Intip Peluang Bisnis Farmasi yang Menjanjikan di Indonesia

√37+ Intip Peluang Bisnis Farmasi yang Menjanjikan di Indonesia

√37+ Intip Peluang Bisnis Farmasi yang Menjanjikan di Indonesia

Intip Peluang Bisnis Farmasi yang Menjanjikan di Indonesia
Intip Peluang Bisnis Farmasi yang Menjanjikan di Indonesia

Pandemi melanda, peluang bisnis farmasi di Indonesia disinyalir semakin memberikan kesempatan emas untuk meraih keuntungan. Namun, di luar daripada itu, usaha bidang kesehatan memang menjanjikan bila mengingat prioritasnya sebagai kebutuhan utama.

Banyak orang membutuhkan sarana dan prasarana kesehatan untuk menunjang kebutuhan harian. Mulai dari vitamin sampai dengan obat yang diresepkan dokter dapat ditebus melalui apotek luar rumah sakit ketika stok obat bersangkutan di rumah sakit sedang kosong.

Keuntungan Berbisnis di Bidang Kesehatan

Kebutuhan akan dunia obat-obatan bukan hanya karena alasan memiliki penyakit, namun juga salah satunya untuk menambah daya tahan tubuh. Tingginya peluang bisnis farmasi dalam hal pembukaan apotek membuat pebisnis dapat merasakan keuntungan berikut:

1. Prospek Menjanjikan

Prospeknya menjanjikan karena setiap hari ada saja orang datang untuk berobat dan sedikit berkonsultasi ke apotek. Sebagai perpanjangan tangan dari resep dokter, apoteker tidak diperkenankan untuk memberikan obat keras tanpa adanya rekomendasi tenaga medis.

Bisnis apotek dapat dilaksanakan langsung cukup dari rumah saja. Anda bisa menjaga usaha dan bisa tetap bersama keluarga dalam waktu bersamaan.

2. Modal Awal Ekonomis

Untuk permodalan awal, apotek mini kurang lebih kisaran dana harus dikeluarkan sebesar Rp25.000.000. Nilai yang dikeluarkan tersebut sudah termasuk untuk pembelian berbagai inventaris toko serta berbagai obat-obatan sampai dengan suplemen kesehatan.

3. Konsumen Selalu Ada

Keuntungan dari memanfaatkan peluang bisnis farmasi berikutnya adalah konsumen selalu ada. Jumlah penduduk Indonesia ada banyak, tersebar ke dalam berbagai wilayah yang jumlahnya juga masih banyak. Dari setiap wilayah pasti ada saja yang sakit setiap hari.

Sebagai solusi, Anda dapat hadir selaku penyedia obat terbaik dan terpercaya. Selain berbisnis, juga memudahkan urusan banyak orang untuk lekas sembuh.

RECOMMENDED :  √ Cara Pensiun Dini dengan Bisnis yang Tetap Berjalan Sendiri

4. Hemat Ruang dan Waktu

Mampu menghemat ruang maupun tempat karena Anda hanya membutuhkan etalase untuk menyusun semua jenis obat. Selain itu, Anda bisa menjaga selama 24 jam apotek jika memungkinkan.

5. Menjaga Kesehatan dan Mendapatkan Untung

Kebanyakan sistem jaga apotek itu dilakukan oleh lulusan farmasi. Adanya ahli membuat peluang bisnis farmasi menjadi lebih tinggi karena profesional turut andil di dalamnya. Keuntungannya ketika konsumen bertanya rekomendasi obat, penjaga bisa menjawab. Peranan profesional juga sangat penting untuk menghindari adanya pemanfaatan keadaan atau berbagai tindak kejahatan yang tidak semestinya.

Sejumlah Biaya yang Harus Dikeluarkan

Tertarik untuk memulai usaha di bidang kesehatan setelah mengetahui berbagai keuntungan di atas? Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan adalah dana atau modal membuka usaha.

Terdapat empat pendanaan yang harus Anda pikirkan apabila ingin menjalankan usaha toko kesehatan secara serius, diantaranya:

1. Biaya Perizinan Legalitas

Sebelum beroperasi, lebih dulu sebagai pebisnis, Anda harus mengurus surat izin apotek atau toko obat. Biaya pengurusan tersebut tidak lebih dari satu juta rupiah saja. Untuk detail biaya yang harus dikeluarkan bisa juga langsung menanyakan petugas setempat.

Karena pada dasarnya setiap wilayah memiliki kebijakan berbeda dalam mengatur legalitas usaha satu ini. Namun, seharusnya kisaran biaya tidak begitu jauh dari prediksi satu juta.

2. Biaya Pembelian Obat

Karena yang dijual adalah obat maka biaya berikutnya adalah biaya untuk membeli obat. Semakin besar biayanya maka semakin besar pula peluang bisnis farmasi diciptakan. Menurut perkiraan, kurang lebih dibutuhkan dana Rp17.000.000 untuk belanja obat.

Jika bingung hendak berbelanja obat apa, diantaranya yang paling direkomendasikan adalah obat demam, batuk, pilek, lambung, sakit perut, dan sebagainya.

3. Biaya Inventaris Toko

Selanjutnya biaya perlu keluar untuk inventory toko, seperti kursi dan meja serta etalase sebagai media penyimpanan obat. Membaca peluang bisnis farmasi di Indonesia, kurang lebih dana untuk inventaris ini sebesar Rp6.000.000.

RECOMMENDED :  √37+ Memberikan value produk Cara Meningkatkan Value Perusahaan, agar Selalu Eksis di Mata Konsumen

Estimasi dana tersebut bisa kurang, bisa juga lebih. Apabila Anda ingin memasang bel untuk pertanda orang datang, bisa saja dan efektif dilakukan.

4. Gaji untuk Karyawan

Terakhir, biaya yang harus keluar ketika berbisnis di bidang kesehatan adalah gaji karyawan jika memang diperlukan. Anda sebenarnya bisa menjaga sendiri usaha tersebut selama memang merupakan lulusan sekolah kesehatan.

Namun, ketika keuntungan sudah menjanjikan maka bisa merekrut pegawai dari lulusan sekolah kesehatan untuk menjaga apotek. Para penjaga apotek tau apoteker harus melalui serangkaian tes untuk menjadi salah satu agen dari peluang bisnis farmasi Indonesia.

Alasan Orang Membuka Usaha di Bidang Kesehatan

Ada banyak alasan kenapa dari sekian jenis usaha, apotek adalah salah satu yang memberikan kesempatan untung besar. Salah satunya karena kebutuhan obat di Indonesia bahkan dunia terus ada setiap harinya. Contohnya, saat ini pandemi menyerang maka kebutuhan orang akan obat-obatan, terutama untuk meningkatkan imun tubuh semakin besar. Jika sebelumnya sulit menebus obat covid di berbagai apotek, sekarang jika tahu resepnya bisa langsung membelinya secara mandiri. Para penyintas covid tentu lebih tahu apa yang harus dilakukan apabila merasa gejala covid kembali menyerang. Membaca peluang bisnis farmasi selama pandemi sebenarnya bisa berkali lipat memberikan keuntungan kepada para pemilik usaha. Usaha ini memberikan masa depan menjanjikan sebab setiap waktu, inovasi di bidang kesehatan itu ada saja. Inovasi dalam bidang pengobatan, obat-obatnya, dan banyak lagi. Hal ini yang akhirnya membuat apotek bisa memberikan investasi jangka panjang.

Ketika memiliki karyawan, Anda dapat mengontrol usaha cukup dari jauh saja tanpa terjun langsung ke lapangan. Memanfaatkan media sosial dan juga ecommerce juga merupakan salah satu strategi meningkatkan penjualan dan menjangkau pasar lebih luas.

RECOMMENDED :  √ 700++ Ide Nama Nama Frozen Food Untuk Usaha 2021

Perizinan Mudah dari Pemerintah

Menilai kebutuhan masyarakat yang tinggi akan obat, pemerintah memberikan kebijakan untuk mempermudah perizinan apotek. Pemberian izin secara lebih fleksibel ini sekaligus menjadi penekan banyaknya obat-obatan impor masuk ke Indonesia. Tingginya peluang bisnis farmasi membuat banyak anak dalam negeri akhirnya berperan aktif dalam menjaga kesehatan masyarakat Indonesia. Peluncuran izin cepat memang menanggapi kasus covid yang belum juga berakhir.

Budi Gunadi selaku Menteri Kesehatan dan Bahlil Lahadalia sebagai Kepala Badan Koordinasi  Penanaman Modal bahkan memberikan proses izin cukup sehari saja. Syaratnya, Anda harus mengajukan perizinan langsung melalui sistem OSS atau online submission system. Prosedur perizinan OSS ini sebenarnya berlaku untuk semua usaha yang akan dijalankan. Fungsinya supaya legalitas usaha jelas di hadapan hukum serta mempermudah Anda dalam mendapatkan suntikan dana dari investor.

Bisnis Farmasi Tidak Surut Meskipun Covid-19 Punah

Dua tahun berlalu, kasus covid makin terkendali seiring dengan semakin terlihatnya peluang bisnis farmasi di Indonesia. Kebahagiaan ketika kondisi lingkungan mulai kondusif perlahan nyatanya tidak mengurangi kebutuhan masyarakat akan obat-obatan. Jadi, sekalipun bencana covid ini nantinya akan berakhir maka kebutuhan obat sama sekali tidak terpengaruh. Bahkan jika Anda membuka toko di samping rumah sakit atau dekat dengan area rumah sakit berada.

Dalam beberapa kasus, dokter menganjurkan pembelian obat di luar rumah sakit karena stok kosong. Jenis obat ada banyak sekali, mustahil untuk Anda mengingat atau mengucapkannya secara benar apabila Anda bukan anak kesehatan. Keuntungan dari membuka bisnis apotek adalah bisa membantu pasien rumah sakit juga. Banyak peluang bisnis farmasi memberikan banyak efek positif terhadap investasi jangka panjang.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *