gambar permainan tradisional layang layang

Jenis Permainan Tradisional yang Seru dan Sarat Makna

Jenis permainan tradisional- Jika Saya harus menyebutkan salah satu keajaiban dunia maka, lahir dan tumbuh di desa adalah sebuah keajaiban yang tak terperikan.

Bagian terpenting dari hidup di desa selain karena alamnya yang asri nan sejuk serta kekayaan hasil alam yang melimpah adalah beragamnya jenis permainan tradisional.

Begitu juga yang terjadi dulu di desa Saya. Permainan tradisional adalah kesenangan yang tiada bandingnya. Dari anak kecil sampai dewasa masih suka memainkan permainan ini.

Tidak hanya itu, diketahui bahwa permainan tradisional di setiap daerah Indonesia mempunyai karakteristik khas yang menunjukkan beragamnya sosial budaya. Mantul!

Namun, mirisnya di zaman sekarang permainan tradisional mulai ditinggalkan. Kalah sama gadget dan permainan elektronik lainnya seperti Play Station dan media sosial.

Padahal, berbagai jenis permainan tradisional mempunyai manfaat yang penting.

Beberapa manfaat itu diantaranya :

  • melatih motorik,
  • melatih hidup sosial,
  • mengasah kepekaan daya ingat,
  • melatih kepedulian terhadap sesama,
  • belajar bertanggung jawab
  • dan juga pastinya membuat tubuh sehat karena banyak bergerak, bukan gerak jempol saja loh ya hehehe.

Meskipun sudah banyak ditinggalkan, namun masih banyak dari kita mempunyai kenangan nostalgia tentang keseruan berbagai jenis permainan tradisional ini tak terkecuali Saya.

Nah ini dia beberapa jenis permainan tradisonal paling seru dan keren versi masa kecil Saya hehehe

Permainan Congklak

permainan congklak

Permainan congklak di beberapa daerah disebut juga dengan Dakon.

Hanya dimainkan oleh dua orang. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mengisi lumbung masing masing sebanyak mungkin.

Media yang dibutuhkan yaitu lima puluh buah kerikil dan sebuah papan dengan lubang berjumlah dua belas. Sepuluh lubang dibagi dua sisi untuk tempat perputaran kerikil dan dua lubang sebagai lumbung.

Meskipun terlihat sederhana, percaya tidak? permainan congklak melatih kita menganilisis bisnis? Ya! disetiap giliran kita bermain, kita pasti akan mulai menghitung dan menerka nerka kira-kira harus ambil lubang mana supaya kita dapat terus berputar yang dampaknya, lumbung akan terisi banyak.

Begitu juga dengan bisnis. Kita harus memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin dan mematangkan perhitungan di segala aspek supaya bisnis longlasting dan pastinya banyak untung. Canggih ya?

Permainan Petak Umpet

Permainan petak umpet (bbc.com)

Pasti banyak dari kalian sudah tahu permainan yang sangat melegenda ini.

Selain di indonesia, petak umpet juga terkenal di luar negeri.

Jumlah pemain yang unlimited membuat permainan ini sangat fleksibel, bahkan semakin banyak orang akan semakin seru.

Aturan dan cara mainnya sangat sederhana.

Dari hasil hompimpa akan ada satu orang yang kalah dan berjaga. Sementara itu teman yang lain bersembunyi di tempat terbaik agar tidak ditemukan yang jaga.

Bagian terseru adalah ketika kamu ketahuan, kamu masih bisa lolos jika menang cepat dan menyentuh pos jaga sambil berteriak “paal!” hehehe auto lomba lari nih.

Sama seperti permainan tradisional congklak, petak umpet mengajarkan untuk kreatif. Kreatif dalam membuat tempat bersembunyi dan juga untuk tidak menyerah, meskipun kadang mereka sembunyi ditempat yang jauh dan nyempil.

Permainan Gobak Sodor

Permainan gobak sodor (the-richmonder.com)

Selanjutnya, saat kecil Saya paling suka perminan ini. Biasanya kami bermain saat sore hari pulang dari mengaji atau saat hari libur.

Konsep permainannya adalah menjaga area agar tidak dibobol lawan. Nah, Kerja sama tim sangat diperlukan karena menjaga kotak kotak area yang luas tidak akan mampu dikerjakan satu orang.

Dalam Gobak Sodor diajarkan untuk menaati dan percaya perintah komandan. Supaya apa? ya supaya satu tim itu dapat dikoordinasi dengan baik.

Intinya kerjasama untuk satu tujuan. Permainan ini juga sarat latihan fisik, kita dituntut untuk berkelit ke kanan dan ke kiri supaya luput dari jangkauan musuh. Pokoknya selesei bermain auto bugar deh hehehe.

Permainan Engklek

Permainan engklek

Engklek adalah permainan tradisional yang kebanyakan dimainkan oleh anak perempuan.

Media bermainnya adalah bidang ditanah yang telah digambar menjadi petak petak kotak dan segitiga.

Jadi, disini pemain harus melompat lompat dari petak satu ke petak selanjutnya secara berurutan dengan satu kaki sambil mengambi gacoan dan pastinya tidak boleh terjatuh.

Engklek bagus untuk melatih keseimbangan motorik dan ketangkasan. Selain itu, juga membuat konsentrasi semakin baik.

Buat yang sulit konsentrasi coba deh ajak adiknya bermain Engklek.

Permainan Layang-Layang

Permainan layang-layang (netralnews.com)

Lahan padi yang baru dipanen adalah lahan sempurna untuk bermain layang-layang.

Apalagi jika sedang musim angin. wah ini adalah moment terindah bagi yang gemar bermain layang layang (termasuk Saya saat kecil hehehe).

Ada banyak sekali bentuk layang layang mulai dari kotak (pren), jajar genjang, ikan, burung, gapangan dan masih banyak lagi.

Bahan yang digunakan juga beragam mulai dari kertas, plastik, daun dan kain parasit.

Saat ini, layang layang bukan lagi permainan yang ndeso, sudah banyak event mulai dari lokal sampai internasional yang melombakan penerbangan layang- layang.

Selain cantik layang layang yang dilombakan juga megah dan unik. Hal ini tentunya sangat menantang kalian yang berjiwa seni dan kreatif bukan?

Permainan Pletokan (Tembakan dari Bambu)

Tembak-tembakan dari bambu (youtube.com)

Salah satu permainan tradisional yang termasuk genre menantang adalah Pletokan atau ada juga yang menyebut sundepan.

Permainan tembak tembakan ini terbuat dari ranting bambu kecil dengan panjang tigapuluh centimeter dan diameter lubang sekitar satu centimeter.

Lubang ini nantinya akan dimasuki biji-bijian/daun singkong/bola kertas sebagai peluru, lalu di tusuk dengan cepat menggunakan stik bambu yang panjang dan diameternya juga sudah disesuaikan.

Meskipun terlihat mengerikan, sebenarnya permainan tradisonal pletokan tidak se-berbahaya itu.

Bahkan, permainan ini bagus untuk melatih koordinasi tim dan juga kepekaaan menghadapi bahaya.

Pletokan juga bagus untuk melatih jiwa sportif. pokoknya masa kecil kamu army banget kalau sudah pernah main Pletokan hehehe.

Permainan Masak-Masakan Tradisional

Bermain masak-masakan (pinterest.com)

Hayo siapa yang suka bermain masak masakan saat kecil? Sangat Menggugah nostalgia bukan?

Memang permainan ini adalah permainan tradisional yang paling banyak dimainkan khususnya anak-anak perempuan, begitupun saya saat kecil hehe.

Dalam permainan ini anak-anak akan meniru peran orang dewasa seperti ibu-ibu yang sibuk memasak dan berbelanja. Disana mereka juga bercakap cakap layaknya para ibu.

Media yang digunakan juga beragam sesuai imajinasi anak anak, mulai dari tanah sebagai nasi, rumput untuk sayuran, biji bijian untuk camilan dan masih banyak lagi.

Maka dari itu permainan ini sangat bagus untuk melatih imajinasi sejak dini dan juga melatih anak dalam berperan di masyarakat sesuai kedudukannya.

Masak-masakan sampai saat ini juga masih digemari anak-anak, namun dengan media yang lebih modern seperti menggunakan set peralatan masak dari plastik dan juga media masak berupa plastisin, slime maupun pasir kinetik.

Nah, itu dia beberapa jenis permainan tradisional yang seru dan juga sarat makna yang berhasil Saya rangkum dari masa kecil.

Mungkin ada lagi permainan seru dari daerah kalian yang belum Saya ketahui, bisa komentar dibawah. Semoga khasanah permainan tradisional akan selalu lestari dan dapat dimainkan generasi dibawah kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: