Categories
Pendidikan

Fakta Karakter Anak Pertama yang Wajib Kamu Tahu

Karakter anak pertama -Diakui atau tidak, urutan kelahiran ternyata mempengaruhi karakter seseorang.

Karakter anak pertama akan berbeda dengan karakter anak kedua. Begitupun Karakter anak kedua dan ketiga.

Karakter yang dimaksud berkaitan dengan tanggung jawab, kepedulian, kepemimpinan dan kadang juga kecerdasan.

Pertanyaannya, kok bisa urutan kelahiran mempengaruhi karakter seseorang? Jadi seperti ini, sebenarnya karakter lebih dipengaruhi oleh pembawaan sejak dalam kandungan atau yang kita sebut watak. Urutan kelahiran mempengaruhi dalam hal pembentukan, pembiasaan dan juga perlakuan-perlakuan orang tua dan orang sekitar yang ia dapatkan.

Belum ada pengalaman orang tua kita mengurus anak, tidak punya kakak untuk berbagi masalah dan juga tuntutan yang diberikan kadang membuat image ‘menjadi anak pertama adalah hal buruk’.

Namun sebenarnya, tahukah kamu? banyak anak pertama yang sukses dan menjadi orang penting seperti George W Bush & Bill Clinton.

So, kali ini aku akan bahas beberapa karakter unik anak pertama yang akan mematahkan anggapan kamu kalau ” menjadi anak pertama adalah hal buruk”. Apa saja?

Mempunyai IQ Lebih

Gambar oleh Jackie Ramirez dari Pixabay : Anak pertama rata rata memiliki IQ yang tinggi.

Nggak nyangka kan? Adalah hasil dari sebuah penelitian yang mengatakan bahwa anak pertama/sulung cenderung mempunyai performa yang lebih bagus dibanding saudaranya. Rata rata memliki IQ yang lebih tinggi dan pintar.

Coba deh tanya teman teman kamu yang juara kelas, anak pertama bukan? hehehe

Mandiri, Praktis dan Simpel

Menjadi anak pertama harus siap dikesampingkan. Orang tua akan lebih banyak mengurus adik-adiknya dan urusan lain yang semakin banyak seiring bertambahnya anggota keluarga. Efeknya mereka akan terbiasa mengurus semuanya sendiri.

Orientasi untuk memenuhi tuntutan orang disekitar membuat anak pertama kurang suka dibebani hal-hal yang rumit. Mereka akan membentuk diri mereka menjadi pribadi se-praktis mungkin dan simpel.

Pengambil Keputusan yang Baik

Karakter ini masih berkaitan dengan point kedua. Kemandirian akan membuat anak pertama baik dalam hal mengambil keputusan bagi dirinya. Kecerdasan juga akan mempengaruhi kualitas keputusan yang diambil.

Kelebihan ini pula yang membuat anak pertama sering diikutkan dalam diskusi keluarga.

Tough Fighter

Tipe pejuang pantang menyerah. Anak pertama sejati akan menyadari sepenuhnya bahwa hidup mereka kedepan akan lebih sulit dibanding adik-adiknya.

Hal ini tentu karena ia adalah percobaan pertama dalam keluarga. Entah itu tentang pendidikan, pekerjaan dan karir. Sehingga sebisa mungkin mereka tidak gagal dan juga sebisa mungkin ia menempatkan diri untuk patut dicontoh oleh saudaranya.

Pribadi yang Care

Gambar oleh mengyan wang dari Pixabay : Anak pertama dikenal pribadi yang care.

Kalau dilihat secara kasat mata memang kelihatannya kerja anak pertama hanya menyuruh-nyuruh adiknya. Namun, sebenarnya dalam hati terdalam mereka mempunyai kepedulian yang tinggi.

Coba kamu tanya hal apa yang dikhawatirkan seorang kakak kepada adiknya. Pasti akan banyak point akan disebutkan seperti : takut adiknya ikut pergaulan bebas, salah berteman, tidak masuk satu sekolah dengan dia kelak dan banyak lagi. Mereka juga sangat takut kehilangan adiknya jika kelak mereka besar dan punya kehidupan sendiri.

Diam-Diam Kreatif

Gambar oleh Prashant Sharma dari Pixabay: fakta tersembunyi anak pertama salah satunya kreatif.

Pasti banyak dari kalian yang menyangkal hal ini. Sifat kreatif bisa saja dimiliki oleh orang intuiting misalnya, dan mereka bukan anak pertama. Nah disini kita harus ingat bahwa anak pertama terbiasa mengerjakan segala sesuatu sendiri, memikirkan kehidupan sendiri. hal itulah yang menyebabkan anak pertama kreatif dalam menghadapi berbagi permasalahan.

Bijak Ketika Ngambek

Gambar oleh Esi Grünhagen dari Pixabay: masalah membuat anak pertama introspeksi diri

Dalam keluarga tak jarang ada yang saling berselisih. Hal ini umum di semua keluarga. Perselisihan terkadang membuat kita sampai membentak atau bahkan merusak barang. Uniknya, hal ini tidaklah berlaku untuk anak pertama.

Saat marah, anak pertama akan melampiaskan emosinya dengan berdiam diri. Diamnya anak pertama adalah untuk merenung dan instropeksi. Bagi mereka marah dengan berteriak dan merusak barang hanyalah perbuatan yang tak berfaedah. Ingat ya mereka adalah pribadi simpel dan praktis.

Terbiasa Rajin

Gambar oleh Jill Wellington dari Pixabay: saat kecil anak pertama sering membantu pekerjaan rumah.

Karakter anak pertama yang unik selanjutnya adalah terbiasa rajin. Hal ini mungkin terjadi karena anak pertama terbiasa mendapat tanggungjawab dari orang tuanya sehingga membuatnya terbiasa rajin.

Kebiasaan rajin ini akan terbawa dalam kepribadian mereka sampai ketika hidup bermasyarakat.

Menjadi Andalan Orang di Sekitarnya

lagi-lagi point ini berhubungan dengan beberapa point diatas.

Anak pertama yang mempunyai sifat peduli, pengambil keputusan yang baik dan juga kreatif dibanyak kesempatan sukses membuat banyak orang percaya akan krmampuan mereka. Imbasnya banyak anak pertama yang menjadi andalan di setiap permasalahan yang muncul.

Keras Namun Melankolis

Siapa yang menyangka kakak kalian yang selalu terlihat tegar ternyata suka menagis ketika tak tahan lagi menghadapi permasalahannya? sangat mungkin kalian tidak menyangkanya. Iya, karena mereka tak pernah memperlihatkan tangisannya. Kondisi yang selalu kalian tahu bahwasanya dia kuat, tegar, populer dan idaman.

Melankolis atau berhati lembut adalah sisi paling tersembunyi dari karakter anak pertama yang jarang diketahui orang. Karena memang mereka selalu menyembunyikannya. Mereka menganggap hal itu adalah kelemahan dan berharap jangan ada orang yang mengetahuinya.

Suka Belajar

Gambar oleh khamkhor dari Pixabay : anak pertama mempunyai kecintaan lebih terhadapa kegiatan belajar.

Anak pertama kebanyakan memang dilahirkan sebagai seorang pembelajar alami. Mereka belajar secara otodidak tentang hidup dan dunia. Informasi itu lalu disimpan dalam otak dan terkumpul sebagai pengetahuan yang utuh. Itulah mengapa banyak anak pertama yang masuk kategori cerdas.

Jarang Terlibat Dalam Kenakalan Remaja

Beberapa kali sudah disinggung, bahwasanya anak pertama mempunyai beberapa point positif yang menjadikan kebanyakan dari mereka masuk dalam daftar orang-orang baik.

Sebuah study menyimpulkan bahwa kecil kemungkinan anak pertama terlibat dalam perbuatan kriminal dan juga kenakalan remaja seperti narkoba, seks bebas dan minuman keras.

Memang tidak semuanya seperti itu, jadi untuk anak tengah dan bungsu jangan merasa terpojokkan ya… hehehe ada kog anak pertama yang sedikit bandel :v

So Serious

Gambar oleh truthseeker08 dari Pixabay: anak pertama serius saat dibutuhkan.

Nah ini adalah point terkahir dari karakter unik anak pertama.

Sudah menjadi rahasia umum, anak pertama pembawaannya memang serius. Serius disini bukan berati mereka tidak bisa tertawa sama sekali. serius saat menghadapi sebuah persoalan atau tugas, tentunya karakter ini memang harus dimiliki semua orang juga kan.

Anak pertama terkadang lebih menyukai guyonan yang berbobot. Mereka bahkan tidak tertawa terhadap hal yang dianggap lucu oleh orang lain. Sebaliknya akan tertawa terbahak-bahak untuk suatu hal yang receh dan bisa dibilang kurang pantas ditertawakan. Hmm intinya seperti itu.

Benar kan? Menjadi anak pertama bukanlah sebuah hal yang buruk, atau beberapa orang menyebutnya sebagai kutukan.

Pastinya Allah sudah mempunyai skenario indah dibalik penempatan urutan kelahiran kamu.

Secara kasat mata kamu juga akan terbentuk dengan karakter-karakter positif dan unik seperti dijelaskan diatas.

So, apapun itu pastikan kita selalu mengambil hikmah sebelum banyak menggerutu ya. Selamat malam, salam anak pertama! 🙂

Categories
Pendidikan

10 Jajanan SD Paling Melegenda Sepanjang Masa

Ketika kita mengingat masa-masa sekolah, pasti ingatan kita juga akan nyantol yang namanya jajanan SD. Jajanan SD masih eksis sampai sekarang, bahkan banyak yang sudah dikreasikan menjadi waralaba yang mempunyai omzet jutaan rupiah.

Jajanan sendiri berarti panganan yang dijajakan. Panganan yang dimaksud bisa berarti kue, permen, es dan juga makanan ringan lainnya. Jajanan ini biasanya dijajakan di sekolah atau berkeliling komplek dan merupakan favorit anak SD di zamannya.

Kini, walaupun zaman sudah berubah dan foodstreet menjamur dimana-mana nyatanya jajanan SD masih mengena di benak kita. Tak jarang ketika berpapasan dengan si abang penjualnya kita tak ragu untuk membeli sekedar mengobati rindu.

Kali ini kita akan bahas jajanan-jajanan SD yang melegenda dan membuat kamu kangen. Eits, kalau kangen jangan dipendam ya, ayo sama-sama kita bantu up perekonomian para pejuang nafkah halal ini. Setuju?

Gurihnya Sang Telur Gulung

Jajanan SD satu ini memang sangat legend. Terbuat dari bahan yang sangat simpel yaitu telur yang dicampur garam, merica dan penyedap rasa. Keunikan makanan ini terletak pada cara pengolahannya.

Pertama telur akan di kocok dan dicampur bumbu, setelah itu dengan teknik yang unik telur dituang dari ketinggian tertentu ke atas wajan, penuangan dari jarak tinggi akan membuat telur menyebar merata ke seluruh sisi wajan. Setelah itu, dengan cepat telur lalu digulung menggunakan tusuk sate.

Dengan cara memasak seperti diatas, telur akan mempunyai tekstur seperti jaring laba-laba. Sangat nikmat disantap saat masih hangat dengan tambahan saos dan mayo. Sedap…

Jajanan Paling Nyeni : Rambut Nenek (Arbanat)

Seperti pada umumya anak kecil, pasti kita dulu juga suka makanan yang manis-manis seperti halnya permen.

Namun kali ini ada permen tapi bukan permen. Inilah yang namanya rambut nenek atau kadang di beberapa daerah disebut juga arbanat.

Rambut nenek seperti namanya mempunyai bentuk seperti rambut yang acak-acakan. Rasanya manis terbuat dari gula dan tepung yang dipanaskan lalu ditarik tarik sampai menjadi helaian benang gula yang lembut.

Rambut nenek umumnya berwarna merah muda, penambahan warna dilakukan untuk menambah daya tarik.

Penjual rambut nenek/arbanat pasti membawa semacam biola yang khas dan juga memainkan lagu dengan intonasi yang pakem secara turun temurun untuk membranding diri dan juga supaya tidak dikira pengamen hehehe.

Es Wawan, Segar dan Gurih

Dulu dengan seribu rupiah kamu sudah akan mendapat satu buah es wawan yang segar ini. Selain dijual di sekolah, es wawan juga dijual saat ada event seperti dalam bazaar, car free day dan juga pasar malam.

Yang menarik dari jajanan SD ini adalah bentuknya yang konsisten yaitu bulat lonjong dengan sekat ditengahnya.

Box sterofoam nya pun juga sangat melegenda, gambar kurcaci dengan warna dominan merah.

Sekarang, es wawan sudah banyak yang dikreasikan. Ada rasa strawberry, anggur, melon, durian, es kopyor dst. Tapi kalau menurut aku paling enak tetap es wawan yang autentik rasa original susu putih. Susunya gurih banget.

Jajanan Pentol yang Membumi

Pentol adalah brand nasional untuk jajanan bulat terbuat dari tepung tapioka, terigu dan tambahan daging, di tambah saos tomat atau sambal kacang yang sedap.

Dari beberapa jajanan diatas, pentol merupakan yang paling banyak jenisnya seperti misalnya cilok, cilot, cimol, dan cilor.

Sekarang pentol juga di kembangkan menjadi paket waralaba dengan menambah variasi seperti pentol gila, pentol mozarela, pentol isi telur, pentol kerikil dan masih banyak lagi.

Sepertinya di seluruh Indonesia kita akan menemukan makanan ini, namun mungkin namanya saja yang berbeda. Pentol adalah jajanan yang tidak memandang umur. Hal ini juga salah satu alasan mengapa banyak pedagang pentol.

Kebanyakan para abang pentol menjajakan dagangannya menggunakan motor, berbeda di masalalu masih naik sepeda sambil membawa semacam terompet yang berbunyi khas seperti “tulit tulit”. Bahkan, kini penjual pentol modern sudah banyak yang diam ditempat dan memilih membeli booth lalu membrandingnya dengan menarik.

Jelly Telur Segar dan Mengenyangkan

Kalau yang ini paling enak disantap saat hari panas. Bukan jenis minuman tapi segar dan membuat perut langsung dingin. Ditambah rasanya yang manis dan banyak rasa. Dijamin kalau sudah menyatapnya kamu akan sulit berhenti.

Jelly telur unik karena bentuknya yang tidak umum seperti jelly. Dicetak dalam lubang lubang dari dua cetakan yang digabungkan sehingga menciptakan bentuk telur.

Cara makannya pun juga tergolong aneh, karena harus di tusuk dengan tusuk gigi.

Si Renyah Kue Leker

Masa kecil kamu belum lengkap kalau belum mencoba jajanan unik ini.

Ya, kue leker adalah kue dengan bentuk kerupuk. Disebut kue karena bahannya memang mirip mirip kue, disebut kerupuk karena bentuknya lebar dan renyah. Jadi, jajanan ini sebenarnya masih ambigu hehehe

Sama seperti jajanan unik lainnya, kue leker juga dimasak dengan cara unik.

Memasaknya menggunakan wajan datar bulat, adonan lalu dituang setelah itu diratakan dengan menggunakan sebuah stik. Sebelum leker benar-benar kering langsung secepat mungkin diberi topping seperti susu, mesis, selai dan juga potongan buah.

Maskot Jajanan SD: Mie Lidi

Banyak orang tua dulu melarang anaknya untuk mengkonsumsi mie lidi dikarenakan banyak mengandung pewarna pada bumbunya. Meskipun dilarang banyak dari kita yang sembunyi sembunyi nekad beli ke warung sebelah-kan? hehehe

Sensasi makan mie lidi adalah suaranya yang kriuk kriuk dan juga bentuknya yang unik. Tak jarang karena bentuknya yang lancip dan tajam, si mie lidi masuk ke dalam gigi yang berlubang. wkwkwk auto mringis

Si Manis Kue Putu

Saat mendengar nama ini disebut, yang terbayang pasti aroma pandan yang sedap dan juga suara khas dari uap dandang putu yang keluar seperti suara “ngiikkk”

Jajanan putu memang paling juara disantap saat hari hujan di sore hari. Gurihnya ketan dipadu parutan kelapa ditambah manis legitnya gula merah adalah paduan sempurna dari keramahan rasa kuliner indonesia. Asik :v

Penjual putu ada dua jenis, dipanggul dengan bahu dan ada pula yang sudah memakai sepeda. Biasanya penjual putu juga berjualan klepon dan cenil.

Martabak Telur Lambang Jajanan Sehat

Si mungil nan gurih ini termasuk jajaran makanan sehat. Martabak telur mengandung karbohidrat dari tepung, protein dari telur, berbagai macam vitamin dari kol, wortel, seledri dan daun bawang. Jadi beberapa emak dulu masih toleransi kalau anaknya jajan ini.

Martabak telur juga banyak berkembang saat ini. Ada banyak tambahan isi seperti mie, bihun, sosis, ayam cincang dan lainnya. Martabak paling enak disantap bersamaan dengan saos dan juga mayonise.

Itulah dia beberapa jajanan SD yang melegenda dan nikmat laur biasa karena memiliki nilai historis di masa lalu. Semoga aneka jajanan Kita tetap lestari dan dapat dikembangkan sehingga menambah khasanah kuliner negeri ini. Amin

Categories
Pendidikan

Absurd! Kelakuan Anak SMA yang Bikin Geleng Kepala

Masa sekolah SMA mungkin adalah jawaban paling umum untuk pertanyaan masa-masa terindah dalam hidup kita. Banyak kejadian unik dan berkesan dimasa ini. Sangking manisnya kenangan masa SMA akan selalu teringat sampai tua dan ceritanya terus diulang ulang ketika reuni.

Selain manis, diakui atau tidak ternyata banyak kelakuan anak SMA yang masuk kategori absurd. Kepolosan dan sifat bandel disinyalir merupakan motif utama. Meskipun memang ada sedikit faktor gen, dimana manusia negeri +62 memang di desain Alloh dengan segala keunikan dan keajaiban hahaha.

Sebetulnya masa SMA adalah masa yang padatkarya. Namun akan beda urusannya ketika semua masalah, tugas dan tanggungjawab di serahkan sedangkan kita notabene belum siap. Jadi rasanya seperti gemas-gemas stres, bagaimana sih menjelaskannya? oiya kalang kabut hahaha.

Polos, sedikit bandel ditambah indikasi stres nah inilah kombinasi tepat yang pasti membuat kelakuan anak SMA kadang kadang diluar nalar :v

Mengenang masa SMA adalah salah satu self entertaiment yang membangkitkan mood. Dari sana kita juga akan mengingat kembali teman-teman dan guru kita.Tidak ada ruginya juga belajar dari kebodohan dimasa SMA untuk pembelajaran di masa depan.

Finally, inilah beberapa kelakuan absurd saat SMA yang pernah Aku dan teman-temanku lakukan dan mungkin juga kamu,versi diary dan riset Aku yang berkepanjangan :v

Izin ke Toilet Tapi….

Toilet Sekolah Adalah Tempat Terbaik untuk Menghindari Pelajaran

Sekolah seharusnya dihabiskan dengan belajar dikelas. Namun, entah alasan logis apa untuk kursi kelas yang semakin panas jika semakin lama di duduki, jadi rasanya ingin cepat berdiri dan menjauh sejauh-jauhnya saja.

Setidaknya, inilah alasan anak SMA sering izin ke toilet, tapi ujungnya plesir. Heem, dari toilet tancap gas ke kantin, lanjut stalking gebetan, mampir UKS tiduran. Bukan hanya itu, lebih panjang lagi kalau bertemu teman satu komplotan, kembali ke kelas auto sudah ganti pelajaran hahaha

Ketika Sekolah Seperti Rumah Sendiri

ketika hal ini terjadi, kamu tidak mau repot repot lagi membedakan PR (Pekerjaan Rumah) dan PS (Pekerjaan Sekolah). Secara, sekolah sudah kita anggap rumah sendiri. Pekerjaan rumah ya pekerjaan sekolah. Intinya waktu dikumpulkan ada sudah begitu saja. Masalah dikerjakan dimana urusan belakangan. Ada yang seperti ini?

Matematika, Ujian Hidup 2 x 60 Menit

Dari dulu tidak hanya di jenjang SMA, mata pelajaran matematika selalu dianggap sebagai momok yang menakutkan. Rasanya otak langsung otomatis mampet jika sudah berhadapan dengan limit, aljabar, sigma dan integral.

Bahkan, kelakuan anak SMA saat menghadapi ujian matematika bisa membuat kita terpingkal-pingkal. Bukan Hiperbola, tapi matematika memang lebih rumit dari bidang study lainnya. Its true Man!

Ada yang langsung pucat pasi horor, beberapa ada yang mendesis tidak jelas, ada juga yang hafalan rumus sambil jedotin kepala ke tembok (mungkin supaya rumusnya meresap sampai tengkorak :v). Pengecualian untuk yang dapat bocoran soal dari kelas sebelah. senyum terkembang sempurna, tapi langsung koprol pas ujian. Why? paketnya beda bos wkwkw

Surga Ke-Delapan, Sembilan dan Sepuluh

Bahagianya anak SMA itu sederhana. Ulangan ditunda, jam kosong atau pulang cepat. Silahkan diurutkan. Mana menurutmu yang paling layak berada diurutan tertinggi? pasti pulang cepat-kan?

Rutinitas memang membuat kita suntuk dan bete, apalagi ketika Hari Minggu yang seharusnya digunakan untuk libur, malah habis untuk mengerjakan tugas atau kerja kelompok. Jadi ya itu, waktu waktu luang tambahan akan sangat berati bagi kami. Auto Bahagia Tujuh Turunan.

Salah Tempat

Gambar oleh Pexels dari Pixabay :Repotnya Punya Pacar Satu Kelas

Satu hal lucu tapi manis yang banyak terjadi di masa SMA adalah naksir atau jadian dengan teman satu kelas. Pasti teman-teman kamu selalu usil. Ada saja ulah mereka supaya kalian tengsin, malu dan akhirnya putus hehehe. Eh, tapi mereka sebenarnya berniat baik loh supaya kalian fokus belajar dulu. Alah! Iri mah iya hahaha

Jadi, rasanya seperti salah tempat kalau pacaran sama teman satu kelas. Harus istikhoroh dulu. Ingat, Cobaannya besar.

Guru BK & Satpam Sekolah, Duet Maut Unbooster Mood

Gambar oleh Maura Barbulescu dari Pixabay : Guru BK adalah Pahlawan Kelulusan

Kamu yang ketika SMA termasuk tipe Bad Boy pasti paling anti sama dua orang ini. Rasanya mereka selalu ada saja ditempat ketika kamu bermasalah. Ada saja yang membuat kamu tercyduk mentah mentah. Entah itu ketika mau bolos, nongkrong ketika jam pelajaran, saat terlambat bahkan ikut turun lapangan ketika kamu berkelahi.

Lucunya, guru BK terkadang menjadi tukang cukur kedua kamu. Dengan style yang mereka namakan “anti mowhak-mowhak club” pasti sukses membuat kamu jadi bahan tertawaan sampai seminggu lamanya.

Namun, begitu ketika menjelang kelulusan guru BK adalah yang terdepan memperjuangkan masa depan kamu. Mengarahkan memilih jurusan kuliah, mencarikan lowongan kerja untuk yang belum bisa kuliah, menghibur ketika kamu ditolak universitas ini itu. Dari sini kamu pasti paham, sebenarnya betapa sayangnya mereka kepada kita. Tag dong orangnya .

Kelas Adalah Bukti Keanekaragaman Hayati

Gambar oleh Joseph Redfield Nino dari Pixabay : Bergamnya karakter Teman Satu Kelas

Dari sekian banyak jenis komunitas, kelas adalah salah satu yang paling komplek. Pasti ada saja makhluk seperti ini : si pengantuk, si sok cool, si receh, sang princess, para bandit, sampai si perfeksionis yang super pintar. Yang mereka ini adalah para dalang dan aktor kerusuhan kelas.

Dalang dan aktor ini pula yang membuat kelasmu menjadi semakin meriah. Ada saja kelakuannya untuk membuat kamu tertawa. Maka berterimakasihlah kepada Alloh telah menciptakan mereka dengan segala keragaman dan keunikan. 🙂

Bendahara Kelas Kejam?

Ada disini orang yang pas istirahat foya foya, tapi ketika ditagih kas kelas berkelit seribu alasan? mana orangnya? suruh taubat! hehehe. Kewajiban seharusnya didahulukan ya. Kan Kasihan bendaharanya nombokin terus. Lagipula, sebenarnya bendahara itu berusaha menjaga agar urusan keuangan kelas lancar, jadi kalau ada urusan mendadak tidak ada iuran mendadak. paham?

Kerja Kelompok, Ada yang Kerja Ada yang Berkelompok

Gambar oleh Ulrich Wechselberger dari Pixabay: Kerja Kelompok

Kelakuan lainnya yang bikin kesal adalah ketika mengerjakan tugas kelompok. ya benar sih mengerjakannya kelompok tapi sebenarnya yang mengejakan satu, lainnya cuma berkelompok. biar dikira kerja. Wah wah dasar Bambang…

Kelakuan Baik Anak SMA: Kreatif

Bijak memanfaatkan media yang ada untuk menyalurkan perasaan sedih dan senang. Berikut beberapa yang sering kamu temui.

3 kursi + tas = tempat tidur. Ada? banyak. Sangking tidak bisa menahan kantuk. Banyak dari kita yang memanfaatkan barang sekitar sebagai pengganti kasur. Pokoknya yang penting tidur, urusan pegal-pegal nomor sekianlah.

Penghapus papan adalah merk semir sepatu terbaik. Yes. I know.

Meja adalah media sosial terbaik untuk curhat saat guru sejarah bercerita. Pasti yang kamu tulis ” Ya alloh, dia sedang apa ya? Rindu #UYBP”. Untukmu Yang Berlesung Pipit. wkwkwk

Itulah beberapa Kelakuan anak SMA yang membuat kamu kangen dan ingin mengulanginya. Dari satu kelas yang sama, kini jadilah orang yang telah dewasa. Ada yang kelakuannya masih sama, ada pula yang berubah drastis. Lalu bagaimana dengan kamu?

Categories
Serba serbi

Jenis Permainan Tradisional yang Seru dan Sarat Makna

Jenis permainan tradisional- Jika Saya harus menyebutkan salah satu keajaiban dunia maka, lahir dan tumbuh di desa adalah sebuah keajaiban yang tak terperikan.

Bagian terpenting dari hidup di desa selain karena alamnya yang asri nan sejuk serta kekayaan hasil alam yang melimpah adalah beragamnya jenis permainan tradisional.

Begitu juga yang terjadi dulu di desa Saya. Permainan tradisional adalah kesenangan yang tiada bandingnya. Dari anak kecil sampai dewasa masih suka memainkan permainan ini.

Tidak hanya itu, diketahui bahwa permainan tradisional di setiap daerah Indonesia mempunyai karakteristik khas yang menunjukkan beragamnya sosial budaya. Mantul!

Namun, mirisnya di zaman sekarang permainan tradisional mulai ditinggalkan. Kalah sama gadget dan permainan elektronik lainnya seperti Play Station dan media sosial.

Padahal, berbagai jenis permainan tradisional mempunyai manfaat yang penting.

Beberapa manfaat itu diantaranya :

  • melatih motorik,
  • melatih hidup sosial,
  • mengasah kepekaan daya ingat,
  • melatih kepedulian terhadap sesama,
  • belajar bertanggung jawab
  • dan juga pastinya membuat tubuh sehat karena banyak bergerak, bukan gerak jempol saja loh ya hehehe.

Meskipun sudah banyak ditinggalkan, namun masih banyak dari kita mempunyai kenangan nostalgia tentang keseruan berbagai jenis permainan tradisional ini tak terkecuali Saya.

Nah ini dia beberapa jenis permainan tradisonal paling seru dan keren versi masa kecil Saya hehehe

Permainan Congklak

permainan congklak

Permainan congklak di beberapa daerah disebut juga dengan Dakon.

Hanya dimainkan oleh dua orang. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mengisi lumbung masing masing sebanyak mungkin.

Media yang dibutuhkan yaitu lima puluh buah kerikil dan sebuah papan dengan lubang berjumlah dua belas. Sepuluh lubang dibagi dua sisi untuk tempat perputaran kerikil dan dua lubang sebagai lumbung.

Meskipun terlihat sederhana, percaya tidak? permainan congklak melatih kita menganilisis bisnis? Ya! disetiap giliran kita bermain, kita pasti akan mulai menghitung dan menerka nerka kira-kira harus ambil lubang mana supaya kita dapat terus berputar yang dampaknya, lumbung akan terisi banyak.

Begitu juga dengan bisnis. Kita harus memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin dan mematangkan perhitungan di segala aspek supaya bisnis longlasting dan pastinya banyak untung. Canggih ya?

Permainan Petak Umpet

Permainan petak umpet (bbc.com)

Pasti banyak dari kalian sudah tahu permainan yang sangat melegenda ini.

Selain di indonesia, petak umpet juga terkenal di luar negeri.

Jumlah pemain yang unlimited membuat permainan ini sangat fleksibel, bahkan semakin banyak orang akan semakin seru.

Aturan dan cara mainnya sangat sederhana.

Dari hasil hompimpa akan ada satu orang yang kalah dan berjaga. Sementara itu teman yang lain bersembunyi di tempat terbaik agar tidak ditemukan yang jaga.

Bagian terseru adalah ketika kamu ketahuan, kamu masih bisa lolos jika menang cepat dan menyentuh pos jaga sambil berteriak “paal!” hehehe auto lomba lari nih.

Sama seperti permainan tradisional congklak, petak umpet mengajarkan untuk kreatif. Kreatif dalam membuat tempat bersembunyi dan juga untuk tidak menyerah, meskipun kadang mereka sembunyi ditempat yang jauh dan nyempil.

Permainan Gobak Sodor

Permainan gobak sodor (the-richmonder.com)

Selanjutnya, saat kecil Saya paling suka perminan ini. Biasanya kami bermain saat sore hari pulang dari mengaji atau saat hari libur.

Konsep permainannya adalah menjaga area agar tidak dibobol lawan. Nah, Kerja sama tim sangat diperlukan karena menjaga kotak kotak area yang luas tidak akan mampu dikerjakan satu orang.

Dalam Gobak Sodor diajarkan untuk menaati dan percaya perintah komandan. Supaya apa? ya supaya satu tim itu dapat dikoordinasi dengan baik.

Intinya kerjasama untuk satu tujuan. Permainan ini juga sarat latihan fisik, kita dituntut untuk berkelit ke kanan dan ke kiri supaya luput dari jangkauan musuh. Pokoknya selesei bermain auto bugar deh hehehe.

Permainan Engklek

Permainan engklek

Engklek adalah permainan tradisional yang kebanyakan dimainkan oleh anak perempuan.

Media bermainnya adalah bidang ditanah yang telah digambar menjadi petak petak kotak dan segitiga.

Jadi, disini pemain harus melompat lompat dari petak satu ke petak selanjutnya secara berurutan dengan satu kaki sambil mengambi gacoan dan pastinya tidak boleh terjatuh.

Engklek bagus untuk melatih keseimbangan motorik dan ketangkasan. Selain itu, juga membuat konsentrasi semakin baik.

Buat yang sulit konsentrasi coba deh ajak adiknya bermain Engklek.

Permainan Layang-Layang

Permainan layang-layang (netralnews.com)

Lahan padi yang baru dipanen adalah lahan sempurna untuk bermain layang-layang.

Apalagi jika sedang musim angin. wah ini adalah moment terindah bagi yang gemar bermain layang layang (termasuk Saya saat kecil hehehe).

Ada banyak sekali bentuk layang layang mulai dari kotak (pren), jajar genjang, ikan, burung, gapangan dan masih banyak lagi.

Bahan yang digunakan juga beragam mulai dari kertas, plastik, daun dan kain parasit.

Saat ini, layang layang bukan lagi permainan yang ndeso, sudah banyak event mulai dari lokal sampai internasional yang melombakan penerbangan layang- layang.

Selain cantik layang layang yang dilombakan juga megah dan unik. Hal ini tentunya sangat menantang kalian yang berjiwa seni dan kreatif bukan?

Permainan Pletokan (Tembakan dari Bambu)

Tembak-tembakan dari bambu (youtube.com)

Salah satu permainan tradisional yang termasuk genre menantang adalah Pletokan atau ada juga yang menyebut sundepan.

Permainan tembak tembakan ini terbuat dari ranting bambu kecil dengan panjang tigapuluh centimeter dan diameter lubang sekitar satu centimeter.

Lubang ini nantinya akan dimasuki biji-bijian/daun singkong/bola kertas sebagai peluru, lalu di tusuk dengan cepat menggunakan stik bambu yang panjang dan diameternya juga sudah disesuaikan.

Meskipun terlihat mengerikan, sebenarnya permainan tradisonal pletokan tidak se-berbahaya itu.

Bahkan, permainan ini bagus untuk melatih koordinasi tim dan juga kepekaaan menghadapi bahaya.

Pletokan juga bagus untuk melatih jiwa sportif. pokoknya masa kecil kamu army banget kalau sudah pernah main Pletokan hehehe.

Permainan Masak-Masakan Tradisional

Bermain masak-masakan (pinterest.com)

Hayo siapa yang suka bermain masak masakan saat kecil? Sangat Menggugah nostalgia bukan?

Memang permainan ini adalah permainan tradisional yang paling banyak dimainkan khususnya anak-anak perempuan, begitupun saya saat kecil hehe.

Dalam permainan ini anak-anak akan meniru peran orang dewasa seperti ibu-ibu yang sibuk memasak dan berbelanja. Disana mereka juga bercakap cakap layaknya para ibu.

Media yang digunakan juga beragam sesuai imajinasi anak anak, mulai dari tanah sebagai nasi, rumput untuk sayuran, biji bijian untuk camilan dan masih banyak lagi.

Maka dari itu permainan ini sangat bagus untuk melatih imajinasi sejak dini dan juga melatih anak dalam berperan di masyarakat sesuai kedudukannya.

Masak-masakan sampai saat ini juga masih digemari anak-anak, namun dengan media yang lebih modern seperti menggunakan set peralatan masak dari plastik dan juga media masak berupa plastisin, slime maupun pasir kinetik.

Nah, itu dia beberapa jenis permainan tradisional yang seru dan juga sarat makna yang berhasil Saya rangkum dari masa kecil.

Mungkin ada lagi permainan seru dari daerah kalian yang belum Saya ketahui, bisa komentar dibawah. Semoga khasanah permainan tradisional akan selalu lestari dan dapat dimainkan generasi dibawah kita.