Pengertian Pencemaran Lingkungan | Air, Tanah, Udara & Suara

Pengertian pencemaran lingkungan – Sudah sejak lama pencemaran lingkungan menjadi isu permasalahan global yang sampai saat ini belum ditemukan solusi terbaiknya.

Isu permasalahan lingkungan mulai meningkat tajam ketika revolusi industri abad ke-19. Sampai saat ini, hampir seluruh negara di dunia juga sedang di pusingkan dengan masalah pencemaran lingkungan, utamanya sampah.

Permasalahan pencemaran lingkungan belum bisa 100% diatasi karena memang rumit dan mencangkup segala aspek kehidupan.

Contoh Saat membahas pencemaran udara, maka pembahasan tentang reboisasi hutan dan pengendalian residu industri juga ikut dibahas. Bidang transportasi juga pasti akan ikut dibahas karena polusi sebagian besar dihasilkan kendaraan bermotor.

Nah, Sangking pentingnya menjaga lingkungan hidup dari pencemaran, Pemerintah juga mendirikan kementrian khusus yang mengatasi pencemaran lingkungan dan turunan-turunannya yang disebut sebagai Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (MENLHK).

Sebagai warga negara yang baik, kita juga harus berpartisipasi aktif untuk menjaga lingkungan di sekitar kita.

Salah satu caranya, kita harus paham pengertian pencemaran lingkungan, jenis-jenisnya, sumber, serta dampaknya. Hal ini agar kita tidak salah dalam menyikapi isu-isu tersebut.

Untuk itu simak penjabaran lengkap seputar pencemaran lingkungan hidup berikut ini!

Pengertian Pencemaran Lingkungan Hidup

Menurut Undang-Undang

Pencemaran lingkungan adalah masuknya/dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan komponen lain kedalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ketingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya. ( Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 perihal Pengelolaan Lingkungan Hidup ).

Selanjutnya, menurut Undang-Undang terbaru Nomor 32 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Aturan baru ini menegaskan bahwa, pencemaran lingkungan adalah masuk/dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui standar mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan.

Menurut Para Ahli

Menurut R.T.M Sutamihardja. Pengertian pencemaran lingkungan ialah penambahan bermacam-macam bahan sebagai hasil dari aktivitas manusia ke lingkungan dan biasanya memberikan pengaruh berbahaya terhadap lingkungan tersebut.

Menurut Sastra Wijaya mengatakan bahwa, pencemaran lingkungan terjadi apabila ada penyimpangan dari lingkungan yang disebabkan oleh pencemaran dan mempunyai akibat buruk terhadap lingkungan.

Menurut Otto Soemarwoto, lingkungan disebut sudah tercemar apabila memiliki beberapa unsur, diantaranya: (1) kalau suatu zat, organisme atau unsur lainnya seperti gas, cahaya, energi telah tercampur ke dalam sumber daya atau lingkungan tertentu; (2) dan karenanya menghalangi atau mengganggu fungsi atau manfaat daripada sumber daya atau lingkungan tersebut.

RECOMMEND :  √15 Sistem Pengolahan Limbah Rumahan yang Perlu Dipelajari

Menurut Munadjad Danusaputro, pengertian pencemaran lingkungan adalah sebagai suatu keadaan dalam mana suatu materi, energi dan atau informasi masuk atau dimasukkan di dalam lingkungan oleh kegiatan manusia dan atau secara alami dalam batas dasar atau kadar tertentu.

Masih menurut Munadjad Danusaputro, tambahan materi tersebut mengakibatkan terjadinya gangguan kerusakan dan atau penurunan mutu lingkungan, sampai lingkungan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Fungsi ini bisa dilihat dari segi kesehatan, keserjahteraan dan keselamatan rakyat.

Pengertian Pencemaran Lingkungan Secara Umum dan Singkat

Pencemaran lingkungan adalah masuknya/dimasukkannya makhluk hidup, zat energi dan komponen yang lain ke dalam lingkungan sehingga merubah sifat alami/asli dari lingkungan tersebut.

Pencemaran lingkungan juga dapat diartikan sebagai berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia/proses alam sehingga menurunkan kualitas lingkungan sampai ketingkatan tertentu yang menyebabkannya menjadi kurang/tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

Jenis-Jenis Pencemaran Lingkungan Hidup

Seperti telah diketahui sebelumnya, pencemaran saat ini sudah mencangkup semua bagian-bagian dari ekosistem. Namun supaya memudahkan pembahasan para ahli membagi pencemaran menjadi empat katergori (jenis) seperti pada pembahasan dibawah ini:

Pencemaran Udara

Pengertian Pencemaran Lingkungan Hidup,Menurut Undang-Undang,Menurut Para Ahli,Pengertian Pencemaran Lingkungan Secara Umum dan Singkat,Jenis-Jenis Pencemaran Lingkungan dan Pembahasannya,Pencemaran Udara,Pengertian Pencemaran Udara,sumber Penyebab Pencemaran Udara,Dampak Pencemaran Udara,Pencemaran Air,Pengertian Pencemaran Air,sumber Penyebab Pencemaran Air,Dampak Pencemaran Air,Pencemaran Tanah,Pengertian Pencemaran Tanah,sumber Penyebab Pencemaran Tanah,Dampak Pencemaran Tanah,Pencemaran Suara,Pengertian Pencemaran Suara,sumber Penyebab Pencemaran Suara,Dampak Pencemaran Suara
Gambar Oleh Angelic Cooke di pixabay : Emisi kendaraan bermotor mengandung zat yang merusak udara

Pengertian Pencemaran Udara

Pengertian pencemaran udara adalah masuknya substansi fisik berupa partikel kecil maupun besar ke dalam udara pada jumlah yang tak wajar sehingga menyebabkan penurunan kualitas udara menjadi buruk atau tidak bisa dihirup sama-sekali.

Sumber Penyebab Pencemaran Udara

Penyebab Pencemaran udara dibagi menjadi dua yaitu alami dan buatan manusia.

Penyebab alami antara lain disebabkan oleh: pembusukan sampah organik, material dari gunung berapi (pasir, debu dan gas), debu dari pasir yang tertiup angin dan asap kebakaran hutan karena kekeringan.

Disebabkan karena faktor ulah manusia: Asap pabrik, karbon monoksida kendaraan bermotor, oksida sulfur dan nitrogen oksida dari pembangkit listrik energi batu bara, serta sisa-sisa partikel debu dari percobaan radioaktif.

Dampak Pencemaran Udara

Dampak terhadap kesehatan manusia:

  1. Menyebabkan penyakit gangguan pernafasan seperti asma, batuk, pneumonia dan ISPA.
  2. Menyebabkan gangguan kesehatan kulit, udara yang kotor akan membuat kulit kusam, flek-flek hitam, jerawat bahkan kanker kulit.
  3. Jarak pandang menjadi berkurang dan rawan kecelakaan
  4. Pada ibu hamil, polusi udara dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan janin, kelahiran prematur, penurunan berat badan, serta gangguan perkembangan mental dan fisik.
RECOMMEND :  √15 Penyebab Polusi di Laut, Apa Dampak, dan Cara Mencegahnya

Dampak terhadap lingkungan:

  1. Menyebabkan tanaman yang rawan penyakit, antara lain klorosis, nekrosis, serta bintik hitam. Zat yang menempel pada permukaan daun bisa menghambat proses fotosintesis.
  2. Udara yang tercemar SO2 dan NO2 bereaksi terhadap air hujan membentuk asam dan menurunkan derajat pH air hujan sehingga terbentuk hujan asam yang membuat benda dari besi berkarat.
  3. Penumpukan Kadar CO2 di atmosfer akan sulit dinetralkan, akhirnya mengakibatkan efek rumah kaca.
  4. Gas CFC dari pendingin akan menyebabkan penipisan lapisan ozon.

Pencemaran Air

Pengertian Pencemaran Lingkungan Hidup,Menurut Undang-Undang,Menurut Para Ahli,Pengertian Pencemaran Lingkungan Secara Umum dan Singkat,Jenis-Jenis Pencemaran Lingkungan dan Pembahasannya,Pencemaran Udara,Pengertian Pencemaran Udara,sumber Penyebab Pencemaran Udara,Dampak Pencemaran Udara,Pencemaran Air,Pengertian Pencemaran Air,sumber Penyebab Pencemaran Air,Dampak Pencemaran Air,Pencemaran Tanah,Pengertian Pencemaran Tanah,sumber Penyebab Pencemaran Tanah,Dampak Pencemaran Tanah,Pencemaran Suara,Pengertian Pencemaran Suara,sumber Penyebab Pencemaran Suara,Dampak Pencemaran Suara
Gambar oleh Yogendra Singh di pixabay: Pencemaran air danau oleh sampah

Pengertian Pencemaran Air

Pencemaran air dapat diartikan sebagai berkurangnya kualitas air yang terdapat pada penampungan alami seperti danau, waduk, sungai, laut dan air tanah karena ulah manusia maupun karena faktor alam.

Penurunan kualitas ini menyebabkan daya guna air berkurang atau malah sama sekali tidak bisa digunakan.

Sumber Penyebab Pencemaran Air

  1. Limbah industri, sisa buangan industri yang tidak diolah kembali dan langsung dibuang ke sungai dan laut. Limbah industri merupakan penyumbang terbesar kerusakan kualitas air di dunia.
  2. Limbah rumah tangga. Detergen, sisa sayuran dan sampah organik lain.
  3. Limbah Pertanian. Metode pemupukan yang kurang tepat salah satunya mengalirkan pupuk sisa langsung ke sungai maupun parit-parit kecil.
  4. Tumpahan minyak di laut.
  5. Limbah pertambangan berupa merkuri.
  6. Limbah peternakan dan perikanan, termasuk juga penggunaan bahan peledak.

Dampak Pencemaran Air

Dampak bagi kesehatan :

Air yang kotor akan menjadi sarang penyakit. Penyakit-penyakit tersebut antar lain diare, disentri, kolera, hepatitis A, Thracoma, kudisan, keracunan timbal dst.

Dampak bagi lingkungan :

  1. Tumpahan minyak di laut akan meracuni organisme laut dan menutup permukaan laut. Tak jarang banyak burung laut yang terjebak dan tak bisa melepaskan diri.
  2. Residu dari detergen, pupuk pertanian dan sisa pakan ikan menyebabkan eutrofikasi yang mengakibatkan suburnya tanaman sungai sehingga menutupi air.
  3. Buangan sampah organik maupun anorganik akan membuat sungai menjadi kotor dan tersumbat lalu akhirnya banjir.
  4. Putas/bahan peledak merusak ekosistem, merusak kualitas air dan menyebabkan kepunahan hewan.
  5. Penurunan kualitas air secara massal akan menyebabkan krisis air dimana-mana.
  6. Mengganggu rantai makanan.

Pencemaran Tanah

Pengertian Pencemaran Lingkungan Hidup,Menurut Undang-Undang,Menurut Para Ahli,Pengertian Pencemaran Lingkungan Secara Umum dan Singkat,Jenis-Jenis Pencemaran Lingkungan dan Pembahasannya,Pencemaran Udara,Pengertian Pencemaran Udara,sumber Penyebab Pencemaran Udara,Dampak Pencemaran Udara,Pencemaran Air,Pengertian Pencemaran Air,sumber Penyebab Pencemaran Air,Dampak Pencemaran Air,Pencemaran Tanah,Pengertian Pencemaran Tanah,sumber Penyebab Pencemaran Tanah,Dampak Pencemaran Tanah,Pencemaran Suara,Pengertian Pencemaran Suara,sumber Penyebab Pencemaran Suara,Dampak Pencemaran Suara
Gambar oleh perpustakaan.id : Lokasi Pembuangan Akhir mengalami pencemaran yang parah

Pengertian Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah berarti terkontaminasi-nya keadaan alami tanah oleh polutan dengan konsentrasi yang tidak bisa ditoleransi, baik itu yang meresap sampai bagian dalam maupun yang hanya dipermukaan saja.

Sumber Penyebab Pencemaran Tanah

  1. Pencemaran oleh sisa buangan manusia dan hewan.
  2. Penggunaan Pestisida yang berlebihan. termasuk juga dalam penggunaan pupuk baik itu pupuk organik maupun anorganik.
  3. Sisa zat radioaktif.
  4. Limbah industri seperti pada industri kaca, semen, minyak bumi, baja dst.
  5. Limbah perkotaan dalam hal ini adalah sampah yang sulit terurai.
  6. Limbah pertambangan yang menghasilkan merkuri, arsenic, seng dan tembaga.
RECOMMEND :  √15 Penyebab Pencemaran Lingkungan, Faktor Penyebab dan Dampaknya

Dampak Pencemaran Tanah

Dampak bagi kesehatan :

Meskipun terlihat tidak mungkin, ternyata pencemaran tanah juga bisa berdampak bagi kesehatan.

Dampak bagi kesehatan jarak pendek menimbulkan iritasi mata, ruam kulit, sakit kepala, kelelahan, sakit dada, mual dan muntah. Efek ini utamanya banyak dirasakan oleh anak-anak karena merekalah yang banyak bersinggungan langsung dengan tanah saat bermain.

Dampak bagi kesehatan jangka panjang. Menyebabkan kanker dan leukimia hal ini akibat paparan benzena, ginjal dan kerusakan hati karena terpapar merkuri dan juga kerusakan saraf akibat adanya timbal.

Dampak bagi lingkungan:

  1. Menurunkan kualitas kesuburan tanah.
  2. Menurunkan tingkat produktivitas tanah.
  3. Terganggunya keseimbangan flora & fauna baik yang dipermukaan maupun didalam tanah.
  4. Meningkatkan salinitas tanah.
  5. Menimbulkan debu-debu beracun.
  6. Menimbulkan bau tidak sedap.
  7. Menyebabkan pencemaran udara lewat pengikisan.
  8. Merusak nilai keindahan.

Pencemaran Suara

Pengertian Pencemaran Lingkungan Hidup,Menurut Undang-Undang,Menurut Para Ahli,Pengertian Pencemaran Lingkungan Secara Umum dan Singkat,Jenis-Jenis Pencemaran Lingkungan dan Pembahasannya,Pencemaran Udara,Pengertian Pencemaran Udara,sumber Penyebab Pencemaran Udara,Dampak Pencemaran Udara,Pencemaran Air,Pengertian Pencemaran Air,sumber Penyebab Pencemaran Air,Dampak Pencemaran Air,Pencemaran Tanah,Pengertian Pencemaran Tanah,sumber Penyebab Pencemaran Tanah,Dampak Pencemaran Tanah,Pencemaran Suara,Pengertian Pencemaran Suara,sumber Penyebab Pencemaran Suara,Dampak Pencemaran Suara
Gambar dai nulisbabe.com : Menutup telinga salah satu cara mengurangi intensitas suara ke telinga

Pengertian Pencemaran Suara

Pencemaran suara terjadi apabila intensitas suara yang kita terima melebihi batas sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi manusia.

Sumber Penyebab Pencemaran Suara

Pencemaran suara banyak ditemui di daerah indusri (pabrik) atau tempat-tempat yang tinggi tingkat aktivitas manusianya seperti bandara, pasar, terminal atau pada lokasi pembangunan gedung.

Sumber kebisingan penyebab pencemaran udara dapat di kelompokan menjadi 3 macam, yaitu:

  1. Vibrasi : Sumber ini berasal dari gesekan, benturan atau ketidakseimbangan gerakan. Biasanya ditemukan pada mesin seperti roda gila, roda gigi, piston, bearing dll
  2. Suara yang disebabkan oleh mesin.
  3. Pergerakan di air dan udara. Kebisingan yang diakibatkan pergerakan yang terdapat di udara ataupun air pada proses kerja industri seperti gas buangan, pipa penyalur cairan gas, pada jet, pada flare boom dll.

Dampak Pencemaran Suara

  1. Menyebabkan sulit berkonsentrasi.
  2. Menggangu waktu istirahat.
  3. Merusak gendang telinga.
  4. Menyebabkan gangguan mental seperti panik dan histeris.

Demikianlah pengertian pencemaran lingkungan beserta pembahasan disetiap jenis-jenisnya.

Sebagai bagian dari lingkungan, kita harus berperan aktif dalam mengurangi beban polutan lingkungan . Salah satunya adalah kurangi penggunaan sampah plastik yang merupakan polutan terbanyak.

Terimakasih. Salam Lestari!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *