7 Daerah Penghasil Kerajinan Tempurung Kelapa

Dengan kreatifitas masyarakat, batok atau tempurung kelapa yang sebelumnya merupakan limbah, kini telah banyak diolah menjadi kerajinan seni yang mempunyai nilai jual.

Beberapa daerah di Indonesia bahkan terkenal menjadi sentra penghasil kerajinan tempurung kelapa yang produknya tidak hanya dijual di dalam negeri.

Baca juga: Daerah penghasil kerajinan kerajinan di Indonesia.

Berikut ini 5 Daerah penghasil kerajinan tempurung kelapa di Indonesia:

  1. Yogyakarta
  2. Lombok
  3. Bali
  4. Sulawesi Utara
  5. Aceh
  6. Tasikmalaya
  7. Kudus

Yogyakarta

Yogyakarta menjadi salah satu daerah penghasil kerajinan tempurung kelapa yang terkenal. Kamu bisa melihat dari banyaknya penjual souvenir batok kelapa di banyak tempat wisata di Jogja.

Salah satu dari banyaknya pusat pengrajin batok berada di daerah Bantul tepatnya di Kampung Santan, Guwosari, Pajangan, Bantul. Workshop kerajinan batok yang terkenal adalah Chumplung Adji Craft Bantul.

Selain itu ada kerajinan batok yang berada di Tiban Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk kamu yang membutuhkan kerajinan batok seperti Mangkok Batok, Mangkok Soto Batok, Mangkok Mie Batok, Gelas Batok atau Cangkir Batok Kelapa bisa coba melihat lihat di sini.

Antaranews

Lombok

Banyaknya bahan baku batok kelapa di Lombok dimanfaatkan masyarakat untuk membuat kerajinan bernilai jual seperti piring, gelas, mangkok bahkan sarang burung.

Kerajinan kerajinan ini telah merambah pasar dunia India, Turki, Jepang, Kuwait dan sejumlah negara lainnya di Asia dan Eropa serta Timur Tengah.

Bali

Banjar Sarimerta di Desa Negari, Banjarangkan, Klungkung, Bali telah terkenal menjadi daerah penghasil kerajinan tempurung kelapa.

Bahkan diketahui, sentra kerajinan ini telah beroperasi sejak 1997. Awalnya mereka mengerjakan untuk membuat kancing dari batok kelapa. Seiring berjalannya waktu dan mulai dikenal luas, mereka mulai memproduksi mangkok, ceretan, sendok, celengan, dan topeng.

Ekspor kerajinan Batok Bali telah dikirim ke negara Jepang, Perancis dan Australia.

Sulawesi Utara

Masyarakat Sulawesi Utara berkreasi dnegan mengubah limbah batok kelapa menjadi oleh oleh seperti vas, cangkir dan bunga unutk mempercantik ruangan.

Baca Juga: Daerah Penghasil Kerajinan Perak, Benarkah Sulawesi?

Mereka bahkan membuat hiasan berbentuk kura-kura yang unik. Nah, khusus untuk souvenir jenis ini akan terus dikembangkan karena tujuan utamanya adalah untuk mengkampanyekan kelestarian penyu.

Aceh

Daerah penghasil kerajinan tempurung kelapa di Aceh berada di Desa Karak, Woyla, Aceh.

Hasil kerajinan mereka bernilai tinggi, bahkan ada yang per item nya dibandrol harga 2 juta rupiah.

Hasil kerajinan batok kelapa lain dari Aceh adalah lampu hias, asbak putung rokok, gelas, celengan, bahkan hingga tas.

Tasiklamaya

Salah satu pengrajin batok kelapa yang ada di Tasikmalaya adalah Muhammad Nasrulloh atau biasa di sapa Anas.

Mulanya ia membuat kerajinan batok berupa ring cincin untuk batu akik saja, saat ini banyak pesanan dari luar negeri untuk membuat casing hp berbahan batok yang diekspor sampai Singapura.

Untuk media pemasarannya, Anas menggunakan media sosial Facebook.

Kudus

Kudus selain terkenal dengan rokok kreteknya, juga terkenal dengan kerajinan batok.

Kerajinan batok dari kUdus dijual dengan harga yang terjangkau. Produknya berupa manik manik dan lampu gantung yang indah.

Itulah dia 7 daerah penghasil kerajinan tempurung kelapa di Indonesia,

Selain tujuh daerah tersebut, kami yakin masih banyak daerah lain yang menekuni kerajinan ini hanya saja belum tersentuh media untuk dipublikasikan.

Semoga kerajinan tempurung Indonesia makin maju dan berjaya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *