√9+ Mengalami Ghost Touch pada Smartphone? Ini Solusinya

Mengalami Ghost Touch pada Smartphone? Ini Solusinya

Mengalami Ghost Touch pada Smartphone? Ini Solusinya

Tidak bisa dipungkiri bila masalah ghost touch pada smartphone ini cukup menyebalkan. Bagaimana tidak? Jika seharusnya ponsel pintar ini diciptakan untuk memudahkan berbagai kegiatan manusia, namun ternyata ada masalah mengganggu.

Ini adalah salah satu kekurangan dari ponsel pintar yang cukup kompleks. Yaitu permasalahan pada LCD atau layarnya. Misalnya adalah layarnya kerap bergerak sendiri sehingga mengganggu aktivitas berselancar saat menggunakan hp.

Beberapa orang menyebutnya dengan istilah ghost touch pada smartphone. Hampir setiap merk hp android pasti pernah mengalaminya. Mulai dari Oppo, Samsung, Lenovo, Vivo, dll. Meski terlihat sepele, namun cukup menjengkelkan.

Maka dari itu supaya bisa terhindar dari permasalahan tersebut, sebaiknya kenali seluk beluk di dalamnya. Sehingga Anda bisa mengetahui seperti apakah masalah pada layar ini dan bagaimana cara mengatasinya sendiri.

Tentang Ghost Touch pada Smartphone

Istilah ini sebenarnya kosakata yang berasal dari bahasa Inggris. Artinya adalah sentuhan hantu. Mau tahu alasannya kenapa disebut dengan sentuhan hantu? Itu karena layar LCDnya error atau bergerak sendiri otomatis.

Padahal ponselnya tidak disentuh, namun bisa bergerak sendiri ketika melakukan aktivitas seperti browsing, chatting, bermain game, dan sejenisnya. Bila dibiarkan begitu saja, masalah ini bisa menjadi runyam dan sangat mengganggu.

Bagaimana tidak? Jika hal ini bisa membuat ponsel melakukan berbagai aktivitas yang tidak diinginkan oleh pengguna smartphone. Misalnya membuka apk sendiri, melakukan panggilan telepon, dll tanpa sepengetahuan pengguna ponsel sendiri.

Itulah kenapa meski tidak berbahaya, namun ghost touch pada smartphone sangat mengganggu setiap orang. Pasalnya besar kemungkinan hp bisa mengakses apk yang tidak diinginkan oleh pengguna. Jadi perlu perhatian khusus.

Maka dari itu sebaiknya segera perbaiki masalah itu. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus membawa ke konter hp dengan biaya mahal. Cukup lakukan pengecekan pada touchscreen Anda dulu.

RECOMMEND :  √7 Cara Membuat Kop Surat di Word 2007, 2010, 2013 & 2016

Sehingga bisa mengetahui apakah benar-benar ada kendala seperti ghost touch pada smartphone atau tidak. Karena setiap sudut layar LCD itu bisa mempengaruhi proses pemakaian hp tersebut. Jadi pastikan memperhatikannya dulu.

Bila sudah, Anda bisa mencari faktor penyebab dari permasalahan itu. Karena setiap penyebab masalah ini punya solusi berbeda. Sehingga Anda tidak bisa menggunakan cara sama semua dengan penyebab yang berbeda.

Maka dari itu untuk menemukan solusinya, akan kami kupas lengkap tentang faktor penyebab dan cara mengatasinya sendiri dilihat dari asalnya. Barulah setelah itu Anda hanya perlu melakukan perawatan supaya awet.

Penyebab Ghost Touch pada Smartphone

Sebenarnya permasalahan seperti ini tidak terjadi secara tiba-tiba. Namun ada indikasi tertentu yang menyebabkan masalah pada hardwarenya. Di bawah ini adalah faktor penyebab terjadinya masalah pada layar LCD, antara lain:

  1. Kehabisan daya baterai bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya ghost touch pada smartphone. Ini sering terjadi ketika penggunaan hp dilakukan secara berlebihan. Sehingga menyebabkan kehabisan daya dan layarnya menjadi bermasalah.
  2. Layar ponsel terlalu panas juga demikian. Ini seringkali terjadi saat seseorang memakai ponsel secara berlebihan sampai berjam-jam. Akibatnya layar hpnya menjadi panas dan menyebabkan pergerakan sendiri. Karena terjadi ghost touch.
  3. Layar kotor juga dapat mengakibatkan terjadinya ghost touch pada smartphone. Biasanya ini terjadi saat tempered glass hp sedang kotor. Akibatnya banyak debu menempel dalam pelindung layarnya dan menyebabkan masalah itu.
  4. Bila Anda sering menggunakan charger yang bukan seharusnya, itu juga bisa menjadi masalah. Terlebih bila sering menggunakan charger bertegangan tinggi. Sehingga baterai tidak dapat menampung dayanya. Akibatnya terjadilah masalah itu.
  5. Saat LCD rusak, maka ini juga bisa terjadi. Biasanya layarnya bisa rusak oleh air. Misalnya ada air hujan masuk ke dalam LCD. Atau bahkan ponsel jatuh ke dalam kolam renang.
  6. Membuka aplikasi terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan kendala seperti ini. Karena hal tersebut menyebabkan RAM dan CPU penuh. Sehingga jika dibiarkan bisa menjadi masalah pergerakan pada layar sendiri seperti itu.
RECOMMEND :  Mencengangkan! Perkembangan 35 Seri Processor Intel dari Masa-Masa

Jadi seperti itulah beberapa faktor penyebab yang perlu diperhatikan bila mengalami pergerakan pada LCD hp Anda. Sebaiknya hindari faktor penyebabnya untuk mencegah terjadinya masalah tersebut. Namun bila terlanjur, lakukan ini.

Cara Mengatasi Ghost Touch pada Smartphone

Bila Anda mengalami permasalahan seperti ini, maka jangan bimbang dulu. Tidak perlu ke tempat service hp untuk mengatasinya. Karena Anda bisa mengatasinya sendiri di rumah dengan cara melihat dari penyebabnya.

  1. Bila penyebabnya berasal dari kehabisan daya baterai, maka solusinya adalah melakukan pengecasan hp agar baterainya pulih lagi. Namun bila baterainya sudah menggelembung, solusinya adalah ganti dengan yang baru agar normal.
  2. Cara lain bila mengalami ghost touch pada smartphone adalah segera restart hp Anda. Tujuannya adalah melakukan refresh hp menjadi 0 kembali. Sehingga kinerjanya bisa kembali normal seperti yang Anda inginkan.
  3. Akan lebih baik bila Anda harus mengontrol pemakaian ponsel setiap hari. Jangan sampai terlalu lama dan menyebabkan layarnya kepanasan. Bila hp sudah terlalu panas, diamkan dulu beberapa menit hingga normal.
  4. Untuk mengatasi ghost touch pada smartphone lainnya karena hp terlalu panas adalah taruh tembaga di bagian dalam casing ponsel. Tujuannya adalah supaya panasnya bisa teredam sempurna. Jadi kuat dipakai lama.
  5. Ketika masalahnya terjadi akibat dari kebanyakan debu di dalam pelindung layarnya, maka solusinya cukup bersihkan saja pelindungnya. Bila perlu, ganti saja tempered glass baru supaya lebih praktis. Sehingga berjalan normal.
  6. Bila diakibatkan oleh seringnya memakai charger yang bukan bawaannya, solusinya adalah ubah kebiasaan itu. Yaitu gunakan charger bawaan ketika mengisi daya. Hindari pemakaian charger kw. Karena beresiko merusak baterai ponsel.
  7. Cobalah atur kembali kalibrasi layarnya. Yaitu menggunakan bantuan aplikasi khusus di play store, bernama kalibrasi layar sentuh. Setelah diinstal, ikuti saja instruksinya hingga prosesnya selesai. Saat berhasil, nilai kalibrasinya muncul.
RECOMMEND :  13 Cara Mengambil dan Membuat Foto Siluet dengan HP

Cara Merawat HP supaya Tidak Terjadi Ghost Touch

Meski masalah ghost touch pada smartphone ini terlihat kecil, namun ternyata cukup mengganggu. Terlebih layar itu sangat sensitif. Sehingga bila tidak segera diperbaiki bisa menyebabkan kerusakan parah. Berikut cara merawatnya:

  1. Gunakan screen protector untuk menghindari terjadinya goresan. Karena penggunaan hp yang terlalu lama biasanya menyebabkan goresan atau tempelan kotoran debu, cipratan air, dll. Sehingga perlu ini untuk memberikan perlindungan lebih.
  2. Jangan pernah menyentuh layarnya dengan kuku. Ini mencegah terjadinya ghost touch pada smartphone. Jadi pakai jari saat menyentuh layarnya supaya tidak merusak layar hp. Selain itu, jangan menekannya terlalu kencang.
  3. Sebaiknya jauhkan hp dari benda apa saja berisi air. Misalnya dalam kondisi hujan, perhatikan ponsel supaya tidak terkena tetesan air masuk ke hp. Karena itu bisa menyebabkan kerusakan pada lcd.
  4. Cara meletakkan hp juga bisa menjadi hal yang penting. Jangan asal menaruhnya, karena tekanan dan gesekan bisa menyebabkan LCD mudah pecah dan rusak. Maka dari itu jauhkan sumber panas, air.

Setelah melihat penjelasan di atas, maka penting untuk selalu memperhatikan perlindungan layar pada ponsel Anda. Tujuannya adalah supaya lebih awet. Selain itu bisa terhindar dari masalah ghost touch pada smartphone.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *