√75+ Manfaat Kesenian Wayang Kulit, Simak Baik-Baik

Manfaat Kesenian Wayang Kulit, Simak Baik-Baik

Manfaat Kesenian Wayang Kulit, Simak Baik-Baik
Manfaat Kesenian Wayang Kulit, Simak Baik-Baik

Kesenian wayang kulit merupakan salah satu kesenian yang sangat populer dan begitu disukai oleh masyarakat Indonesia. Ini merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO.

Untuk itu sebagai warga negara, sebaiknya kita menjaga dan juga melestarikan wayang. Akan tetapi sayangnya, di tengah-tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat banyak anak kecil yang tidak mengenal wayang.

Anak-anak di era modern lebih suka bermain game online dengan menggunakan smartphone atau komputer. Tentunya, Ini menjadi salah satu tugas berat untuk seluruh pihak terkait agar nantinya wayang bisa terus ada dan dinikmati hingga anak cucu kita nanti.

Selain bisa dijadikan sebagai hiburan, Kesenian wayang kulit juga memberikan banyak sekali manfaat untuk pembelajaran. Ini merupakan salah satu kesenian yang memberikan banyak sekali petuah-petuah di dalam hidup dari berbagai macam cerita yang unik dan menarik.

Sejarah Kesenian Wayang Kulit

Hanya sedikit orang yang mengetahui sejarah mengenai pewayangan. Kami akan memberitahu Anda sejarah mengenai kesenian satu ini untuk memberikan Anda pemahaman yang lebih dalam mengenai wayang kulit.

Wayang adalah salah satu kesenian yang ternyata sudah ada sejak zaman Hindu Budha. Hal ini bisa dibuktikan melalui prasasti yang ada pada masa pemerintahan Airlangga. Di dalam prasasti tersebut salah satu profesi ringgit itu adalah sebagai seorang dalang.

Dalang merupakan orang yang mempertunjukkan atau memainkan wayang. Dalang disebut sebagai salah satu profesi seniman. Untuk itu harus membayar pajak seperti orang-orang yang bekerja sebagai seniman lain seperti misalnya pelawak, penari, penabuh gendang dan lain sebagainya.

Kesenian wayang kulit sendiri bisa dikatakan tidak jauh berbeda pertunjukannya dari zaman dulu hingga saat ini. Salah satu hal yang mungkin sedikit berbeda yaitu adalah cerita yang diambil dalam pertunjukan wayang.

RECOMMEND :  √ Serat Rami: Pengertian, Asal, Ciri, Manfaat & Kelebihan

Jika pada zaman dahulu, pertunjukan wayang mengambil cerita-cerita seperti misalnya Ramayana.  Di era modern seperti saat ini, tidak sedikit orang yang bereksplorasi dengan cerita-cerita kekinian untuk menyesuaikan dengan kondisi perkembangan zaman.

Anda bisa menemukan pertunjukan wayang di berbagai macam acara. Pertunjukan wayang biasanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia ketika sedang mengadakan hajatan ataupun pada hari-hari besar nasional.

Manfaat Kesenian Wayang Kulit

Wayang kulit memang bukan kesenian biasa. Karena kesenian ini memberikan banyak sekali manfaat, jika dilakukan dengan cara yang benar. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menikmati tontonan wayang kulit.

1. Manfaat kesenian wayang kulit sebagai media pendidikan

Salah satu manfaat dari wayang kulit yaitu adalah untuk media pendidikan. Wayang diangkat menjadi salah satu media pembelajaran yang sangat cocok untuk memperkenalkan budaya dan juga berbagai macam pelajaran budi pekerti.

Kesenian wayang juga bisa memberikan pendidikan mengenai mental yang bermanfaat untuk manusia menjalani kehidupannya sehari-hari.

Pada zaman dahulu, anak-anak sudah diperkenalkan dengan wayang agar mencintai dan menyukai wayang. Tujuan utamanya sudah jelas yaitu agar wayang kulit tetap bisa bertahan di tengah-tengah perkembangan zaman.

Sangat diharapkan untuk generasi saat ini juga mau untuk mempelajari kesenian yang sangat luar biasa ini. Karena jika bukan anak-anak muda dari bangsa kita sendiri, siapa yang hendak menjaga kelestarian wayang kulit.

2. Manfaat Kesenian wayang kulit  untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan

Cerita pewayangan selalu memiliki pesan untuk manusia yang berusaha memahaminya. Pesan tersebut bisa dalam berbagai macam hal. Biak itu merupakan pesan untuk individu dalam masyarakat atau tentang kehidupan bersosial masyarakat.

Bagi Anda yang belum tahu, pertunjukan wayang kulit biasanya selalu mengandung berbagai macam nilai tentang kehidupan manusia.  Banyak dari cerita wayang yang memberikan pesan atau nilai moral kepada manusia dalam bermasyarakat.

RECOMMEND :  √75+ Ukiran Kayu Jepara, dari Kerajaan sampai ke Mancanegara

Ada berbagai macam pesan yang biasanya terkandung dalam pertunjukan wayang. Anda bisa belajar berbagai macam hal seperti misalnya keadilan, kebenaran, cara mengatasi kesulitan hidup dan lain sebagainya.

Ini merupakan salah satu kesenian yang benar-benar mengajarkan bagaimana caranya menempatkan diri dalam tatanan sosial masyarakat. Dengan sering menonton pertunjukan wayang bisa memberikan pembelajaran ketika hidup di dunia ini.

3. Manfaat kesenian wayang kulit sebagai media hiburan

Menonton kesenian wayang bisa menjadi salah satu hiburan yang sangat menarik untuk menghabiskan waktu luang.  Anda bisa membawa anggota keluarga dan juga sanak saudara ketika menonton pertunjukan wayang.

Wayang kulit merupakan salah satu kesenian tradisional yang sangat cocok untuk dinikmati atau ditonton bersama dengan keluarga. Menonton kesenian wayang juga menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan wayang kepada anak-anak.

Cara Menjaga Kesenian Wayang Kulit

Wayang kulit adalah salah satu warisan dari para leluhur yang harus selalu kita jaga agar terus lestari.  Jangan Sampai kesenian yang memiliki banyak manfaat dan juga mampu memberikan hiburan yang menarik ini dilupakan dan akhirnya punah.

Sebenarnya saat ini ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk terus menjaga wayang kulit tetap eksis. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian wayang kulit.

1. Ekstrakurikuler wayang di sekolah

Agar membuat banyak anak muda menyukai wayang kulit maka harus diperkenalkan sejak dini. Sebagian besar waktu anak-anak dihabiskan di sekolah. Oleh karena itu, sekolah menjadi pilihan tepat untuk memperkenalkan wayang kepada anak-anak.

Salah satunya yaitu adalah dengan membuat ekstrakurikuler untuk memperkenalkan wayang kepada anak-anak. Dengan begitu nantinya anak-anak memiliki pengetahuan atau paling tidak mengerti mengenai wayang dan akhirnya tertarik untuk melestarikannya.

RECOMMEND :  17+ Kerajinan Tangan di Indonesia | Teknik, Bahan & Daerah Penghasil

2. Pertunjukan kesenian wayang kulit secara rutin

Cara untuk memperkenalkan wayang kulit kepada khalayak ramai yang cukup efektif yaitu adalah dengan mengadakan pertunjukan wayang secara rutin. Hal ini mungkin sudah dilakukan oleh beberapa kelompok atau paguyuban yang bergerak di bidang pewayangan.

Akan tetapi, jumlahnya masih sedikit dan harus terus ditingkatkan agar nantinya ada banyak orang yang mengenal kesenian asli Indonesia satu ini.

3. Menceritakan kisah-kisah pewayangan kepada anak

Dengan menceritakan kisah kisah pewayangan kepada anak juga bisa menumbuhkan minat anak kepada wayang kulit. Ada banyak sekali kisah yang memberikan pendidikan moral dalam pewayangan.

Menjaga Kesenian Wayang Kulit Adalah Tugas Seluruh Masyarakat Indonesia

Wayang kulit adalah salah satu kesenian yang menjadi di tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, untuk menjaga kesenian ini terus ada dan tidak lekang dimakan oleh waktu maka seluruh masyarakat juga harus berperan menjaga kelestarian wayang.

Jangan sampai kesenian asli Indonesia ini hanya tersisa nama saja pada kemudian hari. Salah satu cara untuk menjaga kelestarian wayang yaitu adalah dengan membuat  para generasi muda semakin sadar bahwa kesenian tradisional ini sangat penting untuk dilestarikan.

Jika mampu dikemas dengan baik, bukan tidak mungkin kesenian tradisional juga bisa bersaing dengan berbagai macam hiburan di era modern. Karena sebenarnya wayang kulit memiliki daya tarik yang sangat luar biasa.

Apalagi kesenian wayang bisa dipadupadankan dalam berbagai macam bentuk acara. karena pada kenyataannya, saat ini ada beberapa orang kreatif yang membuat pertunjukan wayang yang menarik dan kekinian .

Ini merupakan salah satu tugas berat seluruh elemen untuk memperkenalkan kesenian wayang kulit kepada anak-anak muda dengan cara yang tepat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *