macam macam llipatan daun

√15+ Macam Macam Lipatan Daun Untuk Wadah dan Hiasan

Macam macam lipatan daun– Kita sebagai masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan berbagai macam kudapan yang dibungkus dengan daun.

Makanan yang dibungkus daun selain lebih cantik juga menjadi lebih harum. Inilah alasan mengapa bungkus daun masih eksis hingga sekarang.

Jika diperhatikan, ternyata ada banyak model lipatan yang digunakan. Antara makanan kering dan berkuah juga pasti berbeda model lipatannya. Ini belum termasuk daun yang digunakan untuk hiasan tumpeng, wah beda lagi.

Nah, supaya lebih paham yuk simak ulasan macam macam lipatan daun dan cara membuatnya berikut ini.

Macam Macam Lipatan Daun Untuk Wadah

Lipatan pertama yang akan kita bahas adalah jenis lipatan daun untuk wadah. Ada 11 macam lipatan daun untuk wadah yaitu:

  1. Lipatan Pincuk
  2. Lipatan Pinjung
  3. Lipatan Samir
  4. Lipatan Sudi
  5. Lipatan takir
  6. Lipatan Sumpil
  7. Lipatan Tum
  8. Lipatan Tempelang
  9. Lipatan Pasung
  10. Lipatan Lemper
  11. Lipatan Lontong

Lipatan Pincuk

Lipatan pincuk adalah jenis lipatan yang terbuat dari daun pisang yang kemudian dibentuk segitiga dan disemat lidi. Bentuknya persis seperti serok atau pengki. Pincuk adalah jenis lipatan paling simpel dan praktis.

Lipatan pincuk akrab digunakan untuk pecel, nasi langgi, sate, nasi liwet dan sebagainya. Dengan kata lain, lipatan pincuk adalah pengganti fungsi dari piring.

Lipatan pincuk tidak bisa berdiri sendiri, jadi harus dipegang.

Saat ini, lipatan pincuk dibuat dengan mendobelnya bersamaan dengan kertas bungkus atau koran agar lebih kuat.

Lipatan Pinjung

Macam macam lipatan daun yang kedua adalah lipatan pinjung.

Lipatan pinjung berbentuk seperti piramida atau kerucut. Jadi bagian atasnya tertutup. Selanjutnya sisa daun bagian bawah dimanfaatkan untuk penutupnya.

Lipatan pinjung digunakan untuk membuat mendhut atau koci koci, beberapa jenis botok, meniran dan bunga rampai.

Lipatan Samir

Lipatan samir merupakan jenis lipatan tapi tidak dilipat, hehehe. Lipatan ini dibuat dengan membuat daun pisang menjadi berbentuk bulat.

Ukuran bulatannya disesuaikan dengan wadah utamanya, karena samir digunakan sebagai alas saja. Misal untuk alas nasi, kue ku dan berbagai macam kue lain. Samir juga dapat digunakan alternatif tutup makanan.

Lipatan Sudi

Selain digunakan untuk makanan berat, daun juga dapat digunakan untuk makanan ringan seperti klepon, cenil, dan kue kecil lain.

Nah, jenis lipatan yang cocok untuk kue kue manis semacam itu adalah lipatan sudi.

Lipatan sudi dibuat dengan membulatkan daun pisang yang kemudian disemat dengan lidi, selanjutnya bagian daun yang runcing ditekan ke dalam sehingga muncul ditengah tengah.

Lipatan Takir

Jika kamu mencari jenis lipatan yang dapat digunakan untuk makanan berkuah, maka lipatan takir adalah jenis yang cocok.

Lipatan ini bentuknya balok dengan sematan lidi di kanan kirinya.

Lipatan takir digunakan untuk bubur, kolak atau bahkan makanan lengkap terdiri dari nasi dan lauk pauk sekaligus.

Lipatan Sumpil

Macam macam lipatan daun pisang selanjutnya adalah lipatan sumpil. Ini merupakan jenis lipatan mini yang rapat.

Cara membuatnya mudah, pertama dengan memilih daun pisang yang panjang kemudian bagian ujungnya dilipat segitiga dan diisi bahan makanan. Selanjutnya, gulung dengan terus mempertahankan bentuk segitiga-nya. Terakhir sisakan sedikit bagian dan kaitkan agar makanan dapat terkunci.

Makanan yang dibungkus dengan lipatan sumpil bermacam macam, misalnya seperti lupis, nagasari, lepet, bucang dan tempe.

Lipatan Tum

Lipatan tum sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ya! ini adalah jenis lipatan yang digunakan untuk nasi bungkus.

Lipatan tum dibuat dengan menarik kedua ujung daun (biasanya daun pisang) ke bagian tengah atas.

Di Bali ada makanan terkenal yang menggunakan bungkus lipatan tum yaitu tum ayam, tum bebek dan tum ikan.

Sedangkan di Jawa, kita mengenal berbagai makanan yang dibungkus dengan lipatan tum seperti misalnya jongkong kopyor, garang asem, bothok, gadon daging, dan lainnya.

Lipatan Tempelang

Jenis lipatan yang ke tujuh adalah lipatan tempelang. Lipatan tempelang menggunakan dua bulembar daun pisang. satu untuk tutup dan satu lagi untuk alasnya.

Lipatan ini digunakan untuk membungkus nasi (biasanya dalam acara selamatan). Selain praktis, nasi nasian yang dibungkus dengan daun pisang juga menjadi lebih sedap.

Lipatan Pasung

Jika lipatan pinjung menghadap bawah dan tertutup, maka lipatan pasung justru sebaliknya. Jika dilihat lipatan pasung akan mirip dengan cone ice cream.

Cara membuat lipatan pasung sangat mudah. Pertama kita butuh daun pisang yang berbentuk bulat kemudian kita tinggal menggulungnya menjadi bentuk kerucut. Terakhir masukkan isi.

Lipatan pasung biasa diisi kue clorot, atau dumbek, apem jadul dll.

Lipatan Lemper

Pertama kalian mungkin bertanya-tanya bukankah lemper adalah nama makanan? ya ini benar dan tahukah kamu jika sebenarnya nama lemper sendiri ternyata diambil dari jenis lipatan bungkusnya. Ya, lipatan lemper.

Lipatan lemper dibuat dengan mengisi daun pisang kosong lalu menggulungnya baru kemudian kedua sisinya dibentuk segitiga dan dikunci dengan lidi atau staples.

Lipatan Lontong

Macam macam lipatan daun pisang untuk wadah yang terakhir adalah lipatan lontong.

Lontong sendiri merupakan salah satu jenis olahan beras yang biasa disajikan dalam menu gado gado, opor ayam atau rujak.

Nah, sebelum banyak cetakan lontong dan penggunaan plastik, orang dulu biasa membuat lontong dengan memasukkannya pada gulungan daun pisang.

Bentuk fisik lipatan ini mirip dengan lipatan lemper hanya saja lebih panjang dan kedua ujungnya tidak dibentuk segitiga.

Nasi lontong yang dibungkus daun pisang luarnya akan berwarna kehijauan dan mengeluarkan aroma khas yang sedap saat di rebus.

Itulah berapa jenis lipatan daun pisang yang digunakan untuk wadah makanan. Selanjutnya, kita akan melihat lihat jenis lipatan untuk hias tumpeng. Seperti apa? cek di bawah ini.

Macam Macam Lipatan Daun Untuk Hiasan Tumpeng

Tumpeng yang cantik akan semakin elok jika ditempatkan dalam wadah yang cantik pula. nah, salah satu tradisi urun temurun dari nenek moyang kita, jika membuat tumpeng pasti bawahnya akan dialasi dengan tempeh yang kemudian dihias dengan dekorasi daun pisang di sisinya.

Ada banyak variasi lipatan untuk tumpeng sehingga orang tidak bosan. berikut ini beberapa diantaranya.

Itulah dia macam macam lipatan daun pisang untuk wadah dan hiasan. semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih.

Artikel ini terkait dengan:

macam macam lipatan daun
macam-macam lipatan daun pisang
macam-macam lipatan daun pisang dan cara membuatnya
macam-macam lipatan daun untuk tumpeng
macam-macam lipatan daun untuk hiasan

macam lipatan daun dan penjelasannya
macam-macam lipatan daun pisang untuk hiasan

Leave a Comment