Mengenal Stylus Pen Android, Jenis, dan Tips Membeli

√37+ Mengenal Stylus Pen Android, Jenis, dan Tips Membeli

Baca cepat

√37+ Mengenal Stylus Pen Android, Jenis, dan Tips Membeli

Mengenal Stylus Pen Android, Jenis, dan Tips Membeli
Mengenal Stylus Pen Android, Jenis, dan Tips Membeli

Stylus pen android atau disebut dengan S-pen merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mempermudah menggunakan smartphone. Apalagi, berkembangnya teknologi membuat gadget dengan fitur layar sentuh banyak digunakan. Berbagai kegiatan penting dapat dilakukan menggunakan gawai layar sentuh menggunakan fitur yang ditawarkan. Bahkan sekarang gadget ini bisa menggantikan kertas untuk membaca buku, mencatat, menggambar, dan sebagainya dengan cara lebih praktis.

Hal inilah yang membuat stylus pen android menjadi perangkat yang banyak dicari orang. Sebab tujuan dibuatnya alat ini adalah untuk mempermudah dalam melakukan navigasi di gadget berfitur layar sentuh. Alat ini juga membuat berbagai kegiatan di android lebih mudah daripada menggunakan jari tangan. Apalagi jika Anda merupakan seorang ilustrator atau desainer grafis, perangkat ini menjadi sangat penting digunakan.

Mengenal Stylus Pen Android

Stylus pen android dikembangkan untuk pertama kalinya pada tahun 1975 oleh Tom Diamond yang merupakan seorang inovator teknologi. Pada saat itu, nama dari alat ini adalah styalator dan berfungsi sebagai satu komponen komputasi. Dapat dikatakan, cara kerjanya untuk mencari pemecahan permasalahan data input menggunakan algoritma. Kemudian semakin berkembangnya teknologi, alat ini kemudian digunakan pada perangkat elektronik berlayar sentuh, baik resistive maupun capacitive.

Tidak jarang pengguna smartphone mengalami kesalahan atau kesulitan ketika mengetik hirif karena adanya rentang kecil dibandingkan jari tangan. Oleh karena itu, S-pen berukuran seperti ujung pensil agar ketepatan sentuhan lebih meningkat. Bukan hanya itu saja, stylus pen android juga akan membantu menghindari tangan berminyak karena pengguna tidak menyentuh layar secara langsung. Anda juga dapat menggunakan perangkat ini ketika sedang berada di tempat dengan suhu dingin dan bersalju.

Alat itu terus mengalami inovasi seiring dengan teknologi yang semakin berkembang. Kini bukan hanya untuk menulis atau menggambar saja, namun juga bisa merekam gambar. S-pen juga bisa menerima dan melakukan panggilan, mengunci dan membuka device, serta lainnya. Bentuknya sendiri juga lebih beragam. Tidak hanya berbentuk seperti ballpoint maupun pensi, namun juga cincin yang diletakkan pada telunjuk. Bentuk lainnya seperti ID card yang tipis dan dapat dimasukkan dalam saku maupun dompet.

Baca Artikel Lainnya :  #27 Tips Aman Membeli Laptop Bekas Oleh Pakar IT

Jenis Stylus Pen Android

Selain memiliki bentuk yang beragam, stylus pen android juga terbagi atas beberapa jenis. Berikut adalah penjelasannya agar Anda bisa memilih sesuai dengan kenyamanan jika berencana akan membeli perangkat ini

  1. Nib Runcing

Pertama adalah jenis nib runcing dengan ujung umumnya terbuat daru resin yang memiliki sifat elektristatik. S-pen ini paling direkomendasikan jika Anda menggunakannya untuk menulis tangan atau ilustrasi dengan lebih halus karena ujungnya yang mudah dilihat.

Kelebihan jenis stylus pen android ini adalah memiliki fitur elektrik seperti tombol operasional maupun penghapus built-in. dengan fitur ini sehingga jenis nib runcing membutuhkan baterai dengan daya yang dapat diisi ulang. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan nib runcing dengan disc sehingga lebih aman  untuk layar ketika menyentuh ujungnya dan detail gambar juga menjadi lebih halus. S-pen dengan disc lebih praktis sebab tidak menggunakan baterai.

  1. Nib Bulat

Jenis nib bulat memiliki ujung yang membulat dengan bahan biasanya menggunakan serat konduktif atau karet silikon. Dengan ujungnya yang membulat sehingga lebih mudah ketika akan bermain game atau browsing. Nib bulat akan sangat membantu mempermudah dan lebih nyaman ketika menggunakan smartphone terutama jika memerlukan operasi swipe. Kelebihannya sendiri adalah tetap aman meski Anda menekan S-pen ketika menggunakannya sehingga layar lebih terlindung.

  1. Nib Brush

Stylus pen android jenis nib brush memiliki ujung yang membentuk sikat sehingga cocok digunakan jika akan menggambar dengan aplikasi kaligrafi. Selain itu, nib brush juga akan membantu jika Anda menggunakan tinta, watercolor, serta cat minyak dalam aplikasi melukis.

Kelebihan dari jenis S-pen ini adalah ujungnya yang dapat diupgrade dan diganti. Meski demikian, nib brush jarang sekali ditemukan di Indonesia jika dibandingkan jenis-jenis sebelumnya.

Tips Membeli Stylus Pen Android

Ada cukup banyak produk stylus pen android dengan kelebihan serta jenis yang berbeda sehingga perlu pertimbangan sebelum membeli agar penggunaanya lebih efektif. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli S-pen sesuai kebutuhan.

  1. Stylus Aktif

S-pen ini memiliki perangkat elektronik yang harus disambungkan dengan perangkat yang kompatibel sehingga keakuratan lebih tinggi. Selain itu, terdapat juga berbagai fitur lain untuk Anda pertimbangkan dengan kebutuhan dari pemakaiannya.

  1. Stylus Kapasitif

Berbeda dengan stylus aktif, pada stylus kapasitif ini bisa digunakan secara universal tanpa perlu menggunakan baterai. Meski tidak seakurat stylus aktif, namun bisa dipertimbangkan untuk penggunaan gadget biasa karena harganya jauh lebih murah.

  1. Cek Kompabilitas

Hal ini sangat perlu untuk diperhatikan sebelum membeli produk, sebab cukup banyak stylus pen android hanya berfungsi pada smartphone bermerek sama. Anda dapat melakukan cek kompabilitas untuk mengetahui jika S-pen bekerja secara maksimal.

  1. Memperhatikan Jenis

S-pen memiliki beberapa jenis untuk kebutuhan yang berbeda. Selain perbedaan nib atau ujungnya, juga bahan pembuatannya. Anda sebaiknya memilih sesuai dengan aktivitas yang paling sering dilakukan menggunakan android.

Baca Artikel Lainnya :  #11 Cara Cepat Membuka Keyboard Laptop Terkunci dan Penyebabnya

Rekomendasi Stylus Pen Android

Setelah mengetahui jenis dan tips memilih stylus pen android, Anda akan jauh lebih mudah dalam memilih. Oleh karena itu, berikut adalah rekomendasi produk S-pen pilihan yang banyak digunakan

  1. Faber-Castell Stylus Pen Vernate II

Keunggulan dari produk ini adalah ukurannya mini sehingga dapat dibawa ke mana-mana, sekilas tampak seperti bolpoint pada umumnya. Selain itu, dapat menghasilkan goresan sketsa lebih akurat, Anda juga bisa menggunakannya di media kertas dan isi ulang tinta.

Material yang tidak licin akan membuat Anda lebih nyaman ketika menggunakannya. Varian warna juga cukup beragam seperti black, green, pink, ocean blue, maupun dark bronze untuk dipilih sesuai selera.

  1. WiWU Active Stylus Pen P338

Produk ini memiliki ujung sangat tipis dengan beberapa keunggulan, misalnya adalah fitur auto shut off. Dengan adanya fitur ini, S-pen akan mati sendiri jika tidak digunakan selama 30 menit sehingga dapat menghemat baterai.

  1. USAMS Active ZB057

Beberapa keunggulan dari produk ini adalah dapat digunakan untuk berbagai smartphone dan memiliki tingkat akurasi tinggi. Desainnya juga dibuat agar tidak mudah menggores layar pada gawai. Kapasitas baterai 140 mAh, cukup besar sehingga tidak perlu sering mengisi daya.

Bahan yang digunakan adalah alumunium, sementara dimensi dirancang dengan cukup tipis. Oleh karena itulah stylus pen android ini nyaman digenggam dan digunakan dalam waktu yang lama.

  1. Spigen Stylus Pen

Bagian ujung dari S-pen ini terbuat dari karet sehingga tidak akan meninggalkan goresan pada layar smartphone. Selain itu, tampilannya juga stylish dan modern karena permukaan aluminium dengan warna perak. Spigen cocok untuk Anda yang mencari kapasitif kokoh.

Kelebihan lainnya adalah pengait yang berada di ujungnya sehingga memudahkan pengguna jika ingin membawa berpergian. Anda tidak perlu lagi merasa khawatir akan terjatuh dan hilang ketika dimasukkan dalam saku. Teknologi yang terus berkembang membuat hampir semua orang menggunakan smartphone maupun tablet layar sentuh. Oleh karena itu, adanya stylus pen android sangat memudahkan dalam melakukan aktivitas menggunakan perangkat elektronik tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: