√75+ Lukisan Termahal Indonesia Paling Membanggakan

√75+ Lukisan Termahal Indonesia Paling Membanggakan

Lukisan Termahal Indonesia Paling Membanggakan
Lukisan Termahal Indonesia Paling Membanggakan

Daftar lukisan termahal Indonesia mungkin belum terlalu diketahui dengan jelas masyarakat. Apalagi karya seni tersebut lebih terkenal berasal dari eropa. Tentu kebanyakan paling dikenal adalah dari karya pelukis barat. Tapi sebenarnya negara kita tidak kalah dalam memproduksi banyak pelukis berbakat. Buktinya mereka mampu memproduksi karya begitu menakjubkan. Bahkan memperoleh apresiasi besar sehingga penjualannya bernilai besar. Pastinya mampu membuka mata kalau orang nusantara tidak kalah dari segi bakat. Mereka bisa menggambar lukisan dengan tema dan isi bagus. Tentunya pantas apabila dihargai dengan nilai mencapai miliaran rupiah.

Semua lukisan paling mahal dari Indonesia bisa dibilang berasal dari seniman besar. Meski begitu sayangnya kurang terkenal bagi orang awam. Pecinta karya seni mungkin lebih paham dan detail mengenai mereka. Dalam daftar disini, ada beberapa karya dengan judul cukup menarik. Pastinya sudah pernah terjual dengan nilai cukup fantastis bagi karya lokal. Apalagi diberikan gelar serta perawatan cukup besar.

Karya Lukisan Termahal Indonesia Bernilai Tertinggi

Jangan salah menganggap kalau karya seni dari orang Indonesia nilainya rendah. Melainkan dapat diberikan banderol luar biasa pada suatu pameran. Tidak jarang juga banyak kolektor asing mencoba mendapatkan lukisannya.

  1. Benteng Hunt

Benteng Hunt tergolong sebagai lukisan termahal Indonesia dalam daftar pertama. Wajar saja karena karya buatan Raden Saleh ini dihargai senilai 150 miliar rupiah. Tentu harga tersebut sudah tergolong luar biasa. Apalagi banderol tersebut sudah termasuk perhitungan premi beserta pajak. Tidak lain diberlakukan oleh pemerintah Prancis langsung. Inilah rekor penjualan terbesar dan terbaik bagi seniman lokal sampai sekarang.

Ada kemungkinan bila melihat di masa depan, Benteng Hunt lebih tinggi nilainya. Terlebih banyak dikenal kolektor dengan isi luar biasa. Termasuk tampilan dan kualitas karya dari Raden Salah tersebut.

  1. Pasukan Kita yang Dipimpin Pangeran Diponegoro

Pasukan Kita yang Dipimpin Pangeran Diponegoro memang memiliki nama panjang seperti sejarahnya. Dibuat oleh S Sudjono dan bernilai 85,7 miliar rupiah. Tepatnya setelah melewati lelang dalam Sotheby’s Hongkong. Sebenarnya pada awalnya karya berjudul Pasukan Kita yang Dipimpin Pangeran Diponegoro ini hanya dinilai 1/3 nya. Tetapi lelang membuktikan kemampuan dalam penjualan. Apalagi adanya perebutan yang dilakukan para kolektor.

  1. View of Mount Megamendung

Mungkin lukisan termahal Indonesia berjudul A View of Mount Megamendung banyak yang tahu. Terutama karena penampilannya yang cukup ikonik. Ternyata seni yang dibuat juga oleh Raden Saleh ini berharga besar. Apalagi dalam pembelian terakhir di Prancis, mampu di banderol 36 miliar rupiah. Tepatnya dibeli oleh kolektor besar yang berasal dari Inggris. Tentunya wajar karena A View of Mount Megamendung keren.

RECOMMEND :  Cara Membuat Mainan dengan Bahan Alami: Inspirasi Berkelanjutan

Lukisan Paling Mahal Seniman Lokal Tema Kehidupan

Kehidupan di negara kita cenderung bervariasi dan unik pada setiap daerah. Tidak heran sering dijadikan sebagai tema dalam seni yang cukup menarik. Bahkan terjual tinggi disebabkan indahnya gambaran di dalamnya.

  1. Balinese Procession

Balinese Procession tergolong sebagai lukisan termahal Indonesia dengan kepopuleran tinggi. Apalagi dibuat oleh seniman terkenal sekelas Lee Man Fong. Terlebih dia sebelumnya pernah menjadi pelukis Istana zaman Soekarno. Tidak heran karya yang sering disebut sebagai Prosesi Warga Bali nilainya tidak kecil. Bahkan terjual dengan nilai 34 miliar sehingga luar biasa. Apalagi karena mendapat perhatian yang terbilang cukup besar.

Karya berjudul Balinese Procession ini berhasil dinilai tinggi karena isinya. Terlebih kebudayaan dan kehidupan rakyat Bali cukup disukai. Tidak heran jika kemudian Balinese Procession akan semakin bagus harganya.

  1. Kehidupan Desa Indonesia

Kehidupan Desa Indonesia adalah karya Sudjana Kerton yang terjual di Hongkong. Ternyata mampu terjual senilai 15 miliar rupiah. Tentunya cukup mengejutkan melihat estimasi awal dari balai lelang Sothebys. Bahkan ternyata nilai tersebut 4 kali lipat sehingga menguntungkan. Tidak heran jika kemudian masuk sebagai penjualan termahal saat Musim Gugur Seni. Apresiasi terhadap Kehidupan Desa Indonesia dari awal memang bagus.

  1. The Man From Bantul

Sebenarnya lukisan termahal Indonesia berjudul The Man From Bantul dibuat oleh orang Bali. Tepatnya seniman bernama I Nyoman Masriadi. Penjualan dilakukan di Hongkong melalui pelelangan yang cukup ketat. Tidak lain disebabkan karena ada kolektor merebutkan karya tersebut. Tapi akhirnya berhasil terjual dengan harga 10 miliar sehingga tergolong besar. Wajar jika melihat nilai dan sejarah The Man From Bantul.

Beragam Karya Lukisan Keren dan Berharga

Karya lukisan termahal Indonesia dan berharga selanjutnya disini yakni Bathing in The Shower. Senimannya tidak lain adalah Hendra Gunawan. Pelelangan awal dilakukan di Hongkong dan berhasil memperoleh 18 miliar. Padahal lelang sebelumnya hanya mampu terjual 30 kali lebih sedikit. Tidak heran bisa mengeluarkan rekor tertinggi bagi seniman asia tenggara. Wajar terjual tinggi karena sebelumnya banyak diburu kolektor internasional. Lalu ada juga The Ruins and The Piano sebagai lukisan termahal Indonesia lainnya. Dibuat S Sudjojono dengan pandangan kental di dalamnya. Tidak lain berkaitan dengan politik serta hukum sosial.

RECOMMEND :  Create Mainan Edukatif Sendiri: Panduan Lengkap untuk Orang Tua

Kita dapat melihat adanya piano teronggok sebagai gambaran keruntuhan setelah bencana menerjang. The Ruins and The Piano juga menjadi gambaran tentang eksperimen. Termasuk demonstrasi prinsip dan estetika. Selanjutnya terdapat La Pergola yang sebenarnya menjadi pencapaian visual Le Mayeur. Jadi, tidak heran kalau terdapat banyak motif menarik. Mulai dari perempuan, bunga sampai pencahayaan sinar matahari yang besar. Sebagai lukisan termahal Indonesia, La Pergola termasuk berkelas karena bernilai 12 miliar rupiah. Setidaknya harga tersebut diberlakukan pada tahun 2017. Kalau terjual sekarang, ada kemungkinan lebih besar.

Kita juga dapat menemukan The Fish Seller dari Hendra Gunawan yang menjadi gambaran gaya figuratif. Apalagi tambahan warna cerah di dalamnya. Pada pelelangan, The Fish Seller berhasil dijual 9 miliar.

Lukisan Seniman Indonesia Bernilai Miliaran Rupiah

Karya lain dari Lee Man Fong yang menarik adalah The Eagle. Terbukti karena berhasil masuk sebagai salah satu lukisan termahal Indonesia. Setidaknya berhasil dinilai 7 miliar pada penjualan di Belanda. Sebenarnya Lee Man Fong memang sangat menyukai hewan sehingga dijadikan sebagai objek lukis. Karya ini menggambarkan pahlawan yang berjuang sendiri. Suatu seni yang dinilai cukup simbolis di negara kita. Selanjutnya terdapat The Lotus Pound yang dibuat Adrien-Jean Le Mayeur de Mepres. Dia pernah ke Bali dan bertemu dengan penari Legong. Awalnya menjadi model lukis yang kemudian berubah sebagai istri. Bisa masuk sebagai lukisan termahal Indonesia karena pelelangan menghasilkan hampir 7 miliar. Wajar kalau melihat sejarahnya yang cukup indah. Termasuk kehidupan masa lampau dan percintaan senimannya.

Terakhir, ada juga karya dengan judul Berburu Celeng dari Djoko Pekik. Sama seperti judulnya, di dalamnya berisi mengenai masyarakat yang berhasil menangkap celeng raksasa. Tentu terdapat beberapa misteri tersembunyi. Hal ini disebabkan banyak tokoh dilengkapi dengan tampilan cukup menakutkan. Termasuk dengan gaya serta pakaian yang berbeda-beda jenisnya. Dalam pelelangan, Berburu Celeng berhasil dijual 1 miliar rupiah. Melihat nilai jualnya yang begitu besar, diharapkan membuat seni lukis nusantara bisa berkembang kembali. Apalagi dengan perkembangan zaman yang lebih besar. Harus bisa mengalahkan seniman lain dari luar negeri. Terlebih jika melihat setiap karya yang dibuat ternyata tidak kalah menawan. Termasuk cukup membanggakan apabila bisa disukai masyarakat internasional. Tidak menutup kemungkinan terdapat lukisan termahal Indonesia baru.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *