√37+ Biaya Tersembunyi Bisnis yang Anda Perlu Antisipasi

√37+ Biaya Tersembunyi Bisnis yang Anda Perlu Antisipasi

Biaya Tersembunyi Bisnis yang Anda Perlu Antisipasi
Biaya Tersembunyi Bisnis yang Anda Perlu Antisipasi

Calon pebisnis sukses selalu antisipasi kalau ada hal tidak terduga, salah satunya adalah biaya tersembunyi bisnis. Sering kali ini menjadi penganggu finansial pebisnis. Tetapi ada beberapa hal yang ternyata merupakan latar belakang dari adanya biaya tidak terduga pada bisnis. Merupakan impian banyak orang untuk bisa menjadi pebisnis sukses. Tetapi melihat seluruh perjalanan menjadi kesuksesan dalam membangun bisnis ini, sangat tidak mudah. Ada saja satu dua hal tidak terduga yang membuat kesulitan hingga rasanya ingin menyerah saja.

Tetapi ini ciri khas dari seorang pebisnis sukses. Mereka tidak kenal menyerah, tetapi sedari awal sudah melakukan antisipasi jika ada hal yang menyulitkan. Ibaratnya seperti ini, mereka sudah menyiapkan solusi sebelum masalah itu terjadi, dan solusi ini sering berupa uang. Misalnya ada perjanjian yang rupanya tidak sesuai, maka pemutusan kontrak juga perlu uang. Tetapi dari semua hal tidak terduga ini, sifat pebisnis sukses adalah persiapan. Sebelum isu itu datang, setidaknya sudah ada antisipasi agar nantinya tidak membuat menyerah.

Apa Saja Biaya Tersembunyi Bisnis yang Perlu Anda Antisipasi?

Daripada Anda masih saja heran dengan biaya tersembunyi apa yang suatu saat nanti perlu untuk dibayarkan, dari hasil riset kami sudah ada 5 poin utama. Tetapi bisa jadi biaya tidak terduga di perusahaan yang kami riset ini berbeda dengan biaya tersembunyi bisnis Anda. Tetapi secara keseluruhan, kami yakin kalau tidak akan ada banyak perbedaan diantara bisnis Anda dengan yang lain. Biaya tersembunyi bisnis ini sering kali harus dibayarkan setiap bulan atau per tahun. Beberapa biaya yang setidaknya sudah Anda antisipasi sejak awal adalah:

  1. Expertise dan Saran

Yang paling pertama adalah pembayaran untuk expertise atau pemberi saran. Anda yang ingin membangun bisnis harus memastikan dulu kalau sudah melengkapi segala hal yang dibutuhkan. Anda pastinya butuh pemberi saran, dan itu butuh biaya.

  1. Pengelolaan Perlengkapan

Jangan lupakan juga biaya tersembunyi bisnis di segi pengelolaan perlengkapan. Ini adalah hal wajib, jangan pernah Anda abaikan hal ini. Dalam bisnis, ada banyak yang perlu dikelola, maka dari itu, selalu pastikan kalau sudah antisipasi biayanya.

  1. Pembangunan Brand/Branding

Branding atau iklan akan memakan biaya yang besar. Dan sedari awal sudah harus siapkan biaya untuk branding ini. Banyak yang mengabaikan pembangunan brand ini, padahal merupakan salah satu elemen utama agar bisnis dapat lebih maju lagi.

  1. Customer Service

Customer Service atau orang yang akan melayani segala kebutuhan dalam bisnis juga wajib masuk ke dalam list biaya tersembunyi bisnis yang wajib diantisipasi. Customer Service harus digaji, dan setiap penambahan customer service harus dibayar.

  1. Akuisasi Customer

Ini bukan hanya soal keuntungan pribadi, tetapi ke investasi kapital. Dengan Anda sudah menyiapkan kapital untuk akuisasi customer, maka secara rutin ini dapat berikan keuntungan tambahan. Tetapi sedari awal sudah harus siapkan biaya.

RECOMMEND :  √10+ Teknologi yang Menghemat Listrik Rumah

Kesalahan yang Bisa Mengakibatkan Biaya Tersembunyi Bisnis

Selain itu, Anda yang mengalami kesulitan finansial karena sempat terkejut dengan biaya yang tidak terduga ini, apakah sudah tahu alasannya? Ada beberapa alasan logis mengapa hal ini bisa terjadi, dan ini dimulai dari kesalahan pebisnis. Justru Anda yang sebabkan ini terjadi. Maka dari itu, dengan Anda mengetahui kesalahan apa yang bisa menjadi sebuah petaka dan perusak finansial, ini dapat mengurangi potensi adanya biaya tersembunyi bisnis lainnya. Ini dapat terjadi 5 kesalahan umum, dan 5 kesalahan tersebut antara lain:

  1. Tidak adanya Kesepakatan Solid

Alasan pertama adalah karena belum adanya kesepakatan solid antara pebisnis dan pengambil keputusan. Misalnya pemilik bisnis ingin sesuatu yang konvensional saja, sementara pengambil keputusan memilih full teknologi. Maka ini butuh biaya.

  1. Perjanjian dan Kontrak yang Gagal Dipenuhi

Biaya tersembunyi bisnis juga bisa disebabkan oleh perjanjian kontrak yang tidak terpenuhi. Padahal kerja sama ini akan menguntungkan kedua pihak. Tetapi jika salah satu saja tidak memenuhi tuntutannya, maka harus membayar tebusan kontrak.

  1. Tidak Paham Soal Pajak

Pajak juga sering diabaikan, padahal ini adalah salah satu elemen wajib bayar dan tidak boleh dihindari. Terdapat 5 pajak yang wajib dibayarkan dan nominalnya tergantung penghasilan. Jika tidak tahu soal pajak, maka akan terkejut juga dengan biayanya.

  1. Dokumentasi HR yang Tidak Sesuai

HR juga memiliki peran yang besar dalam keuangan dan mengatur biaya tersembunyi bisnis. Semua pegawai akan diatur oleh HR dan jika ada dokumentasi biaya yang silap saja dapat membuat kesulitan. Ini juga berkaitan dengan kompensasi dan bonus.

  1. Gagal Mendapatkan Perizinan dan Lisensi Legal

Secara spesifik, perizinan dalam bisnis itu sangat perlu. Jika bisnis dinyatakan tidak memenuhi persyaratan, maka jangan heran jika nantinya semakin banyak biaya yang tidak diduga sebelumnya. Dapatkan lisensi dan pastikan semuanya pasti legal.

RECOMMEND :  √ 700++ Ide Nama Nama Frozen Food Untuk Usaha 2021

Kurangnya Persiapan Sering Membuat Biaya Tersembunyi Bisnis Semakin Banyak

Dari semua yang sudah kami sebutkan ini, intinya adalah harus cukup persiapan. Jika pebisnis sudah sangat siap untuk memulai usahanya, maka tidak akan ada lagi hal yang merusak finansial bisnis, setidaknya jauh lebih sedikit. Jangan terlalu terburu-buru juga saat mulai. Itu juga sebabnya Anda perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan expert atau pemberi saran. Mereka tahu apa saja yang harus dipastikan dan kunci agar bisnis itu bisa maju. Soal biaya tersembunyi bisnis juga setidaknya mereka sudah tahu dari sektor mana saja.

Jika kita analisis lagi kesalahannya, mungkin pemilik bisnis bisa mulai perbaiki di sektor HR. Bisa pastikan dulu cara kerja mereka sepenuhnya sudah benar dan sesuai regulasi. Cek apakah masih ada kontrak yang berlaku dan apakah masih adanya komplain dari karyawan. Jangan lupa juga soal kompensasi karyawan dan kualifikasi pajak. Kurangnya pengawasan di segi ini membuat bisnis terkadang terhambat dan bahkan ditutup. Biaya tersembunyi bisnis juga tidak lepas dari regulasi yang tidak terpenuhi hingga pelanggaran di aspek legal.

Tips Agar Tidak Lagi Rugi Karena Biaya Tersembunyi Bisnis

Dengan melihat persiapan yang masih kurang, sebaiknya mulai sekarang cek dulu segalanya agar tidak ada yang kurang lagi. Double checking adalah tips paling utama agar hal serupa tidak terjadi pada bisnis. Tips selanjutnya adalah soal ketahui calon konsumen Anda dulu.

Pasang target konsumen dan sesuaikan produk atau jasa yang sesuai dengan minat mereka. Audiens atau konsumen yang spesifik ini dapat membuat Anda tahu karyawan seperti apa yang akan diterima. Apalagi di divisi finance yang mengatur biaya tersembunyi bisnis. Tips selanjutnya adalah sebaiknya Anda tidak terlalu banyak menaruh investasi di segi yang kurang penting. Ini akan membantu mengurangi pajak dan hutang. Yang paling pasti di bisnis Anda adalah dana darurat, ini adalah solusi paling nyata untuk biaya yang tidak terduga.

RECOMMEND :  300++ Contoh Nama untuk Eyelash Extension Keren dan Modern

Dengan konsumen yang semakin berkembang serta kompetitor juga tidak berhenti hadirkan inovasi, maka Anda sebagai pebisnis juga harus ikut berkembang. Tetapi sedari awal, perlu adanya analisis tentang biaya tersembunyi bisnis dan pastikan itu sudah Anda antisipasi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *