Categories
Teknologi

√37+ Fungsi Monitor Bayi Terbaik dan Tips Mencari yang Tepat

√37+ Fungsi Monitor Bayi Terbaik dan Tips Mencari yang Tepat

Fungsi Monitor Bayi Terbaik dan Tips Mencari yang Tepat
Fungsi Monitor Bayi Terbaik dan Tips Mencari yang Tepat

Fungsi Monitor Bayi – Adanya teknologi monitor bayi terbaik membuat Anda tidak perlu lagi merasa khawatir melakukan berbagai pekerjaan rumah dan meninggalkan buah hati di dalam kamar. Gadget ini menjadi alat keamanan disertai dengan fitur alarm dengan sensor yang dimiliki. Ketika balita menangis, maka akan ada peringatan dikirim melalui panggilan maupun pesan teks di smartphone Anda. Selain itu, terdapat juga sistem yang akan memberitahu tentang kegiatan anak, posisi, suara, hingga suhu tubuh anak.

Secara umum, gadget ini memiliki satu pemancar sekaligus mikrofon dan kamera untuk diletakkan dekat bayi dan monitor penerima dengan speaker di dekat orang tua. Monitor bayi terbaik akan dilengkapi fitur tambahan seperti komunikasi dua arah dan musik. Sebenarnya ada cukup banyak rekomendasi yang dapat Anda pilih untuk menjaga buah hati. Meski demikian, penting untuk mempertimbangkan terlebih dahulu agar mendapatkan fitur sesuai dengan kebutuhan bayi dan orang tua.

Fungsi Monitor Bayi Terbaik

Monitor bayi terbaik menjadi sebuah alat yang sangat membantu orang tua ketika meninggalkan harus meninggalkan anak untuk alasan-alasan tertentu. Gadget ini sangat cocok untuk Anda yang sibuk dengan berbagai aktivitas lainnya. Meski sangat membantu orang tua, namun cukup banyak yang merasa takut alat ini akan menganggu kesehatan. Alasannya adalah pancaran radiasi elektromagnetik dari gadget ini, apalagi penggunaanya cukup dekat dengan buah hati.

Padahal sebenarnya alat ini sangat aman dan tidak mempengaruhi kesehatan. Pertama kali dibuat pada tahun 1930 dengan bentuk dan fungsi sederhana dan hanya satu arah. Kemudian semakin meluas di Amerika dan negara maju lainnya beberapa tahun kemudian. Saat ini semakin banyak monitor bayi terbaik dengan perkembangan teknologi yang pesat dan dilengkapi berbagai fitur audio, video, serta kemampuan berbicara dua arah. Dengan demikian orang tua bahkan dapat menggunakannya di dalam perjalanan.

Fungsinya yang sangat membantu menjaga buah hati bisa disesuaikan dengan berbagai varian yang ada. Anda perlu mengetahui perbedaan masing-masing sehingga akan lebih mudah dalam menentukan ketika akan membeli alat ini.

Jenis Monitor Bayi Terbaik

Sudah masuk di berbagai negara dunia termasuk Indonesia, sehingga cukup banyak perusahaan elektronik yang membuat monitor bayi terbaik. Setidaknya ada tiga jenis berbeda namun cukup umum di pasaran. Pertama adalah tipe audio, merupakan jenis yang paling populer dan banyak dicari. Terdapat dua komponen di dalamnya, salah satunya adalah pemancar yang ditempatkan dekat dengan bayi. Kemudian komponen penerima untuk Anda bawa.

Komponen penerima ini menjadi alat dengar ketika buah hati menangis, mengeluarkan suara, atau ribut ketika sedang bermain. Dengan demikian, Anda bisa langsung mendatangi buah hati ketika dibutuhkan. Monitor bayi terbaik selanjutnya adalah suara dan gerakan, sebenarnya hampir sama seperti tipe sebelumnya namun memiliki tambahan berupa alat di bawah kasur buah hati. Sehingga Anda akan mengetahui gerakan si kecil di atas tempat tidur, bahkan hingga suara napas.

Terakhir adalah tipe yang dilengkapi dengan audio dan video. Jenis ini menjadi monitoring dengan fitur paling lengkap. Anda tidak hanya dapat mendengar suara dari buah hati, namun juga melihat layar di monitor. Setiap peringatan akan tersambung dengan smartphone.

Tips Mencari Monitor Bayi Terbaik

Ada beberapa tips yang dapat menjadi pertimbangan ketika ingin mencari monitor bayi terbaik agar sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah penjelasan cara memilih gadget yang sangat membantu aktivitas orang tua ini.

  1. Mempertimbangkan Fitur

Gadget dengan teknologi terbaru ini memiliki banyak keunggulan di pasaran. Berbagai kelebihan ini perlu dipertimbangkan, sebab belum tentu semuanya akan dibutuhkan. Akan lebih baik jika fitur sesuai kebutuhan agar lebih efisien. Jika kebutuhan Anda hanya untuk memantau si kecil sedang menangis atau tidak ketika bangun tidur, maka lebih baik memilih tipe audio saja. Apalagi harganya jauh lebih mudah sehingga akan lebih menghemat.

Berbeda halnya jika Anda harus meninggalkan buah hati ke luar rumah sehingga memerlukan monitor bayi terbaik dengan fitur lebih banyak. Misalnya fitur night vision untuk memantau buah hati saat tidur di malam hari, termasuk juga pemutaran lagu.

  1. Dilengkapi Alarm

Jika Anda khawatir dengan keamanan buah hati, maka sebaiknya mencari produk dengan sensor alarm yang terintegrasi dengan sensor pintu. Ketika ada hal tidak diinginkan, maka alarm berbunyi. Ada beberapa produk perusahaan elektronik yang sudah memiliki fitur alarm.

  1. Frekuensi Bagus

Frekuensi monitor bayi terbaik biasanya di atas 900 MHz sehingga jangkauan akan lebih jauh dan tidak ada gangguan karena perangkat lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengecek lebih dahulu dan mencoba alatnya sebelum membeli agar sesuai dengan kondisi pasar.

  1. Tipe Monitor

Selanjutnya adalah dengan mengenali lebih dahulu tipe dari produk, bisa analog yang lebih murah atau digital dengan harga lebih mahal. Meski demikian, tipe digital jauh lebih aman karena menggunakan password sehingga tidak sembarang orang bisa menggunakannya. Tipe digital juga menggunakan nirkabel atau DECT sehingga tidak akan terganggu karena perangkat lain. tidak ada komponen seperti kabel yang bisa justru membahayakan si kecil yang sedang aktif.

Jika menggunakan kabel dan komponen lainnya, maka pastikan untuk meletakkannya di tempat yang jauh dari jangkauan anak atau bisa juga dilengkapi pengaman. Jika anak sudah lebih besar, Anda dapat mengingatkan untuk tidak bermain dengan perangkat tersebut.

Rekomendasi Monitor Bayi Terbaik

Berbagai perusahaan elektronik yang mengeluarkan produk monitor bayi terbaik tentu membuat orang tua bingung untuk memilih. Berikut adalah beberapa rekomendasi gadget ini yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan agar lebih mudah memilih.

  1. MBOSS Wireless Baby Monitor

Produk ini memiliki keunggulan dengan memantau pergerakan si kecil namun dapat menghemat daya. Cara kamera akan ada pada sleep mode on ketika si kecil sedang terdiam, kemudian akan menyala dan memberikan sinyal ketika bayi sedang menangis. Ini karena salah satu monitor bayi terbaik ini mempunyai fungsi Voice Operated Exchanged atau VOX yang dapat mengaktifkan alat dengan suara. Selain itu terdapat juga keunggulan berupa temperature monitoring untuk mendeteksi suhu.

  1. Vocuse Baby Monitor

Keunggulan dari produk ini adalah komunikasi dua arah serta mendeteksi suhu ruangan. Anda juga dapat melihat pergerakan dari si kecil dengan menggunakan video CCTV. Terdapat juga night vision untuk bayi yang lebih sukda tidur dalam keadaan gelap. Bukan hanya itu saja, produk ini juga memiliki kamera dengan dilengkapi senter wireless yang menyala mebbunakan wireless. Oleh karena itu pengguna sudah tidak perlu lagi menggunakan koneksi di handphone karena tida membutuhkan wifi maupun kabel.

  1. IMOU Smart Baby Monitor

Kelebihan dari produk ini dapat mendeteksi target dalam bentuk gambar, selanjutnya akan langsung terkirim dalam bentuk pemberitahuan di smartphone. Mode privasi sendiri ditambah untuk melindungi privasi ketika ada di rumah. Salah satu monitor bayi terbaik ini dapat melacak objek dengan mendeteksi gerakan. Terdapat juga mode night vision yang dapat mengintai dalam keadaan gelap dalam jarak hingga 10 M.

Sebenarnya masih ada cukup banyak rekomendasi lainnya dengan keunggulan masing-masing. Oleh karena itu, perlu mempertimbangkan monitor bayi terbaik agar dapat memberikan keamanan buah hati secara efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.