# Tak Disangka! Buah Jadul di Masa Kecil ini Ternyata Punya Segudang Manfaat

Manfaat buah masa kecil- Bukan rahasia lagi jika Indonesia adalah surga buah-buahan yang beraneka macam rasa dan bentuknya. Salah satunya dalah macam-macam buah jaman dulu (jadul) masa kecil yang saat ini mulai sulit ditemukan.

Nah, belakangan ini banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui dan mengkaji isi kandungan serta manfaat buah jadul ini.

Ternyata Sobat Paduka, banyak dari buah-buahna masa kecil kita yang sarat akan nutrisi dan manfaat bgi tubuh yang tidak kita sangka sebelumnya. Penasaran apa saja?

Buah Sejuta Manfaat: Ciplukan/Cendedet

Gambar oleh Google, Ceplukan dulu dianggap sebagai hama pada tanaman pertanian

Generasi tahun 90-an pasti tidak asing dengan buah yang satu ini. Siapa yang menyangka jika tanaman gulma dan sering diberantas petani ini ternyata mengandung banyak manfaat. Itulah sebabnya banyak ditemui di supermarket dengan harga tinggi.

Pohon ciplukan termasuk dalam golongan herba dan hidup sekitar satu tahun. Batangnya berwarna hijau dan berair. Daun berbentuk lonjong telur dengan ujung lancip. Bunganya berwarna kuning pucat muncul di ketiak dahan. Buah ciplukan ditutupi semacam lampion dari pembesaran kelopak bunga, hijau ketika mentah dan berangsur berwarna kuning emas sampai orange saat matang.

Ciplukan mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas, anti kanker dan mencegah darah tinggi.

Karoten pada ciplukan baik untuk kesehatan mata. Selanjutnya, ciplukan sangat baik untuk mencegah dari penyakit diabetes dengan cara memperlambat penguraian gula darah.

Nah, selain itu ternyata ciplukan juga bisa digunakan untuk diet loh.

Primadona Jalanan, Kersen/ Talok

gambar oleh google : pohon kersen banyak ditanam di pinggiran jalan sebagai peneduh

Dibeberapa daerah disebut juga seri atau seres. Tanaman ini biasa ditanam dipinggir jalan atau di persawahan dan berguna sebagai peneduh. Generasi 90-an paling getol untuk berburu buah ini biasanya sambil membawa botol dan galah kecil.

RECOMMEND :  √9+ Contoh Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna + Skema

Rasanya manis, berair dan baunya manis sedap.

Faktanya buah kersen mempunyai kandungan antioksidan dan antibiotik yang setara dengan antiobik yang digunakna medis saat ini loh, nggak nyangka kan?

Apa karena itu juga anak zaman dulu jarang sakit? tipa sore ngemilin antibotik sih hehehe

selain itu buah kersen juga baik untuk obat asam urat serta bagus untuk pencernaan karena menagndung serat sebanyak 4,6 gram di setiap 100 gram-nya.

Multi Manfaat Si Buah Salam

gambar oleh google: Buah salam merupakan buah buni berwarna merah dengan rasa sepat manis

Anak kecil zaman dulu paling suka saat musim buah ini. Dengan cekatan mereka akan memanjat pohonnya sampai atas lalu dengan santuy memetik buah dan langsung mengonsumsinya di atas pohon sambil menikmati angin yang semilir.

Benar-benar nostalgia yang asik.

Nama salam sendiri diambil dari nama pohonnya. Daun salam dimanfaatkan untuk bumbu masak berbagai hidangan tradisional dan juga sebagai penyedap dalam berbagai olahan nasi seperti nasi uduk dan ndan kuning.

Namun siapa yang tahu jika buah salam mempunyai segudang manfaat?

Beberapa manfaat buah salam antara lain sebagai obat magh, obat diabetes melitus, obat radang, asam urat bahkan juga bisa mengobati mata minus. Caranya hanya dengan mengonsumsi buah salam mentah dengan rutin. Nah bisa untuk alternatif camilan sehat kan?

Buah Mistis, Dewandaru

gambar oleh google : Dewandaru dikenal karena unsur mistisnya

Ketika Membicarakan buah dewandaru/ndaru pasti kita akan sejenak ingat akan cerita mistis buah ini.

Pohon dari buah ini konon katanya merupakan tongkat seorang sakti yang diusir orang tuanya dari pulau jawa. Sebagai buah mistis banyak anak zaman 90-an dulu yang takut dengan buah ini.

Namun kini setelah dilakukan penelitian diketahui ternyata buah ini mengandung beberapa manfaat bagi kesehatan.

Salah satunya yang terbaru sebagai obat kanker. Buah ini juga berfungsi sebagai anti bakteri dan juga antioksidan sehingga baik untu menangkal radikal bebas.

RECOMMEND :  Penyebab Kebakaran Hutan Beserta Dampak dan Penanggulangannya

Untuk kamu yang memiliki penyakit darah tinggi atau hipertensi juga sangat dianjurkan mengkonsumsi buah ini.

Kini tak perlu sangsi dengan asamnya buah ini, karena sekarang sudah ada loh olahan buah dewandaru sebagai selai. Berani coba?

Si Kribo Rambusa

Gambar oleh Google : Buah Rambusa ditutupi jaring-jaring kribo yang lengket untuk melindungi buahnya

Rambusa atau ada yang menyebutnya buah remot merupakan jenis tanaman sulur dan tumbuh liar di tegal atau padang rumput yang terkena sinar matahari.

Bentuk isi dan rasanya persis markisa versi mini, asam manis segar.

Buah ini adalah primadona anak-anak kecil zaman dulu saat hari panas.

Tanpa disadari anak zaman dulu sering ngemil vitamin C lewat buah ini. Vitamin C berfungsi sebagai daya tahan tubuh dan juga untuk kesehatan mulut dan gusi.

Manfaat lain dari buah ini antara lain anti depresi, mencegah penyakit ginjal dan juga menjaga kesehatan kulit. Nggak nyangka kan? kecil-kecil cabe rawit kan?

Khasiat Dibalik Eksotisme Buah Juwet/Jamblang

Turunkan diabetes sampai 30%, buah juwet sebagai upaya preventif perangi penyakit gula

Kita patut bersyukur, saat musim berbuah masih ada ditemui pedagang dipinggir jalan yang menjual buah ini. Tidak seperti buah masa kecil lainnya yang tidak jual di pasaran, buah juwet dari dulu memang sudah di komersialkan.

Biasanya juwet dibuat oleh-oleh para ibu pulang dari pasar.

Juwet banyak tumbuh di pekarangan rumah, utamanya di pinggiran kali. pohonnya tinggi berkayu sampai 30 meter.

Daun Juwet bertipe menyirip deengan permukaan yang halus mengkilap. Buahnya lonjong mirip anggur jari, denagn kulit ungu mengkilap. Karakteristik buahnya tebal persis anggur dengan isi yang juga lonjong. Rasanya jangan ditanya kombinasi manis dan sepat yang pas buat dimakan siang hari saat panas.

Fakta mencengangkan dari buah juwet yang kita anggap remeh adalah pada bijinya yang ternyata dapat menurunkan tingkat diabetes sampai 30%. Luar biasa bukan?

Buah juwet juga bagus tuh untuk mencegah penyakit jantung karena menghilangkan plak pada pembuluh darah sehingga pembuluh darah menjadi lancar.

Manfaat Buah Kenitu Sebagai Alternatif Diet

Gambar oleh Google : Buah kenitu bagus untuk diet

Terkenal karena teksturnya yang super lembut. Kenitu merupakan buah yang banyak dikenal karena sampai saat ini masih banyak menjual jika waktunya musim berbuah.

RECOMMEND :  Makna dan Tradisi Tumpengan di Indonesia

Kenitu masuk dalam jenis sawo-sawoan itulah mengapa di berbagai daerah penyebuatan kenitu banyak yang menggunakan kata sawo seperti sawo apel, sawo manila, sawo ijo atau sawo hejo dan seterusnya.

Kenitu mempunyai manfaat untuk menu diet karena dalam 236 gram buah hanya terdapat 67 kalori.

Selain itu, kenitu juga sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi karena mengandung kalsium.

Kandungan serat dalam kenitu juga tidak main-main sehingga dapat mencukupi kebutuhan serat kamu.

Wah ternyata selain enak, buah-buahan jadul masa kecil ternyata mengandung banyak manfaat. Tak heran jika anak-anak zaman dulu pada jarang sakit. rahasianya terletak pada buah-buah yang mereka konsumsi.

Adakah buah lain di daerah kamu yang belum aku sebutkan? komen dan sebutin dibawah ya. Agar kita sama tahu dan dapat memanfaatkannya. Selamat sore, salam sehat 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *