√37+ Bersiaplah, IPO Saham GoTo Akan Segera Dimulai

√37+ Bersiaplah, IPO Saham GoTo Akan Segera Dimulai

Bersiaplah, IPO Saham GoTo Akan Segera Dimulai
Bersiaplah, IPO Saham GoTo Akan Segera Dimulai

Yang ditunggu-tunggu, IPO saham GoTo dari dua perusahaan besar, Gojek dan Tokopedia akan segera dimulai pada Maret tahun ini. Kerjasama menjanjikan antara Gojek dan Tokopedia menargetkan dana sebesar Rp 15,2 triliun dan Rp2,3 triliun dari Greenshoe.

Menjelang initial public offering atau penawaran umum perdana, GoTo menawarkan sebanyak 48 unit seri A. Setelah selesai penawaran, Gojek dan Tokopedia membuka tambahan menjadi 52 unit. Kira-kira seperti apa peluang dari dua platform ini?

e-IPO Dari Tanggal 15-21 Maret 2022

Catat tanggalnya, pembelian IPO saham GoTo sudah bisa dilakukan semenjak 15 Maret 2022 oleh siapapun yang berminat. Penawaran kepada publik adalah sebuah pertanda bahwa perusahaan siap menjadi perusahaan publik atau memiliki status tbk pada penamaannya. Bagi para investor yang tertarik membeli, saat ini Tokopedia dan Gojek yang bermerger dalam satu perusahaan sedang dalam tahapan awal penawaran block. Dari tanggal 15 sampai 21 Maret 2022, merupakan tahapan penawaran atau book building.

Untuk penawaran awal ini, harga yang diberikan mulai dari Rp316 sampai dengan Rp346 per lembar. Anda bisa melakukan pemesanan dari mulai kisaran tersebut hingga jutaan rupiah untuk menjadi salah satu dari pemilik dua gabungan platform digital besar Indonesia ini. Dua startup besar Indonesia, decacorn dan unicorn sedang menjalin kerjasama untuk memperbesar skala bisnis di dunia digital. Sebelum IPO saham GoTo dipublikasikan, layanan pembayaran Tokopedia telah beralih dari kerjasama dengan Ovo ke Go Pay dan Go pay Later.

Berpartisipasi dari Apk Stockbit

Ingin menjadi bagian dari pemilik blok mergernya Tokopedia dan Gojek? Tentu saja Anda bisa melakukannya melalui aplikasi Stockbit. Stockbit memiliki fitur e-IPO yang berada langsung di bawah naungan pemerintah. Tidak perlu app ketiga untuk memanfaatkannya. Anda bisa melakukan pemesanan secara digital setelah terlebih dahulu membuat akun dan membuka rekening RDN. Registrasi akun dapat dilakukan dengan mengisi formulir, mengisi kata kunci, dan scan wajah serta scan KTP secara jelas.

RECOMMEND :  √37+ Tips Memilih Nama Bisnis Untuk Pebisnis Muda dan Perempuan

Verifikasi akun untuk bisa berpartisipasi dalam IPO saham GoTo berlangsung selama 24 jam paling lama. Jika semua persyaratan telah terpenuhi maka selanjutnya bisa melakukan langkah-langkah pemesanan seperti berikut:

  1. Klik tanda garis tiga pada bagian kiri atas hingga menunjukkan berbagai pilihan di bawahnya
  2. Klik menu e-IPO
  3. Pilih GoTo
  4. Masukkan jumlah lot yang ingin dipesan kemudian juga isi harga per lembarnya
  5. Konfirmasi pesanan
  6. Selesai dipesan

Kurang lebih prosesnya hanya memakan waktu lima menit. Setelah itu Anda dapat memantau pemesanan tadi cukup melalui aplikasi saja. Karena sekarang sudah dimulai penawarannya maka Stockbit akan segera memproses pemesanan Anda melalui apk. Dengan uang di bawah Rp50.000, Anda bisa ikut berpartisipasi dalam IPO saham GoTo dan memantau pergerakan kedua perusahaan besar tersebut seperti apa.

Merchant, Mitra, Driver, dan Karyawan Dapat Jatah Khusus

Kabar mengejutkan dari CEO GoTo, Andre Soelistyo menerangkan bahwa ada penawaran khusus untuk mitra, driver, dan juga pelanggan Gojek. Hak spesial tersebut tidak begitu saja diberikan, Andre menyebutkan empat syarat penting, diantaranya:

  1. Driver yang berhak mendapatkan efek adalah yang berperan aktif, rajin, dan memiliki dedikasi tinggi terhadap pekerjaannya selama ini. Nantinya penawaran yang diberikan berupa saham atau uang tunai.
  2. Untuk para mitra di Tokopedia maupun Gojek, harus berstatus sebagai anggota aktif. Merchant Tokopedia maupun mitra Gojek bisa melakukan IPO saham GoTo dalam alokasi pasti.
  3. Untuk konsumen, penawaran istimewa tersebut diperkenankan kepada pelanggan dengan status loyalty pada GoClub dan Toko Rewards dari masing-masing platform.
  4. Hak istimewa diberikan kepada seluruh karyawan tetap perusahaan untuk menjadi bagian dari investasi jangka panjang kedua perusahaan besar yang telah bermerger ini.
RECOMMEND :  √37+ Biaya Tersembunyi Bisnis yang Anda Perlu Antisipasi

Andre memastikan bahwa kegiatan penawaran kepada publik ini sudah melalui serangkaian perizinan dari OJK. Untuk memprediksi seperti apa prospek efek kedua perusahaan yang sudah menjadi satu ini, Anda memerlukan riset secara mendalam.

Apa Itu yan Dimaksud IPO?

Sudah banyak memberikan gambaran terkait penawaran awal dari Gojek dan Tokopedia, ada baiknya kami membawa Anda lebih mengenal apa itu initial offering public. Jadi, IPO saham GoTo adalah salah satu contoh dari berbagai jenis penawaran serupa lainnya. Initial offering public secara umum adalah momen dimana sebuah perusahaan atau emiten menawarkan efek dalam bentuk saham kepada masyarakat secara luas. Penawaran kepada publik biasa dilakukan pada saat pertama kali perusahaan melantai di Bursa Efek Indonesia.

Dengan adanya penawaran tersebut menjadi sebuah pertanda bahwa perusahaan swasta siap berubah kepemilikan menjadi perusahaan publik atau beralih menjadi Tbk. Ada istilah lain untuk menyebutkan initial offering public, yakni go public karena perusahaan telah terpublikasi. initial public offering memiliki tujuan sebagai penambahan dana untuk operasional bisnis. Bukan perkara mudah meriah kepercayaan publik berpartisipasi dalam IPO saham GoTo karena bagian internal mereka butuh memberikan keyakinan kepada para investor.

Mekanisme Initial Public Offering

Informasi dan referensi untuk Anda yang saat ini sedang membangun bisnis dan ingin mengikuti jejak Tokopedia serta Gojek setelah bermerger. Mekanisme mengurus penawaran publik tidak mudah serta tidak singkat. Anda butuh melakukan berbagai tahapan selama kurang lebih 3 hingga 12 bulan untuk bisa melakukan initial public offering.

Terdapat berbagai hal yang harus dilalui, diantaranya:

  1. Mampu menunjukkan penjamin emisi efek atau disebut juga sebagai underwriter. Nantinya tugas ini berperan sebagai pembantu agar perusahaan bisa melaksanakan go public.
  2. Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan, diantaranya laporan keuangan beberapa tahun terakhir, profil perusahaan, rencana kerja perusahaan, opini hukum. Semuanya diajukan kepada BEI dan juga OJK.
  3. BEI akan mengkaji semua berkas persyaratan yang diajukan, melakukan kunjungan, dan meminta underwriter melakukan presentasi kenapa IPO saham GoTo perlu dikabulkan.
  4. Jika BEI menyetujui maka selanjutnya mengeluarkan Perjanjian Pendahuluan Pencatatan Saham.
  5. Perusahaan melengkapi dokumen pendukung serta pernyataan pendaftaran. Untuk dokumen pendukung, yakni prospektus. Ketika prospektus dari OJK sudah dikeluarkan maka emiten bisa melakukan penawaran awal atau bookbuilding.
  6. Penawaran umum mulai dilakukan, sekaligus melakukan pencatatan dan perdagangan di BEI.
  7. BEI mengumumkan pencatatan efek emiten, menyetujui, dan mengumumkan, serta memberikan kode untuk kepentingan perdagangan di BEI.
RECOMMEND :  500++ Ide Nama Depot Air Minum Isi Ulang Bagus Buat Usaha

Masa penawaran hanya bisa dilakukan dari 1 hingga 5 hari, sehingga jika ingin berpartisipasi dalam IPO saham GoTo maka waktu Anda hanya cukup sampai 21 Maret mendatang.

Akan Menjadi Sebesar Apa Kolaborasi Ini?

Gojek dan Tokopedia adalah dua perusahaan besar yang sama-sama bergerak di bidang digital dengan fokus berbeda. Gojek lebih fokus sebagai platform transportasi digital, sementara Tokopedia menaungi banyak merchant untuk memfasilitasi transaksi online. Yang menarik adalah ketika keduanya memutuskan kerjasama, banyak pihak merasa penasaran akan sebesar apa kedua startup ini ketika digabungkan. Terlebih, bidang keduanya saling mendukung, yakni Tokopedia sebagai penampung para penjual. Sementara Gojek sebagai pengantar atau perantara dari penjual kepada pembeli. Hal menarik lainnya adalah adanya Gopay Wallet yang kerap memberikan bonus Gopay Coins dari berbagai cashback di Tokopedia. Berbagai sisi menarik tersebut yang akhirnya bisa menjadi alasan Anda bergabung dalam IPO saham GoTo Maret ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *