4 Peluang Usaha Era Digital yang Menjanjikan di Masa Depan

√37+ 4 Peluang Usaha Era Digital yang Menjanjikan di Masa Depan

Baca cepat

√37+ 4 Peluang Usaha Era Digital yang Menjanjikan di Masa Depan

4 Peluang Usaha Era Digital yang Menjanjikan di Masa Depan
4 Peluang Usaha Era Digital yang Menjanjikan di Masa Depan

Peluang usaha era digital saat ini jumlahnya tidak sedikit dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Jadi, pada dasarnya semua orang berkesempatan memulai bisnisnya sendiri dan menjadi pengusaha. Hanya saja, tidak semua orang dapat melakukannya dengan baik. Bukan karena tidak bisa, tapi tidak mau mencoba dan tidak mampu melihat peluang-peluang usaha yang muncul akibat perkembangan dunia teknologi. Jika Anda ingin sukses, maka harus bisa memanfaatkan digitalisasi untuk memulai maupun mengembangkan usaha. Sudah pasti, tantangan selalu ada, tapi dengan semangat dan usaha bukan tidak mungkin segala tantangan dapat teratasi dan menjadikan Anda orang yang sukses. Bisa jadi salah satu peluang usaha berikut akan cocok untuk Anda.

Peluang Usaha Era Digital dengan Menjadi Afiliasi Marketplace

Selama ini Anda menggunakan marketplace sebagai tempat berbelanja, membayar tagihan, juga memenuhi berbagai kebutuhan hidup lainnya. Namun, pernahkah terpikirkan untuk menghasilkan uang dari marketplace? Bukan sebagai salah satu penjual langsung, tapi menjadi afiliasi marketplace. Maksudnya, Anda akan melakukan kegiatan memasarkan produk milik orang lain dan akan mendapatkan komisi dari kegiatan tersebut.

Peluang usaha era digital satu ini sudah banyak ditawarkan oleh marketplace, salah satunya Tokopedia. Pelanggan setia akan mendapatkan kiriman mail penawaran menjadi anggota afiliasi atau bisa mengajukan diri. Hanya perlu melakukan registrasi, berupa pengisian data pendaftaran kemudian mendapatkan kode referal. Kode referal ini kemudian Anda bagikan di blog atau akun media sosial. Jika ada yang membeli menggunakan kode tersebut akan ada komisi untuk pemilik kode.

Jenis usaha seperti ini biasanya dilakukan individu dan tidak perlu modal. Anda hanya perlu melakukan promosi sedikit saat online dan mendapatkan hasilnya. Bisa jadi peluang usaha era digital yang pas untuk para pengguna aktif media sosial. Jadi, media sosial dan akun marketplace tidak hanya digunakan untuk kegiatan pribadi saja, tapi mampu menghasilkan cuan. Semakin aktif dan banyak orang membeli, maka akan makin besar komisi didapatkan.

Peluang Usaha Menguntungkan dengan Menjadi Influencer

Pernah mendengar istilah influencer? Banyak selebritis tanah air yang sekarang banting setir menjadi influencer. Namun, tidak sedikit juga orang biasa yang menekuni peluang usaha era digital satu ini. Karena memang sangat menghasilkan. Seseorang yang sukses menjadi influencer bisa mendapatkan penghasilan puluhan hingga ratusan juta sebulan. Ngiler nggak tuh? Pastinya ada keinginan untuk menghasilkan uang sebanyak itu, bukan?

Baca Artikel Lainnya :  √ Impor: Haruskah Kita Melakukannya?

Jika Anda punya banyak follower di Instagram, Youtube, atau TikTok, bisa mencoba menekuni bidang ini. Pekerjaan ini menghasilkan banyak uang hanya dengan mempromosikan sebuah produk dalam sebuah konten yang apik. Kunci dari peluang usaha era digital sebagai influencer adalah bagaimana membuat konten menarik sehingga produk yang dipromosikan mendapatkan impact positif dari promosi tersebut. Sudah pasti, image si influencer juga harus bagus sehingga bisa memberikan dampak positif. Jadi, selain punya banyak followers, Anda juga harus menjaga image di depan warganet sehingga banyak brand datang menawarkan endorse.

Menjadi Seorang Content Writer

Peluang usaha era digital yang cukup menjanjikan hasilnya adalah menjadi penulis konten. Tidak semua orang bisa melakukan hal ini, hanya yang punya keahlian menulis saja dapat mengejakannya. Eits, jangan kecil hati dulu, sebab kemampuan menulis bisa dipelajari dan dilatih, bukan bakat sejak lahir. Jadi, apabila Anda mau belajar dan menjadi ahli dalam bidang ini, maka kesempatan terbuka lebar.

Mengapa pekerjaan ini menjanjikan? Jawabannya adalah karena semua bisnis menggunakan media sosial maupun website untuk melakukan promosi. Banyak brand tidak bisa mengisi websitenya sendiri sehingga memerlukan jasa cari para penulis untuk menciptakan konten. Pemasaran produk menggunakan konten maupun artikel ini menjadi peluang usaha era digital yang cukup menghasilkan. Penghasilan jutaan hingga puluhan juta bisa didapatkan. Namun, harus punya keahlian berikut:

  1. Punya Keahlian Menulis yang Mumpuni

Sudah pasti seorang penulis konten harus punya keahlian menulis yang mumpuni. Artinya harus punya pengetahuan kosa kata, ketentuan dalam menulis, serta aturan dasarnya. Selain itu, harus bisa mengolah kata sehingga menjadi bacaan yang dipahami dan dimengerti oleh pembacanya. Juga menimbulkan rasa penasaran, informati, dan disukai.

  1. SEO

Peluang usaha era digital sebagai penulis konten mengharuskan Anda menguasai mengenai SEO. Pengetahuan mengenai search engine optimization ini merupakan hal sangat penting, karena menjadi hal paling dicari. Jadi, Anda harus mempelajari mengenai SEO dan menguasainya. Terutama bisa menggunakannya ke dalam tulisan sehingga dapat memberikan hasil optimal dalam setiap konten yang dibuat.

  1. Membaca Target Pembaca

Setiap produk atau brand punya target masing-masing. Misalnya, produk susu ibu hamil, target pasarnya jelas untuk para ibu hamil. Jadi, saat membuat konten tulisan harus menyesuaikan dengan target ini. Contohnya, membuat tulisan dengan tema makanan yang cocok untuk ibu hamil, olahraga untuk ibu hamil, dan berbagai tema lain berhubungan. Jadi, harus relevan agar tepat sasaran.

  1. Memahami Keinginan Pembaca

Ada berbagai jenis pembaca dan mereka punya keinginan tersendiri. Misalnya, pembaca yang ingin informasi cepat, maka kontennya harus singkat, padat, dan jelas. Lain lagi jika pembaca menginginkan informasi lengkap dan detail, maka Anda harus bisa menyediakan hal tersebut. Pahami apa yang diinginkan pembaca, lalu berikan sesuai keingan tersebut sehingga konten laku dan dibaca banyak orang.

  1. Punya Keingintahuan Besar

Penulis itu harus punya keingintahuan besar sehingga bisa menghasilkan tulisan terbaik. Istilahnya, penulis itu harus kepo, tapi dalam sisi postif. Keingintahuan merupakan modal utama sebab membuat penulis ingin terus belajar.

Baca Artikel Lainnya :  √100 Ide Nama Es Teh Unik & Keren untuk Jualan

Peluang Usaha Menjual Produk Digital

Peluang usaha era digital berikutnya yang tidak kalah menguntungkan dan menjanjikan di masa depan adalah menjual produk digital. Apa yang dimaksud produk digital? Yaitu produk-produk non fisik yang diperdagangkan melalui platform online. Contoh mudahnya adalah ebook, video, gambar, pulsa, voucher game, dan lain sebagainya. Jenis usaha ini juga sangat menjanjikan di masa-masa ini, terutama saat orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di dunia maya. Jika Anda punya keahlian mendesain dapat mencoba menjadi desainer visual atau pembuat konten digital berupa gambar. Jenis keahlian seperti ini banyak dicari dan bisa melakukan beragam pekerjaan.

Atau punya keahlian membuat aplikasi, bisa menjadi peluang usaha era digital sangat menjanjikan. Karena banyak perusahaan membutuhkan aplikasi mobile sebagai bentuk pelayanan kepada konsumennya. Anda juga bisa menciptakan game karena saat ini peningkatan jumlah pemain gim online naik cukup tinggi. Buat game menarik dan gunakan sistem penjualan voucher game, maka akan memberikan banyak keuntungan, apalagi jika gamenya banyak disukai. Ingin yang lebih simpel, Anda bisa berbisnis jualan pulsa, voucher game, isi uang digital, atau layanan pembayaran tagihan online. Bisnis ini sebenarnya bukan jenis baru, tapi tetap menjanjikan dilakukan hingga saat ini dan tahun-tahun mendatang.

Banyak sekali jenis usaha bisa dilakukan di era digital, bahkan Anda tidak perlu menyiapkan modal dalam jumlah besar untuk merealisasikannya. Hal utama adalah niat untuk melakukannya, dibarengi usaha, juga kemampuan. Anda dapat melakukan jenis usaha yang mudah terlebih dahulu, sembari meningkatkan kemampuan sehingga bisa berkembang. Hal terpenting adalah memanfaatkan peluang usaha era digital sebaik mungkin.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: