Pengertian Pemanasan Global dan Akibatnya Pada Kehidupan

√15 Pengertian Pemanasan Global dan Akibatnya Pada Kehidupan

Baca cepat

Pengertian Pemanasan Global dan Akibatnya Pada Kehidupan

Pengertian Pemanasan Global dan Akibatnya Pada Kehidupan
Pengertian Pemanasan Global dan Akibatnya Pada Kehidupan

Pengertian pemanasan global seringkali disangkutpautkan dengan perubahan iklim, dan cuaca yang kadang membingungkan. Jika dilihat secara sekilas semuanya hampir mirip, tapi sebenarnya ketiga hal itu merujuk pada peristiwa yang berbeda.

Cuaca mengacu pada kondisi atmosfer yang terjadi secara lokal selama periode waktu singkat hanya menit, jam, atau hari. Contoh umumnya adalah hujan, salju, awan, angina, banjir, atau bahkan badai petir.

Sedangkan iklim mengacu pada rata-rata suhu, kelembaban, dan pola curah hujan secara global maupun regional. Selain itu, jangka waktu baik panjang maupun pendek selama musim tertentu, tahun, atau decade tertentu.

Pengertian pemanasan global merupakan suhu panas jangka panjang pada sistem iklim bumi. Hal ini dikarenakan adanya aktivitas manusia, terutama pembakaran bahan bakar fosil yang akhirnya meningkatkan gas dari rumah kaca.

Istilah ini sering kali digunakan secara bergantian dengan istilah perubahan iklim, meskipun mengacu pada pemanasan yang dihasilkan manusia dan alami. Efeknya pada planet tempat tinggal adalah kenaikan suhu permukaan bumi.

Sejak masa pra-industri, aktivitas manusia diperkirakan telah membawa suhu rata-rata bumi sekitar 1 derajat per dekadenya. Tidak diragukan lagi bahwa pengaruh manusia telah berhasil meningkatkan panas lautan dan daratan.

Deskripsi serta Pengertian Pemanasan Global

Global warming atau pemanasan suhu merupakan salah satu aspek dari perubahan iklim. Hal ini mengacu pada kenaikan suhu terutama karena meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer.

Gletser mencair, permukaan laut naik, hutan awan mati, dan satwa liar berebut untuk mengimbangi keadaan tersebut. Salah satu kota yakni Verkhoyansk pada wilayah Siberia mengalami suhu hingga 38 derajat celcius.

Suhunya menjadi suhu tertinggi sepanjang sejarah wilayah Artik. Padahal sebelumnya, suhu paling tinggi di wilayah tersebut hanya berkisar 37 derajat celcius. Hal itu merupakan bagian dari pengertian pemanasan global.

Mungkin Anda memiliki pemahaman lainnya, misalnya seperti ketidakseimbangan ekosistem di bumi akibat terjadinya proses peningkatan suhu atmosfer rata-ratanya. Suhu rata-rata pada permukaannya meningkat hingga 0.74 ± 0,18 °C.

Perubahan iklim mempengaruhi semua wilayah di seluruh dunia. Di beberapa kejadian, cuaca ekstrim dan curah hujan menjadi lebih umum sementara yang lain mengalami gelombang panas.

Baca Artikel Lainnya :  √15 Perubahan Iklim Global Menyebabkan Kepunahan Manusia di 2070

Melihat pengertian pemanasan global terjadi secara bertahap di permukaan bumi, lautan, atmosfer. Nampaknya, ini sudah menjadi konsekuensi yang harus dirasakan oleh manusia atas perbuatannya serta kebiasaan buruknya tersebut.

Menurut penilaian iklim nasional, pengaruh manusia memang menjadi penyebab nomor satu dari pemanasan secara global. Terutama pada faktor karbon yang manusia sebabkan dari membakar bahan bakar fosil dan penangkapan polusinya.

Serba-Serbi Gas Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global

Gas-gas yang memerangkap panas di atmosfer disebut sebagai gas rumah kaca. Pada bagian ini, Anda akan mempelajari berbagai hal mengenai emisi serta pembuangan gas dari rumah kaca.

Seperti diketahui bahwa pengertian pemanasan global masih memiliki sangkut-paut dengan efek rumah kaca. Gas-gas yang dipancarkan sebagai efek rumah kaca merupakan gas berluorinasi seperti hidrofluorokarbon, sulfur heksafluorida, dan nitrogen trifluorida.

Gas-gas tersebut terpantul dari adanya kegiatan serta proses industri terutama di perkotaan besar. Kadang-kadang gas tersebut digunakan sebagai zat perusak ozon stratosfer seperti klorofluorokarbon, hidroklorofluorokarbon, dan halon.

Seberapa besar pengaruh suatu gas terhadap pemanasan global sangat bergantung pada tiga faktor utama. Pertama adalah, jumlah dari atmosfer, masa hidup, serta seberapa efektifnya mampu memerangkap suhu panas bumi.

Ini menjadi potensi dari pengertian pemanasan global atau GWP, ukuran energi total yang mampu diserap gas selama beberapa waktu tertentu. Radiative forcing (RF) merupakan cara lain untuk mengukur gasnya.

Radiative forcing mengukur perbedaan antara berapa banyak energi matahari yang diserap oleh bumi dan dilepaskan kembali ke luar angkasa. Ini merupakan akibat dari salah satu penggerak iklim dengan nilai positif.

Dari situ, efek pemanasan di planet ini memiliki dampak negatif. Sejak dimulainya resolusi industri serta kemunculan mesin uap bertenaga batu bara, aktivitas manusia menjadi meningkat sehingga volume gasnya bertambah.

Akibat dari Pemanasan dan Peningkatan Suhu secara Global

Dari pengertian pemanasan global bisa disimpulkan apa saja yang menjadi dampak atau akibatnya. Akibat yang ditimbulkan dari peristiwa atau kondisi tersebut tentu sangat berbahaya serta merugikan kehidupan manusia.

Hingga saat ini, isu global warming masih jadi topik perbincangan hangat banyak orang terutama mengenai dampaknya. Untuk itu, sudah Kami rangkum apa-apa saja yang menjadi akibat dari peristiwa global warming.

1.     Tergerusnya Kehidupan Es Kutub

Dampak paling utama dan bisa dilihat secara langsung adalah kehidupan kutub mulai menghilang. Bisa Anda lihat dari es mulai mencair hingga banyaknya hewan khas kutub yang mulai mengalami kepunahan.

Baca Artikel Lainnya :  Pengertian Tsunami | Proses, Dampak & Mitigasinya

2.     Gawat Air Bersih

Mungkin jika dilihat dari pengertian pemanasan global, ini tidak ada sangkut-pautnya. Tapi, global warming ternyata membuat ketersediaan air bersih menjadi berkurang, ini dikarenakan terjadinya penguapan terus menerus.

3.     Kebakaran Jantung Bumi

Seperti diketahui bahwa global warming merupakan terjadinya peningkatan suhu yang sangat tinggi. Ini merupakan salah satu pemicu dari kebakaran hutan. Jika bumi kehilangan hutannya, akan ada banyak bencana alam terjadi.

4.     Hujan  Asam Tinggi dan Kemunculan Kabut Asap

Hujan asam tinggi dan kemunculan kabut asap menjadi penanda bahwa global warming sudah terjadi. Kabut asap ini timbul akibat kebakaran hutan hingga akhirnya berdampak bagi kesehatan serta kelangsungan hidup manusia.

5.     Kepunahan Hewan di Bumi

Pengertian pemanasan global yakni peningkatan suhu, di mana pada hal ini sangat berpengaruh bagi tempat tinggal hewan. Hewan yang kehilangan tempat tinggalnya akan ikut punah akibat perubahan iklim ekstrim.

Proses Hingga Terjadinya Pemanasan Global

Global warming akibat pancaran atau radiasi terus menerus dari matahari hingga gas pada atmosfer mulai menghilang. Padahal, atmosfer bumi terdiri dari 78% N, 21% O, dan 1% gas lainnya.

Sebagian dari gas tersebut disebut dengan gas rumah kaca yakni uap air, karbon dioksida, ozon, metana, dinitrogen oksida. Gas tersebutlah yang bertugas melindungi, bekerja sebagai selimut bumi.

Gas rumah kaca ini semakin menebal hingga tidak tertahan lagi dan akhirnya menjadi global warming. Perlu diketahui bumi semakin panas 1,1 derajat celcius dibandingkan sebelum adanya revolusi industri di abad-18.

Setelah mengetahui pengertian pemanasan global, Anda juga harus mengerti bagaimana proses terjadinya kondisi tersebut. Dengan mengetahui kedua hal tersebut, Anda mungkin bisa menemukan bagaimana cara mengatasinya.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa global warming merupakan dampak aktivitas manusia modern, mulai dari industri, kendaraan, dan lainnya. Berbagai aktivitas manusia sekarang juga menimbulkan panas dan asap.

Hal itu membuat gas rumah kaca di atmosfer meningkat, gasnya menangkap panas dari pantulan bumi. Ini membuat suhu panas tidak bisa melewati penjagaannya tersebut untuk diteruskan ke luar angkasa.

Hingga akhirnya gas tersebut dipantulkan lagi ke bumi dan akhirnya membuat suhu semakin panas. Dan berdampak pada lingkungan, hewan, dan manusia di muka bumi ini.

Aktivitas manusia di zaman modern seperti ini memang telah berkembang baik jika dibandingkan dengan sebelumnya. Tapi, aktivitasnya menimbulkan berbagai hal buruk bagi kehidupan manusia, seperti pada pengertian pemanasan global.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: