√ Lagu Sluku Sluku Bathok: Lirik, Arti Makna & Cara Main

Lagu sluku sluku bathok akhir akhir ini kembali populer setelah dinyanyikan dan dipadukan dengan sholawat oleh Habib Syech. Beberapa orang bahkan mulai mencari lagu ini untuk di download.

Hal ini tidaklah mengherankan, karena syair atau lirik dari sluku sluku bathok ternyata mengandung pesan yang sangat dalam dan bahkan diambil dari Bahasa Arab. Selain itu, tipe lagunya memang semarak sehingga membangkitkan suasana.

Nah, jika kamu juga senang ini, seharusnya kamu juga tahu asal muasal dan maknanya, seperti yang akan diulas di bawah ini.

Apa Itu Sluku Sluku Bathok

Sluku sluku bathok adalah jenis dari tembang dolanan sama seperti cublak cublak suweng, kidang talun dan gajah gajah.

Tembang dolanan singkatnya adalah lagu yang dinyanyikan anak anak saat bermain. Lagu lagu yang termasuk tembang dolanan sangat banyak judulnya, sluku sluku bathok adalah satu diantaranya.

Sluku sluku bathok termasuk tembang dolanan.

berasal dari daerah Jawa Tengah dan sampai sekarang masih populer di Jawa Timur, Yogyakarta dan Jawa Tengah sendiri.

Pencipta tembang sluku sluku bathok adalah Kanjeng Sunan Kalijaga.

Lagu sluku sluku bathok

Memang, dulu anak anak masih sering bermain bersama saat siang, sore dan bahkan saat malam tepatnya saat bulan purnama.

Maka sangat tepat jika para Wali melakukan dakwah dengan pendekatan budaya seperti permainan agar dakwah Islam mudah diterima masyarakat kala itu.

Pendekatan dengan budaya bersifat alon-alon waton kelakon, tidak frontal, tidak terkesan menggurui, dengan tujuan tidak menimbulkan gejolak dalam masyarakat.

Pendekatan tersebut di antaranya melalui simbol-simbol seperti tembang, gamelan, wayang, dan permainan.

Sluku sluku bathok adalah pendekatan menggunakan tembang dan permainan sekaligus.

Sluku sluku bathok dinyanyikan saat permainan dengan nama yang sama.

Permainan sluku sluku bathok dilakukan dengan cara berkelompok. Setiap kelompok berisi 3-5 anak. setiap anak berselonjor dan telapak kaki disatukan sehingga bentuknya melingkar.

Lagu sluku sluku bathok

Permainan dimulai dengan menyanyikan lagu sluku sluku bathok secara bersamaan dan setiap anak akan mulai untuk menggosok bagian tulang kering mereka secara serempak untuk dapat menggapai jari jari kaki mereka dengan tetap menyanyikan lagu sluku sluku bathok sebaik mungkin.

RECOMMEND :  √225+ Tokoh Tokoh Wayang Dalam Berbagai Versi

Sebuah sumber mengatakan bahwa, sluku sluku bathok artinya goyang goyang kepala (dzikir), ada pula yang menyatakan bahwa arti sluku sluku bathok adalah siku siku dan kepala, jadi sluku berarti siku.

Kini, sluku sluk bathok menjadi lagu sholawat berjudul “sholawat sluku sluku bathok” yang populer di kalangan orang dewasa dan santri karena diangkat kembali oleh Habib Syech Bin Abdul Qobir Assegaf.

Lagu sluku sluku bathok

Bahkan kyai kondang asal Bojonegoro, KH Anwar Zahid, juga telah membuka wawasan banyak orang bahwa lagu sluku sluku bathok bukanlah sekedar tembang dolanan yang dibuat secara asal, dengan kata lain ada makna yang dalam di situ. Seperti apa? selanjutnya akan kita bahas berikut ini.

Lirik Lagu Sluku Sluku Bathok

Lirik lagu sluku sluku bathok sangat sederhana dan menggunakan basa ngoko lugu.

Lagunya juga hanya terdiri dari satu bait saja, seperti ini lirik lagu sluku sluku bathok dalam tembang dolanan anak-anak.

Judul Lagu: Sluku Sluku Bathok
Asal: Jawa Tengah
Pencipta: Sunan Kalijaga
Jenis: Tembang Dolanan

Sluku- sluku bathok
Bathoke ela- elo
Si rama menyang Sala
Leh- olehe payung motha
Mak jenthit lo lo lo bah
Wong mati ora obah
Yen obah medeni bocah
Yen urip goleka dhuwit

Sedangkan untuk versi gubahan oleh Habib Syech, lirik sluku sluku bathok menjadi seperti ini:

Allahuma sholi wa sallim ala,
sayyidina muhammadin
Adada ma bi’ilmillah…
hi sholatan,
daimatan bidawami mulkillahi

Sluku- sluku bathok
Bathoke ela- elo
Si rama menyang Sala
Leh- olehe payung motha

Mak jenthit lo lo lo bah
Wong mati ora obah
Yen obah medeni bocah
Yen urip goleka dhuwit

Selanjutnya, berikut ini keterangan sluku sluku bathok chord:

Arti Lagu Sluku Sluku Bathok

Lagu sluku sluku bathok

Arti lagu sluku sluku bathok dalam Bahasa Indonesia sedikit lucu dan bisa dibilang aneh, ya namanya lagu anak-anak ya. Seperti ini artinya:

RECOMMEND :  √ Tembang Dolanan Kidang Talun: Asal, Lirik Lagu dan Arti

Sluku- sluku bathok (Ayun-ayun kepala)
Bathoke ela- elo (Kepalanya geleng-geleng)
Si rama menyang Solo (Si Bapak pergi ke Solo)
Leh- olehe payung motha (Oleh-olehnya payung mutha, maksudnya payung besar dan tebal)
Mak jenthit lo lo lo bah (Mak jenthit lo lo lo bergerak)
Wong mati ora obah (Orang mati tidak bergerak)
Yen obah medeni bocah (Kalau bergerak ya nakut-nakutin anak-anak)
Yen urip goleka dhuwit (Kalau hidup hendaknya mencari uang)

Lirik Jawa di atas menjadi tidak aneh ketika lagi ketika sudah dimaknai seperti ulasan di bawah ini.

Makna Lagu Sluku Sluku Bathok

Makna lagunya didapatkan dari penafsiran kalimat di setiap baris liriknya. Lirik lirik ini berasal dari Bahasa Arab.

Seperti ini makna di setiap barisnya:

  1. Lirik Sluku-sluku bathok berasal dari Ghuslu-ghuslu bathnaka artinya mandikanlah batinmu. Maknanya adalah kita harus membersihkan batin sebelum membersihkan raga.
  2. Lirik Bathoke ela-elo berasal dari Bathnaka La ilaha illallahu artinya isi batinmu dengan kalimat Laa ilaha Illallahu. Ini adalah cara membersihkan batin.
  3. Yang ketiga, Si Rama menyang Solo berasal dari Siiruu ma’aa man sholla artinya ikutilah bersama orang yang sholat, maksudnya ikutlah sholat.
  4. Selanjutnya lirik Oleh-olehe payung montho yang berasal dari kalimat Allahu faizun ‘ala man taaba maknanya Allah menyukai orang orang yang bertobat, maksudnya menyuruh kita untuk bertobat.
  5. Lirik Tak jenthit lolo lobah berasal dari kalimat Ittakhidzillaha Robba berarti jadikanlah Allah sebagai Tuhan kalian semua.
  6. Kalimat Wong mati ora obah berasal dari Bahasa Arab Man maata roaa dzunuubah Maknanya barang siapa yang mati akan ditunjukkan dosanya.
  7. Yen obah medeni bocah adalah Dzunuuba dainin yaghillu yadah artinya dalam Bahasa Indonesia yaitu: dosa utang akan membelenggu kedua tangan.
  8. Makna lirik terakhir, Yen urip goleka dhuwit dari Rottibil kolbi bil qouluts tsabit adalah jagalah hatimu dengan ucapan yang telah disebutkan sebelumnya, yakni La ilaha illallahu.

Wah, ternyata lagu sluku sluku bathok mengandung nilai religi yang sangat dalam. Singkatnya lagu ini berisi nasihat untuk memanfaatkan kehidupan dengan amal sholeh agar tak menyesal ketika meninggal, karena semua akan dipertanggungjawabkan.

RECOMMEND :  √ 137+ Tuladha Tembung Camboran Lengkap (Teges, Perangan lan Soal)

Makna Permainan Sluku Sluku Bathok

Ternyata tidak hanya lagu sluku sluku bathok yang mempunyai makna, permaina selojor dalam sluku sluku bathok juga mempunyai makna dan nilai nilai yang bagus untuk perkembangan anak-anak.

Sebuah jurnal dari UNY oleh Nurhidayati, M. Hum menyatakan bahwa, ada tiga nilai budaya yang terkandung dalam permainan sluku sluku bathok yaitu: kebersamaan atau solidaritas, bertanggung jawab, dan rajin bekerja.

  1. Nilai solidaritas, nilai ini terbentuk melalui permainan pada saat anak bergerak secara serentak berirama menyanyikan Sluku- sluku Bathok. Berakan serentak ini menunjukkan kebersamaan dan keteraturan.
  2. Nilai bertanggung jawab, terbentuk saat anak menjalankan kewajibannya secara pribadi maupun bersama untuk bergerak sambil bernyanyi secara serentak. Gerakan harus bersama tidak boleh ada yang mendahului atau terlambat, begitu pula saat melagukan tembang Sluku sluku Bathok.
  3. Permainan ini juga mengajarkan untuk rajin bekerja. Dalam arti lirik lagu yang sebenarnya mengatakan bahwa “Yen urip goleka dhuwit“, artinya jika manusia hidup haruslah rajin bekerja untuk menghasilkan uang.

Download Lagu Sluku Sluku Bathok MP3

Nah, setelah mengetahui asal muasal dan makna dari tembang, kalian tentu tak sabar ingin mendownload lagu sluku sluku bathok dan mulai bermain.

Berikut link download tembang dolanan sluku sluku bathok untuk anak anak MP3. Lagu ini bersumber dari channel Youtube Kumpulan Tembang Dolanan.

Tari Sluku Sluku Bathok

Untuk mengangkat kembali tembang dolanan beberapa sanggar tari juga telah mengkreasikan tari sluku sluku bathok sehingga lebih menarik.

Ada sebuah tari sluku sluku bathok yang lincah dari sebuah channel bernama Aglies Record, yang menarik untuk ditonton.

https://www.youtube.com/watch?v=-KHm2M7M3kc

Tari di atas sekaligus menutup artikel kita kali ini. Terimakasih telah membaca sampai selesai dan sampai jumpa pada artikel tembang dolanan yang lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *