√75+ Warisan Budaya Indonesia Terbaik Dalam Daftar UNESCO

√75+ Warisan Budaya Indonesia Terbaik Dalam Daftar UNESCO

Warisan Budaya Indonesia Terbaik Dalam Daftar UNESCO
Warisan Budaya Indonesia Terbaik Dalam Daftar UNESCO

Beragan warisan budaya Indonesia patut menjadi kebanggaan karena telah diakui oleh dunia. Apalagi menjadi ciri khas yang tidak dapat diikuti negara lain. Termasuk supaya tetap menjadi milik negara kita tercinta. Sekarang beragam warisan telah masuk daftar UNESCO. Kita tahu badan dunia ini merupakan organisasi pendidikan, keilmuan sampai kebudayaan anggota PBB. Berdiri sejak 1945 dan membantu mengurus kebudayaan asli suatu negara. Tentunya penting untuk menjadi bagian UNESCO supaya seni dan peninggalan nenek moyang tidak diakui negara lain. Terlebih sudah banyak kasus merebutkan sehingga membahayakan. Terutama antara negara yang berkaitan.

Masuknya warisan kebudayaan Indonesia pada UNESCO sendiri termasuk sebagai langkah gerak cepat pemerintah. Tentunya supaya mendaftarkan pada badan dunia yang tertinggi. Kemudian tidak ada lagi negara tetangga berani mengakuinya. Ada beberapa jenis seni seperti musik, beladiri, tarian, senjata adat sampai kendaraan kuno. Cukup unik karena menjadi ciri khas suku atau daerah. Patut kita ketahui dan lestarikan supaya tetap terjaga.

Warisan Budaya Indonesia Berupa Musik dan Tarian

Berbagai candi serta situs bersejarah negara kita memang dianggap cukup menakjubkan. Bahkan telah menjadi objek wisata menarik bagi banyak kalangan. Cukup membanggakan juga karena diakui langsung UNESCO.

  1. Angklung

Angklung merupakan warisan budaya Indonesia terpopuler dalam bentuk musik. Asalnya dari Sunda dan dapat dimainkan dengan cara menggoyangkan sehingga nada keluar. Kita patut bersyukur supaya tetap lestari melalui edukasi. Pengakuan UNESCO terhadap angklung sebenarnya sudah ada sejak 2010. Tambah bagus karena sekarang telah terdapat museum angklung cukup besar. Tepatnya berdiri di Bandung yang bernama Angkung Udjo dan cukup terkenal.

  1. Gamelan

Gamelan tidak kalah memiliki nama dibandingkan dengan angklung. Disini kita dapat melihat banyak instrumen dimainkan dalam sekali waktu. Mulai dari gambang, saron, gong maupun gendang sehingga muncul lagu menarik. Sebenarnya perkembangan alat musik gamelan pernah besar saat zaman Hindu-Budha. Terutama karena dilakukan saat terdapat pertunjukan wayang maupun tarian. Begitu juga tembangan tradisional dari adat Jawa.

  1. Tari Saman

Kalau berbicara mengenai tarian warisan budaya Indonesia, tentu cukup berlimpah. Misalnya tari saman yang berasal dari Gayo, Aceh. Setidaknya tari saman sudah diakui oleh UNESCO sejak 2011 dan cukup megah. Hal ini tidak lain disebabkan karena banyaknya penari pada tari saman. Umumnya bisa dilakukan pria secara berkelompok dalam acara keagamaan atau event besar. Patut dipelajari supaya tidak punah atau menghilang.

  1. Tari Bali

Selain tari saman, terdapat juga tari bali yang tidak kalah menariknya. Terdapat beberapa level seperti keramat, semi-keramat sampai sekedar hiburan. Diakui UNESCO sejak 2015 dan menjadi daya tarik besar.

RECOMMEND :  9 Ide Outfit ke Pantai Simpel dan Instagramable

Kebudayaan Beladiri dan Senjata Dalam UNESCO

Tentunya setiap warisan budaya Indonesia bukan hanya berhubungan dengan musik atau tarian. Melainkan terdapat beladiri serta senjata yang dianggap menawan. Tentunya menjadi keunggulan utama dalam sejarah negara. Misalnya pencak silat yang sudah terkenal apalagi dilengkapi dengan banyak aliran. Pastinya menjadi kebanggaan utama karena banyak dipakai pada film. Terutama disebabkan banyak teknik serta gerakan paling keren.

Ternyata pemberitahuan dari UNESCO diberikan langsung oleh Nadjamuddin Ramly. Tidak heran menjadi kebanggaan utama karena dipastikan menjadi milik Indonesia. Tidak boleh lagi terdapat negara yang ingin mengakuinya. Sebagai warisan budaya Indonesia, pastinya cukup menyenangkan karena semakin banyak yang mengenal. Termasuk mempelajarinya sebagai beladiri terbaik. Begitu juga sebagai perkenalan pada serial dan film blockbuster.

Selain beladiri, pastinya terdapat senjata terbaik yang diakui UNESCO seperti keris. Kita bersyukur sudah resmi diakui karena ditetapkan tahun 2006. Keris sangat berguna karena dapat dipakai pada kegiatan sehari-hari. Pantas sebagai warisan budaya Indonesia karena umumnya digunakan sebagai perlengkapan adat. Terutama melengkapi busana maupun ritual adat Jawa. Termasuk fungsinya yang terkenal yaitu sebagai pusaka turun temurun. Sebenarnya bagi orang Jawa, perawatan keris tergolong masih cukup besar. Terutama karena terdapat tradisi seperti mencuci keris satu tahun sekali. Ditambah lagi jual beli senjata adat keris masih dinilai tinggi.

Warisan Seni Kebudayaan UNESCO Paling Megah

Kemegahan peninggalan nusantara yang telah diakui pastinya tidak hanya berukuran kecil. Melainkan banyak juga kebudayaan dengan ukuran besar atau megah. Tidak heran mampu dijadikan sebagai bentuk keagungan seni.

1. Candi Borobudur

Kalau membahas kemegahan peninggalan zaman dulu, candi borobudur tidak dapat kita tinggalkan. Tidak heran mudah masuk warisan budaya Indonesia pada UNESCO. Bahkan terdaftar pada 1991 dan termasuk 7 keajaiban dunia. Sebenarnya candi borobudur juga tergolong sebagai objek wisata bagi pengunjung internasional. Terlebih dianggap sebagai peninggalan arkeologi bersejarah. Tentu dalam masa Syailendar sehingga selalu bervisual megah.

RECOMMEND :  √75+ Kesenian dari Kebumen yang Wajib Anda Tonton

Selain candi borobudur, sebenarnya Indonesia masih memiliki candi Prambanan. Tergolong sebagai peninggalan zaman Hindu dan punya cerita mistis. Tidak lain legenda Rara Jonggrang yang identik dengan Prambanan.

2. Subak

Subak bisa kita anggap sangat megah disebabkan karena penampilannya yang luar biasa. Sebenarnya subak merupakan suatu sistem irigasi warga Bali. Ternyata memiliki banyak pesan seperti irigasi adil satu sama lain. Termasuk kalau diperhatikan, maka bentuknya tergolong sangat menarik. Tidak heran mampu dijadikan sebagai daya tarik terbesar untuk kegiatan berfoto. Subak masuk UNESCO tahun 2012 setelah sidang di Saint Petersburg, Rusia.

3. Perahu Pinisi

Warisan budaya Indonesia paling megah lainnya adalah perahu pinisi. Seperti kita ketahui tradisi tersebut sudah dibuat oleh masyarakat Bugis. Tidak lain yang punya sejarah maritim cukup menawan pada zaman dahulu. Sekarang kita patut berbangga karena pembuatan perahu pinisi masih dilakukan turun temurun. Belum lagi sering dibawa oleh TNI Angkatan Laut saat bepergian. Terutama bertujuan demi mengenalkan perahu pinisi ke dunia.

Seni Indonesia Paling Terkenal di Indonesia

Sebenarnya jika membahas soal warisan budaya Indonesia, banyak yang terbilang sangat terkenal. Terutama karena sudah dipakai orang seluruh dunia seperti batik. Bahkan dijadikan sebagai busana nasional Indonesia. Sebagai warisan kebudayaan, tentunya cukup sakral disebabkan oleh teknik pembuatannya. Termasuk berbagai motif di dalamnya yang mewakili status sosial. Sering terdapat motif sesuai gelar ataupun kekayaan.

Selain batik, tentunya terdapat wayang kulit yang terkenal sangat indah serta berharga bagi negara. UNESCO menetapkan sebagai warisan sejak 2003. Kita patut bersyukur karena sekarang masih terdapat pertunjukan wayang kulit. Sebagai warisan budaya Indonesia, wayang kulit dikenal sebagai penyebar moral agama. Tentunya berhubungan dengan cerita hidup berisi pesan positif. Sekarang wayang kulit masih turun temurun diajarkan beberapa pihak. Selanjutnya ada juga noken yang berasal dari Indonesia Timur tepatnya Papua. Bentuknya seperti tas rajut yang telah membutuhkan perlindungan mendesak. Terutama supaya tidak menghilang karena produksi berkurang.

RECOMMEND :  Mainan DIY: Cara Membuat Mainan untuk Anak Usia 1-3 Tahun

Cukup wajar disebabkan karena sekarang persaingan tas sangat besar. Terlebih karena penggunaan tas rajut tradisional termasuk berkurang. Tidak heran perlu dilindungi agar ada produksi lebih banyak untuk masyarakat. Karena berbagai warisan seni dan kebudayaan tersebut sudah masuk UNESCO, kita bisa merasa tenang. Terutama tidak dapat lagi diambil atau diakui negara lain. Jadi, dipastikan sepenuhnya menjadi milik bangsa Indonesia. Meski begitu, kita tetap harus memberikan apresiasi dengan cara melestarikan. Apalagi supaya tetap lestari dan tidak menghilang dari peradaban. Terlebih semua warisan budaya Indonesia terbilang penting bagi negara.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *