√37+ Mengenal Pengertian, Jenis Kegiatan Ekonomi dan Contohnya

Mengenal Pengertian, Jenis Kegiatan Ekonomi dan Contohnya

Mengenal Pengertian, Jenis Kegiatan Ekonomi dan Contohnya
Mengenal Pengertian, Jenis Kegiatan Ekonomi dan Contohnya

Jika Anda penasaran tentang pengertian dan jenis kegiatan ekonomi (economic activity) maka ini adalah artikel yang tepat untuk dikunjungi. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa contoh seputar kegiatan ekonomi dalam kehidupan.

Dalam kehidupan sehari-hari Anda bisa menemukan berbagai kegiatan ekonomi. Aspek perekonomian tidak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari seperti berbelanja sayuran, membeli sembako, membeli peralatan dapur, menjual alat tulis, dan sebagainya.

Berbagai aktivitas ekonomi harus dilaksanakan untuk menggerakkan roda perekonomian. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat yang terus meningkat dari waktu ke waktu bisa tercapai. Lantas, apa saja macam-macam kegiatan ekonomi dalam kehidupan?

Apa Itu Kegiatan Ekonomi

Sebelum mempelajari tentang apa saja jenis kegiatan ekonomi, alangkah baiknya Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi. Mungkin sebagian orang mengira bahwa perekonomian hanya berkaitan dengan urusan kantoran.

 Namun pada dasarnya, semua aktivitas yang kita lakukan sejak bangun tidur hingga tidur lagi melibatkan aktivitas perekonomian. Itu karena manusia perlu memenuhi berbagai kebutuhan untuk melangsungkan hidupnya.

Semua unsur kehidupan manusia terutama di era modern bisa diakses melalui aktivitas jual beli. Transaksi jual beli inilah yang membuat terjadinya economic activity. Transaksi jual beli bukan hanya melibatkan jual beli barang.

Akan tetapi juga mencakup jual beli jasa seperti tukang kebun, laundry, petugas kebersihan, tenaga pengajar, kontraktor, desainer, dan lain sebagainya. Terjadinya transaksi jual beli itulah yang menggerakkan berbagai jenis kegiatan ekonomi.

Dengan demikian, economic activity secara sederhana dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan sehingga hajat hidupnya bisa terpenuhi.

Sementara pengertian lainnya berdasarkan keterangan dari Business Dictionary economic activity yaitu aktivitas meliputi produksi, distribusi, hingga konsumsi. Ketiganya yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi adalah aktivitas yang sangat umum di masyarakat.

RECOMMEND :  √10 Cara Menggunakan Bahan Lokal untuk Bisnis Masakan Modal Kecil

Apa Saja Tujuan Kegiatan Ekonomi

Sebelum berlanjut ke pembahasan tentang jenis kegiatan ekonomi, kami akan menjelaskan tentang tujuannya. Kegiatan ini pada dasarnya dilakukan manusia untuk memenuhi beragam kebutuhan hidup. Selain itu, beberapa tujuan lainnya antara lain:

  1. Memperoleh Kekayaan atau Keuntungan

Tujuan pertama adalah untuk memperoleh keuntungan, uang, serta kekayaan. Manusia tentu membutuhkan uang untuk membeli barang maupun jasa. Agar mendapatkannya, diperlukan kondisi finansial yang sehat.

Cara memperoleh stabilitas finansial melalui economic activity antara lain dengan menjual barang ataupun jasa. Sebagai individu, Anda juga bisa memperoleh kekayaan dengan cara menawarkan jasa ke perusahaan sehingga mendapatkan upah atau gaji.

  1. Memanfaatkan Sumber Daya

Beragam jenis kegiatan ekonomi dilakukan untuk tujuan pemanfaatan sumber daya yang tersedia. Sumber daya yang dapat dimanfaatkan sangat beragam. Mulai dari mineral, tambang, minyak bumi, sinar matahari, tanah, kendaraan, air, dan sebagainya.

  1. Mengoptimalkan Daya Pikir

Tujuan selanjutnya adalah agar manusia dapat mengoptimalkan daya pikirnya. Pemanfaatan sumber daya sulit dilakukan jika tidak menggunakan kemampuan akal serta rasionalitas manusia.

Lebih lanjut, setelah sumber daya dimanfaatkan secara optimal, diperlukan pendayagunaan akal sehat pada level lebih tinggi. Misalnya, untuk menghasilkan keuntungan maksimal, diperlukan strategi yang harus direncanakan secara matang.

Daya imajinasi dan juga kreativitas juga memiliki peran penting untuk mewujudkan economic activities yang lebih berkualitas. Dengan demikian, salah satu tujuan economic activity adalah mengoptimalkan daya pikir sehingga roda perekonomian terus berputar.

  1. Penerimaan Sosial

Berbagai jenis kegiatan ekonomi dilakukan tidak hanya untuk memperoleh finansial yang sehat. Di sisi lain, aktivitas tersebut juga memiliki tujuan sosial. Setiap orang tentunya ingin mendapat penerimaan yang baik di tengah komunitasnya.

Dengan melakukan aktivitas perekonomian yang bersesuaian nilai serta norma setempat, seseorang akan diterima dengan baik oleh komunitasnya. Sebaliknya, apabila aktivitas yang dilakukan tidak sesuai dengan nilai dan norma, maka komunitasnya akan menolak.

RECOMMEND :  450++ Ide Nama Toko Bunga Bagus dan Modern buat Usaha

Jenis Kegiatan Ekonomi dan Faktor yang Mempengaruhinya

Pada kehidupan sehari-hari, secara umum terdapat tiga jenis economic activities, antara lain konsumsi, distribusi, dan produksi. Berikut ini akan kami jelaskan masing-masing definisi beserta faktor yang mempengaruhinya.

1. Aktivitas Konsumsi

Jenis kegiatan ekonomi yang pertama adalah konsumsi, definisinya yaitu aktivitas dimana manusia menggunakan, memakai, membeli barang ataupun layanan (jasa) untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pelaku kegiatan konsumsi atau yang disebut konsumen biasanya memakai barang atau jasa secara berulang-ulang meskipun frekuensi pengulangannya berbeda. Misalnya, frekuensi konsumsi makanan tentu lebih sering dibanding frekuensi konsumsi properti.

Masing-masing orang memiliki kebutuhan yang belum tentu sama dengan lainnya. Itulah mengapa produk yang dibuat juga sangat beragam, baik itu dari segi jenis, harga, bahan baku, ukuran, dan lain-lain.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi jenis kegiatan ekonomi konsumsi sehingga berakibat adanya perbedaan aktivitas konsumsi antara satu konsumen dengan konsumen lainnya. Faktor-faktor tersebut antara lain:

2. Pendapatan

Pendapatan menjadi salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi kegiatan konsumsi masyarakat. Pendapatan tidak selalu berasal dari gaji bulanan, akan tetapi bisa dari keuntungan bisnis, investasi, sewa, honor bagi pekerja lepas, atau lainnya.

Jumlah pendapatan yang berbeda berdampak pada perbedaan konsumsi. Sebagai contoh, kebutuhan seorang direktur perusahaan dengan pendapatan lebih tinggi akan meningkat pula konsumsinya. Lain halnya dengan karyawan yang pendapatannya lebih rendah.

3. Kebiasaan (Behaviour)

Jenis kegiatan ekonomi konsumsi seseorang juga dipengaruhi oleh faktor kebiasaan. Kebiasaan sendiri dapat terbentuk oleh berbagai hal seperti lingkungan, gaya hidup, pekerjaan, atau lainnya.

4. Selera

Masing-masing individu memiliki selera yang berlainan antara satu dengan lainnya. Perbedaan selera bisa menjadi salah satu faktor yang melatarbelakangi perbedaan tingkat konsumsi tiap-tiap individu.

RECOMMEND :  950++ Ide Nama Boba Unik dan Lucu Buat Usaha 2021

5. Aktivitas Produksi

Produksi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu produk sehingga dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia, baik sebagai individu ataupun kelompok masyarakat.

Aktivitas produksi bisa dilakukan oleh produsen secara individual maupun kelompok (bisa berupa organisasi dan badan usaha). Pada praktiknya, produsen selalu berlaku pula sebagai konsumen karena mereka perlu memakai produk lain sebagai bahan baku.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi produksi antara lain:

  1. Sumber daya manusia alias tenaga kerja
  2. Sumber daya alam seperti air, tanah, gas, mineral, minyak bumi, dll
  3. Sumber daya modal
  4. Sumber daya pengusaha

6. Aktivitas Distribusi

Jenis kegiatan ekonomi distribusi adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka menyalurkan barang atau jasa dari produsen sampai ke konsumen tingkat akhir (end user). Distribusi meliputi aktivitas dagang, pengangkutan, pengiriman, penyimpanan.

Aktivitas distribusi sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain:

  1. Faktor pasar berkaitan dengan pola pembelian konsumen
  2. Faktor barang meliputi ukuran, kuantitas, sifat, hingga cara pengemasan
  3. Faktor perusahaan

Contoh Kegiatan Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat menjumpai contoh aktivitas ekonomi di berbagai tempat. Berikut ini adalah beberapa contoh economic activities berdasarkan jenisnya.

  1. Kegiatan Ekonomi Produksi

  1. Menanam buah-buahan dan sayur-sayuran
  2. Nelayanan mencari ikan
  3. Pelayanan di rumah sakit

 

  1. Kegiatan Ekonomi Distribusi

  1. Agen yang menjual pulsa
  2. Tukang sayur keliling
  3. Reseller pakaian

 

  1. Kegiatan Ekonomi Konsumsi

  1. Menggunakan jasa laundry
  2. Membeli e-book
  3. Membeli produk di supermarket

Aktivitas perekonomian sangat lekat kaitannya dengan keberlangsungan hidup manusia. Dengan mengetahui jenis kegiatan ekonomi dan faktor pengaruhnya, Anda dapat lebih bijak menjadi manusia sebagai makhluk ekonomi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *