√75+ Mengenal Keunikan Ogoh-ogoh Bali yang Menyeramkan

√75+ Mengenal Keunikan Ogoh-ogoh Bali yang Menyeramkan

Mengenal Keunikan Ogoh-ogoh Bali yang Menyeramkan
Mengenal Keunikan Ogoh-ogoh Bali yang Menyeramkan

Berbagai keunikan ogoh-ogoh bali tentunya belum banyak diketahui oleh masyarakat. Apalagi jika belum pernah mengunjungi pulau Dewata secara langsung. Terlebih kebanyakan hanya ditemui di Pulau Bali saja. Saat kita melihatnya, cenderung dilengkapi dengan tampilan yang menakutkan. Bahkan selalu membuat anak-anak berlari jika melihatnya. Termasuk bila kita perhatikan secara detail wajah beserta perawakan patung tersebut. Meski tergolong menakutkan, sebenarnya termasuk sebagai karya seni patung di Indonesia. Tidak heran perli dilestarikan karena tergolong kebudayaan asli. Patung ini menggambarkan langsung kepribadian Bhuta Kala.

Biasanya bagi Anda yang mengunjungi Bali saat hari raya Nyepi, sangat mudah menemukannya. Terlebih karena dipakai sebagai arakan di jalanan. Selain sebagai seni dan budaya, ternyata mengandung nilai atau pesan. Selain itu ternyata banyak keunikan yang terdapat pada patung raksasa menakutkan tersebut. Pastinya penting kita ketahui demi mengetahui sejarah dan fungsinya. Termasuk apa nilai penting bagi agama dan kebudayaan setempat.

Sejarah Keunikan Ogoh-ogoh Bali Paling Unik

Kalau kita membicarakan sejarah mengenai patung raksasa ini, ternyata sudah cukup panjang. Setidaknya diberlakukan pada ritual hari raya nyepi. Tidak lain pada tahun 1983 yang perwujudannya dibuat pada masa tersebut. Ternyata keunikan ogoh-ogoh bali semakin terlihat saat nyepi dijadikan sebagai hari lubur nasional. Tidak heran jika setelah itu selalu dibuat waktu hari raya datang. Apalagi semakin meluas dengan antusias rakyat. Sebenarnya bisa semakin populer setidaknya waktu terdapat Pesta Kesenian Bali XII. Pada masa tersebut ditunjukan dan dianggap menarik bagi penonton. Tidak heran jika kemudian sangat disenangi untuk dibuat dan ditampilkan.

Penggambaran disini sebenarnya memang sangat detail dengan Bhuta Kala. Tidak lain tergolong ada dalam ajaran Hindu Dharma dengan arti berbeda. Khusus Bhu adalah kekuatan sedangkan Kala diartikan sebagai Kala. Tentu saja kekuatan disini digambarkan sebagai besarnya alam semesta. Lalu waktu dapat diartikan sebagai tidak terukur maupun terbantahkan oleh manusia. Kebanyakan saat kita melihatnya mungkin gambaran makhluk neraka. Tidak heran keunikan ogoh-ogoh bali terlihat pada bentuk makhluk menyeramkan. Jadi, wajar saja kalau mirip seperti raksasa dengan taring dan tubuh besar. Tentunya mirip seperti yang dijelaskan pada bentuk Butho.

RECOMMEND :  9 Ide Outfit ke Pantai Simpel dan Instagramable

Sebenarnya meskipun lebih terkenal dengan gambar raksasa, banyak jenis bentuk lainnya dibuat. Hal ini sesuai ketentuan Mayapada, Surga dan Neraka. Tidak jarang juga menemukan tokoh terkenal dibuat sebagai patung. Baik pemimpin negara, artis terkenal, tokoh agama atau pesepakbola bisa dibuat. Tentu masih menyesuaikan dengan kreativitas para pembuatnya. Termasuk kebutuhan serta momen tren yang disenangi masyarakat.

Asal Muasal Patung Untuk kebudayaan Bali

Kegunaan patung ini tentunya sangat besar karena dapat menjadi bentuk kreativitas masyarakat. Apalagi nantinya dijadikan sebagai pertunjukan keliling di jalanan. Termasuk supaya semua orang yang melihatnya menjadi berani melihatnya.

  1. Kreativitas

Kreativitas pastinya dapat menjadi manfaat terbesar bagi keunikan ogoh-ogoh bali. Tentu Bali memiliki banyak wilayah serta golongan masyarakat. Mereka semua tertarik saling membuat patung dengan tampilan paling menarik. Setiap warga masyarakat tidak ingin kalau patung buatannya kalah. Tidak heran berusaha semaksimal mungkin supaya buatannya dianggap paling bagus. Bahkan menggunakan bahan berkualitas tinggi dengan ukuran yang besar.

Selain itu tidak menutup kemungkinan membuat desain lebih realistis. Terutama supaya penampilan menjadi semakin gahar dibandingkan milik daerah lain. Kebanggaan telah menjadi salah satu dasar kenapa semakin bagus.

  1. Pertunjukan Penting

Patung besar ini seringkali digunakan sebagai pertunjukan penting bagi masyarakat. Tepatnya menyambut hari raya nyepi bagi orang Hindu. Tentunya yang hidup serta besar di pulau Dewata sebagai penganut agama Hindu. Nantinya sepanjang desa akan melakukan proses pengarakan yang cukup meriah. Terutama banyak jenis pengawalan dilakukan ditambah dengan musik atau seni. Termasuk tambahan kebudayaan Bali yang khas dengan pertunjukan tersebut.

  1. Bentuk Keberanian

Selain itu keunikan ogoh-ogoh bali juga sebagai bentuk keberanian penganut hindu. Terlebih supaya berani menghadapi makhluk menakutkan meskipun neraka. Apalagi akan dikalahkan meskipun kita hanya seorang manusia biasa. Ditambah karena bisa berupa tokoh menarik, artinya dapat menunjukkan kritik juga. Tidak lain jika berikan pada tokoh yang dianggap punya kekurangan. Kegunaan patung tersebut kemungkinan akan lebih bermanfaat lagi.

RECOMMEND :  √257+ Gambar Buket Bunga Cantik dan Elegan

Pembuatan dan Pawai  Pada Acara Keagamaan Bali

Salah satu keunikan ogoh-ogoh bali memang terdapat dalam bentuk pembuatan. Sebenarnya pada akhirnya, patung tersebut tidak untuk koleksi. Bukan juga sebagai pertunjukan lagi melainkan akan dibakar sampai habis. Inilah yang menyebabkan pada proses pembuatan harus dilakukan dengan menawan. Terutama dalam bentuk spektakuler serta tampilan cukup unik. Tidak menutup kemungkinan keluar uang banyak pada proses pembuatan patungnya.

Demi membuat patung paling unik, tidak menutup kemungkinan butuh waktu cukup lama. Bukan hanya berhari-hari melainkan sampai beberapa bukan. Tidak lain supaya makna yang diserap di dalamnya dapat dirasakan warga. Karena keunikan ogoh-ogoh bali terlihat pada penampilannya, membuat kita paham pembuatnya tidak main-main. Melainkan mau mengeluarkan uang dan usaha besar. Terutama supaya dapat membuat seni yang menarik perhatian.

Alasan tersebut yang membuat banyak wisatawan kemudian tertarik menonton langsung. Tapi bagi yang tertarik melihat langsung, waktunya harus tepat. Apalagi tidak setiap hari dilangsungkan pawai atau pertunjukan patung. Hal ini telah menjadi salah satu keunikan ogoh-ogoh bali paling besar. Umumnya selalu dilakukan sehari sebelum nyepi dilakukan penganut hindu. Selain itu waktunya juga harus khusus tidak boleh sembarangan pawai. Warga masyarakat nantinya hanya diperbolehkan melakukan pawai pada masa sandikala. Setidaknya sekitar jam 6 sampai 7 malam. Masa tersebut paling tepat karena dianggap angker karena makhluk menyeramkan berkeliaran.

Pentingnya Menjaga Kelestarian Patung Unik Bali

Meski keunikan ogoh-ogoh bali dianggap sangat menawan, sebenarnya tidak menutup kemungkinan terdapat masalah. Hal ini disebabkan karena sebagian masyarakat kurang senang. Apalagi jika tidak sebanding dengan kepercayaan. Tidak heran jika kemudian banyak dijadikan sebagai permasalahan baru. Padahal sebenarnya termasuk kebudayaan yang harus selalu kita lestarikan. Terutama karena dulunya sudah dimasukkan sebagai seni oleh pemerintah. Meskipun berasal dari kebudayaan orang Hindu, bukan berarti harus dihilangkan. Apalagi jika didasari Indonesia memiliki lebih banyak muslim. Persatuan perlu dijadikan sebagai isu yang penting pada budayanya.

RECOMMEND :  √7 Sifat dan Karakteristik Rotan untuk Kerajinan

Inilah yang membuat keunikan ogoh-ogoh bali diharapkan menjadi pembuka mata masyarakat seluruh nusantara. Terlebih orang dari agama lain di Bali merasa biasa. Bahkan senang apabila terdapat pawai patung dilakukan. Tidak menutup kemungkinan juga akan berguna supaya pariwisata semakin maju. Terlebih karena khas sehingga hanya dapat kita temukan di Pulau Dewata. Pastinya banyak wisatawan domestik dan asing tertarik melihatnya. Termasuk pentingnya bagi penjual serta jasa pembuatan patung di Bali. Mereka dapat meraih pendapatan disebabkan penjualan dari bahan baku. Begitu juga yang meminta untuk dibuatkan sehingga menambah penghasilan. Melihat beragam sisi unik tersebut, membuat banyak orang sengaja berlibur ke Bali demi melihatnya. Termasuk sekalian ingin merasakan seperti apa hari raya nyepi. Begitu juga beragam pesan dan makna acaranya.

Jadi, disini kita tidak hanya senang karena melihat patung raksasa menyeramkan saja. Tapi sekaligus ikut merayakan hari besar bagi sebagian besar masyarakat. Inilah penyebab keunikan ogoh-ogoh bali cukup menakjubkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *