10 Jajanan SD Paling Melegenda Sepanjang Masa

Ketika kita mengingat masa-masa sekolah, pasti ingatan kita juga akan nyantol yang namanya jajanan SD. Jajanan SD masih eksis sampai sekarang, bahkan banyak yang sudah dikreasikan menjadi waralaba yang mempunyai omzet jutaan rupiah.

Jajanan sendiri berarti panganan yang dijajakan. Panganan yang dimaksud bisa berarti kue, permen, es dan juga makanan ringan lainnya. Jajanan ini biasanya dijajakan di sekolah atau berkeliling komplek dan merupakan favorit anak SD di zamannya.

Kini, walaupun zaman sudah berubah dan foodstreet menjamur dimana-mana nyatanya jajanan SD masih mengena di benak kita. Tak jarang ketika berpapasan dengan si abang penjualnya kita tak ragu untuk membeli sekedar mengobati rindu.

Kali ini kita akan bahas jajanan-jajanan SD yang melegenda dan membuat kamu kangen. Eits, kalau kangen jangan dipendam ya, ayo sama-sama kita bantu up perekonomian para pejuang nafkah halal ini. Setuju?

Gurihnya Sang Telur Gulung

Jajanan SD satu ini memang sangat legend. Terbuat dari bahan yang sangat simpel yaitu telur yang dicampur garam, merica dan penyedap rasa. Keunikan makanan ini terletak pada cara pengolahannya.

Pertama telur akan di kocok dan dicampur bumbu, setelah itu dengan teknik yang unik telur dituang dari ketinggian tertentu ke atas wajan, penuangan dari jarak tinggi akan membuat telur menyebar merata ke seluruh sisi wajan. Setelah itu, dengan cepat telur lalu digulung menggunakan tusuk sate.

Dengan cara memasak seperti diatas, telur akan mempunyai tekstur seperti jaring laba-laba. Sangat nikmat disantap saat masih hangat dengan tambahan saos dan mayo. Sedap…

Jajanan Paling Nyeni : Rambut Nenek (Arbanat)

Seperti pada umumya anak kecil, pasti kita dulu juga suka makanan yang manis-manis seperti halnya permen.

Namun kali ini ada permen tapi bukan permen. Inilah yang namanya rambut nenek atau kadang di beberapa daerah disebut juga arbanat.

Rambut nenek seperti namanya mempunyai bentuk seperti rambut yang acak-acakan. Rasanya manis terbuat dari gula dan tepung yang dipanaskan lalu ditarik tarik sampai menjadi helaian benang gula yang lembut.

Rambut nenek umumnya berwarna merah muda, penambahan warna dilakukan untuk menambah daya tarik.

Penjual rambut nenek/arbanat pasti membawa semacam biola yang khas dan juga memainkan lagu dengan intonasi yang pakem secara turun temurun untuk membranding diri dan juga supaya tidak dikira pengamen hehehe.

Es Wawan, Segar dan Gurih

Dulu dengan seribu rupiah kamu sudah akan mendapat satu buah es wawan yang segar ini. Selain dijual di sekolah, es wawan juga dijual saat ada event seperti dalam bazaar, car free day dan juga pasar malam.

Yang menarik dari jajanan SD ini adalah bentuknya yang konsisten yaitu bulat lonjong dengan sekat ditengahnya.

Box sterofoam nya pun juga sangat melegenda, gambar kurcaci dengan warna dominan merah.

Sekarang, es wawan sudah banyak yang dikreasikan. Ada rasa strawberry, anggur, melon, durian, es kopyor dst. Tapi kalau menurut aku paling enak tetap es wawan yang autentik rasa original susu putih. Susunya gurih banget.

Jajanan Pentol yang Membumi

Pentol adalah brand nasional untuk jajanan bulat terbuat dari tepung tapioka, terigu dan tambahan daging, di tambah saos tomat atau sambal kacang yang sedap.

Dari beberapa jajanan diatas, pentol merupakan yang paling banyak jenisnya seperti misalnya cilok, cilot, cimol, dan cilor.

Sekarang pentol juga di kembangkan menjadi paket waralaba dengan menambah variasi seperti pentol gila, pentol mozarela, pentol isi telur, pentol kerikil dan masih banyak lagi.

Sepertinya di seluruh Indonesia kita akan menemukan makanan ini, namun mungkin namanya saja yang berbeda. Pentol adalah jajanan yang tidak memandang umur. Hal ini juga salah satu alasan mengapa banyak pedagang pentol.

Kebanyakan para abang pentol menjajakan dagangannya menggunakan motor, berbeda di masalalu masih naik sepeda sambil membawa semacam terompet yang berbunyi khas seperti “tulit tulit”. Bahkan, kini penjual pentol modern sudah banyak yang diam ditempat dan memilih membeli booth lalu membrandingnya dengan menarik.

Jelly Telur Segar dan Mengenyangkan

Kalau yang ini paling enak disantap saat hari panas. Bukan jenis minuman tapi segar dan membuat perut langsung dingin. Ditambah rasanya yang manis dan banyak rasa. Dijamin kalau sudah menyatapnya kamu akan sulit berhenti.

Jelly telur unik karena bentuknya yang tidak umum seperti jelly. Dicetak dalam lubang lubang dari dua cetakan yang digabungkan sehingga menciptakan bentuk telur.

Cara makannya pun juga tergolong aneh, karena harus di tusuk dengan tusuk gigi.

Si Renyah Kue Leker

Masa kecil kamu belum lengkap kalau belum mencoba jajanan unik ini.

Ya, kue leker adalah kue dengan bentuk kerupuk. Disebut kue karena bahannya memang mirip mirip kue, disebut kerupuk karena bentuknya lebar dan renyah. Jadi, jajanan ini sebenarnya masih ambigu hehehe

Sama seperti jajanan unik lainnya, kue leker juga dimasak dengan cara unik.

Memasaknya menggunakan wajan datar bulat, adonan lalu dituang setelah itu diratakan dengan menggunakan sebuah stik. Sebelum leker benar-benar kering langsung secepat mungkin diberi topping seperti susu, mesis, selai dan juga potongan buah.

Maskot Jajanan SD: Mie Lidi

Banyak orang tua dulu melarang anaknya untuk mengkonsumsi mie lidi dikarenakan banyak mengandung pewarna pada bumbunya. Meskipun dilarang banyak dari kita yang sembunyi sembunyi nekad beli ke warung sebelah-kan? hehehe

Sensasi makan mie lidi adalah suaranya yang kriuk kriuk dan juga bentuknya yang unik. Tak jarang karena bentuknya yang lancip dan tajam, si mie lidi masuk ke dalam gigi yang berlubang. wkwkwk auto mringis

Si Manis Kue Putu

Saat mendengar nama ini disebut, yang terbayang pasti aroma pandan yang sedap dan juga suara khas dari uap dandang putu yang keluar seperti suara “ngiikkk”

Jajanan putu memang paling juara disantap saat hari hujan di sore hari. Gurihnya ketan dipadu parutan kelapa ditambah manis legitnya gula merah adalah paduan sempurna dari keramahan rasa kuliner indonesia. Asik :v

Penjual putu ada dua jenis, dipanggul dengan bahu dan ada pula yang sudah memakai sepeda. Biasanya penjual putu juga berjualan klepon dan cenil.

Martabak Telur Lambang Jajanan Sehat

Si mungil nan gurih ini termasuk jajaran makanan sehat. Martabak telur mengandung karbohidrat dari tepung, protein dari telur, berbagai macam vitamin dari kol, wortel, seledri dan daun bawang. Jadi beberapa emak dulu masih toleransi kalau anaknya jajan ini.

Martabak telur juga banyak berkembang saat ini. Ada banyak tambahan isi seperti mie, bihun, sosis, ayam cincang dan lainnya. Martabak paling enak disantap bersamaan dengan saos dan juga mayonise.

Itulah dia beberapa jajanan SD yang melegenda dan nikmat laur biasa karena memiliki nilai historis di masa lalu. Semoga aneka jajanan Kita tetap lestari dan dapat dikembangkan sehingga menambah khasanah kuliner negeri ini. Amin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: