Teknologi

Cara Kerja Modem Lengkap dengan Komponen, Fungsi, Jenis dan Cara Instalasinya

Pahami lebih jauh cara kerja modem – Istilah modem memang sudah familiar di telinga kita. Namun, meskipun familiar admin yakin tidak banyak dari kita yang benar-benar memahami modem secara mendalam.

Pemahaman yang dimaksud berupa pengertian, fungsi, cara kerja modem, jenis dan seterusnya. Beberapa dari kita kebayakan hanya memahami modem sebagai sarana untuk dapat terhubung ke internet. Dan mungkin juga masih banyak dari kita yang hanya satu jenis modem yaitu modem eksternal yang dapat dipindah-pindah berbentuk seperti flashdisk itu.

Untuk itu, supaya lebih jelas mari simak penjelasan berikut bersama-sama.

Pengertian Modem

servercake.com

Sebelum lebih jauh ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu modem supaya lebih mudah untuk memahaminya.

[su_quote] Modem yang kita kenal merupakan singkatan dari Modulator and Demodulator.[/su_quote]

Secara global setiap kata dalam kata modem sudah mendeskripsikan pengertian modem.

Pertama modulator, modulator adalah sebuah rangkaian yang berfungsi untuk melakukan proses modulasi.

Modulasi dapat diartikan sebagai sebuah proses “menumpangkan” data pada frekuensi atau gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi atau pesan agar bisa dikirimkan ke penerima melalui perantara tertentu. Perantara/ medianya dapat berupa kabel atau udara dan biasanya bewujud gelombang sinus.

Gelombang sinyal pesan disebut juga sebagai sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang tadinya berbentuk sinyal digital akan dirubah menjadi sinyal analog.

Sebelumnya, sinyal digital merupakan hasil teknologi yang dapat mengubah sinyal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (juga dengan biner). Sinyal ini tidak mudah terpengaruh oleh derau, proses informasinya mudah, cepat dan akurat. Kelemahan sinyal digital adalah transmisinya hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat.

Sedangkan, sinyal analog atau juga bisa disebut isyarat analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang.

odisetiawan48.blogspot.com

Lanjut, demodulator fungsinya merupakan kebalikan dari modulator (demodulasi). Lebih jelas, demodulator adalah proses untuk mendapatkan kembali data dari sinyal yang diterima dari pengirim.

Dalam proses demodulasi, sinyal pesan akan dipisahkan dari sinyal pembawa yang berfrekuensi tinggi. Selanjutnya, data yang dikirim berbentuk sinyal analog tadi dirubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa dibaca komputer penerima.

[su_quote] Sesuai namanya, Modem merupakan penggabungan dari kedua sistem tersebut, sehingga modem disebut sebagai alat komunikasi dua arah.[/su_quote]

[su_quote] Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan pengertian Modem yaitu sebuah perangkat keras yang berguna sebagai alat komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan data/pesan ke alamat yang dituju.[/su_quote]

Ringkasnya, modem juga bisa diartikan sebagai media perantara supaya komputer dapat terhubung ke jaringan internet.

rangkaianelektronika.info

Fungsi Modem

headweblink.en.made-in-china.com

Pembahasan selanjutnya adalah fungsi modem. Modem memiliki beberapa fungsi penting antara lain:

  1. Fungsi utama modem adalah masih sama yaitu sebagai alat komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya.
  2. Sebagai penghubung perangkat pada jaringan.
  3. Sebagai saluran radio, percakapan telepon maupun audio lainnya berkat adanya fasilitas voice modem.
  4. Dapat memeriksa informasi yang diterima apakah rusak atau tidak dengan metode checksum.
  5. Modem berfungsi untuk melakukan komunikasi dan pemeriksaan paket data.
  6. Dapat memadatkan data.

Komponen Modem

Modem juga memiliki komponen yang sangat penting dan berfungsi sebagai pendukung kerja modem. Komponen modem tersebut adalah:

Network Interface Card (NIC)

pro.co.id

Komponen penting pertama adalah NIC (Network Interface Card). Komponen ini berfungsi sebagai penghubung antar komputer. Pemasangan kabel jaringan pada NIC dilakukan setelah pemasangan card dan bertujuan agar komputer dapat saling terhubung.

Repeater

Banggood.com

Repeater dikenal sebagai sebagai penguat sinyal digital (repeat: ulang). Jadi, saat menerima sinyal, kekuatan sinyal akan ditambah. Repeater juga dapat digunakan sebagai penghubung media yang berbeda asalkan metode aksesnya sama.

HUB

core-electronics.com.au

HUB merupakan hardware tambahan yang disambungkan ke komputer jaringan pusat untuk menyatukan kabel agar dapat menjangkau jarak yang jauh. Selain untuk menyatukan HUB juga berfungsi sebagai pengatur data dan juga untuk menguatkan sinyal.

HUB memiliki lubang pada bagian belakangnya dan disebut sebagai port.

Switch

itead.cc

Komponen modem ini berguna sebagai penggabung jaringan pada wilayah local. Selain itu, juga dapat mengatasi masalah yang berasal dari HUB dan repeater.

Acces point

adsdigital.co.uk

Acces point memiliki fungsi yang sama dengan HUB yaitu sebagai penghubung media yang menggunakan jaringan wireless.

Bridge

tindie.com

Bridge merupakan komponen modem yang fleksibel dan cerdas dan lebih canggih apabila dibandingkan dengan repeater. Untuk mengirim data, bridge menggunakan CSMA atau CD seperti apa yang digunakan dalam sistem network interface.

Router

netspotapp.com

Router memiliki tugas utama untuk melewatkan data yang memiliki alamat network berbeda. Tidak hanya itu, komponen ini juga mampu untuk mengelola segmen jaringan fisik (colision domain) dan juga pengelolaan broadcast domain.

Broadcast domain adalah jaringan komputer yang melakukan pengiriman data, sehingga komputer dapat menerima dan memproses data tersebut.

Cara Kerja Modem

makeuseof.com

Pembahasan selanjutnya adalah cara kerja modem.

Ingat, sebelumnya prinsip kerja modem adalah mengubah dari sinyal digital ke analog dan dari analog menjadi digital.

Saat komputer disambungkan ke kabel telepon, kemudian digunakan untuk aktivitas yang berhubungan dengan internet, lalu kita mengupload/mengirim data, maka informasi/data dari komputer dalam bentuk digital tersebut akan diubah oleh modem menjadi bentuk analog untuk dikirim melalui kabel telepon atau media lainnya.

Ketika data/informasi tersebut sampai ke PC/ laptop tujuan, maka modem yang ada pada komputer tujuan akan mengubah kembali bentuk data analog tersebut menjadi bentuk digital sehingga dapat diproses lebih lanjut oleh komputer tujuan.

Begitu pula cara kerja modem saat kita mengunduh (download) data/file. Data tersebut sebelumnya merupakan data analog saat berada pada kabel telepon, namun saat masuk ke komputer, modem secara otomatis akan mengubahnya menjadi bentuk digital agar bisa diproses lebih lanjut dan ditampilkan.

Proses inilah yang memungkinkan komputer-komputer di internet di berbagai belahan dunia bisa berinteraksi satu sama lain dan saling berbagi informasi.

Agar lebih jelas perhatikan skema/ bagan berikut.

aumedu.blogspot.com

Pembagian Jenis Modem Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Berdasarkan Lokasi Pemasangan

Modem eksternal

orosk.com

Modem Eksternal adalah modem yang dipasang di luar perangkat komputer atau dengan kata lain di luar CPU. Modem ini biasanya ditancapkan pada slot USB dan Kabel LAN.

  • Kelebihan
  1. Kemampuan kerja yang sangat baik dan mudah untuk dipindahkan pada komputer lain.
  2. Tidak perlu menggunakan slot ekspansi, sehingga slot ekspansi dapat dipakai untuk kebutuhan lain. Apalagi jika penggunaan mainboard menyediakan sedikit slot slot ekspansi.
  3. Memiliki lampu indikator untuk memantau status modem.
  • Kelemahan
  1. Dari segi harga modem eksternal lebih mahal.
  2. Kecepatan dapat melemah jika cuaca di sekitarnya tidak mendukung.

Modem Internal

amazon.com

Sesuai namanya modem internal adalah modem yang dipasang di dalam komputer.

Perangkat yang biasanya sudah dilengkapi dengan modem internal: laptop, notebook dan netbook.

Perangkat komputer/ laptop yang sudah dilengkapi dengan modem internal ini bisa secara langsung terhubung ke internet.

  • Kelebihan
  1. Tidak memakan tempat
  2. Harganya lebih ekonomis.
  3. Tidak memerlukan adaptor karena telah terpasang di dalam CPU.
  4. Tidak membutuhkan banyak piranti kabel.
  • Kelemahan
  1. Tidak memiliki indikator lampu sehingga status modem tak dapat diketahui.
  2. Dapat mempengaruhi suhu pada kotak CPU.

Berdasarkan Teknologinya

Modem ISDN

cartft.com

Modem ISDN ( Integrated Services Digital Network) merupakan modem yang mengintegrasikan layanan data, suara dan gambar ke dalam suatu jaringan.

Jaringan yang menggunakan modem ISDN dapat menyediakan koneksi digital dari ujung ke ujung sehingga ruang lingkup pelayanannya lebih luas.

  • Kelebihan
  1. Memiliki kecepatan tinggi pada pengiriman data.
  2. Efisien, karena bisa mengirimkan segala jenis layanan.
  3. Single interface untuk terminal yang bervariasi.
  4. Hanya butuh satu terminal pada audio dan vidio.
  5. Untuk telepon dan data, setiap pelanggan bisa menggunakan ISDN saja.
  6. Koneksi full digital.
  • Kelemahan
  1. Tidak semua wilayah memiliki layanan ISDN.
  2. Jaraknya tidak bisa lebih dari 5.5 km.
  3. Memerlukan daya ekternal.
  4. Tidak akan berfungsi apabila kehilangan daya.

Modem GSM

alibaba.com

Modem Global System for Mobile Communications atau biasa disebut dengan GSM adalah modem yang menggunakan jaringan seluler sebagai media untuk transfer data.

Modem GSM digunakan bersamaan dengan kartu provider internet tertentu.

Namun sebelumnya, kartu provider tersebut sudah harus terisi paket internet terlebih dahulu. Hal ini karena cara kerja modem ini adalah dengan memancarkan sinyal provider menjadi koneksi internet.

  • Kelebihan
  1. Memiliki jaringan yang sangat luas.
  2. Harganya yang relatif murah.
  3. Mudah dipindah-pindah dan sangat praktis.
  • Kelemahan
  1. Jalurnya yang tidak terpisah sehingga mengakibatkan ketidakstabilan konektivitas.
  2. Harga langganan mahal.

Modem analog

Tainet.net

Yang dimaksudkan dengan modem analog di sini adalah penerima data dari jaringan transmisi data (data analog) yang kemudian mengubahnya menjadi data digital atau juga sebaliknya pada komputer.

Modem Analog dianggap sebagai modem yang sama dengan modem dial-up.

  • Kelebihan
  1. Penggunaannya lebih mudah.
  2. Praktis, karena modem dial-up sudah terpasang hampir semua PC dan laptop.
  • Kelemahan
  1. Kecepatannya kecil hanya sekitar 12 sampai 20 Kbps.
  2. Tidak bisa digunakan bersamaan dengan telepon rumah,karena internet akan terputus.

Modem ASDL

harveynorman.co.au

ASDL adalah singkatan dari Asymetric Digital Subscribe Line.

ADSL merupakan modem yang dapat digunakan untuk mengakses internet dan telepon analog secara bersamaan.

Modem jenis ini adalah harus digunakan bersama alat tambahan yang bernama Splitter.

Alat tambahan tersebut berfungsi untuk menghilangkan gangguan, sehingga koneksi yang dihasilkan lebih stabil.

  • Kelebihan
  1. Memiliki dua frekuensi: frekuensi tinggi sebagai penghantar data dan frekuensi rendah yang dapat menghantar suara dan fax.
  2. Jika menggunakan Speedy, ASDL akan menjadikan internet jauh lebih murah.
  • Kelemahan
  1. Semakin jauh jarak antara modem dan PC dengan gardu telepon maka kecepatan internetnya semakin lambat.
  2. Tidak dapat digunakan oleh semua software.
  3. Kecepatan ASDL tergantung terhadap jarak penyedia layanan.

Modem Kabel

engadget.com

Modem kabel adalah modem yang khusus digunakan di TV Kabel untuk mendapatkan siaran acara televisi.

Cara kerja modem ini sudah jelas, yaitu menerima data dari penyedia layanan TV Kabel.

Penyedia layanan TV Kabel akan meminjami perangkat ini jika kamu berlangganan.

  • Kelebihan
  1. Penggunaanya tanpa batas.
  2. Tidak berlaku tambahan biaya karena sudah masuk dalam sistem bayaran bulanan.
  3. Dapat digunakan kapan saja tidak terpengaruh jam sibuk.
  • Kelemahan
  1. Jaringannya di Indonesia masih terbatas.
  2. Biaya langganan termasuk mahal.

Wireless Modem

id.sharetronicvirtualreallity.com

Sama seperti namanya, modem wireless menggunakan teknologi nirkabel atau tanpa kabel untuk proses transfer data.

Data di transfer melalui gelombang cahaya seperti infrared, bluetooth, atau gelombang radio.

Modem ini tidak memerlukan banyak kabel dalam penggunaannya. Selain itu untuk meningkatkan kekuatan sinyal dapat dibantu menggunakan antenna dan penguat sinyal.

  • Kelebihan
  1. Praktis, tidak perlu menggunakan kabel panjang.
  2. Kecepatan mengirim data stabil.
  3. Dapat digunakan di berbagai perangkat seperti laptop dan smartphone .
  4. Dapat digunakan pada jaringan perangkat lunak.
  • Kelemahan
  1. Biaya yang mahal.
  2. Sinyal tergantung cuaca.
  3. Penghalang seperti tembok dapat mempengaruhi kekuatan sinyal.

Modem CDMA

jakartanotebook.com

Selain ada modem GSM, ada juga modem CDMA.

Modem jenis ini menggunakan jaringan CDMA dengan kekuatan berkisar 800 MHz. Meskipun begitu, modem versi terbarunya sudah menggunakan frekuensi EVDO Rev-A yang sama dengan jaringan 3G.

Saat ini modem jenis ini sudah jarang digunakan karena kecepatannya yang tidak bisa diandalkan lagi.

  • Kelebihan
  1. Koneksinya stabil.
  2. Harga langganan perbulannya sangat murah.
  • Kelemahan
  1. Peralatannya mahal.
  2. Jaringannya belum terlalu luas atau terbatas.

Cara Koneksi Internet dengan Modem Pada Komputer

clickviralcontent.com

Selanjutnya berikut adalah cara internet agar terhubung dengan modem pada komputer. Cara ini adalah cara yang digunakan modem secara umum.

Memilih ISP dari operator seluler

Langkah pertama adalah memilih salah satu ISP dari layanan internet seluler. Untuk berlangganan, terlebih dahulu kita harus membeli kartu sim dan memiliki modem sesuai dengan jaringan pada operator.

Apabila menggunakan GSM, maka modem yang digunakan juga harus GSM begitu juga jika tipe yang digunakan CDMA maka modemnya juga harus CDMA.

Baca Juga: Mentok Kuota Internet Habis? Coba Jebol Wifi dengan Cara Sederhana Ala Hacker Berikut.

Menghubungkan modem ke komputer

Selanjutnya adalah memasang kartu SIM pada modem yang terpasang pada komputer. Jika modem yang digunakan adalah tipe USB maka USB harus dipasangkan terlebih dahulu ke komputer/laptop.

Menginstal driver modem

Apabila OS komputer/ laptop menggunakan linux, maka modem dapat terdeteksi secara langsung tanpa harus menginstal driver karena tersedianya library driver. Tapi, bagi yang menggunakan komputer dengan OS Windows, pasti akan meminta driver apabila belum pernah menginstal hardware sejenis.

Membuat koneksi dial-up

Selanjutnya, jika driver telah mendeteksi device manager (manajemen perangkat) dari modemnya sudah terinstal. Kamu akan mendapatkan tanda peringatan atau modem tidak akan terdeteksi apabila memiliki masalah pada driver.

Langkah terakhir adalah menyesuaikan koneksi dari masing-masing operator sehingga dapat digunakan untuk mulai kegiatan internet.

Cara Mengetahui Kekuatan Sinyal Modem

inux.wordpress.com

Untuk kamu yang ingin mengetahui kekuatan sinyal modem, kamu bisa unduh terlebih dahulu aplikasi monitoring modem yang bernama MDMA atau Mobile Data Monitoring Application.

Aplikasi ini dapat memonitor internet dan mencari tahu kekuatan sinyal seperti GPRS, EDGE, 3G, maupun HSDPA.

Langkah-langkah untuk mendapatkan MDMA.

  1. Unduh dan instal aplikasi MDMA di PC/ Laptop.
  2. Colokkan modem pada laptop atau komputer.
  3. Tutup dashboard modem jika terbuka karena dapat mengganggu kehadiran MDMA.
  4. Coba jalankan MDMA dan apabila mengalami gangguan atau eror, langsung saja klik Retry.

Data yang ditampilkan MDMA meliputi:

  • RSSI berarti sinyal didapatkan. Semakin kecil dBm, maka sinyal yang didapatkan akan semakin bagus.
  • RAT artinya jenis jaringan yang di dapatkan. Jenis yang didapatkan bisa saja HSD+UPA, HSDPA, 3G, EDGE dan GPRS. sinyal atau jaringan yang paling bagus adalah HSD+UPA.
  • Connection type atau tipe koneksi. Untuk indikator yang satu ini kita bisa memaksimalkannya dengan memilih sinyal 3G/ HSPA Only, kemudian klik Apply. Tujuannya agar modem selalu menangkap sinyal 3G atau HSDPA sehingga kecepatannya selalu terjaga.

Bagaimana? pengetahuan kamu tentang cara kerja modem, pengertian, jenis dan seterusnya semakin bertambah bukan. Jangan lupa tambahkan komen jika ada bagian yang kurang dan belum admin bahas.

Terimakasih.

Recent Posts

√ 135+ Tembung Pepindhan Bahasa Jawa Paling Lengkap!

Pepindhan - Hai sobat Paduka, bagaimana kabar kalian hari ini? semoga selalu sehat dan selalu…

4 hours ago

√ 9+ Jenis Tembang Jawa Beserta Pengertian dan Contohnya

Jenis tembang Jawa - Suku Jawa merupakan suku yang kaya dengan berbagai kesenian dan kebudayaan.…

16 hours ago

Cara Membuat Mainan Edukatif untuk Anak

Saat ini, mainan edukatif telah menjadi pilihan yang populer bagi para orang tua yang ingin…

1 day ago

√ 27+ Puisi Bahasa Jawa Semua Tema Paling Lengkap 2020

Puisi Bahasa Jawa - Puisi tidak hanya terdapat dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa daerah seperti…

2 days ago

√ 17+ Contoh Tembang Megatruh: Pengertian, Watak, Contoh Lirik

Tembang Megatruh - Setelah membahas tembang macapat Pangkur pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan…

2 days ago

√ 23+ Contoh Tembang Pangkur: Gancaran, Watak dan Teges

Kumpulan contoh tembang Pangkur - Salah satu tembang macapat yang hendak saya bahas pada postingan…

3 days ago

This website uses cookies.