√37+ Manfaat Brand Awareness dalam Membangun Bisnis Usaha

√37+ Manfaat Brand Awareness dalam Membangun Bisnis Usaha

Manfaat Brand Awareness dalam Membangun Bisnis Usaha
Manfaat Brand Awareness dalam Membangun Bisnis Usaha

Tahukah Anda apa saja manfaat brand awareness dalam membangun suatu bisnis usaha? Pada dasarnya, brand atau nama usaha kita harus dikenal banyak orang agar pemasarannya cepat. Jika Anda tidak melakukan branding, bisnis akan sulit untuk berkembang untuk ke depannya. Brand awareness sendiri di dasari dengan kesadaran masyarakat terhadap usaha Anda. Branding yang dilakukan dengan benar akan menciptakan kesadaran audiens. Semakin banyak audiens yang sadar, maka produk Anda juga akan dikenal oleh banyak orang dan diakui.

Manfaat brand awareness sendiri terlihat dan bisa dirasakan pada saat konsumennya banyak. Perusahaan besar selalu mengutamakan branding untuk menarik lebih banyak konsumen. Tidak hanya itu saja, investor juga bisa terpancing dengan Brand yang dikenal banyak orang.Untuk jangka panjang, Branding dapat meningkatkan perusahaan ke tahap baru. Bagi pengusaha kecil rumahan atau UMKM, sebaiknya tingkatkan dulu brand usaha Anda. Proses ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan skema AISAS yang terkenal karena keefektifannya.

Memahami Beberapa Manfaat Brand Awareness

Nama atau brand suatu perusahaan tentunya memiliki nilainya sendiri-sendiri. Baik itu bisnis di bidang jasa atau produk, semuanya terkenal karena selalu melakukan branding. Tahapan ini bisa dilakukan dengan cara promosi, mengadakan event, bekerja sama atau menjadi sponsor. Dengan berbagai proses yang ada, brand awareness tidak bisa ditingkatkan begitu saja. Satu hal yang perlu Anda pahami adalah, perusahaan tidak akan bisa berkembang jika tidak memahami manfaat brand awareness untuk menarik lebih banyak audiens dan konsumen.

Sederhananya, Anda memiliki usaha rumahan dan namanya sudah dikenal ke desa-desa lain. Dari nama yang populer, Anda sudah meningkatkan brand awareness desa tetangga. Dengan nama yang sudah terkenal, bisnis rumahan Anda akan mendapatkan konsumen dari berbagai tempat. Hal inilah yang menjadi poin penting dari kesadaran branding. Pada suatu perusahaan atau usaha kecil, semuanya bisa merasakan manfaatnya secara langsung. Tentu manfaat brand awareness ini sangat krusial karena kesuksesan perusahaan Anda tergantung dari kepopulerannya. Untuk memaksimalkan proses branding, struktur AISAS dibutuhkan. Pada dasarnya AISAS terdiri dari beberapa langkah yang sudah terstruktur secara rapi. Mulai dari Attention, Interest, Search, Action dan Share yang saling berkesinambungan antara satu poin ke poin lainnya.

RECOMMEND :  √37+ Ketahui Cara Mengurus Legalitas UMKM dan Dapatkan Keuntungannya

Jalankan AISAS untuk Meningkatkan Brand Awareness

Secara tidak langsung, manfaat brand awareness itu sangat berefek pada usaha Anda. Jika Anda adalah pelaku usaha kecil atau rumahan, AISAS bisa digunakan dengan baik. Untuk lebih jelasnya, berikut ini struktur AISAS yang membantu Anda meningkatkan branding perusahaan.

  1. Attention (Mencari Audiens)

Tahap pertama yang dilakukan untuk meningkatkan branding usaha adalah dengan menarik perhatian audiens. Anda bisa memperkenalkan produk atau brand ke audiens terdekat. Jika sudah mulai berkembang, Anda bisa cari lingkungan yang lebih besar untuk branding. Ketika audiens sudah terpancing dengan promosi dan penawaran Anda, tentu tahap pertama berhasil diselesaikan. Manfaat brand awareness tahap pertama ini adalah, produk atau nama perusahaan Anda akan dikenal beberapa orang dan bisa berkembang untuk ke depannya.

  1. Interest (Menarik Audiens)

Di tahap ini, audiens atau konsumen akan ditarik menggunakan pendekatan untuk mengenal brand Anda secara langsung. Tujuannya adalah untuk memancing audiens agar lebih kenal dan memahami produk yang akan Anda tawarkan secara langsung.

Hal ini akan menjadi proses peningkatan brand awareness yang paling krusial. Sebab ketika Anda atau marketing salah dalam menyampaikannya, audiens tidak akan tertarik. Manfaat brand awareness tidak akan bisa dimaksimalkan jika pendekatannya tidak optimal.

  1. Search (Pencari)

Ketika Anda sudah berhasil menarik perhatian audiens di tahap sebelumnya, maka di tahap ini audiens akan mulai mencari produk yang Anda tawarkan. Proses ini akan meningkatkan total traffic sosial media atau platform digital yang Anda buat sebelumnya.

Tentu saja manfaat brand awareness bisa mulai terlihat di sini karena audiens mulai tertarik dan mencari produknya. Semakin banyak orang mengenal brand Anda, maka akan semakin banyak juga audiens yang tertarik untuk membeli produk usaha Anda nantinya.

  1. Action (Aksi)

Di tahap ini konsumen mulai berdatangan dan peningkatan branding Anda berhasil dilakukan. Perlu diingat, kualitas produk Anda akan diuji di sini karena banyak konsumen mulai mencari dan tertarik dengan produknya.

RECOMMEND :  √ 25 Kurangi Tagihan Pajak Bisnis dengan Cara yang Sering Dilupakan

Jika penjualan produk mendapatkan respons positif, maka manfaat brand awareness berhasil Anda manfaatkan. Namun jika mendapat respons negatif, Anda harus melakukan evaluasi untuk melihat apakah produk memang dalam kondisi buruk.

  1. Share (Sebar)

Pada tahap terakhir, brand Anda sudah dikenal oleh banyak orang karena konsumen mulai berdatangan. Tentu saja konsumen yang suka akan membagikan produk Anda ke teman atau saudara. Di tahap ini, brand Anda sudah berhasil diperkenalkan ke pasar.

Langkah yang harus Anda lakukan adalah menjaga kualitas produknya tetap baik. Ketika para konsumen merasakan perbedaan, kepopuleran brand bisa menurun. Oleh sebab itu, di tahap ini Anda harus menjaga produk dengan baik dan utamakan kepuasan konsumen.

Manfaat Brand Awareness yang Umumnya Dirasakan

Setiap perusahaan bisa berkembang karena mampu menyusun strategi pemasarannya dengan baik. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan adalah brand awareness. Untuk lebih jelas berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan ketika brandingnya berhasil.

  1. Sponsor

Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan menggunakan sponsor. Namun sponsor juga bisa didapatkan jika Anda berhasil mengetahui manfaat brand awareness dengan baik. Biasanya sponsor diberikan pada saat Anda ingin mengadakan event.

  1. Traffic

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, traffic Anda akan meningkat jika brand semakin dikenal luas. Traffic sosial media, Online Shop atau situs resmi, semuanya bisa meningkat drastis ketika Anda berhasil meningkatkan brand perusahaan.

  1. Untung Banyak

Tentu saja keuntungan menjadi salah satu hal yang bisa Anda dapatkan dari manfaat brand awareness. Keuntungan ini pada dasarnya disebabkan oleh konsumen yang bertambah. Jadi, penjualan Anda akan meningkat tajam dan untung penjualan bisa didapatkan.

  1. Investor

Satu hal yang paling dinanti ketika brand semakin dikenal adalah mendapatkan investor. Hal ini terjadi karena prospek perkembangan perusahaan Anda bergerak cepat. Dengan adanya AISAS, Anda bisa meningkatkan branding perusahaan dalam kurung waktu singkat.

RECOMMEND :  √ Cara Pensiun Dini dengan Bisnis yang Tetap Berjalan Sendiri

Raih Kesuksesan dengan Meningkatkan Brand Awareness

Saat ini Anda pasti sudah mengenal beberapa nama produk yang diakui kualitasnya. Mulai dari air minum, camilan, obat kesehatan hingga jasa layanan terpadu. Terkenalnya nama perusahaan tersebut menjadi bukti bahwa manfaat brand awareness sangat berpengaruh pada penjualan. Di luar negeri, ada banyak perusahaan ternama yang bersaing untuk mendapatkan konsumen. Beberapa perusahaan memiliki bidang atau produk sama, sehingga keduanya saling bersaing. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa produk camilan yang bisa ditemui dimana saja.

Anda pasti pernah berpikir produk mana yang lebih enak, berkualitas dan isinya banyak. Hal ini juga diterapkan pada brand awareness suatu perusahaan. Semakin besar branding Anda, maka konsumen juga akan tertarik untuk membeli produknya secara langsung. Sebagai pelaku usaha, kita harus memanfaatkan peluang yang ada. Digital Marketing bisa jadi opsi terbaik karena Anda mampu mempromosikan produk dari sosial media. Manfaat brand awareness akan semakin terasa jika Anda mampu bersaing dengan produk ternama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *