usianya berkurang.

Apakah device baru perlu rutin mengganti thermal pasta tentu tidak. Jika perangkat sudah berusia lebih dari dua tahun modifikasi laptop kentang baru kita harus melakukan pengecekan dan mengganti thermal pasta.

  1. Mengecek kondisi internal fan

Kipas adalah salah satu cara paling mudah bagi laptop untuk membuang panas dari dalam casing. Apabila kinerja kipas kurang optimal tentu saja perangkat akan mudah mengalami overheat.

RECOMMEND :  √9+ Viral! Main Kuis Hari Bumi di PC dan Android

Untuk kebutuhan kantor kita perlu mengecek agar kipas tersebut tetap bersih dari debu. Ini bisa dilakukan bersama ketika mengganti thermal pasta sehingga tidak terlalu merepotkan.

Ketika sudah melakukan dua hal tersebut tentu kita mampu menjaga perangkat secara optimal. Ini memang sederhana namun banyak orang sering menganggap sebelah mata dan membuat perangkat menjadi kurang tahan.

Lakukan Software Tweaking Agar Lebih Optimal

Software tweaking adalah salah satu cara yang tepat optimal dilakukan oleh pengguna secara rutin. Kita bisa menggunakan bantuan perangkat lunak pihak ketiga seperti ccleaner untuk meringankan tugas.

Jika menggunakan software maintenance seperti ccleaner maka kita akan semakin mudah melakukan perawatan software. Tidak perlu modifikasi laptop kentang masuk dalam powershell admin untuk melakukan sedikit tweaking.

Mengapa software seperti ini perlu dimiliki karena kita bisa meringankan kerja laptop secara signifikan. Jika maintenance terkait software bisa dilakukan secara rutin maka laptop juga menjadi semakin awet.

Apalagi ketika kita melakukan tweaking lebih dalam seperti menghilangkan bloatware dan menggunakan software substitusi. Tujuannya adalah agar perangkat semakin ringan dan fungsional ketika digunakan.

Hanya perlu beberapa menit saja untuk melakukan maintenance software seperti ini. Sehingga perangkat usang dan modifikasi laptop kentang kita bisa kembali optimal ketika digunakan untuk bekerja.

Memang hal yang tadi kami berikan sebagai tips sebenarnya sangat basic dan perlu diketahui semua pengguna. Memang dengan menjalankan hal sederhana bisa menjadikan device semakin awet dan fungsional.

Kita tidak harus selalu melakukan penggantian perangkat setiap tiga atau empat tahun seperti banyak disarankan orang. Selama device tersebut masih bisa dinyalakan dan bekerja maka fungsinya tetap mampu dioptimalkan.

Dengan melakukan beberapa modifikasi sederhana banyak biaya akan bisa dihemat oleh pengguna. Sehingga kita bisa melakukan modifikasi laptop kentang agar anggaran bisa dialokasikan pada sektor lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *