Categories
Serba serbi

√49+ Kenapa Budaya Bali yang Unik Hampir Dikenal Semua Orang?

Kenapa Budaya Bali yang Unik Hampir Dikenal Semua Orang?

Kenapa Budaya Bali yang Unik Hampir Dikenal Semua Orang?
Kenapa Budaya Bali yang Unik Hampir Dikenal Semua Orang?

Ada banyak budaya Bali yang unik dan dikenal luas oleh masyarakat baik dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, Papua, Sulawesi, dll. Bali dikenal sebagai surganya dunia yang letaknya di negara Indonesia.

Bagi masyarakat dunia, pasti sebagian besar orang sudah tidak asing lagi dengan Bali. Menjadi salah satu tempat terkenal, pulau Bali memiliki sejarah dan kebudayaan membuat daya tarik wisatawan bertambah.

Walaupun pulaunya tidak terlalu besar, namun kehidupan di Bali cukup padat dan menyenangkan para pengunjung. Salah satunya dengan banyak jenis kebudayaan dan kesenian asal Bali yang sudah dikenal luas.

Budaya Bali yang unik ada beragam, nanti kami akan menjelaskan keseluruhannya. Apabila Anda sebagai penduduk Indonesia yang tidak menempati pulau Bali, minimal pasti sudah tahu kesenian di dalamnya.

Memiliki tempat-tempat dengan panorama indah, membuat para wisatawan tertarik mendatangi pulau Bali. Adanya pulau Bali selalu dijadikan destinasi wisata paling favorit untuk dikunjungi di luar pemandangan terdapat beragam jenis kesenian.

Mulai kesenian biasa sampai berkaitan dengan keagamaan sampai saat ini masih dijunjung oleh masyarakat daerah Bali. Hal ini memerlukan kekompakan seluruh masyarakat asli Bali agar warisan budaya nenek moyang berlanjut.

Anda penasaran mengapa kebudayaan dari daerah Bali lebih cepat dikenal dan sudah populer saat ini? Jangan cemas karena ada penjelasannya. Yuk simak alasan budaya Bali mudah dikenal luas banyak orang.

Kenapa Budaya Bali yang Unik Bisa Dikenal Orang Banyak?

Beberapa budaya asal Bali pasti sudah Anda ketahui, namun apakah sadar kenapa bisa terkenal? Hal tersebut dipengaruhi berbagai alasan penting. Di bawah ini adalah alasan mengapa kesenian dari Bali populer.

  1. Masyarakat Bali Melestarikan

Masyarakat Bali sampai sekarang masih melestarikan kebudayaan warisan dari nenek moyang dengan berbagai cara. Hasilnya, seluruh budaya yang ada dari zaman dulu masih lestari sampai sekarang bisa dinikmati wisatawan.

  1. Kompak

Budaya Bali yang unik bisa populer karena kekompakan penduduk lokal menyadari pentingnya melestarikan adat. Karena jika Bali tanpa adat istiadat akan menjadi daerah biasa yang tidak menarik dikunjungi.

  1. Menolak Budaya Luar

Kunci kebudayaan Bali bisa dikenal hampir semua orang Indonesia maupun beberapa penduduk dunia karena menolak kesenian luar. Penduduk lokal lebih memelihara kebudayaan asli sehingga tidak ada campuran dari luar.

Hal tersebut terbukt berhasil, malah wisatawan mancanegara sering mendatangi Bali karena penasaran dengan kebudayaan asli. Sehingga kebudayaan luar tidak pernah masuk ke Bali, hanya wisatawan saja yang berlibur.

  1. Tradisional

Alasan terakhir budaya Bali yang unik terkenal saat ini karena kental dengan era tradisional. Kebudayaan yang unik dan populer karena selalu dibawakan secara tradisional membuat masyarakat juga mengikutinya.

Setelah tahu faktor budaya Bali bisa berkembang pesat di dunia, mulai sekarang Anda harus tahu berbagai jenis kesenian terunik. Ikutilah penjelasan di bawah ini supaya tahu berbagai jenis budaya Bali.

Budaya Bali yang Unik Terdapat Upacara Ngaben

Bagi Anda yang penasaran dengan kebudayaan di daerah Bali, mulai sekarang bisa mengetahui dengan mengikuti penjelasan dari kami. Karena sekarang ada banyak budaya dari Bali terkenal ke seluruh daerah Indonesia.

Di urutan pertama, warisan budaya Bali terdapat Upacara Ngaben yang dilakukan oleh masyarakat lokal dalam menyucikan arwah jenazah. Sebagian besar orang meninggal di pulau ini selalu dilakukan Upacara Ngaben.

Upacara Ngaben menjadi budaya Bali yang unik karena mayat akan diletakkan di wadah tertentu untuk dibakar. Setelah pembakaran mayat berakhir menjadi abu, maka hasil abu jenazah langsung dilarung  ke laut.

Melarung sebuah abu mayat ke laut bagi masyarakat Bali menjadi simbol melepaskan jiwa agar suci dan menyatu bersama Sang Pencipta. Upacara Ngaben menjadi warisan kebudayaan paling populer bagi masyarakat luas.

Tidak kalah unik, Tradisi Pangerebongan yang digelar warga lokal bali menyita perhatian publik. Melanjutkan dari tradisi nenek moyang, Pangerebongan dilakukan pada Wuku Medangsia menurut aturan kalender Bali dan Minggu Pon.

Pangerobongan menjadi budaya Bali yang unik karena bertujuan membuat hubungan manusia dengan Sang Pencipta selalu harmonis. Bukan hanya hubungan manusia terhadap Tuhan, tapi keharmonisan tercipta dengan sesama manusia dan alam.

Dimulai dengan menabuh alat musik tradisional, penjar-penjar, dan pemberian bunga, kemudian masyarakat bersembahyang di pura. Ritual dilakukan tiga kali setiap diselenggarakan acara awal sampai akhir bisa membuat seseorang lebih suci.

Mekotek Menjadi Adat Bali Jarang Diketahui

Sebagian orang sudah tidak asing dengan kebudayaan di pulau Bali, mungkin sedikit bingung ketika mendengar tradisi Mekotek. Melihat adat Mekotek jarang diketahui, Anda kini bisa mengenalnya secara langsung.

Tradisi yang dikenal dengan istilah Mekotek memiliki kaitan erat terhadap agama Hindu. Karena awal adat ini dibuat dari warisan para leluhur penganut agama Hindu kepada generasi penerus.

Mekotek termasuk budaya Bali yang unik dan memiliki arti positif, karena bisa menyatukan umat di pulau tersebut. Tujuan lain melaksanakan Mekotek guna menetralkan kembali aura negatif serta menolak bala.

Dilaksanakan di Desa Munggu, awal dimulainya adat Mekotek bagi umat Hindu harus jalan kaki. Lalu setiap umat diwajibkan membawa alat berupa tongkat dengan bahan utama bambu untuk disusun berbentuk piramida.

Setelah tongkat berbahan bambu dalam budaya Bali yang unik Mekotek berbentuk piramid yang kuat, seseorang akan naik. Orang-orang sebagai pemegang tongkat harus menahan beban agar tidak runtuh.

Tradisi unik selanjutnya di daerah Bali dikenal dengan istilah Gebug Ende Seraya. Adat ini dilakukan dengan memukul orang menggunakan rotan dan memegang tameng yang terbuat dari bahan rotan juga.

Tujuan utama melaksanakan Gebung Ende Seraya guna mendatangkan hujan di musim kemarau. Sebab dengan tradisi ini dipercaya bisa menghentikan terjadinya kekeringan di sekitar kampung lokal Desa Seraya.

Budaya Trunyan : Jenazah Dibiarkan Terbaring di Atas Tanah

Desa Trunyan menjadi salah satu tempat mengerikan bagi wisatawan yang datang ke sana, karena akan menemukan tradisi Trunyan. Adat ini mengerikan karena seluruh jenazah di Desa Trunyan dibiarkan terbaring.

Budaya Bali yang unik berupa Trunyan dilaksanakan dengan membaringkan jenazah di atas tanah. Sehingga jenazah akan terlihat jelas ketika seseorang melewati sekitar Desa Trunyan karena tidak dikubur.

Mayat yang bertebaran di Desa Trunyan tidak menimbulkan bau, sebab daerah pada pulau kecil tersebut ditumbuhi banyak phon taru menyan. Di mana keberadaan pohon ini mampu menghirup bau busuk mayat.

Karena dilaksanakan oleh warga lokal Desa Trunyan tidak boleh menaruh mayat lebih dari 11 orang. Sebab bisa membuat orang yang pernah menikah bisa mengalami kematian tidak wajar apabila dilanggar.

Budaya Bali yang unik terakhir terdapat Tari Barong telah dikenal luas oleh sebagian penduduk di Indonesia. Tari Barong memiliki cerita unik tentang beruang yang mempunyai kemampuan ghaib.

Dalam menyelenggarakan Tari Barong bagi warga lokal daerah Bali bertujuan untuk mengusir roh jahat. Jenis tarian ini sangat sakral yang dinilai memiliki kesetaraan dengan kemampuan dewa-dewa di agama Hindu.

Melihat daerah Bali yang budayanya dikenal luas masyarakat, sekarang Anda tahu alasannya. Sampai sekarang budaya Bali yang unik tetap dilestarikan dan dikenalkan ke masyarakat luar agar tahu asal-usulnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.