Cara Menjaga Akun Instagram dari Serangan Hacker

√9+ Cara Menjaga Akun Instagram dari Serangan Hacker

Baca cepat

Cara Menjaga Akun Instagram dari Serangan Hacker

Cara Menjaga Akun Instagram dari Serangan Hacker
Cara Menjaga Akun Instagram dari Serangan Hacker

Cara menjaga akun Instagram agar tetap aman sangat penting untuk anda ketahui. Instagram menjadi salah satu media media sosial yang memiliki pengguna paling banyak di dunia saat ini.

Bisa dikatakan sebagian besar masyarakat di era modern memiliki Instagram sebagai tempat untuk menyalurkan eksistensinya. Bahkan ada beberapa orang yang sepertinya tidak bisa lepas dari aplikasi Instagram.

Akan tetapi sayangnya, masih sedikit orang yang belum menyadari akan bahayanya kejahatan cyber. Saat ini ada banyak sekali kasus di mana akun Instagram yang memiliki banyak followers  diambil oleh hacker.

Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui cara menjaga akun Instagram untuk menghindari pencurian akun Instagram yang anda miliki.

Sebenarnya Ada bermacam-macam hal yang bisa menyebabkan akun Instagram Anda diambil oleh orang lain. Hal tersebut mungkin saja terjadi akibat kesalahan diri anda sendiri yang tidak bisa menjaga keamanan akun dengan baik.

Kesalahan Umum yang Dilakukan Orang-Orang Ketika Menggunakan Instagram

Sebelum membahas mengenai cara menjaga akun Instagram dari para hacker kami akan memberitahu anda beberapa kesalahan umum yang tidak boleh dilakukan. Karena kesalah kesalahan tersebut bisa meningkatkan resiko agar hacker bisa membobol akun Instagram anda .

Tidak bisa dipungkiri masih ada banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan keamanan akun Instagram yang dimiliki. Padahal ketika akun Instagram bisa diambil oleh orang lain mungkin saja akan menimbulkan kerugian yang besar.

Anda mungkin bisa mengalami kerugian yang sangat besar akibat pencurian data pribadi yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Berikut beberapa kesalahan umum yang dilakukan oleh banyak orang ketika menggunakan Instagram.

1. Bertukar password dengan pasangan

Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh anak muda itu adalah bertukar password Instagram dengan pasangan. Hal ini tentunya sangat tidak disarankan karena mungkin kan orang lain untuk mengakses beberapa data pribadi, walaupun itu merupakan pasangan anda.

Jika anda melakukan hal ini, sepertinya cara menjaga akun Instagram yang anda terapkan akan terasa sia-sia saja. Karena ketika anda bertukar password dengan orang lain, itu artinya anda memberikan jalan kepada orang lain untuk memasuki akun Anda.

Baca Artikel Lainnya :  #5 Cara Upload Video ke YouTube Lewat HP, PC dan iPhone

2. Menggunakan aplikasi bajakan

Saat ini, banyak sekali orang menggunakan aplikasi bajakan demi bisa menggunakan fitur premium secara gratis. Hal ini sebenarnya sangat berbahaya, karena mungkin saja aplikasi bajakan tersebut disusupi oleh script-script berbahaya.

Sangat tidak disarankan bagi anda menginstal aplikasi bajakan karena akan sangat membahayakan data-data pribadi yang ada pada ponsel Anda.

3. Mengakses situs-situs ilegal

Selain menginstal aplikasi bajakan, mengakses situs-situs illegal juga meningkatkan kerentanan pencurian data pada ponsel Anda. Situs-situs ilegal bisa saja menyematkan virus dan juga menambahkan script berbahaya untuk mengambil data pribadi.

Oleh karena itu, sangat tidak disarankan bagi anda mengakses suatu situs terlarang dan ilegal. Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat yaitu adalah mengakses situs untuk menonton film secara ilegal.

Cara Menjaga Akun Instagram dengan Mengganti Password Secara Rutin

Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga keamanan akun Instagram yaitu adalah dengan mengganti password secara rutin. Ini merupakan salah satu tindakan paling sederhana untuk menghindari serangan para hacker.

Dengan mengganti password secara rutin, akan sangat sulit bagi para hacker untuk membobol akun Anda. Selain, mengganti password secara rutin juga sangat disarankan untuk menggunakan password yang panjang dan unik.

Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh orang-orang yaitu adalah Menggunakan sesuatu yang berhubungan dengan diri sendiri sebagai password seperti misalnya tanggal lahir, nama dan lain sebagainya.

Hal tersebut tidak disarankan karena semakin memudahkan orang lain untuk menebak password yang Anda gunakan. Cara menjaga akun Instagram agar tetap aman yaitu adalah dengan menggunakan password yang kuat agar semakin sulit untuk dibobol.

Perlu menjadi catatan juga, untuk tidak membuat password yang sama dengan berbagai macam password akun media sosial yang anda miliki. Walaupun ini memudahkan anda untuk mengingatnya, akan tetapi ini sangat berbahaya.

Karena, jika nanti ada salah satu akun media sosial yang berhasil diketahui passwordnya, maka secara otomatis password untuk akun sosial media lain juga diketahui.

Cara Menjaga Akun Instagram dengan Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh Instagram yaitu adalah autentikasi dua faktor. Ini merupakan fitur keamanan yang sangat bermanfaat untuk menjaga keamanan akun dari serangan para hacker.

Cara kerjanya bisa dikatakan cukup sederhana. Ketika anda mengaktifkan autentikasi dua faktor nantinya ketika ada seseorang yang ingin mengakses akun Instagram melalui perangkat lain maka akan diminta untuk memasukkan kode keamanan.

Kode keamanan tersebut nantinya bisa didapatkan melalui nomor telepon. Jadi ketika seseorang tersebut tidak memiliki nomor telepon yang terkait dengan akun Instagram anda, tidak akan mungkin bisa mendapatkan kode keamanan yang dikirimkan oleh Instagram.

Baca Artikel Lainnya :  #27 Tips Aman Membeli Laptop Bekas Oleh Pakar IT

Cara menjaga akun Instagram dengan autentikasi dua faktor ini sangat mudah. Pertama silahkan anda buka akun Instagram kemudian pilih menu setting. Setelah itu pilih keamanan kemudian pilih autentikasi dua faktor dan aktifkan.

Akan tetapi sayangnya saat ini masih ada banyak orang yang belum mengetahui fitur ini. Padahal fitur ini, sangat bermanfaat untuk menghindari pencurian akun yang mungkin dilakukan oleh para hacker.

Cara Menjaga Akun Instagram dengan Mencabut Akses Aplikasi Pihak Ketiga

Mungkin saja ada menginstal beberapa aplikasi dan memberikan izin kepada aplikasi tersebut untuk cuma akses Instagram. Sebenarnya Ketika anda memberikan izin kepada aplikasi pihak ketiga bukan menjadi masalah besar ketika aplikasi tersebut memang aman untuk digunakan.

Ada beberapa kasus dimana aplikasi pihak ketiga mencuri data data pribadi anda dan digunakan tidak semestinya. Oleh karena itu, salah satu cara menjaga akun Instagram yaitu adalah dengan mencabut akses aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan.

Memberikan akses kepada pihak ketiga memang memberikan kerentanan terhadap keamanan akun Instagram anda. Akan tetapi terkadang ada beberapa aplikasi yang memang dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam menggunakan Instagram.

Oleh karena itu sangat kami sarankan sebelum menginstall aplikasi pihak ketiga untuk mengecek apakah aplikasi tersebut benar-benar aman digunakan. Jika anda tidak yakin aplikasi tersebut aman sebaiknya jangan mengambil resiko untuk menggunakannya.

Alasan Cara Menjaga Akun Instagram Penting Untuk Anda Lakukan

Akun Instagram memang hanya sekedar media sosial saja. Akan tetapi biasanya pada akun Instagram ini terdapat berbagai macam data penting, seperti misalnya yaitu nama, alamat, nomor telepon, tanggal lahir, dan lain sebagainya.

Itu merupakan data pribadi yang sebaiknya tidak bisa diketahui oleh sembarang orang. Karena dengan data-data tersebut nantinya orang lain bisa melakukan hal-hal yang mungkin akan sangat merugikan untuk anda.

Seperti misalnya menggunakan data pribadi anda untuk melakukan penipuan kepada orang lain. Ini menjadi salah satu kasus yang banyak  terjadi di era modern seperti saat ini.

Jika anda merupakan seorang influencer ataupun selebgram juga akan sangat merugikan ketika akun Instagram dibuka oleh orang lain. Karena mungkin Instagram adalah salah satu sumber penghasilan anda.

Untuk itu menjaga keamanan akun Instagram merupakan hal wajib yang harus anda lakukan. Semoga cara menjaga akun Instagram yang kami bagikan bisa membantu anda menjaga akun tetap aman dari serangan para hacker.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: