Tips Belajar Coding PC dan Rekomendasi Aplikasi Terbaik

√37+ Tips Belajar Coding PC dan Rekomendasi Aplikasi Terbaik

Baca cepat

√37+ Tips Belajar Coding PC dan Rekomendasi Aplikasi Terbaik

 Tips Belajar Coding PC dan Rekomendasi Aplikasi Terbaik
Tips Belajar Coding PC dan Rekomendasi Aplikasi Terbaik

Teknologi yang semakin pesat, membuat belajar coding PC perlu mulai dilakukan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Apalagi keahlian ini bagus untuk menunjang karir karena banyak dicari oleh berbagai perusahaan dengan pendapatan menjanjikan Mempelajari mengenai bahasa pemograman ini sendiri tidak harus berlatar belakang pendidikan IT. Cukup banyak orang melakukannya secara otodidak menggunakan beberapa tips ampuh agar dapat menguasainya dalam waktu singkat.

Belajar coding PC sendiri memiliki cukup banyak manfaat selain sebagai penunjang karir. Sebab untuk dapat mahir dengan keterampilan ini, Anda membutuhkan kesabaran, keuletan, juga konsentrasi tinggi yang berpengaruh dengan kehidupan sehari-hari. Kabar baiknya, ada cukup banyak aplikasi tersedia untuk para pemula maupun yang sudah berpengalaman dalam dunia pemograman. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai dunia coding ini, berikut adalah ulasannya.

Pengertian dari Coding PC

Jika Anda belajar coding PC, artinya sedang melakukan langkah pemograman dengan menulis kode atau skrip dengan bahasa yang dipahami oleh komputer. Oleh sebab itu, penting untuk mengikuti aturan dari sintaks yang tergantung bahasa program yang digunakan. Bisa dikatakan, kegiatan ini adalah di mana seseorang memberitahu komputer untuk melakukan apa yang sudah diperintah. Kode merupakan bahasa yang membantu PC mengetahui perintah dan selanjutnya dioperasikan.

Belajar coding PC juga harus mengerti sintaks karena mesin komputer hanya akan menerima perintah melalui kode. Jika tidak sesuai dan ada kesalahan dalam memasukkan kode, maka perintah tidak akan bisa dijalankan. Jika masih bingung mengenai hal ini, maka Anda dapat melihat jendela website kemudian klik kanan. Ketika membuka sumber halaman, maka akan terdapat skrip dengan kumpulan kode. Skrip tersebut memberitahu mesin menampilkan halaman web tertentu.

Manfaat Belajar Coding PC

Ada banyak sekali manfaat belajar coding PC, bahkan meski hanya melakukannya untuk hobi saja. Keterampilan ini tidak akan sia-sia, apalagi berkembangnya teknologi menuntut setiap orang mengikuti perkembangan zaman dan paham berbagai perangkat modern. Manfaat pertama adalah melatih dan mengembangkan pola pikir sehingga mempermudah dalam memecahkan berbagai permasalahan secara logis. Sebab ketika menggeluti dunia IT ini, maka akan belajar memecahkan berbagai pola dan kode.

Baca Artikel Lainnya :  √15 Cara Mengatasi Kamera Gagal pada Samsung

Keuntungan selanjutnya berkenaan dengan jenjang karir baik dan pendapatan lebih besar karena banyak yang membutuhkan keterampilan ini. Bahkan jika pekerjaan tidak berhubungan dengan TI, maka bisa melamar pekerjaan lain seperti web developer. Bukan hanya mendapat penghasilan dari pekerjaan utama saja, belajar coding PC juga berpeluang mendapatkan uang tambahan. Anda dapat mencoba pekerjaan lepas di perusahaan yang memiliki kaitan dengan TI. Bukan hanya berpengaruh dengan karir dan pendapatan saja, Anda juga memiliki kesempatan untuk bersosialisasi dengan banyak orang di seluruh dunia. Sebab dengan mempelajarinya, Anda akan membutuhkan bantuan rekan atau mentor menyelesaikan masalah.

Tips Belajar Coding PC

Meskipun tidak memiliki pendidikan formal dengan jurusan TI, Anda masih tetap dapat belajar coding PC dengan cara otodidak. Ada beberapa tips mempelajari coding agar cepat menguasai keterampilan ini.

  1. Belajar Bahasa Inggris

Hal pertama yang harus dilakukan adalah paham bahasa Inggris, karena sebagian besar tutorial maupun dokumentasi mengenal tools & framework menggunakannya. Dengan mempelajari bahasa universal, maka mempelajari coding akan jauh lebih mudah.

Bukan hanya itu saja, pentingnya bahasa Inggris adalah ketika bekerja di sebagai seorang freelancer di di situs crowdsoursing. Ini menjadi langkah pertama yang perlu dilakukan menggunakan kursus maupun sendiri.

  1. Menguasai Konsep Dasar

Cara belajar coding PC selanjutnya adalah dengan menguasai konsep dasar terlebih dahulu. Jika telah memahaminya, maka akan lebih mudah mendapatkan jalan keluar ketika ada permasalahan spesifik tanpa merasa kebingungan.

  1. Membuat Jadwal Latihan

Mempelajari keahlian ini juga harus disertai ketekunan dan belajar secara rutin. Oleh sebab itulah penting untuk membuat jadwal latihan sendiri dan melakukannya agar kemampuan semakin lama semakin terasah.

Jika Anda ingin mempelajarinya hanya sebagai hobi saja, maka tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk latihan. Cukup seminggu dua kali, misalnya pada akhir pekan. Asalkan rutin, Anda akan mahir dalam coding.

  1. Mengikuti Pelatihan

Tips belajar coding PC yang terakhir adalah dengan mengikuti berbagai pelatihan seperti seminar, training, atau kursus. Melakukan pelatihan ini memang perlu mengeluarkan biaya tidak sedikit, namun hasilnya sebanding dengan pa yang harus dikeluarkan.

  1. Bersosialisasi

Meskipun dilakukan secara otodidak, namun Anda masih tetap harus bersosialisasi untuk mencari rekan maupun mentor. Apabila menemukan kesulitan, maka dapat bertanya dan mendiskusikannya dengan orang lain. Cara berkomunikasi ini juga sangat beragam, mulai dengan mengikuti komunitas atau berbagai forum baik nasional maupun internasional. Acara ini umumnya tidak dipungut biaya, sehingga menjadi kesempatan besar untuk Anda bisa mengikutinya.

Baca Artikel Lainnya :  Jangan Abaikan! Kenali 9+ Ciri-Ciri Processor Rusak Sejak Dini

Aplikasi Belajar Coding PC

Seorang programmer tidak perlu lagi bingung mencari media belajar coding PC, sebab ada beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat dicoba. Berikut adalah rekomendasi aplikasi untuk lebih mengasah kemampuan pemograman.

  1. Komodo Edit

Aplikasi ini sudah bertahun-tahun hadir dengan menggunakan berbagai sistem baik windows, linux, Mac OS, dan berbagai sistem lainnya. Aplikasi ini juha memiliki beragam fitur canggih sehingga lebih memudahkan penggunanya. Terdapat bahasa coding yang beragam, mulai PHP, SQL, HTML, juba masih banyak lainnya. Dengan banyaknya bahasa pemograman yang ditawarkan sehingga Anda akan sangat terbantu ketika menggunakannya.

  1. Sublime Text

Belajar coding PC juga bisa menggunakan dengan aplikasi ini, terutama untuk seorang pemula. Sebab tampilannya cukup sederhana namun performa yang diberikan cukup maksimal serta dapat dipakai berbagai sistem operasi. Sublime text lebih bersahabat dengan Linux daripada operasi lain seperti windows ataupun mac OS. Seluruh fitur yang ada di dalamnya sendiri juga dapat digunakan secara gratis tanpa harus melakukan pembelian.

  1. Gedit

Aplikasi ini memiliki tampilan sederhana dan bersih sehingga cocok untuk pemula yang baru mempelajari pemograman. Pengoperasiannya juga cukup mudah dan dapat digunakan untuk berbagai sistem operasi. Bahasa pemograman yang ditawarkan aplikasi GEdit juga lengkap. Selain itu, GEdit juga memiliki keunggulan lainnya dengan adanya fitur peneliti ejaan. Seperti diketahui bahwa kesalahan memasukkan kode akan membuat komputer tidak bekerja sesuai perintah, sehingga fitur ini akan sangat membantu.

  1. Bluefish

Bluefish merupakan aplikasi belajar coding PC unggulan, bahkan banyak progammer yang mengakui kemudahan dalam menggunakan aplikasi ini. Bluefish sendiri memiliki berbagai ragam pilihan dalam membuat kode program hingga web. Selain itu, bluefish juga memiliki keunggulan berupa bahasa pemograman yang mendukung dan banyak pilihan. Masih banyak pula kelebihan yang membantu baik untuk programmer pemula maupun telah ahli di bidang IT.

  1. Atom

Atom menjadi aplikasi coding dengan beberapa keunggulan sehingga cocok ketika akan membuat aplikasi web. Dapat dikatakan, aplikasi ini bisa digunakan dalam uji coba atau beta, selain itu juga bisa untuk  semua sistem operasi dan bahasa pemograman dengan basis HTML. Saat ini, kebutuhan untuk memahami perangkat modern seperti komputer menjadi penting salah satunya dalam pengembangan karir. Oleh karena itu, belajar coding PC perlu segera dilakukan baik dengan pendidikan formal maupun secara otodidak.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: