Penyebab Pencemaran Lingkungan, Faktor Penyebab dan Dampaknya

√15 Penyebab Pencemaran Lingkungan, Faktor Penyebab dan Dampaknya

Baca cepat

Penyebab Pencemaran Lingkungan, Faktor Penyebab dan Dampaknya

Penyebab Pencemaran Lingkungan, Faktor Penyebab dan Dampaknya
Penyebab Pencemaran Lingkungan, Faktor Penyebab dan Dampaknya

Bumi semakin hari semakin tua, hal ini karena ulah manusia yang menjadi faktor penyebab pencemaran lingkungan. Pencemaran yang terjadi membuat bumi semakin tua setiap harinya.

Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena aktivitas manusia yang terlalu berlebihan pada lingkungan. Sehingga membuat bumi menjadi rentan dan tidak segar kembali.

Kadang kala manusia menjadi tidak sadar bahwa apa yang telah dilakukannya merupakan sesuatu yang bisa membahayakan ekosistem. Tidak memperdulikan kesehatan bumi dan hanya memikirkan kesejahteraan pribadi.

Contoh kecil kebiasaan yang paling sulit diubah adalah membuang sampah pada tempatnya. Aktivitas ini merupakan kebiasaan baik yang bisa membantu menjaga lingkungan.

Pengertian Dari Pencemaran Lingkungan Wajib Diketahui

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai penyebab pencemaran lingkungan sebelum itu mari pahami pengertiannya. Dengan mengetahui pengertiannya, akan mempermudah dalam mengetahui hal lain yang ada didalamnya.

Pengertian dari pencemaran lingkungan adalah sesuatu yang dilakukan sengaja atau tidak sengaja, sehingga masuklah sebuah hal baru baik itu mahluk hidup, zat atau berbagai komponen lainnya kedalam sebuah lingkungan.

Proses tersebut bisa menyebabkan adanya perubahan dalam tatanan lingkungan. Hal ini bisa terjadi oleh berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia, ataupun proses alami alam semesta.

Karena dua faktor tersebut, sehingga membuat tatanan bumi atau lingkungan menjadi tidak stabil dan menyebabkan adanya penurunan fungsi dari lingkungan itu sendiri.

Penyebab Adanya Pencemaran Lingkungan

Setelah mengetahui pengertiannya, tentu saat ini sudah lebih mengetahui bahwa kadang kala yang terjadi pada lingkungan itu merupakan tanggung jawab manusia secara alami.

penyebab pencemaran lingkungan bisa terjadi karena ada beberapa faktor penyebabnya. Ini semua terjadi bukan tanpa alasan, diantaranya karena polisi udara, air, tanah dan lain sebagainya.

  1. Polusi Udara

Penyebab terjadinya pencemaran pada lingkungan pertama karena faktor dari polusi udara. Ini merupakan contoh paling dasar yang menjadi pemicu dari pencemaran sejenis ini.

Namun tidak sedikit orang yang sadar bahwa aktivitas yang dilakukannya bisa menyebabkan lingkungan menjadi tercemar. Setidaknya ada berbagai aktivitas manusia dapat mempengaruhi lingkungan udara sehat.

Baca Artikel Lainnya :  √15 Fungsi Hutan Mangrove dan Persebaran Wilayah Hutannya

Salah satunya disebabkan oleh bahan bakar pada kendaraan. Ini merupakan sebuah penyebab pencemaran lingkungan polusi udara paling sering ditemukan. Namun tidak semua orang sadar mengenai hal tersebut.

  1. Polusi Air

Tak kalah penting, faktor penyebab terjadinya pencemaran juga bisa disebabkan oleh faktor polusi air. Polusi air bisa dialami oleh kalangan manapun, khususnya bagi tempat yang sulit mendapatkan air bersih.

Untuk menemukan air bersih sulit, Mengapa? Karena diberbagai daerah khususnya kota-kota besar sudah sangat sulit menemukan sungai bersih yang mengalir.

Hampir seluruh air yang ada didalamnya sudah tercemar dengan sampah. Sehingga sungai yang seharusnya menjadi tempat habitat ikan, menjadi semakin sulit untuk ditemukan.

  1. Polusi Tanah

Faktor penyebab pencemaran lingkungan selanjutnya adalah karena polusi tanah. Ini juga menjadi sebuah pemicu terjadinya pencemaran pada lingkungan.

Ada banyak aktivitas manusia yang tanpa disadari bisa menyebabkan terjadinya polusi tersebut. misalnya karena penggunaan pestisida berlebihan pada tanah.

Kemudian juga bisa terjadi karena banyaknya sampah-sampah hasil limbah pabrik industry, pertambangan dan lain sebagainya yang membuat pencemaran tersebut.

Selain itu pencemaran ini juga bisa terjadi karena banyaknya oknum-oknum yang melakukan penebangan kayu secara liar. Dengan penebangan tersebut bisa membuat terjadinya hutan gundul sehingga memicu polusi tanah.

  1. Polusi Suara

Penyebab pencemaran lingkungan berikutnya terjadi karena polusi suara. Polusi jenis ini dianggap paling menganggu karena tidak hanya menganggu lingkungan dan terlihat oleh mata.

Namun polusi satu ini lebih membuat orang menjadi tidak nyaman, yang menjadi faktor pemicu gangguan pendengaran, setres, dan berbagai gangguan psikologis lainnya.

Sumber-sumber suara itu berasal dari berbagai hal. Salah satunya disebaban oleh kegiatan limbah pabrik yang menggunakan mesin berat dengan suara yang sangat kuat.

Masih ada banyak faktor lainnya yang menyebabkan terjadinya perusakan pada lingkungan, misalnya karena polusi cahaya, radioaktif dan lain sebagainya.

Dampak dari Pencemaran Lingkungan

Dengan adanya oknum yang melakukan sehingga terjadilah penyebab pencemaran lingkungan. Tentunya hal tersebut memiliki sebuah dampak yang serius bagi kehidupan manusia.

Berdasarkan dampak tersebut menjadikan seseorang wajib melakukan penjagaan pada lingkungan. Karena jika bumi sudah semakin tua, maka manusia akan tinggal dimana?

Terlebih jika melihat keadaan yang terjadi, banyaknya aktivitas buruk yang dilakukan manusia, sehingga menjaga lingkungan sangat perlu agar tidak ada lagi gangguan pada lingkungan yang menyebabkan lingkungan menjadi lebih buruk.

  1. Udara menjadi tidak sehat

Dampak dari pencemaran lingkungan pertama itu bisa menyebabkan udara menjadi tidak sehat. Berdasarkan faktor penyebab pencemaran lingkungan yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak heran jika membaut udara menjadi tidak sehat.

Baca Artikel Lainnya :  √15 Potensi Terumbu Karang Indonesia dan Larangan Mengambilnya

Terlebih dengan adanya banyak kendaraan maka semakin banyak CO2 yang dihasilkan. Dengan udara yang tidak sehat kemudian dihirup itu bisa menimbulkan sebuah penyakit tertentu.

Apabila jarak tempuh yang diperlukan dekat sebaiknya menggunakan kendaraan umum atau berjalan kaki saja, karena Ini sangat membantu agar udara yang dihidup tetap sehat dan terbebas dari berbagai penyakit.

  1. Pemanasan global

Dampak berikutnya yakni bisa menyebabkan pemanasan global. Hal ini sudah banyak diketahui oleh berbagai kalangan masyarakat bahwa penyebab pencemaran lingkungan itu bisa berdampak pemicu pemanasan global.

Akan tetapi meskipun sudah sering mendengar, aktivitas yang menyebabkan pemicu dari kegiatan ini tetap dilakukan. Efek rumah kaca, pencemaran akibat banyaknya CO2 juga pemicu utamanya.

Dengan adanya pemanasan global ini sehingga membuat suhu pada bumi semakin memanas setiap tahunnya. Oleh karena itu sebaiknya menjaga lingkungan.

  1. Gangguan Suara

Dampak dari pencemaran ini juga terjadi akibat sehingga menyebabkan gangguan kesejahteraan bagi seseorang. Dengan mendengar suara bising oleh kalangan atau kelompok tertentu, tidak heran jika membuat merasa terganggu.

Dengan penyebab pencemaran lingkungan polusi suara maka menyebakan adanya gangguan suara. Gangguan sejenis itu sangat mengganggu bagi sebagian orang.

Gangguan tersebut bisa mengurangi efektivitas waktu tidur seseorang.

Selain mengganggu aktivitas tidur juga bisa menyebabkan menurunnya efektivitas dalam perkembangan sang buah hati. Karena adanya banyak suara mengganggu, terlebih anak-anak tidak mengetahui banyak suara lainnya.

Selain pada anak-anak ini juga berbahaya bagi orang dewasa karena bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti tekanan dan detak jantung dapat memompa lebih cepat.

  1. Dampak Yang Dihasilkan Dari Polusi Tanah

Dampak terakhir disebabkan oleh berbagai polusi pada lingkungan yakni berasa dari tanah. Dengan melakukan aktivitas yang dapat menganggu ekosistem seperti penebangan hutan sembarangan atau pembuangan limbah pabrik yang tidak perlu.

Kedua aktivitas tersebut menjadi pemicu adanya polusi tanah. Oleh karena itu sebagai sesame umat manusia wajib menjaga lingkungan agar lebih efektif lagi.

Dengan lingkungan yang efektif sehingga bisa menciptakan suasana menjadi nyaman dan aman. Oleh sebab itu sudah waktunya untuk menjaganya agar tidak adalagi penyebab pencemaran lingkungan perlu diketahui.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: