cerita wayang mahabarata

√9 Cerita Wayang Mahabarata yang Disembunyikan

Cerita wayang Mahabarata adalah kisah terkenal dari kebudayaan India yang menggambarkan rivalitas antara Pandawa lima dan Kurawa dalam memperebutkan kerajaan besar Hastinapura.

Kita seakan tidak bosan mendengar cerita wayang Mahabarata yang epic ini. Cerita ini tak pernah ada habisnya untuk dikupas, selain karena alur ceritanya yang mendebarkan, kita juga dapat mengambil pelajaran hidup dari tokoh-tokohnya.

Namun, pernahkah kamu merenung apakah benar cerita wayang Mahabarata yang disajikan di media baik itu media cetak atau virtual telah menggambarkan semua alur ceritanya?

Ternyata belum. Ada beberapa fakta cerita wayang Mahabarata yang disembunyikan entah itu karena disengaja atau tidak. Bagian cerita apa saja itu? simak uraiannya berikut ini.

Nama Asli Duryodana Adalah Suyudana


Ya nama Duryodana yang tenar dalam cerita Mahabarata itu sesungguhnya adalah Suyudana. Dan sisa nama Kurawa yang lain adalah Susasana, Sucala dan seterusnya. Penamaan Duryodana mengarah pada reputasi buruk yang melekat dalam watak mereka.

Alasan Mengapa Duryodana Tidak Berpartisipasi Dalam Swayamvara Drupadi

Kamu mungkin bertanya tanya mengapa dalam adegan Swayamvara Drupadi tidak ada sosok Duryodana. Swayamvara Drupadi sendiri dalam cerita wayang Mahabarata artinya sayembara untuk dapat menikahi Drupadi.

Diketahui Duryodanan tidak mengikutinya karena, ia telah menikah dengan Putri Kalingga, Banowati. Dan ia juga telah berjanji untuk tidak menikahi orang lain. Disini kita tahu meskipun dikenal jahat, ternyata Duryodana adalah sosok yang setia.

Tidak Semua Anggota Kurawa Menentang Pandawa


Diketahui dua orang kurawa putra Destrarasta bernama Vikarna dan Yuyutsu sangat menentang rencana saudara-saudaranya untuk memusuhi dan melawan Pandawa. Sosok yang paling ditentang adalah Duryodana. Mereka juga tidak setuju ketika Drupadi dijadikan taruhan dalam sebuah permainan dadu.

Saudara Laki-laki Drupadi Sebenarnya Adalah Reinkarnasi dari Ekalawya

Awalnya ia lahir dari saudara Basudewa, Dewa Srawa. Ekalauya tersesat di hutan dan dibesarkan oleh Hiranyadanus dan dia dibunuh Krishna saat penculikan Rukmini.

Namun untuk menghormati pengorbanan besar yang dilakukan oleh Ekalawya sebagai guru Daksina, Krisna memberkatinya sehingga dia dapat bereinkarnasi dan membalas dendam pada Drona. Karenanya Ekalawya bereinkarnasi sebagai Drestadyumna kembaran Drupadi.

Sengkuni Memiliki Agenda Tersembunyi Dibalik Rencana Jahatnya


Raja Destrarasta telah mengambil seluruh keluarga istrinya, Gandari sebagai tahanan dan memperlakukan mereka dengan sangat buruk. Keluarganya tidak senang dengan kelakuannya ini. Raja Subala ayah Gandari memutuskan bahwa setiap orang akan mengorbankan makanan mereka untuk memperkuat. Satu anggota terpilih yang akan menjadi alasan yaitu Destrarasta. Sengkuni yang termuda dan terpandai terpilih untuk tugas ini.

Kekuatan Unik Barbarika


Cerita tersembuyi dari cerita wayang Mahabarata yang selanjutnya adalah bahwasannya Barbarika memiliki kekuatan unik yang tidak semua orang tahu.
Sebelumnya, Barbarika adalah putra dari Gatotkaca, karena kekuatan ini, membuat krishna meminta kepalanya untuk beramal.


Cucu Bima putra Gatotkaca Barbarika seharusnya menjadi prajurit hebat dalam cerita Mahabarata. Atas restu Dewa Siwa, ia memiliki panah khusus yang dapat menandai musuh-musuhnya.

Menandai disini maksudnya, menandai siap yang ingin ia selamatkan dan menandai orang yang akan ia bunuh. Berkat kekuatan unik ini, dia bisa mengakhiri perang dalam satu menit saja.

Namun Krishna mengetahui hal yang lebih baik daripada membiarkan ini terjadi. Karena sumpah para ibunya Barbarika selalu berjuang untuk untuk pihak yang lebih lemah, Krishna lalu menempatkan dirinya sebagai seorang brahmana.

Bisma Adalah Satu Satunya Pewaris Tahta yang Sah.


Jadi mari kita mundur sedikit, diawal cerita wayang Mahabarata menceritakan tentang raja Sentanu yang menikahi Gangga yang kemudian melahirkan 8 putra. Delapan putra ini sebenarnya semuanya dikutuk untuk dilahirkan di bumi. Jadi, Gangga berhasil membunuh tujuh yang pertama untuk membebaskan mereka dari kutukan.

Raja Sentanu turun tangan saat ia hendak membunuh anak ke-8 dan menyelamatkan satu satunya putra tersisa yang kita kenal dengan Bisma.

Nama Asli Bisma Adalah Dewabhrata


Ketika Dewabhrata masih muda, ayahnya, Sentanu pergi berburu dan jatuh cinta dengan wanita nelayan lokal, Setyawati.

Namun ayah Setyawati terbaring dalam kondisi sulit. Dia hanya bisa membiarkan Sentanu menikahinya jika putranya menjadi pewaris tahta.

Sentanu kembali ke kerajaannya dengan patah hati. Bisma yang tidak dapat melihat ayahnya dalam keadaan menyedihkan, pergi untuk membujuk Setyawati agar menikahi ayahnya. Menawarkan untuk minggir sebagai pewaris.

Setyawati tidak puas bahkan dia berpendapat putra-putranya dapat mengklaim tahta nanti. Jadi Dewabhrata bersumpah tidak pernah menikah dan menjadikan dia dikenal sebagai Bisma yang agung mengerikan


Penulis Cerita Mahabarata Adalah Tokoh dalam Epic


Fakta ke-sembilan dari cerita wayang Mahabarata sedikit mengejutkan. Pasalnya baru-baru ini diketahui bahwasanya penulis dari epic Mahabarata ternyata juga merupakan tokoh dalam dalam alur cerita Mahabarata? Siapakah dia?

Sebelumnya, kita tahu tidak ada satu pun penulis yang menyatukan cerita Mahabarata, Namun sesuai dengan cerita, Setyawati memiliki seorang putra dengan Resi Parasara sebelum menikah dengan Raja Sentanu.

Sebelum menikah dengan Raja Sentanu Setyawati meminta tiga permohonan, salah satunya adalah bahwa putra yang lahir dari persatuan keduanya akan menjadi orang yang hebat. Segera setelah Setyawati melahirkan di sebuah pulau di Yamuna lahirlah seorang putra yang disebut Resi Wiyasa.

Resi Wiyasa selanjutnya merupakan penyusun Weda serta penulis Purana dan Mahabarata.

Resi Wiyasa Merupakan Ayah Dari Destrarasta dan Pandu

Jadi, dalam cerita wayang Mahabarata, Bisma telah berjanji ia tidak akan pernah memiliki anak.

Masalahnya muncul ketika takdir berkata lain. Kedua anak Setyawati dan Raja Sentanu ternyata meninggal terlalu dini dan menjadikan Setyawati ditinggal bersama dengan dua janda menantunya tanpa anak, serta Bisma dan seluruh tahta kerajaannya yang kosong.

Setyawati lalu memanggil Resi Wiyasa untuk menikahi dua menantunya Ambika dan Ambalika. Ambika melahirkan Destrarasta dan Ambalika melahirkan Pandu.

Itulah dia 10 cerita wayang Mahabarata yang tersembunyi, jika kamu punya fakta tersembunyi lain di balik cerita Mahabarata, bisa tambahkan di kolom komentar. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment