√ Lirik dan Makna Tembang Dolanan Gajah Gajah

Tembang Dolanan Gajah Gajah – Gajah Gajah merupakan salah satu judul dari tembang dolanan. Berbeda dengan Cublak Cublak Suweng, lagu Gajah Gajah tidak dinyanyikan dalam sebuah permainan. Kita dapat menyanyikannya begitu saja.

Lagu gajah gajah dulu populer dinyanyikan saat Taman Kanak Kanak. Guru akan berlenggak-lenggok menirukan gajah yang lincah dan murid murid akan tertawa gembira.

Namun, saat ini lagu gajah gajah perlahan hilang dari dunia anak-anak. Liriknya mulai dilupakan. Bahkan ketika kamu mencari lagu gajah gajah di internet, sulit menemukan artikelnya.

Untuk itulah, kita harus ikut mengangkat kembali tembang dolanan gajah gajah. Salah satunya mengulas kembali tentang lagu gajah gajah, seperti akan dijelaskan di bawah ini.

Apa Itu Lagu Gajah Gajah

Seperti telah dijelaskan, lagu gajah gajah adalah salah satu judul dari tembang dolanan. Judul lagu dalam tembang dolanan ada banyak, kamu dapat mempelajarinya dalam artikel sebelumnya.

Contoh tembang dolanan seperti lagu Kidang talu, Menthog-menthoq dan Aku Duwe Pitik.

Tembang dolanan Gajah gajah berasal dari Jawa Tengah.

Pencipta Lagu Gajah Gajah adalah Ki Hadi Sukatno. Beliau adalah seniman dari Indonesia yang telah menciptakan banyak permainan dan lagu anak anak.

Ki Hadi Sukatno lahir di Delanggu, Klaten, 26 Mei 1915 dan meninggal di Yogyakarta, 10 November 1983 pada umur 68 tahun. Beliau dimakamkan di Taman Wijaya Brata Taman Siswa, bersama dengan Ki Hajar Dewantara.

Tembang Gajah Gajah secara umum menceritakan bagaimana tingkah laku gajah dengan cara yang lucu dan menyenangkan. Anak-anak pada umumnya senang dengan sesuatu yang rancak dan dinamis. Hal itu memang sesuai jiwa anak yang penuh gairah, dinamis, dan pantang menyerah.

RECOMMEND :  √35 Contoh Ukara Sambawa: (Pangarep, Umpama lan Senadyan)

Lirik Lagu Gajah Gajah

Lirik lagu gajah Gajah tidak terlalu panjang, dan berisi kelucuan hewan Gajah.

Berikut lirik lagu Gajah Gajah dalam Bahasa Jawa

Gajah-gajah
Kowe tak kandhani
Mripat kaya laron
Siyung loro, kuping gedhe
Kathik nganggo tlale
Buntut cilik
Tansah kopat-kapit
Sikil kaya bumbung
Mung Iakumu megal-megol
.

Terjemah lirik gajah gajah dalam Bahasa Indonesia

Gajah-gajah
Kamu tak nasihati
Mata ibarat laron,
Punya dua gading, telinga besar,
Juga memiliki belalai,
Ekor kecil
Selalu bergoyang-goyang
Kaki ibarat batang bambu
Hanya jalanmu megal-megol.

Notasi Tembang Gajah Gajah

  • Notasi Lagu Dolanan Gajah-Gajah Laras Slendro Manyura

Notasi Lagu Dolanan Gajah-Gajah di atas ditulis oleh Maestro Karawitan KRT. Wasitodiningrat dengan laras Slendro Manyura. Notasi Lagu tersebut ada dalam buku The Vocal Notation of K.R.T. Wasitodiningrat Volume I : Slendro dan dipublikasikan oleh American Gamelan Institute tahun1995.

  • Notasi Lagu Dolanan Gajah-Gajah Laras Pelog Pathet Barang

Notasi Lagu Dolanan Gajah-Gajah di atas ditulis oleh Maestro Karawitan KRT. Wasitodiningrat dengan laras Pelog Pathet Barang. Notasi Lagu tersebut ada dalam buku The Vocal Notation of K.R.T. Wasitodiningrat Volume II : Pelog dan dipublikasikan oleh American Gamelan Institute tahun1995.

Makna Tembang atau Lagu Gajah Gajah

Meskipun terdengar seperti lagu anak anak dengan syair yang sederhana, ternyata lagu gajah gajah ini memiliki makna yang mendalam.

Seperti ini jika lagu gajah gajah diartikan dan di maknai baris per demi baris.

  • Arti baris pertama “gajah, gajah kowe tak kandhani jah” yaitu pencipta tembang ingin memberikan nasehat kepada seseorang, memberi tahu sesuatu yang baik sebagai pegangan hidup di dunia.
  • Arti baris kedua “mata kaya laron” adalah, meskipun kita memiliki mata yang kecil namun harus tetap dapat melihat hal yang benar (terang) seperti mata laron yang kecil dan hidup mengelilingi tempat yang terang.
  • Arti baris ketiga “kuping gedhe yaitu manusia hidup memiliki telinga yang besar atau lebar, berarti manusia harus mampu membedakan, mendengar, memilah sesuatu yang benar dan sesuatu yang salah.
  • Pada lirik berikutnya “buntut cilik kopat-kapit maksudnya meskipun manusia adalah makhluk yang kecil, namun tetap dituntun untuk tetap berusaha. Hal ini diterangkan dengan kata “kopat-kapit” yang artinya kesana kemari atau tidak diam jika ada masalah.
  • Arti lirik gajah gajah selanjutnya, “sikil kaya bumbung” kaki merupakan alat berpijak, diharapkan memiliki kekuatan yang luar biasa nan kuat. Digambarkan dengan sebuah benda bernama “bumbung” yang besar dan kuat.
  • dan pada lirik yang terakhir “solahmu migang-migung” adalah teguh pendirian, jangan mencla mencle (migang-migung).
RECOMMEND :  √ 23+ Contoh Tembang Pangkur: Gancaran, Watak dan Teges

Kesimpulan

Dari ulasan tentang tembang gajah gajah di atas didapat beberapa kesimpulan yiatu:

  1. Lagu gajah gajah adalah jenis tembang dolanan yag berasal dari Jawa Tengah dan diciptakan oleh Ki Hadi Sukatno.
  2. Lagu Gajah Gajah memiliki makna tersembunyi tentang kehidupan yaitu manusia hidup di dunia ini, haruslah memiliki sifat yang mampu melihat dan memilah mana yang benar dan mana yang salah, serta dalam hidup ini diharapkan manusia tidaklah berdiam diri.haruslah bekerja kata orang jawa “polah”

Demikian ulasan tembang dolanan Gajah Gajah, semoga menjadi pengetahuan yang bermanfaat. Terimaksih.

Sumber:

http://yordantelo.blogspot.com/2014/12/analisis-lagu-dolanan.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Hadi_Sukatno

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *