√ 25 Kurangi Tagihan Pajak Bisnis dengan Cara yang Sering Dilupakan

Kurangi Tagihan Pajak Bisnis dengan Cara yang Sering Dilupakan

 Kurangi Tagihan Pajak Bisnis dengan Cara yang Sering Dilupakan
Kurangi Tagihan Pajak Bisnis dengan Cara yang Sering Dilupakan

tips cara mengurangi pajak, Tagihan pajak bisnis pasti menjadi salah satu yang membuat hari menjadi bad mood. Kami sudah merasakan hal yang sama dan menjadi salah satu faktor yang membuat bisnis untuk berkembang. Tetapi kali ini, kami memiliki cara untuk mengakali tagihan pajak tersebut. Sebagai salah satu pemilik bisnis dari jutaan pebisnis yang ada, Anda akan menjadi kontributor dalam menambah kas negara. Anda akan menyerahkan sejumlah persen dari keuntungan dari bisnis untuk negara atau pemerintah. Dan itu juga yang kami sebut dengan pajak bisnis.

Tips cara mengurangi pajak, Ini juga bukan sesuatu yang bisa dihindari karena merupakan salah satu syarat untuk nyatakan kelegalan dari bisnis yang dijalankan. Lebih jauh lagi, ada alasan finansial dalam proses biaya tersebut. Anda wajib tahu setidaknya apa saja yang perlu dibayar sebagai pemilik bisnis. Besarannya tidak pasti, ada dasar perhitungan dan memang sulit untuk menghitungnya jika hanya orang awam. Tetapi yang semua kita tahu adalah momen pembayaran ini adalah yang paling sulit. Tetapi kini, kami sudah memiliki cara mengatasi agar tidak memberatkan.

tips cara mengurangi pajak, Jenis Tagihan Pajak Bisnis Indonesia

pajak bisnis
pajak bisnis

Yang pertama akan kami bahas adalah soal apa saja jenis pajak yang pebisnis wajib bayar. Ini bisa per periode waktu bulanan atau bahkan tahunan. Beberapa jenis ini memang khusus bagi pebisnis dan jumlahnya tidak akan menentu, dihitung berdasarkan jumlah pendapatan. Maka dari itu, nanti kami akan memberikan cara agar tidak keberatan lagi untuk membayar seluruh tagihan pajak bisnis yang diberikan karena jumlahnya lebih masuk akal. Tetapi semua perhitungan pajak ini sudah tertera. Dan jenis pajak yang wajib dibayarkan antara lain:

  1. Pajak Penghasilan (PPh)

Yang pertama dan paling umum adalah Pajak Penghasilan atau PPh. Setiap orang atau instansi wajib membayar ini karena sudah dijelaskan dalam pasal 15 dan pasal 21 UU tentang perpajakan. Bahkan pebisnis online juga wajib membayar PPh ini.

  1. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

Selain PPh, ada juga PPN atau pajak pertambahan nilai. PPN ini sifatnya adalah wajib ketika melakukan transaksi, biasanya besaran PPN ini adalah 10% dari total transaksi. Jadi, ketika Anda beli barang untuk bisnis, ini masuk ke tagihan pajak bisnis Anda.

  1. Pajak Bumi dan Bangunan

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Pajak bumi dan bangunan atau yang sering disebut dengan PBB. Pembayaran ini termasuk ke dalam kantor tempat usaha, kendaraan operasional, dan aset lainnya. Nanti akan masuk ke jenis pajak daerah.

  1. Pajak Penjualan atas Barang Mewah

Jenis tagihan pajak bisnis selanjutnya adalah pajak penjualan barang mewah. Bagi pebisnis yang menjual barang seperti mobil, perhiasan, atau properti sangat wajib membayar tagihan ini. Sudah diatur dalam UU No. 43 tahun 2009 juga.

  1. Pajak Daerah

Pajak daerah juga bukan hanya PBB. Tetapi setiap kali Anda melakukan pembayaran perpanjangan kendaraan bermotor, tempat hiburan, atau parkir, itu masuk juga ke dalam pajak daerah. Dan ini sudah tidak bisa dihindari karena sifatnya umum.

RECOMMEND :  √37+ Memulai Usaha di Era Digital, Perhatikan 5 Hal Ini

Apa Saja yang Harus Ditulis di Laporan Sebelum adanya Tagihan Pajak Bisnis?

pajak dalam bisnis
pajak dalam bisnis

Anda sudah tahu ada 5 pajak yang sudah menanti bisnis dan sudah kebayang berapa total yang harus dibayarkan? Jika tidak ingin besaran tagihan seperti yang dibayangkan, maka sejak awal atur dulu penulisan laporan. Umumnya pihak perpajakan akan meminta laporan.

Yang perlu Anda tuliskan agar tagihan pajak bisnis lebih masuk akal nantinya adalah soal total aset, modal membangun bisnis, hingga pembelian barang setengah jadi. Jangan Anda tulis hal tidak vital seperti asuransi kesehatan karena itu akan membuat tagihan pajak lebih besar.

tips cara mengurangi Pajak Bisnis yang Legal

tips diskon pajak
tips diskon pajak

tips cara mengurangi pajak, Tetapi itu bukan hanya soal penulisan karena masih ada tips lain untuk mengurangi tagihan pajak ini dengan legal. Anda bisa mengikuti tips dari kami agar bisa mendapat pengurangan hingga 20% atau bahkan lebih dari pembayaran pajak di tahun atau bulan sebelumnya.

Anda tidak perlu lagi membayar nominal yang sangat besar dan lebih baik sisanya digunakan untuk keperluan bisnis. Tetapi tidak boleh memanipulasi, dan kami hanya akan memberikan tips mengurangi tagihan pajak bisnis yang legal saja. Beberapa tips dari kami adalah:

  1. tips cara mengurangi pajak Buat Batasan Kapitalisasi

Pengeluaran bisnis jangan terlalu besar dan sedari awal akan lebih baik jika sudah mengatur batasan kapitalisasinya. Misalnya pembayaran untuk aset non-vital. Dengan kapitalisasi bisnis yang lebih rendah, maka total tagihan pajak juga lebih rendah.

  1. tips cara mengurangi pajak, Lakukan Pembayaran Aset Secepatnya

Jangan pernah berhutang karen ini akan ada beberapa persen yang akan masuk ke tagihan pajak bisnis. Maka dari itu, seluruh aset yang diperlukan harus dilunasi saat itu juga untuk menghindari nilai depresiasi. Ingat, hutang juga ada pajaknya.

  1. Jangan Tulis Barang yang diberi di Laporan Pajak

Aset yang dimiliki untuk masuk ke laporan pajak hanyalah yang Anda beli dari hasil bisnis. Jika orang lain yang memberi suatu aset, itu tidak masuk ke laporan pajak diri Anda. Tetapi hal seperti ini lebih baik jika ditanyakan ke pihak pajak per daerah.

  1. Kurangi Ongkos Perjalanan Bisnis

Tahukah Anda kalau ternyata perjalanan bisnis juga akan masuk ke dalam laporan dan tagihan pajak bisnis? Benar saja, masih saja banyak yang tidak tahu. Ini akan masuk ke dalam PPN, pembayaran 10% dari setiap transaksi, meskipun keperluan bisnis.

  1. Rencanakan Pengeluaran Besar Bisnis Anda

Jika akan ada pengeluaran besar untuk bisnis, kami sarankan untuk Anda rencanakan itu dulu. Jangan lakukan transaksi besar tanpa rencana. Anda bisa menggunakan sistem cicilan agar pengeluaran tidak terlalu besar dan tagihan pajak juga tereduksi.

  1. tips cara mengurangi pajak Kurangi Langganan Asuransi Kesehatan

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya. Asuransi memang penting, tetapi jangan Anda masukkan ke laporan pajak karena itu akan terhitung sebagai aset pribadi yang penting. Hasilnya, tagihan pajak bisnis semakin membengkak dan semkain sulit.

  1. Kurangi Rapat di Waktu Makan Siang

Pembelian makan akan terkena pajak, dan ketika rapat di waktu makan siang, pemilik bisnis pasti akan melayaninya dengan membeli makanan. Jika ingin tagihan pajak PPN lebih sedikit, maka bisa kurangi rapat di waktu yang dekat dengan makan siang. tips cara mengurangi pajak

RECOMMEND :  √37+ 4 Sumber Pendanaan UMKM dan Cara Mendapatkannya

Apakah Donasi Akan Membantu Mengurangi Tagihan Pajak Bisnis?

tips mengurangi pajak
tips mengurangi pajak

Donasi juga bisa menjadi salah satu ide yang masuk akal untuk mengurangi tagihan pajak. Ini adalah salah satu cara agar jumlah aset tidak terlihat terlalu banyak, tetapi dengan donasi juga bisa membuat kekayaan Anda bertambah. Ini adalah sesuatu yang masuk akal.

Misalnya setiap bulan Anda menyalurkan donasi sebesar 5 juta. Maka jika PPN saja itu bisa terkurangi hingga 500 ribu, belum lagi tagihan pajak yang lain. Maka dari itu, donasi akan menjadi jawaban mudah untuk yang sedang mencari cara reduksi pajak secara legal.

Pajak adalah salah satu hal yang wajib dan bahkan tidak bisa kita hindari lagi untuk bisnis. Ini adalah sebuah syarat agar bisnis dapat dinyatakan legal untuk beroperasi. Tetapi tagihan pajak bisnis harus dibayar tepat waktu agar legalisasi itu tetap akan bertahan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *