√37+ Cara Mendapatkan Pinjaman Modal bagi Pengusaha Pemula

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal bagi Pengusaha Pemula

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal bagi Pengusaha Pemula
Cara Mendapatkan Pinjaman Modal bagi Pengusaha Pemula

Banyak orang yang ingin merintis bisnis baru mencari tahu bagaimana cara mendapatkan pinjaman modal. Bagi pebisnis pemula, menggunakan pinjaman sebagai modal bukanlah hal baru.

Bahkan tidak hanya usaha kecil, perusahaan skala besar juga kerap menjadikan utang sebagai modal untuk melaksanakan kegiatan bisnisnya seperti produksi hingga ekspansi. Hanya saja nilai utangnya jauh lebih besar.

Mengajukan pinjaman (kredit) adalah salah satu cara mudah dan cepat untuk memperoleh modal bisnis. Dengan adanya modal tersebut, kegiatan bisnis perusahaan Anda dapat berjalan lancar.

Cara Mendapatkan Pinjaman Usaha beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Terdapat beragam macam kredit yang bisa Anda akses untuk dijadikan modal usaha. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengajukan.

Nah, agar tidak salah pilih dalam menentukan kredit apa yang paling tepat untuk usaha serta kemampuan finansial Anda, kami akan menjelaskan cara memperoleh modal usaha dari pinjaman.

Menggadaikan Aset untuk Dapatkan Modal

Cara mendapatkan pinjaman modal yang pertama yaitu dengan menggadaikan aset. Pegadaian adalah salah satu lembaga keuangan yang bisa Anda tuju jika ingin meminjam sejumlah dana untuk operasional bisnis.

Anda bisa menjadikan aset yang dimiliki sebagai jaminan. Cara ini adalah alternatif memperoleh dana segar tanpa kehilangan aset. Jenis aset atau barang yang bisa digadaikan sangat beragam.

Mulai dari sertifikat rumah atau tanah, emas batangan, surat BPKB kendaraan bermotor, perhiasan, bahkan perangkat elektronik. Selain ke Pegadaian, Anda juga bisa menggadaikan aset melalui perusahaan gadai milik swasta.

Namun jika ingin menempuh langkah tersebut pastikan memeriksa legalitas perusahaan tersebut apakah sudah terdaftar resmi di OJK. Karena cara mendapatkan pinjaman modal lewat perusahaan gadai non-OJK bisa membahayakan aset Anda.

  1. Kelebihan Gadai Aset

Ada beberapa kelebihan yang diterima apabila Anda mengajukan pinjaman dengan cara menggadaikan aset:

  1. Syarat pengajuan lebih mudah
  2. Bisa dicairkan secara cepat
  3. Prosedur pengajuannya sederhana
  4. Tidak ada biaya administrasi
  5. Ada banyak jenis barang yang bisa digadaikan
  6. Angsuran relatif ringan
  7. Jika memperpanjang waktu pembayaran apabila tiba jatuh tempo
  8. Tidak harus menjual barang karena barang tetap disimpan
RECOMMEND :  √37+ Memulai Usaha di Era Digital, Perhatikan 5 Hal Ini

 

  1. Kekurangan Gadai Aset

Namun cara mendapatkan pinjaman modal lewat gadai aset juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  1. Tingkat suku bunga lebih tinggi dibanding kredit bank
  2. Jumlah pinjaman menyesuaikan aset yang digadaikan
  3. Aset tertahan di pegadaian
  4. Hanya aset bernilai nominal tertentu yang dapat digadaikan

Mengajukan Pinjaman ke Bank

Cara mendapatkan pinjaman modal berikutnya adalah dengan meminjam ke bank. Institusi keuangan ini memang dikenal sebagai salah satu rujukan utama bagi para pengusaha yang ingin mendapatkan modal bagi bisnis mereka.

Sebagai institusi keuangan dengan penerimaan dana yang besar, program pinjaman dari bank juga menyediakan modal besar. Sehingga peminjamnya (debitur) berasal dari berbagai skala bisnis, mulai dari skala menengah hingga besar.

Bagaimanapun, perlu Anda ketahui bahwa pinjaman di bank biasanya hanya tersedia bagi usaha yang telah berjalan. Maka dari itu, jika modal tersebut hendak dipakai memulai bisnis dari awal, ada baiknya menggunakan dana pribadi dulu.

Kelebihan Meminjam ke Bank

Ada beberapa kelebihan yang bisa diperoleh apabila Anda menerapkan cara mendapatkan pinjaman modal dengan meminjam ke bank:

  1. Cukup mudah. Apabila Anda merupakan nasabah yang rutin menabung serta tidak pernah terlambat membayar cicilan, maka kesempatan dikabulkannya pengajuan kiredit usaha lebih terbuka.
  2. Bunga relatif rendah. Tiap-tiap bank biasanya memberlakukan bunga yang berbeda-beda namun relatif rendah. Sehingga biaya cicilannya akan lebih kecil. Pastikan agar memilih kredit sesuai kebutuhan bisnis Anda.
  3. Cara mendapatkan pinjaman modal dari bank ada banyak jenis kreditnya. Anda bisa menentukan jenis kredit paling sesuai untuk usaha, misalnya Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Usaha Rakyat (KUR), kredit multiguna, atau lainnya.
  4. Jaminan keamanan. Nasabah tidak perlu khawatir karena pihak bank memberikan surat agunan. Keamanannya sangat terjamin.
RECOMMEND :  √37+ Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan dalam Menjalani Bisnis

Kekurangan Meminjam Kredit Usaha di Bank

Cara mendapatkan pinjaman modal melalui kredit bank juga memiliki sejumlah kekurangan, diantaranya:

  1. Prosesnya cukup rumit karena Anda perlu mengurus berbagai persyaratan dokumen sebelum akhirnya dana bisa dicairkan.
  2. Cara ini cukup menguras waktu sehingga kurang cocok apabila Anda membutuhkan dana dalam waktu dekat atau mendadak.
  3. Nominal tidak sesuai yang diajukan. Sebelum pencairan dana, bank akan melalukan beberapa analisis untuk menentukan apakah dana pengajuan sesuai dengan profil kemampuan debitur. Jika tidak, maka nominalnya tidak sesuai pengajuan.
  4. Risiko hilangnya jaminan (agunan). Apabila Anda tidak membayar angsuran sesuai tempo, maka bank bisa menyita jaminan.

Meminjam Modal ke Koperasi

Cara mendapatkan pinjaman modal selanjutnya adalah dengan mengajukan kredit usaha ke koperasi. Koperasi simpan pinjam juga bisa menjadi rujukan apabila Anda tengah membutuhkan dana cepat untuk kebutuhan modal usaha.

Koperasi sendiri adalah badan usaha dengan sejumlah anggota yang melaksanakan kegiatan ekonomi berdasarkan prinsip koperasi, yaitu asas kekeluargaan. Koperasi menjalankan kegiatannya dengan sistem ekonomi kerakyatan.

Apabila meminjam dana ke koperasi, berarti Anda juga menjadi anggotanya. Persyaratan mengajukan kredit ke koperasi simpan pinjam antara lain mengisi formulir, fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi jaminan, fotokopi slip gaji serta pembayaran listrik.

Kelebihan Meminjam Dana ke Koperasi

Cara mendapatkan pinjaman modal melalui koperasi menawarkan sejumlah keuntungan atau kelebihan, antara lain:

  1. Mekanisme peminjaman relatif lebih mudah dibanding kredit bank
  2. Proses pengajuan sampai pencairan lebih cepat
  3. Bisa mengajukan kredit tanpa jaminan
  4. Bunga relatif rendah

Kekurangan Mengajukan Pinjaman ke Koperasi

Adapun kekurangan dari cara mendapatkan pinjaman modal lewat koperasi antara lain:

  1. Permodalan terbatas sehingga jumlah dana kredit yang bisa diajukan juga terbatas
  2. Daya saing koperasi lebih rendah dibanding badan usaha lainnya
  3. Kesadaran anggota koperasi masih terbilang rendah sehingga tujuan untuk mensejahterakan anggotanya belum bisa tercapai secara optimal
  4. Sumber daya manusia yang mengelola koperasi terkadang kurang profesional sehingga lebih sulit maju
RECOMMEND :  √37+ Bersiaplah, IPO Saham GoTo Akan Segera Dimulai

Mengajukan Pinjaman Melalui P2P Lending

Cara mendapatkan pinjaman modal juga bisa dilakukan secara online yaitu melalui fintech peer to peer lending atau biasa dikenal sebagai P2P lending. Perkembangan teknologi di bidang finansial memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat.

Salah satunya dengan kehadiran platform P2P lending, yaitu perusahaan yang menjembatani peminjam (debitur/borrower) dengan pemberi pinjaman (lender/investor). Dalam hal ini, kedua pihak merupakan anggota masyarakat.

P2P lending adalah platform menarik yang menyediakan pendanaan bagi pelaku usaha UMKM. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih platform P2P lending. Pastikan fintech P2P lending yang dipilih terdaftar di OJK.

Kelebihan Meminjam Dana di P2P Lending

Sebagai peminjam (borrower), keuntungan yang Anda terima antara lain:

  1. Tidak perlu menyerahkan jaminan (agunan)
  2. Proses pengajuan pinjaman cukup singkat
  3. Pencairan dana cepat
  4. Bunga rendah

Kekurangan Meminjam Dana di P2P Lending

Namun ada beberapa kekurangan mengajukan kredit lewat platform P2P lending yang harus Anda waspadai:

  1. Beban pembayaran cicilan bisa berlipat ganda apabila telat membayar
  2. Hanya cocok untuk jangka pendek

Modal adalah salah satu aspek utama dalam menjalankan bisnis sehingga ketersediannya harus diperhatikan. Cara mendapatkan pinjaman modal di atas dapat Anda pertimbangkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *