Cara Menghindari Kebangkrutan Usaha dan Melejitkan Pendapatan

√37+ Cara Menghindari Kebangkrutan Usaha dan Melejitkan Pendapatan

Baca cepat

√37+ Cara Menghindari Kebangkrutan Usaha dan Melejitkan Pendapatan

Cara Menghindari Kebangkrutan Usaha dan Melejitkan Pendapatan
Cara Menghindari Kebangkrutan Usaha dan Melejitkan Pendapatan

Pasang surut dalam melakukan bisnis sangat wajar, sehingga mengetahui cara menghindari kebangkrutan usaha menjadi sebuah langkah penting bagi pebisnis. Bukan berarti mendoakan bisnis tidak berjalan lancar, hanya sebagai langkah pencegahan. Dengan demikian, ketika menghadapi masalah tidak panik dan dapat mengatasinya dengan baik, terutama di masa kritis ketika kebangkrutan berada di depan mata.

Patut Anda ketahui, bahwa setiap jenis usaha bisa mengalami kebangkrutan, bahkan yang sudah berjalan puluhan tahun. Permasalahan bisa datang dari mana saja dan menggempur pertahanan Anda tanpa ampun. Mengalami masa sulit sangatlah wajar, tapi membiarkan masalah datang tanpa berusaha mengatasinya yang tidak wajar. Jadi, ketika Anda mengalami permasalahan dan terancam bankrut, lakukan hal berikut ini:

Jangan Menyangkal Bahwa Bisnis Tengah Berada di Masa Sulit

Cara menghindari kebangkrutan usaha yang pertama adalah menerima keadaan bahwa bisnis sedang berada di masa-masa sulit. Terkadang banyak pengusaha lebih memilih menutup mata dan mengabaikan fakta kebangkrutan ada di depan mata. Dalam benak para pengusaha seperti ini, terpatri pikiran bahwa bisnis mereka akan lancar dikemudian hari dan hanya mengalami masa sulit beberapa saat saja. Jika bertahan dengan pemikiran ini saja, solusi tidak bisa didapatkan.

Namun, jangan langsung mencari penyelesaian, tapi awali dengan menerima keadaan terlebih dahulu. Akui bahwa bisnis Anda tengah berada dalam masa sulit, tapi jangan salahkan diri sendiri. Dengan mengakui bahwa  Anda memang berada dalam kesulitan maka cara menghindari kebangkrutan usaha pertama telah dilewati dan tinggal mengarahkan pada langkah berikutnya. Langkah ini akan mengangkat beban sehingga terasa lebih ringan dan memunculkan perasaan lega. Kemudian Anda dapat berpikir lebih jernih menggunakan persperktif berbeda sehingga dapat memunculkan solusi.

Intropeksi Diri dan Cari Cara Menghindari Kebangkrutan Usaha

Langkah berikutnya adalah mengintrospeksi diri dan mencari apa kesalahan yang membuat keadaan bisnis berada di ujung tanduk. Karena setiap permasalahan pasti ada penyebabnya, dengan mengetahui penyebab penyelesaian lebih mudah dilakukan. Sebagai seorang pemimpin usaha, kegiatan bisnis sehari-hari tentu akan membuat Anda sibuk hingga lupa akan hal lain selain memajukan usaha. Nah, ketika di masa sulit, kegiatan usaha juga akan berkurang sehingga waktu mengurus bisnis juga lebih longgar.

Baca Artikel Lainnya :  700++ Ide Nama Donat Kekinian Untuk Usaha Rumahan

Masa-masa seperti ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan intrspeksi diri dan mencari cara menghindari kebangkrutan usaha dengan menemukan apa yang salah. Moment seperti ini dapat digunakan untuk membenahi usaha Anda. Dapat dimanfaatkan untuk merenung sendiri, melakukan rapat dengan staf sembari mencari opini mengenai penyebab permasalahan, atau mengundang pihak ketiga sebagai bantuan. Pihak ketiga seperti konsultan brand dapat bantu menyusun strategi baru pemasaran. Sebab penyelesaian permasalahan di perusahaan Anda bisa jadi tidak bisa dilakukan oleh pemilik maupun pekerja di sana. Namun, dibantu oleh pihak ketiga untuk menemukan cara menghindari kebangkrutan usaha.

Mulai Lakukan Evaluasi di Bagian Keuangan

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah evaluasi, fokus utama adalah bagian keuangan atau modal. Sebab bagian ini merupakan pondasi sebuah bisnis. Agar bisa memperbaiki situasi dan bangkit dari keterpurukan utamakan fokus bagian ini dahulu. Dengan memaksimalkan bagian keuangan dan menemukan masalah-masalah di dalamnya kemudian menyelesaikannya akan menjadi cara menghindari kebangkrutan usaha terbaik. Sebab keuangan perusahaan yang berjalan baik akan memberikan dampak positif.

Hal yang bisa dilakukan adalah:

  1. Perbaiki Akuntansi di Perusahaan

Langkah perbaikan awal adalah mengevaluasi sistem akuntansi perusahaan dan memperbaikinya. Anda harus menemukan bagian-bagian yang kurang sesuai lalu melakukan perbaikan pada bagian tersebut. Jika masih menggunakan sistem pencatatan konvensional, Anda dapat memanfaatkan situasi ini untuk mengubah sistem ke akuntansi digital. Dengan demikian pengawasan terhadap bagian penting ini dapat dilakukan lebih mudah dan cepat.

  1. Hitung Kembali Modal dan Kekayaan Perusahaan

Cara menghindari kebangkrutan usaha dan mengembalikan ke keadaan terbaik adalah dengan menghitung kembali modal, aset, serta kekayaan perusahaan. Mulai dari harta bergerak hingga tidak bergerak. Mengetahui rincian modal dan kekayaan yang dimiliki akan membuat Anda bisa menentukan strategi berikutnya, termasuk melakukan pembayaran hutang agar mengurangi permasalahan.

  1. Hitung Hutang dan lunasi

Masa-masa sulit biasanya menyebabkan perusahaan terlilit hutang yang memiliki tenggat untuk dilunasi. Baik hutang kepada pihak luar perusahaan, seperti pada bank, penyedia bahan baku, atau kepada pihak dalam, seperti hutang gaji karyawan. Hitung dengan baik semua hutang perusahaan, kemudian pilah mana yang harus disegerakan dan mana bisa ditunda, lalu berapa waktu penundaan bisa didapatkan. Jika sudah mendapatkan perhitungannya, maka lakukan pembayaran dengan mengutamakan pelunasan ke tagihan atau hutang tidak terhindarkan. Meskipun modal akan berkurang banyak, tapi akan mengurangi beban pikiran Anda.

  1. Hitung Berapa Modal Tersisa Setelah Pelunasan Hutang

Cara menghindari kebangkrutan usaha berikutnya adalah menghitung kembali jumlah modal setelah pelunasan hutang. Jika perusahaan tidak memiliki kas, tapi memiliki aset, dapat menjual aset tersebut sehingga kas kembali terisi. Adanya kas yang cukup akan bantu Anda memiliki pegangan untuk menjalankan kembali bisnis. Mulai kembali dari skala lebih kecil dan perlahan-lahan mengembalikan situasi.

  1. Manfaatkan Sisa Modal untuk Pengembangan Produk dan Inovasi

Pengembangan produk merupakan hal penting untuk kembali melejitkan pendapatan. Selain itu, juga harus melakukan inovasi agar produk mendapatkan respon baik dari konsumen. Anda dapat menggunakan berbagai ide baru dari tim kreatif maupun menggunakan jasa pihak ketiga (konsultan). Konsultan biasanya lebih pandai menilai keadaan sehingga bantu Anda menemukan solusi pengembangan dan inovasi produk.

Baca Artikel Lainnya :  950++ Ide Nama Boba Unik dan Lucu Buat Usaha 2021

Gunakan Strategi Marketing Baru untuk Menghindari Kebangkrutan

Langkah penting untuk dilakukan dalam rangkaian cara menghindari kebangkrutan usaha dan mengembalikan bisnis agar menguntungkan adalah membuat strategi marketing baru. Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis dan upaya peningkatan pendapatan. Jika selama ini bisnis Anda lebih banyak menggunakan pemasaran konvensional, baiknya segera hijrah ke pemasaran digital dengan langkah berikut:

  1. Buatlah website atau toko online sebagai tempat memasarkan produk atau jasa Anda.
  2. Manfaatkan media sosial untuk tingkatkan branding awareness.
  3. Optimalkan penggunaan SEO, bisa memanfaatkan bantuan pihak ketiga.
  4. Lihat peluang baru dengan memanfaatkan kebutuhan masyarakat dari penilaian menggunakan pemasaran digital.
  5. Gunakan bantuan influencer untuk menarik perhatian audience.

Beberapa langkah pemasaran digital tersebut dapat jadi cara menghindari kebangkrutan usaha yang ampuh. Perlahan, pendapatan perusahaan bisa kembali melejit asalkan dilakukan dengan langkah tepat dan penuh kesabaran. Penggunaan strategi baru memang tidak mudah, butuh bantuan semua pihak dalam perusahaan untuk mewujudkannya. Namun, yang paling utama adalah Anda sebagai pemimpin, bagaimana mengarahkan karyawan atau staf untuk melakukan pemulihan bisnis.

Pemulihan bisnis yang hampir bangkrut memang bukan perkara mudah, bahkan lebih sulit daripada memulai usaha itu sendiri. Banyak pelaku usaha gagal dalam hal ini karena tidak benar-benar tahu cara melakukannya. Agar bisa berhasil yang paling utama adalah mengakui bahwa keadaan bisnis Anda kurang baik, kemudian melakukan introspeksi diri, ketahui permasalahan dan cari solusi. Kemudian jangan ragu meminta bantuan pihak ketiga atau konsultan saat memulihkan usaha. Perlu waktu dan kesabaran untuk membalikkan keadaan, juga kemampuan sebagai pemimpin yang baik. Jika sudah mengetahui bagaimana cara menghindari kebangkrutan usaha, maka akan mudah kembali melejitkan pendapatan bisnis Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: