jenis kertas untuk papercraft

√15 Jenis Kertas Untuk Papercraft Beserta Spesifikasi dan Harganya

Jenis kertas untuk papercraft – Satu dari sekian banyak kerajinan yang digarap manusia, salah satunya adalah kerajinan kertas. Kerajinan kertas ini memiliki banyak variasi dan tingkat kesulitan yang berbeda.

Di tataran paling atas, patung kertas atau papercraft menjadi cabang yang paling sulit. Kerajinan satu ini melibatkan dua keterampilan sekaligus yaitu menggambar pola dan pembuatan pola.

Kegiatan menggambar pola mungkin masih mudah, namun jika sudah masuk pembuatan real pola ini akan membutuhkan berbagai dukungan seni seperti ketelitian, keterampilan, dan tentunya dukungan bahan papercraft atau kertas lipat yang sesuai.

Kita harus mendapatkan jenis kertas untuk papercraft yang sesuai dengan project. Inilah mengapa sangat penting menentukan jenis papercraft yang akan digunakan. Apakah kertas itu dapat dilipat, melengkung, ditekuk, dipotong, direkatkan, dicetak, dijahit, atau dilapisi.

Nah, jika kamu merupakan newbie, maka akan penting untuk mengetahui jenis papercraft untuk kesuksesan proyek kerajinan kertas-mu seperti yang akan dibahas dibawah ini.

Pengertian Kerajinan Papercraft

Sebelumnya, mari kita simak terlebih dahulu, tentang pengertian kerajinan kertas dan kerajinan papercraft.

Kerajinan kertas merupakan jenis kerajinan yang bermain dalam pembuatan bentuk-bentuk seni yang menggunakan kertas atau kartu sebagai media utama kreasi. Kreasi ini bisa berupa penciptaan benda satu dimensi, dua dimensi atau tiga dimensi.

Lebih lanjut, menjurus ke pembahasan kita kali ini yaitu kerajinan papercraft. Kerajianan papercraft adalah kerajinan kertas yang lebih spesifik untuk lipatan kertas dengan bentuk tiga dimensi dan membutuhkan lebih dari satu lembar kertas. Ini berbeda dengan origami, meskipun kertas origami juga termasuk jenis jenis papercraft.

Kerajinan papercraft adalah jenis kerajinan yang universal dan dapat ditemukan di banyak negara. Bahkan ada stereotip terhadap negara negara tertentu yang dianggap sebagai pusat kerajinan papercraft seperti negara Karibia dan Jepang.

Kerajinan kertas dari papercraft secara masif diajarkan di sekolah anak anak usia dini. Pemilihan bahan kertas bukan tanpa alasan. Ada beberapa alasan pemilihan bahan baku kertas.

Alasan Penggunaan Kertas untuk Kerajinan

Kertas memiliki beberapa keunggulan untuk kerajinan, berikut diantaranya:

  • Merupakan media yang relatif murah.
  • Mempunyai banyak warna yang cantik.
  • Mudah dicari.
  • Mudah dikerjakan.
  • Alat yang digunakan sangat sederhana seperti gunting, krayon, lem dan cutter.
  • Memiliki banyak variasi project untuk dikerjakan mulai dari bentuk satu dimensi, dua dimensi sampai tiga dimensi.
  • Sangat bagus untuk melatih otot motorik anak anak.

Jenis Kertas Untuk Papercraft + Harganya

Berikut ini jenis jenis kertas untuk papercraft:

  1. Kertas Copy (Copy Paper)
  2. Kertas Seni ( Art Paper)
  3. Kertas Kokoru (Corrugated Paper)
  4. Kertas HVS
  5. Kertas Karton Art (Art Carton)
  6. Kertas Matt (Matt Paper)
  7. Kertas Karton BW (BW Carton)
  8. Kertas Asturo
  9. Kertas Krep
  10. Kertas Jasmin
  11. Kertas Buffalo
  12. Kertas Star Dream
  13. Kertas Glossy Photopaper
  14. Kertas Briefcard/ BC
  15. Kertas Origami

Selanjutnya akan dibahas satu per satu.

Kertas Copy (Copy Paper)

Untuk yang pertama, kita bahas jenis kertas yang sangat pas untuk membuat model objek yang kecil. Kertas itu adalah jenis kertas copy.

Kertas copy memiliki karakteristik;

  • Berat sedang
  • permukaan halus
  • cukup kaku.

Selain itu kertas copy juga bagus untuk ditulisi dengan tangan ataupun dicetak dengan print. Harga untuk satu dus kertas copy berkisar 30 sampai 40 ribu. Kamu dapat dengan mudah menemukan jenis kertas ini di toko foto copy.

Kertas Seni ( Art Paper)

Indiamart

Jenis papercraft yang kedua adalah art paper atau sebut sana kertas kesenian. Kertas ini mudah dibedakan dengan kertas lain karena permukaannya yang licin dan mengkilap.

Namun, karena mengkilap art paper menjadi tidak bisa digambari dengan pensil atau tinta, kamu harus menggunakan printer.

Ukuran gramasi yang populer adalah 120 dan 150 gsm. Sebagai tambahan ukuran ini sedikit lebih tebal dari HVS.

Harga per lembarnya mulai Rp 300, tergantung gramasinya.

Kertas Kokoru (Corrugated Paper)

belanja.net

Kokoru mempunyai bentuk unik dengan tekstur bergelombang. Biasa disebut dengan corrugated.

Kamu dapat memilihnya untuk papercraft karena ia mudah dikreasikan. Sifatnya ringan, gampang dipotong, gampang dibentuk dan punya banyak pilihan warna. Namun, jangan lupa kertas kokoru agak sulit untuk digambar.

Biasanya bagian yang bergelombang dijadikan bagian depan, lalu yang rata untuk dilem. Harga per pack kertas kokoru sekitar Rp 18.000.

Kertas HVS

eureka bookhouse

Kamu pasti tidak asing dengan kertas satu ini. Kertas HVS sangat mudah ditemukan. HVS lazim digunakan untuk tulis menulis, fotokopi, kop surat, dan kertas untuk printer rumah atau kantor. Ia juga tersedia dalam banyak pilihan gramasi.

Jika kamu pemula akan sangat mudah jika menggunakan HVS.

Kertas Karton Art (Art Carton)

Blog porinto

Jenis kerts untuk papercraft yang selanjutnya adalah kertas art carton. esuai namanya art carton adalah versi kertas art yang lebih tebal dengan gramasi antara 201 sampai 310 gsm.

Kertas art carton bagus untuk proyek bentuk yang agak besar. Harganya sekitar Rp 650 per lembarnya.

Kertas Matt (Matt Paper)

Pranata printing

Jika kamu melihat kertas ini sekilas, maka kamu akan mengatakan ini art paper. memang tidak salah karena sangat mirip. Namun, jika dilihat lebih seksama, kertas matt tidaklah berkilau (lebih redup).

Gramasi yang populer yang berarti sering digunakan adalah 120 gsm dan 150 gsm. Sedangkan untuk harganya sekitar 14.000 per pack (isi 50 lembar).

Kertas Karton BW (BW Carton)

print only

Selanjutnya jika kertas matt terlalu tipis untuk proyekmu, coba gunakanlah kertas karton BW. Selain lebih tebal kertas ini juga mudah untuk ditulis tangan.

BW adalah singkatan dari bluish white. Harga untuk 30 lembar kertas mulai Rp 50.000 di marketplace.

Kertas Asturo

lemkertas.com

Membedakan jenis papercraft ini tidaklah sulit.

Kertas asturo memiliki dua sisi yang berbeda. Satu sisi warna putih dan satu lagi mempunyai warna. Warnanya bisa solid atau gradasi.

Kertas asturo mudah didapatkan, bahakan di toko kelontong pun sering tersedia karena biasa digunakan untuk tugas anak sekolah.

Kertas ini bisa dibuat pola tangan dan bisa juga diprint dengan memotongnya terlebih dahulu karena ukurannya tidak seperti HVS.

Rata rata orang menjualnya dengan harga Rp 2000 saja.

Kertas Krep

mello.id

Jenis kertas untuk papercraft yang ke 9 adalah kertas krep.

Kertas krep populer untuk hiasan saat acara seperti ulang tahun atau reuni.

Berbeda dengan jenis papercraft yang lain, kertas ini berbentuk gulungan sehingga tidak dapat diprint atau digambar dengan tangan.

Warna kertas krep sangat beragam sekitar dua belas warna namun sangat mudah luntur menjadi putih.

Sangat tipis, mudah dibentuk dan transparan adalah sifatnya yang lain. Kertas krep bagus dibuat untuk bentuk bunga. Namun, biasanya orang menggunakannya hanya untuk latihan menggunting dan membuat papercraft.

Baca juga: Aneka inspirasi bentuk bingkai bunga terbaru 2020!

Harga kertas krep hanya Rp 1000 saja per gulung.

Kertas Jasmin

mello.id

Jenis kertas untuk papercraft selanjutnya adalah kertas jasmin. Kertas jasmin sangat bagus untuk papercraft dengan bentuk bunga bunga karena permukaannya yang kerlap kerlip sehingga tampak mewah dan elegan.

Sealain itu, kertas jasmin juga baik dicetak menggunakan inject printer. Nah, kertas jasmin ini juga bisa digunakan untuk membuat model robot oleh para papermodeller di ajang internasional.

Kertas jasmin baik dari segi warna dan ketebalan.

Harga kertas jasmin lumayan mahal dibanding jenis kertas untuk papercraft yang lain sekitar Rp 9.000 per lembarnya.

Kertas Buffalo

Importer.co.id

Jika kamu sering menjilid buku, pasti kamu familiar dengan kertas buffalo karena biasanya digunakan untuk sampul belakang. Jenis kertas ini ternyata juga bisa digunakan untuk kerajinan papercraft.

Kertas buffalo memiliki permukaan kasar dengan motif khas seperti guratan kayu. Warna yang tersedia juga banyak dan cenderung ke warna warna pastel yang gelap. Sedangkan untuk gramasi kertas buffalo termasuk yang paling beragam. Ia tersedia dalam gramasi 150gsm, 210gsm, 230gsm, dan 250gsm.

Kertas buffalo termasuk kertas yang murah, harganya hanya Rp 200 per lembarnya, jadi kamu bisa langsung borong banyak hehehe.

Kertas Star Dream

Kalau yang ini adalah jenis papercraft yang sesuai untuk mastah papercraft. Penampakannya mengkilap, mempunyai banyak warna dan tekstur yang licin dan cukup kaku.

Sebagai saran, kertas ini akan lebih bagus jika diprint menggunakan print laser dan gunakan lem UHU.

Biasanya kertas star dream digunakan untuk membuat gundam blank template karena bisa dibuat model sampai ketinggian 40 cm. Wow!

Kertas Glossy Photopaper

aliexpress

Glossy Photopaper adlah jenis kertas untuk papercraft yang selanjutnya.

Kertas glossy photopaper mengusung gramasi 100-220 gsm dengan permukaan mengkilap seperti foto, warna cetak sangat terang dan kokoh. Itulah sebabnya kertas ini dapat dibuat papercraft model kecil sampai besar.

harga kertas glossy photopaper termasuk mahal yaitu Rp 45.000 per packnya.

Kertas Briefcard/ BC

jika kamu suka membuat model replika papercraft dengan tinggi mencapai 30 cm, mka jenis kertas papercraft ini adalah yang paling pas untukmu.

Ketebalannya mencapai 220 gsm sehingga sangat mudah untuk kamu yang ahli mengerjakannya.

Kertas Origami

acfdbblog

Sifat khas yang dimiliki kertas origami adalah ringan dan dapat menahan lipatan lipatan yang kuat. Bahkan kertas origami dapat dibuat lipatan baru jika lipatan sebelumnya salah.

Ia terdiri atas banyak warna dan biasanya satu paket berwarna warni. Umumnya yang berwarna hanya satu sisi saja.

Tips dan Trik Membuat Papercraft

setelah mengetahui jenis kertas untuk papercraft yang sesuai untu kamu, sebagai bonus kami sisipkan satu bagian tentang tips dan trik membuat papercraft.

Berikut ini bebberapa tips yang akan memudahkan kamu belajar membuat papercraft dengan mudah.

  1. Berat serta dimensi kertas yang digunakan.

Para modeler dalam membuat pattern memakai kertas dimensi A4. Buat berat yang bagus digunakan antara 100 gram hingga 150 gram. Dapat memakai kertas inkjet, bisanya biayanya dekat Rp. 37. 500 hingga 40. 000 dimensi A4 100 gram.

  1. Pemakaian lem yang bagus buat membuat papercraft

Lem yang digunakan upayakan seleksi lem yang tidak sangat encer serta tidak sangat lama keringnya. Jika kalian terbiasa memakai yang glue stick, keuntungannya lem ini tidak kilat kering, jadi jika kalian melaksanakan kesalahan dikala melekat model, kalian dapat lepas kembali.

Jika kalian telah expert dalam membuat papercraft, memakai lem PVC fox sangat menolong sebab ciri lemnya yang kilat mengering.

  1. Alat- alat apa saja yang digunakan buat membuat papercraft

Alat- alat yang digunakan pada biasanya sama saja jika kalian ingin membuat kerajinan dari kertas, ialah:

  • Gunting, dapat cocok selera serta kebutuhan. Gunanya digunakan buat memotong kertas jadi bentuk- bentuk yang di idamkan.
  • Pisau Cutter, pastikan cutter yang dipakai yang tajam serta tidak berkarat, sebab kita hendak memotong kertas dengan presisi.
  • Cutting Mat
  • Lem kayu putih ataupun Lem cair berwarna putih.
  • Pinset hobbyist buat tekukan yang kecil
  • Pensil mekanik buat trace folds.

Akhirnya sekian artikel tentang jenis kertas untuk papercraft, semoga dapat bermanfaat. Terimkasih sudah mampir 🙂

Leave a Comment